BAB

3
PROSES SELEKSI, PENILAIAN, PENENTUAN PEMENANG DAN PENGHARGAAN

A.

TAHAPAN PENILAIAN Bila peserta Jambore 1000 PTK PAUD NI telah lolos verifikasi administrasi dilanjutkan dengan penilaian substansi dan presentasi, dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Penilaian Tahap I

Penilaian tahap I merupakan penilaian substansi atau isi dari naskah yang dilombakan, meliputi:
a.

Penilaian teknis/akademik/substansi:
1) 2) 3) 4) 5) 6)

LKN

dan

LKTI

mencakup

aspek

Sistematika penulisan; Orisinalitas (keaslian suatu karya); Inovasi (karya/pola baru); Efektivitas (pencapaian tujuan, prestasi); Efisiensi (ekonomis dari segi biaya); Kebermanfaatan sosial terhadap masyarakat sekitar. Penilaian Porseni mencakup aspek teknis/akademik

b.

terhadap persiapan tertulis atau konsep karya yang sesuai dengan jenis lomba. Sebagai acuan dasar peserta dapat merujuk pada aspek penilaian untuk setiap jenis lomba sebagai mana yang telah ditentukan.

Karya Nyata adalah hasil dari upaya yang dilakukan atau pengalaman langsung PTK PAUD NI secara individual maupun berkelompok dalam Pendidikan Anak Usia Dini. 4 . 2. c) waktu pembelajaran sesuai tercapainya indikator tersebut. Karya Tulis Ilmiah adalah suatu pemikiran/gagasan/ide yang tertulis secara ilmiah dari PTK PAUD NI baik secara individual maupun berkelompok yang berisi tentang inovasi program/ kegiatan yang dapat dijadikan acuan. 3. b) jumlah rombongan belajar maksimal 20 anak. Nonformal. pelaksanaan pembelajaran mencapai penerapan beberapa indikator dari budi pekerti dengan karakteristik sebagai berikut: a) usia anak 4 s. PENGERTIAN 1. dapat diadopsi oleh PTK PAUD NI lainnya.d 5 th. pemecahan masalah pengelolaan atau peningkatan NI yang mutu di bidang nilai-nilai pembelajaran atau PAUD memiliki keunggulan tertentu dan layak untuk diterapkan di bidang PAUD NI. layak diketahui atau diinformasikan. dan Informal baik di bidang pembelajaran atau pengelolaan yang memiliki nilai-nilai keunggulan tertentu. Pembelajaran budi pekerti bagi anak usia dini adalah karya nyata yang dilakukan oleh guru PAUD (KB/TPA dan SPS) pada saat melakukan proses pembelajaran budi pekerti kepada anak usia dini yang meliputi penyusunan rencana pembelajaran.4 PENILAIAN LOMBA KARYA NYATA (LKN) DAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH (LKTI) BAB A. rujukan.

c) penataan koleksi. Sosial. Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dalam menumbuhkan minat membaca dan menulis pada masyarakat adalah suatu upaya mendayagunakan sumberdaya insani yang terlibat dalam mendukung aktivitas pengelolaan kegiatan TBM sehingga mampu mendorong minat masyarakat untuk gemar membaca dan menulis meliputi aspek: a) ketersedian buku bacaan. c) pemberian penghargaan dan perlindungan. perawatan buku) g) menyediakan tenaga /nara sumber untuk meningkatkan akses layanan TBM. Budaya dan Ekonomi untuk perubahan sikap masyarakat dalam mengelola keseimbangan hidup. Efektifitas Pengelolaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dalam rangka peningkatan kualitas layanan program PAUD NI adalah suatu tata kelola yang diawali dengan proses perencanaan. b) jumlah pengujung yang memanfaatkan koleksi TBM. e) pengadministrasian (sistem katalog) buku bacaan. c) pemberian penghargaan dan perlindungan. pelaksanaan. 6. b) peningkatan kualifikasi dan kompetensi. 7. 5. d) penempatan dan penugasan. serta mengatasi masalah akibat perubahan global. keterampilan. d) kenyamanan. Model Pembelajaran berwawasan Education sikap for dan Sustainable perilaku yang Development (EfSD) adalah bentuk kegiatan dalam penyampaian atau transformasi pengetahuan. sehingga PKBM mampu mewujudkan peningkatan efektifitas layanan program PAUD NI. b) peningkatan kualifikasi dan kompetensi. dan pengendalian dalam rangka meningkatkan kualitas Guru PAUD yang meliputi aspek: a) rekrutmen SDM. d) penempatan dan penugasan. 8. Pengendalian Mutu Program PAUD NI Berbasis Penilaian adalah suatu karya tulis ilmiah yang inovatif dari Penilik bertujuan untuk mempertahankan mutu atau kualitas penyelenggaraan program PAUD NI mulai dari 4 . f) sirkulasi (mulai dari: perencanaan pengadaan buku. pelaksanaan dan pengendalian dalam rangka mendayagunakan sumberdaya manusia yang meliputi aspek: a) rekrutmen SDM. Strategi pengelolaan lembaga PAUD dalam meningkatkan keprofesionalan Guru PAUD adalah suatu tata kelola yang diawali dengan proses perencanaan. berwawasan lingkungan.4. inventarisasi buku.

Karya Tulis. 4 . 10. tentang Pengembangan Metode Pembelajaran Keaksaraan Usaha Mandiri 2. Pengelolaan Lembaga PAUD dalam Meningkatkan Keprofesionalan Guru PAUD (KB/TPA/SPS) c. diikuti oleh: Pamong Belajar SKB dan BPKB. pelaksanaan sampai capaian hasil sesuai dengan kriteria yang ditetapkan dengan berbasiskan data hasil penilaian. Pengelola PKBM dengan materi tentang Efektifitas Pengelolaan PKBM dalam Rangka Perluasan Akses Layanan Program PAUD NI d. Inovasi program kursus berbasis dunia usaha dan dunia industri adalah suatu upaya mendayagunakan sumberdaya insani yang terlibat dalam mendukung aktivitas pengelolaan kegiatan pembelajaran keterampilan atau kecakapan hidup oleh pengelola kursus. diikuti oleh: Guru PAUD (TPA/KB/SPS) dengan materi tentang Pengelola PAUD dengan materi tentang Strategi Pembelajaran Budi Pekerti bagi Anak Usia Dini b. Karya Nyata. materi yang dilombakan tentang Model Pelatihan PTK PAUD NI Berwawasan EfSD. Pengelola TBM dengan materi tentang Peran TBM Tutor Pendidikan Keaksaraan. 9. Inovasi pengembangan rumah pintar adalah ide/gagasan yang bersifat kreatif dari para pengelola program PAUD NI dalam mengembangkan rumah/motor/mobil/perahu pintar dalam rangka mewujudkan Indonesia pintar B. PESERTA DAN MATERI LOMBA 1. JENIS KARYA. dengan materi lomba dalam Menumbuhkan Minat Baca dan Menulis pada Masyarakat e.perencanaan program. a. a.

Penilaian Substansi Karya Nyata/Karya Tulis Ilmiah (tahap I) Penilaian substansi karya nyata/karya tulis ilmiah menggunakan beberapa indikator dan pembobotan sebagai berikut.b. atau penulisan daftar pustaka. dan lain-lain) BOBOT 20 4 . penomoran. penyajian gambar. materi lomba tentang Penyelenggaraan Program PAUD NI. Pengelola program PAUD NI. grafik. Pengembangan Model Kursus Kewirausahaan Berbasis Dunia Usaha dan Dunia Industri. materi lomba tentang Pengendalian Mutu Pengelola Kursus. a. c. dengan materi lomba tentang Inovasi Pengembangan Rumah/Motor/Mobil/Perahu Pintar dalam Mewujudkan Indonesia Pintar. Jenis lomba ini dapat diikuti oleh semua Pengelola program PAUD NI. C. d. Penilik. INDIKATOR PENILAIAN 1 TEKNIK PENULISAN • Kerangka penulisan • Kesesuaian antara judul dengan isi • Struktur dan penggunaan bahasa • Teknik penulisan (cara mengutip. tabel. PENILAIAN 1. Indikator dan Bobot Penilaian Lomba Karya Nyata NO.

tabel. dan lain-lain) Kemutakhiran dan relevansi literatur BOBOT 30 • • 4 . kreativitas. Indikator dan Bobot Penilaian Lomba Karya Tulis Ilmiah NO.2 KWALITAS SUBSTANSI • Orisinalitas atau keaslian karya • Keinovatifan. berupa gagasan. penyajian gambar. 1 • • • INDIKATOR PENILAIAN TEKNIK PENULISAN Struktur/Sitematika penulisan Kesesuaian antara judul dengan isi tulisan Penggunaan bahasa Teknik penulisan (cara mengutip. penomoran. dan hasil karya baru • • • • Keefektifan atau pencapaian tujuan/prestasi Keefisienan atau ekonomis dari sisi pembiayaan Kejelasan dan kelengkapan proses dan/atau produk Dampak atau manfaatnya bagi penyelenggaraan PAUD NI o Meningkatkan kwalitas pembinaan program o Membantu mewujudkan kesesuaian antara perencanaan dan pelaksanaan program 70 3 o Membantu meningkatkan kinerja penyelenggara program UNSUR PENDUKUNG • • • Sumber pustaka dan kemutakhirannya Menunjukkan karya nyata telah dilaksanakan di lapangan dan berkesinambungan Kesesuaian dengan bidang tugas peserta lomba 10 b. grafik atau penulisan daftar pustaka.

MANFAAT a. Dapat didesiminasikan ke PTK PAUD NI 20 4 . berupa gagasan. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan PAUD NI b.2 KUALITAS ISI • • • • Orisinalitas atau keaslian karya Kejelasan alur pikir dalam tulisan Keinovatifan. dan hasil karya baru 50 3 Kelengkapan dan kesesuaian data pendukung (empiris dan teoritis) yang valid. Meningkatkan kinerja penyelenggara program c. kreativitas.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful