Beberapa faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional/ latar belakang perdagangan internasional : Faktor ke-1 : memperoleh barang yang tidak

diproduksi di dalam negeri Ada beberapa sebab mengapa suatu barang tidak diproduksi oleh suatu negara : a. tidak memiliki sumber daya alam yang diperlukan untuk produksi barang tersebut. b. tidak memiliki teknologi dan sumber daya manusia yang mumpuni untuk produksi suatu jenis barang. Sumber daya alam di suatu negara memang terbatas, terutama menyangkut sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Yang dapat dipelajari dan dikembangkan oleh manusia adalah cara pelestarian sumber daya alam tersebut dan penemuan alternatif sumber daya alam pengganti. Selain itu, suatu negara dapat memaksimalkan kemampuan produksinya dengan cara mempelajari teknik produksi dan manajemen produksi yang lebih modern sehingga akan mempercepat pertambahan produksi nasional. Faktor ke-2 : memperluas pasar. Jika seluruh permintaan dari dalam negeri terhadap suatu barang telah dipenuhi, maka untuk mengatasi kelebihan produksi dan memperoleh keuntungan lebih, satu-satunya cara adalah memanfaatkan pasar luar negeri. Faktor ke-3 : memperoleh manfaat dari spesialisasi. Masing-masing negara memiliki keunggulan tersendiri (baik absolut ataupun komparatif) dalam memproduksi suatu jenis barang/jasa tertentu, sehingga bila spesialisasi dilakukan, akan diperoleh keuntungan yang lebih besar.

Pajak atau bea masuk akan menambah harga jual suatu barang/ jasa impor. Pemerintah menetapkan kebijakan bahwa setiap barang yang diimpor harus membayar pajak. sehingga diharapkan harga barang produksi dalam negeri akan lebih murah dari harga barang produksi luar negeri yang diimpor tersebut. Pengertian kuota adalah suatu kebijaksanaan untuk membatasi jumlah maksimum yang dapat diimpor. c. menghambat impor barang-barang/ jasa luar negeri. . 2. melindungi barang/ jasa produksi dalam negeri. menambah pendapatan pemerintah dari pajak. kuota. tarif atau bea masuk. pemerintah perlu membuat suatu kebijakan perdagangan internasional. maka hal itu akan berdampak buruk bagi perekonomian dalam negeri.Kebijakan Perdagangan Internasional (Pengertian. Oleh karena itu. b. Tujuan penetapan tarif atau bea masuk ini adalah sebagai berikut : a. yang dikenal sebagai tarif atau bea masuk. internasional memungkinkan masuknya barang-barang dan jasa dari luar negeri ke dalam negeri. Hal ini dapat melindungi barang/ jasa produksi dalam negeri karena lebih murah dan lebih bisa bersaing untuk memperebutkan pelanggan. macam-macam) 14:37 | Perdagangan Internasional negara mempunyai kebijakan-kebijakan Perdagangan tersendiri untuk melindungi Setiap dalam perekonomian dalam negeri mereka dari dampak negatif persaingan yang ditimbulkan perdagangan internasional. Jika barang dan jasa dari luar negeri lebih banyak dan lebih diminati oleh masyarakat dibandingkan produk dalam negeri. Macam-macam kebijakan perdagangan internasional yang biasa dilakukan pemerintah : 1.

3. fasilitas kredit. tenaga ahli. Namun. 8. Subsidi yang diberikan dapat berupa mesinmesin. politik dumping. diskriminasi harga. larangan ekspor. 4. Dumping adalah salah satu kebijakan perdagangan internasional dengan cara menjual suatu komoditi di luar negeri dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga yang dijual di dalam negeri. 7. peralatan. . Pengertian premi adalah ³bonus´ yang berbentuk sejumlah uang yang disediakan pemerintah untuk para produsen yang berprestasi atau mencapai target produksi yang ditetapkan oleh pemerintah. larangan impor 5. pelaksanaan politik dumping dalam praktik perdagangan internasional dianggap sebagai tindakan yang tidak terpuji (unfair trade) karena dapat merugikan negara lain. subsidi. dll. Premi. Agar produksi di dalam negeri dapat ditingkatkan maka pemerintah memberikan subsidi kepada produsen dalam negeri. keringanan pajak. 6.

Secara garis besar. Apa pengertian perekonomian terbuka ? adalah perekonomian suatu negara yang terlibat secara luas dalam perdagangan antar negara (internasional). pengertian perdagangan internasional. Apa pengertian perdagangan internasional ? adalah perdagangan antarnegara atau lintas negara. yang kegiatan utamanya mencakup ekspor dan impor. boleh dikatakan. Kali ini akan dibahas mengenai pengertian perekonomian terbuka. Pertimbangan suatu negara untuk memilih apakah menganut perekonomian terbuka atau perekonomian tertutup didasari oleh idealisme (paham) negara tersebut. akan menolak adanya perdagangan internasional. sistem perekonomian yang dianut suatu negara dibedakan menjadi perekonomian terbuka dan perekonomian tertutup. . sedangkan yang menganut perekonomian tertutup. seluruh negara saat ini telah menganut sistem perekonomian terbuka dikarenakan mereka menyadari akan pentingnya perdagangan internasional bagi perkembangan perekonomian negara (faktor penyebab perdagangan internasional). Dan untuk mempermudah dalam memahami perdagangan internasional. para ahli telah merumuskan teori tentang perdagangan internasional. Negara yang menganut perekonomian negara terbuka akan menjalankan perdagangan internasional. Namun.

Semakin banyak manusia. Sumber pemasukan kas negara. manusia mengelompok dan akhirnya membentuk suatu negara. Menjalin kerja sama dan persahabatan antarnegara. Menciptakan efisiensi dan spesialisasi. perjalanan (travel). bahkan mungkin juga sistem takaran/ ukuran/ timbangan. Mendorong semangat berprestasi dan bersaing. sistem tata niaga dan peraturan perpajakan/ bea cukai masing-masing. mata uang. Sejak saat itu. manusia menggunakan kegiatan tukar menukar barang (sistem barter) untuk memenuhi kebutuhannya. dan standar mutu yang berbeda. Pelaksanaan perdagangan antar negara (Internasional) lebih rumit dan kompleks dari perdagangan dalam negeri. kebutuhan menjadi semakin membesar sehingga memicu timbulnya perdagangan internasional. d. Perdagangan jasa antara lain terdiri atas biaya transportasi. Kerumitan tersebut antara lain disebabkan karena perdagangan internasional melintasi batas-batas negara dan berhubungan dengan negara/ pemerintah lain. merupakan salah satu sumber pendapatan negara (dalam bentuk devisa) Perdagangan internasional dibagi menjadi dua kategori. Apa manfaat perdagangan internasional : a. . c. Lalu. Perdagangan internasional melalui kegiatan utamanya yaitu berupa ekspor dan impor. Kemudian. yakni perdagangan barang (fisik) dan perdagangan jasa. e. manusia menciptakan alat tukar (misalnya : uang) untuk mempermudah kegiatan ekonominya. semakin banyak pula kebutuhan-kebutuhan yang harus dipenuhi. Dahulu. Padahal setiap negara mempunyai sistem ekonomi. dan jasa konsultan asing. asuransi. Memungkinkan konsumsi yang lebih luas bagi penduduk suatu.Seperti yang kita ketahui. dan sistem pun beralih ke sistem perdagangan. b. sudah menjadi sifat dasar manusia untuk memenuhi berbagai kebutuhannya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful