RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS CTL

Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas / Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator undangan : SMP PUSRI : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) : VIII / Ganjil : 3. Menampilkan ketaatan terhadap perundang-undangan nasional : 3.1 Mengidentifikasi tata urutan peraturan perundang-undangan nasional : 3.1.1 Menjelaskan kedudukan UUD 1945 dalam sistem peraturan perundang3.1.2 Menjelaskan fungsi peraturan perundang-undangan 3.1.3 Menguraikan bentuk dan tata urutan peraturan perundang-undangan nasional menurut UU No.10 Tahun 2004 : 2 x 40 menit ( 1x pertemuan)

Alokasi waktu 

Tujuan Pembelajaran Siswa mampu : 1. Menjelaskan kedudukan UUD 1945 peraturan perundang-undangan nasional 2. Menjelaskan fungsi peraturan perundang-undangan 3. Menguraikan bentuk dan tata urutan  Materi Pembelajaran 1. Kedudukan UUD 1945 dalam sistem peraturan perundang-undangan Perundang-undangan adalah suatu peraturan yang dibuat oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Pembuatan perundang-undangan memiliki 3 ciri-ciri, yaitu : a. Dibuat oleh pejabat atau lembaga yang berwenang b. Bersifat mengikat dan memaksa c. Bersifat abstrak (kejadian yang belum terjadi) Dalam proses pembuatan peraturan perundang-undangan harus memiliki 3 landasan yang paling penting sebagai berikut : a. Landasan filosofis b. Landasan sosiologis c. Landasan yuridis 2. Fungsi peraturan perundang-undangan Fungsi dari peraturan perundang-undangan secara umum yaitu ³mengatur´ sesuatu untuk memecahkan masalah di dalam masyarakat atau mengatur dari masyarakat itu sendiri sehingga tercipta keadaan yang harmonis dan tertib. 3. Bentuk dan tata urutan peraturan perundang-undangan nasional dalam sistem peraturan perundang undangan Dalam tata urutan peraturan perundang-undangan yang di pakai di Indonesia saat ini adalah menurut UU No.10 Tahun 2004 yang mana hirarkinya sebagai berikut : a. UUD 1945 b. Undang-Undang (UU) c. Peraturan Pemerintah (PP) d. Peraturan Presiden (Perpres) e. Peraturan Daerah (Perda)

setiap kelompok terdiri dari 5 orang atau 4 orang siswa. Guru terlebih dahulu sudah menyiapkan banyak pertanyaan yang akan di jawab oleh siswa. .Berperan sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab peserta didik yang mengalami kesulitan.Menggunakan metode kooperatif tipe kancing gemerincing. Eksplorasi Peserta didik : . .Bertanya kepada siswa mengenai materi apa saja yang masih dirasakan sulit.Siswa mendengarkan penjelasan tujuan pembelajaran dari guru. Setelah itu siswa pindah ke kelompok masing-masing dan membawa 5 buah kancing. Kegiatan Inti 60 menit 1. . fungsi dan bentuk tata urutan peraturan perundang-undangan nasional. . . Guru : . dan hirarki tata urutan perundangan sesuai dengan UU No.Memberikan pertanyaan-pertanyaan yang telah dipersiapkan sebelumnya untuk diberikan kepada siswa.Memberikan penguatan kepada kelompok yang menghabiskan kancing terlebih dahulu.Peserta didik yang lain menyimak jawaban dari kelompok yang telah terlebih dahulu dipilih oleh guru. Kegiatan penutup (10 menit) Guru : . 10 Tahun 2004. Metode Pembelajaran Penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Kancing Gemerincing.Menggali informasi dengan membaca buku panduan dan saling tanya jawab dengan teman. Guru : . . . . .Menjawab pertanyaan ciri-ciri dari suatu peraturan perundang-undangan. dan memberikan motivasi dan penguatan verbal kepada kelompok yang sudah menjawab dengan benar. . mengarahkan. fungsi peraturan perundangan.Siswa mampu menjelaskan hirarki tata urutan perundang-undangan yang dipakai oleh negara Republik Indonesia.Siswa mampu menjelaskan fungsi dari peraturan perundang-undangan.Mengajukan beberapa pertanyaan tentang peraturan perundang-undangan. Elaborasi Peserta didik : . .Memfasilitasi.Melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran 2. Sebelumnya siswa diharuskan membawa 3 buah kancing dengan beragam bentuk. Guru : . Siswa dibagi menjadi 6 kelompok kecil.Guru memberikan motivasi kepada siswa agar bersemangat dalam proses pembelajaran.  Langkah-Langkah Pembelajaran Apersepsi (pedahuluan) 10 menit .Siswa mampu menguraikan ciri-ciri dari peraturan perundang-undangan.Menggali informasi tentang peraturan perundang-undangan. ciri dari peraturan perundangan.Memberikan pujian kepada siswa yang aktif dalam kelompoknya. Konfirmasi Peserta didik : . Bahwa dalam pelajaran hari ini siswa diharapkan mampu menjelaskan kedudukan. 3.

....Bentuk instrumen : latihan soal ....) (.. Jelaskan pengertian peraturan perundang-undangan ? 2.... .. Tuliskan 3 ciri dari peraturan perundng-undangan ? 3..Contoh instrumen : 1... Tuliskan hirarki dalam tata urutan perundang-undangan sesuai dengan UU No..... Kepala Sekolah Palembang ....UUD 1945 . Desember 2010 Guru Matapelajaran Pkn (. 10 Tahun 2004  Penilaian Teknik : tugas individu......Buku UU No............Buku Tata Negara penerbit Cempaka Putih ...  Alat/ Sumber Belajar ...10 Tahun 2004 ? Mengetahui........................Memberikan tugas untuk minggu depan guru memberitahukan bahwa siswa harus membaca mengenai materi selanjutnya yaitu mengenai proses perumusan peraturan perundangundangan.....Buku teks penerbit Platinum kelas VIII ...) ......... Tuliskan 3 landasan dalam proses pembuatan peraturan perundang-ndangan ? 4...

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful