PERAWATAN KELUARGA

PERAGAAN PERLOMBAAN PERAWATAN KELUARGA (PK)

PENGETAHUAN TEKNIS Mengacu pada buku Pedoman Perawatan Keluarga terbitan Markas Besar PMI tahun 1997 dan Buku Panduan Lomba PK terbitan Markas Besar PMI tahun 1992.

BENTUK PERLOMBAAN Praktek perawatan terhadap orang sakit dengan menggunakan peralatan sederhana, namun dapat memenuhi kebutuhan pasien sesuai petunjuk dokter.

TATA CARA PELAKSANAAN Ketentuan Umum a) Setiap Regu berjumlah 3 (tiga) orang, terdiri dari putra dan putri. b) Pembagian tugas : 1. Satu orang Ketua Regu merangkap pelaku PK. 2. Satu orang Pembantu peraga PK. 3. Satu orang Pasien. c) Berpakaian PDH (Pakaian Dinas Harian) PMR»berpakaian rapi dan sopan.

Perlengkapan Perlengkapan lomba disiapkan oleh panitia. Tata Cara/Urutan Perlombaan a) Karantina Peserta 1. Peserta berkumpul di lokasi perlombaan menunggu giliran/panggilan melaksanakan

Peserta menuju Pos isolasi. 2. 5. . Peserta melapor kepada Juri. Penentuan nomor urut tampil berdasarkan undian pada saat daftar ulang. 3. 3. 2. Juri dapat mengajukan pertanyaan sesuai dengan soal atau apabila tindakan kurang jelas. Dari seluruh peralatan yang disediakan panitia. Soal wira dan madya berbeda dan disesuaikan dengan perlengkapan yang telah disiapkan oleh panitia. 3. Tidak ada catatan harian. c) Pos Peragaan 1.perlombaan. 4. Catatan : 1. Peserta memilih soal yang ada pada Juri. lalu Juri akan mengkondisikan peserta. Apabila mendapat soal bahwa pasien adalah bayi. 2. maka peserta yang semula sebagai pasien menjadi asisten pelaku PK. 2. b) Pos Isolasi 1. Pembagian tugas ditentukan oleh peserta. 6. Peserta melakukan tindakan sesuai pembagian tugas. Juri memberikan perintah pada regu untuk mendiskusikan soal. peserta mempersiapkan peralatan yang sesuai dengan soal. Juri menilai kemampuan peserta untuk mempersiapkan peralatan dan daya improvisasi peserta.

4. Pos Peragaan : kelipatan 2 b. Alokasi waktu untuk setiap pos adalah : a. Bobot penilaian berdasarkan ketentuan berikut : a. Pos Peragaan selama 30 menit (20 menit pertolongan + 10 menit laporan dan tanya jawab). maka akan dihentikan dan dinilai apa adanya. 2. § Kerjasama. pada saat peragaan dapat diambil tetapi tetap dianggap tidak menyiapkan alat tersebut oleh juri. Pos Isolasi : kelipatan 1 . jika dalam waktu 20 menit peragaan belum selesai. b. kebersihan. Pos Isolasi selama 10 Menit. 5. kecekatan dan keterampilan § Daya improvisasi Regu. Substansi yang dinilai : § Kesiapan pelaku dan ketepatan tindakan. PENILAIAN 1. Waktu maksimal melakukan peragaan selama 20 menit. c. kerapihan. Alat-alat yang lupa dibawa ketika persiapan alat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful