1

1. Jelaskan pengertian tekanan udara!
Tekanan Udara adalah tekanan pada titik manapun di atmosfer bumi. Umumnya, tekanan udara hampir sama dengan tekanan hidrostatik yang disebabkan oleh berat udara di atas titik pengukuran. Tekanan udara merupakan tenaga yang bekerja untuk menggerakkan massa udara dalam setiap satuan luas tertentu. Diukur dengan menggunakan barometer. Satuan tekanan udara adalah milibar (mb). Garis yang menghubungkan tempat-tempat yang sama tekanan udaranya disebut sebagai isobar. Tekanan udara dibatasi oleh ruang dan waktu. Artinya pada tempat dan waktu yang berbeda, besarnya juga berbeda. Tekanan udara secara vertikal yaitu makin ke atas semakin menurun. Tekanan udara secara horizontal yaitu variasi tekanan udara dipengaruhi suhu udara, bahwa daerah yang suhu udaranya tinggi akan bertekanan rendah dan daerah yang bersuhu udara rendah tekanannya tinggi.

2. Jelaskan hubungan tekanan dengan suhu udara!
Tekanan udara dipengaruhi oleh suhu. Suhu mempengaruhi pemuaian dan penyusutan volume udara. Jika udara memuai maka volume udara renggang sehingga tekanannya menurun, sebaliknya, jika volume udara menyusut maka maka kerapatan udara menjadi tinggi akibatnya tekanannya meningkat. Atau lebih sederhanananya jika temperatur udaranya tinggi, maka volume molekul udara mengembang, sehingga tekanan udara menjadi rendah, sebaliknya jika udara menjadi kecil, maka tekanan udara menjadi tinggi.

3. Apa yang disebut angin?
Angin adalah massa udara yang bergerak dari tekanan maksimum ke tekanan minimum, atau dari tempat bertekanan udara tinggi ke bertekanan udara rendah. Angin diakibatkan oleh rotasi bumi dan juga karena adanya perbedaan tekanan udara di sekitarnya. Angin bergerak secara vertikal dan horisontal dengan kecepatan yang dinamis dan fluktuatif.

TUGAS GEOGRAFI

Alat yang digunakan untuk mengukur kecepatan angin dinamakan anemometer.2 Angin terjadi karena adanya perbedaan tekanan udara atau perbedaan suhu udara pada suatu daerah atau wilayah. Angin memiliki sifat apabila dipanaskan. satuan yang digunakan adalah knot per jam. Hal ini berkaitan dengan besarnya energi panas matahari yang di terima oleh permukaan bumi. Dalam mempelajari cuaca. Aliran naiknya udara panas dan turunnya udara dingin ini dinamanakan konveksi. diantaranya perlu mengetahui arah angin. Apabila hal ini terjadi. Oleh karena itu. Di permukaan Bumi daerah yang mempunyai tekanan udara rendah adalah di daerah khatulistiwa karena selalu mendapat sinar Matahari. Udara yang telah memuai menjadi lebih ringan sehingga naik. Hubungan antara tekanan udara dan arah angin dinyatakan dalam Hukum Buys Ballot. Arah angin dapat diketahui melalui arah baling-baling angin. Udara menyusut menjadi lebih berat dan turun ke tanah. tekanan udara turun kerena udaranya berkurang. Perbedaan suhu dan tekanan udara akan terjadi antara daerah yang menerima energi panas lebih besar dengan daerah lain yang lebih sedikit menerima energi panas. Udara bergerak dari daerah yang bertekanan tinggi ( maksimum) ke daerah bertekanan rendah (minimum) dan arah angin akan membelok ke kanan di belahan Bumi Utara serta akan membelok ke kiri di belahan Bumi Selatan. Pada suatu wilayah. udara memuai. daerah yang menerima energi panas matahari lebih besar akan mempunyai suhu udara yang lebih panas dan tekanan udara yang cenderung lebih rendah. TUGAS GEOGRAFI . aliran udara bergerak dari daerah kutub menuju daerah khatulistiwa. Pembelokan arah angin terjadi karena adanya rotasi bumi dari barat ke timur dan karena bumi bulat. Adapun di daerah kutub utara dan kutub selatan tekanan udaranya lebih tinggi. 4. Diatas tanah udara menjadi penas lagi dan naik kembali. Udara dingin disekitarnya mengalir ke tempat yang bertekanan rendah tadi. yang berakibat akan terjadi aliran udara pada wilayah tersebut. Jelaskan hukum Buys Ballot dan Gaya Casiolis! Hukum Buys Ballot: Menurut hukum Buys Ballot.

sebuah benda yang bergerak lurus dalam kerangka yang berputar.3 Gaya Coriolis: Gaya coriolis adalah suatu gaya yang disebabkan oleh proses rotasi bumi. kedua angin passat ini bertemu. Hukum Boys Ballot yang mengatakan "Angin cyclon di belahan bumi utara akan berputar berlawanan arah jarum jam karena gerakan angin (relatif terhadap permukaan bumi) di belokkan oleh efek dari rotasi bumi. Pada intinya. Gaya Coriolis dipengaruhi oleh posisi lintang suatu wilayah. khususnya di permukaan Bumi. Efek Coriolis melekat pada fenomena defleksi (pembelokan arah) gerak sebuah benda pada sebuah kerangka acuan yang berputar. Arah angin bergeser ke arah kanan oleh gaya Coriolis. gaya coriolis makin mengecil. akan terlihat berbelok oleh pengamat yang diam di dalam kerangka tersebut. Karena temperatur di daerah tropis selalu tinggi. Daerah pertemuan kedua angin passat tersebut dinamakan Daerah Konvergensi Antar Tropik (DKAT). a. Inilah yang disebut dengan gaya Coriolis. Semakin ke arah khatulistiwa. Terdiri dari Angin Passat Timur Laut bertiup di belahan bumi Utara dan Angin Passat Tenggara bertiup di belahan bumi Selatan. Istilah ini berasal dari ilmuwan Perancis Gaspard-Gustave Coriolis (1792) 5. maka massa udara tersebut dipaksa naik secara vertikal (konveksi). DKAT ditandai dengan temperatur yang selalu tinggi. Ketika angin bergerak dari tekanan tinggi ke tekanan rendah di bumi belahan utara. Angin pasat dan angin anti pasat Angin passat: Angin passat adalah angin bertiup tetap sepanjang tahun dari daerah subtropik menuju ke daerah ekuator (khatulistiwa). Jelaskan tentang angin tetap : Angin tetap adalah angin yang bertiupnya sepanjang tahun. angin bergeser ke arah kiri oleh gaya Coriolis. Akibat TUGAS GEOGRAFI . Di sekitar khatulistiwa. Sedangkan di bumi belahan selatan.

Di Indonesia angin ini merupakan angin musim Timur Laut di belahan bumi Utara dan angin musim Barat di belahan bumi Selatan. Angin kering ini menyerap uap air di udara dan permukaan daratan. Akibatnya daerah ini dinamakan daerah doldrum (wilayah tenang). Akibatnya di Australia terdapat pusat tekanan udara rendah (depresi) sedangkan di Asia terdapat pusat-pusat tekanan udara tinggi (kompresi). dan gurun di Australia. Gurun Sahara (Afrika). wilayah DKAT terbebas dari adanya angin topan. Angin anti passat: Angin anti passat merupakan Udara di atas daerah ekuator yang mengalir ke daerah kutub dan turun di daerah maksimum subtropik. Di daerah Subtropik (30o 40o LU/LS) terdapat daerah teduh subtropik yang udaranya tenang. turun dari atas. Pada bulan Oktober April. matahari berada pada belahan langit Selatan. Umumnya pada setengah tahun pertama bertiup angin darat yang kering dan setengah tahun berikutnya bertiup angin laut yang basah. terbentuk gurun di muka bumi. Oleh karena angin ini melewati Samudra Pasifik dan Samudra Hindia maka TUGAS GEOGRAFI . sehingga benua Australia lebih banyak memperoleh pemanasan matahari dari benua Asia. Keadaan ini menyebabkan arus angin dari benua Asia ke benua Australia. Pada daerah sekitar lintang 20o . Sedangkan di daerah ekuator antara 10o LU 10o LS terdapat juga daerah tenang yang disebut daerah teduh ekuator atau daerah doldrum b. Di belahan bumi Utara disebut Angin Anti Passat Barat Daya dan di belahan bumi Selatan disebut Angin Anti Passat Barat Laut. angin anti passat kembali turun secara vertikal sebagai angin yang kering.4 kenaikan massa udara ini. misalnya gurun di Saudi Arabia. Angin muson Angin muson adalah angin yang berhembus secara periodik (minimal 3 bulan) dan antara periode yang satu dengan yang lain polanya akan berlawanan yang berganti arah secara berlawanan setiap setengah tahun.30o LU dan LS. Akibatnya. dan tidak ada angin.

dan musim labuh yang merupakan peralihan musim kemarau ke musim penghujan. tertama pada daerah lintang 60o LS. sulawesi tenggara. Adapun ciri-ciri musim pancaroba yaitu: Udara terasa panas. sehingga pada umumnya di Indonesia terjadi musim penghujan. Pada bulan April-Oktober. matahari berada di belahan langit utara. sehingga benua asi lebih panas daripada benua australia. makin ke timur curah hujan makin berkurang karena kandungan uap airnya makin sedikit. Angin ini disebut angin Timur. arah angin tidak teratur dan terjadi hujan secara tibatiba dalam waktu singkat dan lebat. Musim penghujan meliputi seluruh wilayah indonesia. Oleh kerena tidak melewati lautan yang luas maka angin tidak banyak mengandung uap air oleh karena itu pada umumnya di indonesia terjadi musim kemarau. sedangkan di australia terdapat pusat-pusat tekanan udara tinggi yang menyebabkan terjadinya angin dari australia menuju asi. c. yaitu : Musim kemareng yang merupakan peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau. Angin barat dan timur Angin barat : Sebagian udara yang berasal dari daerah maksimum subtropis Utara dan Selatan mengalir ke daerah sedang Utara dan daerah sedang Selatan sebagai angin Barat. dan pantai selatan irian jaya. Angin timur: Di daerah Kutub Utara dan Kutub Selatan bumi terdapat daerah dengan tekanan udara maksimum. Angin timur ini bersifat dingin karena berasal dari daerah kutub. Pengaruh angin Barat di belahan bumi Utara tidak begitu terasa karena hambatan dari benua. Akibatnya. TUGAS GEOGRAFI . di asia terdapat pusat-pusat tekanan udara rendah. Dari daerah ini mengalirlah angin ke daerah minimum subpolar (60o LU/LS). hanya saja persebarannya tidak merata. Di sini bertiup angin Barat yang sangat kencang yang oleh pelaut-pelaut disebut roaring forties. kecuali pantai barat sumatera.5 banyak membawa uap air. Di indonesia terjadi angin musim timur di belahan bumi selatan dan angin musim barat daya di belahan bumi utara. Di belahan bumi Selatan pengaruh angin Barat ini sangat besar. Antara kedua musim tersebut ada musim yang disebut musim pancaroba (peralihan).

6. Angin darat: angin darat adalah angin yang bertiup dari darat ke laut. sedang angin anti siklon belahan bumi selatan bergerak menyebar berlawanan arah jarum jam. Jelaskan tentang angin lokal : Angin Lokal dapat terjadi dikarenakan adanya perbedaan suhu (sama seperti angin lainnya) yang bersifat lokal saja. sedang angin siklon belahan bumi selatan bergerak searah jarum jam. Angin siklon belahan bumi utara bergerak berlawanan arah jarum jam. Angin anti siklon: Angin anti siklon merupakan angin dengan gerakan berbentuk spiral memutar keluar. atau daratan lebih dingin sehingga tekanan udaranya lebih tinggi (maksimum) dan lautan masih TUGAS GEOGRAFI . Angin anti siklon belahan bumi utara bergerak menyebar searah jarum jam.6 d. Angin lokal juga hanya berada pada lapisan troposfer bagian bawah saja. Terjadi karena tekanan udara rendah dikelilingi area bertekanan udara makin tinggi (konvergen). Angin siklon dan anti siklon Angin siklon: Angin siklon merupakan angin dengan gerakan berbentuk spiral memutar kedalam. Artinya angin ini hanya mempengaruhi daerah cakupan yang kecil saja. dan terjadi pada malam hari. Pada malam hari daratan lebih cepat melepaskan panas dibandingkan dengan lautan. Angin darat dan angin laut Terjadi akibat perbedaan suhu udara diatas laut (atau danau) dengan udara di atas wilayah daratan. Terjadi karena tekanan udara tinggi dikelilingi area bertekanan udara makin rendah (divergen). a.

Angin laut: angin laut adalah angin yang bertiup dari laut ke darat. karena daratan bertekanan maksimum dan lautan bertekanan minimum. karena lautan bertekanan maksimum dan daratan bertekanan minimum. dan terjadi pada siang hari. dan mencapai maksimal pada pukul 14. energi matahari hanya dapat masuk beberapa centimeter saja.00 angin akan menurun hingga pukul 20.Energi matahari dapat masuk kedalam laut sampai kedalaman yang cukup dalam dengan bantuan arus.00. .Laut memiliki kapasitas panas lebih besar dari darat. TUGAS GEOGRAFI . sedangkan di darat. Angin jatuh panas dan angin jatuh dingin Angin jatuh atau sering disebut angin fohn mempunyai sifat panas dan kering. hal ini menyebabkan angin berhembus dari daratan ke arah lautan.00.  Angin darat dan angin laut sangat dipengaruhi oleh perbedaan fisis antara daratan dan lautan. Setelah melewati pukul 14.Laut lebih banyak memantulkan sinar matahari daripada darat. Hal ini dikarenakan angin yang bertiup dari arah laut membawa uap air yang banyak. Pada siang hari lautan lebih cepat dingin sehingga tekanan udaranya lebih tinggi (maksimum) dan daratan masih panas sehingga tekanan udaranya rendah (minimum). Lalu akan digantikan oleh angin darat.7 panas sehingga tekanan udaranya rendah (minimum). Hujan dijatuhkan pada leren gunung yang menghadap laut.00. . . Kekuatan angin darat dan laut sendiri sangat dipengaruhi oleh perbedaan suhu antara laut dan darat. maka kekuatan angin akan semakin besar. hal ini menyebabkan angin berhembus dari lautan ke arah daratan. b.  Angin laut biasanya berhembus mulai sekitar pukul 10. Perbedaan fisis tersebut dapat dilihat seperti berikut ini. Angin itu setelah mencapai daratan terhalang oleh pegunungan dan suhunya semakin dingin. Angin bertiup dari tekanan maksimum ke tekanan minimum. Uap air yang dikandungnya berubah menjadi awan dan hujan. Angin bertiup dari tekanan maksimum ke tekanan minimum. Semakin besar perbedaan suhunya.

c. karena telah dijatuhkan sebagai hujan. TUGAS GEOGRAFI . Angin gunung dan angin lembah Angin lembah dan angin gunung lebih dikarenakan perbedaan tekanan udara antara puncak pegunungan / gunung. angin tersebut akan bergerak dari puncak ke arah lembah karena udara di puncak lebih dingin dibanding lembah akibat kehilangan panas melalui radiasi gelombang panjang ke atmosfer. dengan lembahnya. Maka udara mengalir dari lembah ke puncak gunung menjadi angin lembah. Angim ini sifatnya menjadi panas dan kering. atau bagian pun cak gunung menerima radiasi matahari lebih banyak sehingga suhunya lebih tinggi.8 Setelah angin itu sampai ke puncak pegunungan. Angin gunung: Angin dari arah puncak pada malam hari. Udara yang turun ini mengalami pemanasan adiabatik. Maka udara mengalir dari gunung ke lembah menjadi angin gunung. turun kembali di balik pegunungan. Hal ini disebabkan oleh udara yang dipaksa secara mekanik menaiki dan melewai puncak dan kemudian menuruni lereng bagian belakang gunung. Oleh karena angin ini terus turun. Angin lembah: Pada siang hari udara yang seolah-olah terkurung pada dasar lembah lebih cepat panas dibandingkan dengan udara di puncak gunung yang lebih terbuka (bebas). Angin yang turun ini sudah tidak mengandung uap air. maka suhunya makin panas pada waktu sampai di bawah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful