Diferensiasi, Salah Satu Strategi Ampuh Yang Mempengaruhi Pemasaran Kamis, 09 Juli 2009 19:23 WIB (Vibizmanagement – Sales & Marketing

) - Banyak strategi yang dipergunakan untuk pemasaran suatu produk dan jasa. Salah satu strategi yang ampuh di dalam pemasaran adalah strategi diferensiasi, yaitu strategi dimana produk kita memiliki perbedaan maupun keunikan dibandingkan dengan produk yang lain. Mungkin banyak orang tidak memanfaatkan cara ini karena terkadang orang merasa ragu jika produknya berbeda dengan produk lain yang ada di pasaran. Tetapi, ada juga yang merasa bahwa dengan adanya diferensiasi, maka produk atau jasanya akan lebih laku bila dijual di pasaran. Berikut akan dibahas beberapa alasan mengapa strategi diferensiasi merupakan salah satu strategi yang ampuh dalam pemasaran : Diferensiasi akan memperpanjang siklus hidup produk Suatu produk pasti akan mengalami siklus decline atau penurunan. Jadi, pada prinsipnya sebelum terjadi penurunan di dalam pemasaran produk atau jasa kita, perlu dilakukan diferensiasi supaya penjualan di dalam pemasaran kita meningkat kembali. Diferensiasi akan membuat produk atau jasa kita lebih diingat oleh konsumen Diferensiasi akan membuat produk atau jasa kita lebih melekat di benak konsumen. Sebagai informasi, perbedaan yang ada pada produk maupun jasa kita, akan membuat konsumen lebih mudah untuk mengingat produk atau jasa yang kita pasarkan karena adanya point of interest yang kita miliki, yaitu keunikan yang tidak dimiliki oleh produk atau jasa yang lain. Bagi para marketing, keuntungan yang akan diperoleh adalah mereka menjadi lebih percaya diri dalam memasarkan produknya. Dikatakan lebih percaya diri karena dengan adanya keunikan tersebut, para marketing akan dapat menjelaskan produk atau jasa mereka dengan lebih mudah dan hal tersebut juga akan lebih menarik bagi konsumen. Pada dasarnya, segala sesuatu yang unik dan tidak dimiliki oleh produk maupun jasa lain akan merupakan suatu hal yang selalu memancing rasa ingin tahu konsumen. Berbekal rasa ingin tahu tersebut, konsumen akan tertarik untuk mengetahui produk atau jasa tersebut dengan lebih dalam dan biasanya, pada akhirnya konsumen akan tertarik untuk mencoba mengkonsumsi produk atau jasa tersebut. Diferensiasi akan membuat produk atau jasa kita terlihat lebih baik dibandingkan dengan produk atau jasa yang lain Dengan adanya keunikan yang kita miliki, maka produk kita akan terlihat lebih baik dibandingkan produk lain, karena keunikan tersebut adalah nilai tambah dari produk atau jasa yang kita pasarkan. Suatu produk atau jasa yang memiliki bentuk dan keunggulan yang relatif sama dengan produk atau jasa lain biasanya akan terlihat biasa saja di mata konsumen, karena pada prinsipnya, konsumen sering merasa jenuh dengan penawaran produk atau jasa yang keunggulannya relatif sama dengan yang lain.

nyaman. Menurut Tjiptono (2001). b. dan mampu mewujudkan dalam keseharian sehingga lebih diminati oleh konsumen dibandingkan dengan produk pesaing lainnya. Pilihan tiap-tiap perusahaan terhadap strategi generik di atas akan bergantung kepada analisis lingkungan usaha untuk menentukan peluang dan ancaman. Jadi. diferensiasi. place. yaitu cost leadership. programming patnership sehingga kualitas jasa yang dirasakan oleh konsumen melebihi harapan.Dengan adanya keunikan atau perbedaan yang menarik dari produk atau jasa kita. Diferensiasi Kualitas Pelayanan Kreativitas yang tinggi mengharmonisasikan unsur-unsur marketing mix : product. packaging. terampil. maka pada konsumen juga akan lebih tertarik untuk mencoba menggunakan produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan kita dibandingkan produk atau jasa yang lain. maka hal tersebut akan membuat konsumen memiliki persepsi bahwa produk atau jasa yang kita hasilkan lebih baik dibandingkan dengan yang lain. kita dapat menjual produk atau jasa kita dengan harga yang lebih tinggi. kita dapat dengan percaya diri mengatakan kepada konsumen bahwa hal yang dimiliki oleh kita tidak dimiliki oleh produk atau jasa yang lain. berwawasan. karyawan yang ramah. Dengan persepsi tersebut. kita bisa mempromosikan bahwa harga yang kita pasarkan merupakan suatu hal yang wajar karena konsumen bisa menikmati keunikan yang tidak dimiliki oleh produk atau jasa yang lain. Diferensiasi Produk Kreativitas yang tinggi dalam menciptakan keunikan produk yang lebih menarik. strategi pemasaran yang dapat dipilih oleh perusahaan yang menerapkan strategi produk diferensiasi agar senantiasa memiliki keunggulan bersaing di pasar dapat dilakukan dengan melakukan pilihan terhadap strategi berikut ini. (Fanya Jodie/FJ/VBM) Strategi Keunggulan Bersaing Keunggulan bersaing menurut Porter (1986) adalah kemampuan suatu perusahaan untuk meraih keuntungan ekonomis di atas laba yang mampu diraih oleh pesaing di pasar dalam industri yang sama. promotion. Dengan keunikan produk atau jasa tersebut. . people. sejuk. aman. price. Diferensiasi akan membuat nilai jual dari produk atau jasa yang kita pasarkan menjadi lebih tinggi Keunikan produk atau jasa yang dimiliki bisa merupakan asset yang berharga bagi kita. Dikatakan bahwa kita dapat menjual produk kita dengan harga yang lebih tinggi karena dengan keunikan yang kita miliki. dengan kata lain. Studi yang dilakukan Porter selanjutnya menetapkan strategi generik yang diklasifikasikan dalam tiga kategori. a. Perusahaan yang memiliki keunggulan kompetitif senantiasa memiliki kemampuan dalam memahami perubahan struktur pasar dan mampu memilih strategi pemasaran yang efektif. menyenangkan. dan focus.

Selain itu. Pada saat perusahaan menerapkan strategi tersebut dan perusahaan pesaing tidak secara berkesinambungan menerapkannya serta perusahaan lain tidak mampu meniru keunggulan strategi tersebut maka perusahaan tersebut dikatakan memiliki keunggulan bersaing yang berkesinambungan (Hit. Karena merupakan yang pertama. Preemptive di sini maksudnya adalah implementasi suatu strategi yang baru bagi suatu bisnis tertentu. Literatur Psikologi merujuk kepada fakta bahwa perbedaan mencolok yang terkait dengan suatu produk akan merangsang daya ingat karena perbedaan tersebut akan diapresiasikan secara intelektual (Trout. yang khusus atau pembeda dari penampilan seseorang atau benda. Diferensiasi Citra Citra identik dengan atribut adalah sebuah karakteristik. mencegah. dan mengekploitasikan kekuatan dan kelemahan setiap elemen citra untuk memastikan bahwa merek itu memiliki prospek yang baik secara terus. misalnya melalui simbolsimbol dan merek yang digunakan. Perusahaan jasa dapat mendeferensiasikan dirinya melalui citra di mata pelanggan. Proses pencitraan harus membangun. perusahaan dapat melakukan diferensiasi produk dalam penyampaian jasa (service delivery) melalui tiga aspek yang juga dikenal sebagai 3P dalam pemasaran jasa. 1992) dalam Tjiptono (2001 : 145--146). Ireland dan Hoskisson. 1999 : 14). 2000 : 95). yang menciptakan citra sebuah merek. memaksimalkan. 1996 : 5). dan proses. proses (process) Keunggulan bersaing yang berkesinambungan adalah kemampuan suatu perusahaan untuk enciptakan suatu produk yang pada saat pesaing berusaha untuk menirunya akan selalu mengalami kegagalan secara signifikan. orang (people) 2 lingkungan fisik (physical environment) 3.menerus (Zyman. tempat atau lokasi strategis. J. Simpulan yang dapat ditarik dari konsep keunggulan bersaing melalui diferensiasi produk adalah bagaimana perusahaan dapat menciptakan produk unik yang memberikan tingkat keuntungan di atas rata-rata yang mampu diraih oleh industri melalui kombinasi manusia. yaitu: 1. S. maka dapat menghasilkan keterampilan atau aset yang dapat merintangi. Di samping factor keunikan produk. perusahaan yang memiliki keunggulan bersaing juga menerapkan strategi marketing mix yang meliputi harga yang mampu bersaing.c. memanfaatkan. dan promosi yang memadai. Perusahaan jasa perlu melakukan diferensiasi melalui inovasi yang bersifat preemptive dalam jangka panjang. atau menghalangi para pesaing untuk melakukan duplikasi atau membuat tandingannya (Macmillan dalam Aaker. . Pendekatan Diferensiasi Produk terhadap Keunggulan Bersaing Pemilihan produk di antara banyaknya tawaran yang ada di pasar selalu didasarkan pada adanya perbedaan. lingkungan. baik secara implicit maupun eksplisit. Diferensiasi citra adalah bauran yang tepat dari elemen pencitraan.

yaitu pada masalah-masalah utama. Melalui investasi pada proses pencitraan yang dilakukan secara terus-menerus. Mula-mula mencari Latar Belakang Permasalahan yang ada. J.Menurut Trout. kebanyakan perusahaan yang sukses adalah mereka-mereka yang “memiliki kata” yang menempati tempat spesial dalam benak konsumen. Bila jasa yang dirasakan lebih kecil daripada yang diharapkan. maka para pelanggan menjadi tidak tertarik lagi pada penyedia jasa yang bersangkutan. targeting maupun positioning yang sama. yang kemudian dikaitkan dengan realitas yang ada di lapangan. adalah untuk melakukan kajian terhadap teori-teori dari para pakar marketing dan berbagai jurnal yang ada. 2002 : 81). yaitu problem utama pihak developer mengenai realitas basil penjualan yang kurang memenuhi target dan rencana penjualan yang telah ditentulcan. Sistem layanan. yaitu jasa yang dirasakan (perceived service) dan jasa yang diharapkan (expexted service). (2000). Berbagai konsep yang berkembang saat ini menyiratkan bahwa pentingnya citra sebagai sarana atau alat untuk meraih keunggulan bersaing di pasar. harga jual dan basil produlc merupakan unsur-unsur polcok yang berpengaruh terhadap kemampuan bersaing berkelanjutan bagi sebuah developer perumahan. maka ada kemungkinan para pelanggan akan menggunakan penyedia jasa itu lagi. Menurut Sergio Zyman (2000). Hal ini dapat dicapai dengan memenuhi atau bahkan melampaui kualitas jasa yang diharapkan para pelanggan. cara lain untuk melakukan diferensiasi adalah secara konsisten memberikan kualitas pelayanan yang lebih baik daripada para pesaing. yaitu pada harga jual produlc. yang mempunyai segmentasi. Kemudian dilakukan analisa perbandingan dengan pihak developer pesaing lainnya. maka langkah berikutnya adalah mengkomunikasikan citra tersebut agar elemen ini menjadi sumber keunggulan bersaing yang Anda miliki dalam jangka panjang (Robert Grede. Kualitas jasa sendiri dipengaruhi oleh dua variabel. yang lebih tinggi daripada yang dapat diraih oleh pesaing dalam industri yang sama.Pendekatan Diferensiasi Kualitas Pelayanan terhadap Keunggulan Bersaing Menurut Tjiptono (2001). Bila yang terjadi adalah sebaliknya (perceived >expexted). system layanan yang dilakukan maupun basil produknya sendiri. perusahaan akan menikmati tingkat pengembalian pasar dalam konsep pemasaran. banyak perusahaan yang sukses dalam menjual produk karena produk mereka memiliki citra jelas yang menentukan posisi mereka di titik yang secara potensial menarik dalam pilihan konsumen yang begitu banyak. Abstract Tesis ini berjudul "Strategi Differensiasi" Untuk Meningkatkan Kemampuan Bersaing Berkelanjutan "Studi Kasus" Di Perumahan "Taman Bukit Hijau" Semarang. Pendekatan Diferensiasi Citra terhadap Keunggulan Bersaing Para pemasar yang tidak menciptakan hubungan antara penciptaan citra dan penjualan produk sering kali tidak melakukan pekerjaan yang baik. maka dalam tesis ini diajulcan 3 buah . Telaah Pustaka dan Hipotesis. Begitu perusahaan telah secara jelas mendefinisikan citranya kepada pelanggan.

influence to sustainable competitive advantage for a real estate development. yaitu orientasi kepada loyalitas pelanggan (Ambarwati. adalah untuk melakukan pencarian sumber data. product and price. Untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan suatu strategi keunggulan bersaing yang salah satunya adalah strategi diferensiasi.61 Computation through 7 steps model. who has sama in segmentation. Basil simpulan dari ke 3 hipotesis tersebut terriyata memang benar bahwa apabila sebuah developer mau melakukan strategi diferensiasi.whose influence sustainable competitive advantage for a real estate development. diferensiasi produk maupun diferensiasi harga. para pelaku usaha baik yang bergerak pada bidang produksi maupun jasa terdorong untuk menggeser orientasi usahanya dari profit oriented menjadi loyalty oriented. And than we study many theories from many expert marketer on the journal marketing. Analisa Data merupakan basil sebaran kuesioner yang kemudian dianalisa melalui alat analisa yang bernama SEM (Structural Equation Modelling). We analysed all of date with SEM (Structural Equation Modelling). with Amos 3. We looked for source date from all buyers to got primer date. The main problems are service. yaitu diferensiasi layanan. Peran strategi diferensiasi sangat diperlukan karena dengan adanya strategi tersebut perusahaan akan mempunyai keunggulan yang lebih dari pesaing. and then we construct a new theories. Pada Metode Penelitian. diferensiasi produk dan diferensiasi harga yang sangat berpengaruh positif terhadap Kemampuan Bersaing Berkelanjutan. We got 3 hypotesis from the journal marketing. sesuai dengan kenyataan. And the last. product differentiation and price differentiation. Tesis ini juga bertujuan untuk membuktikan kebenaran teori para pakar pemasaran.hipotesis yaitu tentang diferensiasi layanan. Kesimpulan dan Implikasi Kebijalcan untuk membuat suatu simpulan basil penelitian dan implikasi lcebijakan yang nantinya bermanfaat bagi pihak manajemer. maka akan sangat berpengaruh positif terhadap kemampuan bersaing berkelanjutan bagi pihak developer itu sendiri pada janglca panjangnya nanti. Case Study in Real Estate Taman Bukit Hijau Semarang" First we are looking for the main problem of real estate development about selling reality. And then we make analysis comparative with another competitor real estate development. where has no target point on selling. dan dilakukan melalui komputasi Amos 3. 2002:57). targeting and potitioning.The title of this thesis is 'Differentiation Strategic for Growing Up Sustainable Competitive Advantage. yaitu dengan cara menyebar kuesioner pada seluruh lconsumen pembeli yang berjumlah 113 orang (98 responden yang dapat digunakan) untuk memperoleh data primer dan data sekunder yang nantinya bertujuan menguji ke 3 hipotesa tersebut. Diferensiasi juga merupakan salah satu strategi jangka panjang untuk perusahaan yang dapat memberikan .61. apabila ke 3 buah diferensiasi tersebut bila diterapkan di lapangan. there are service differentiation. we got that 3 hypotesis are real true. bagi sebuah developer dan kemudian dibentuk sebuah kerangka berpikir teoritis. There are very influence to sustainable competitive advantage for a real estate development. bstrak Saat ini.

hal dapat dibuktikan dengan jumlah penggunanya yang sampai tahun 2008 telah mencapai tujuh juta orang. Karena dengan diferensiasi tertentu dengan sendirinya akan menciptakan kepuasan individu. Oleh karena itulah melalui . Dengan diferensiasi yang dilakukan diharapkan perusahaan mempunyai keunggulan bersaing (keunggulan kompetitif) yang berkelanjutan.nilai lebih besar bagi konsumen. Aspek-aspek yang dapat didiferensiasikan dalam suatu perusahaan diantaranya adalah melalui produk yang dihasilkannya. Penduduk desa ini merupakan masyarakat industri yang memiliki mobilitas tinggi dan kebutuhan komunikasi merupakan hal yang tidak dapat dihindarkan setiap harinya. Salah satu wilayah desa yang telah mampu dijangkau oleh layanan Flexi terutama Flexi Trendy adalah desa yang dipilih untuk dijadikan objek penelitian oleh peneliti yaitu Desa Krebet Senggrong Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang. TELKOMFlexi disebut telah berhasil dalam penerapan strategi diferensiasinya. sehingga membuat konsumen menjadi loyal terhadap suatu produk. Dengan melihat keadaan tersebut tak heran jika di desa ini banyak dijumpai pengguna ponsel terutama ponsel CDMA dan sebagian besar pemilik ponsel CDMA tersebut menggunakan kartu selular Flexi Trendy. Diferensiasi merupakan proses menambahkan serangkaian perbedaan yang bernilai guna membedakan tawaran perusahaan itu dari perusahaan pesaing (Kotler. Telkom Indonesia Tbk dengan produknya Flexi Trendy pada tahun 2003. saluran distribusinya dan citra perusahaan. 2005:347). personalianya. Meskipun telah terdapat penelitian bahwa strategi diferensiasi ini menguntungkan bagi perusahaan karena dapat mempengaruhi keputusan pembelian maupun kepuasan konsumen. Seperti pada dunia telekomunikasi selular saat ini yang semakin berkembang kita mengenal teknologi CDMA (Code Division Multiple Access) dan perusahaan pertama yang memperkenalkan teknologi ini adalah PT. tetapi apakan strategi diferensiasi juga berpengaruh terhadap loyalitas konsumen?. Desa ini telah terjangkau oleh jaringan Flexi empat tahun terakhir. dan akan membuat seorang konsumen melakukan pembelian berulang. penambahan jasa atau pelayanan.

Diferensiasi juga merupakan salah satu strategi jangka panjang untuk perusahaan yang dapat memberikan nilai lebih besar bagi konsumen. 2005:347). Untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan suatu strategi keunggulan bersaing yang salah satunya adalah strategi diferensiasi. 2002:57). personalianya. yaitu orientasi kepada loyalitas pelanggan (Ambarwati. diferensiasi pelayanan dan diferensiasi citra secara parsial maupun simultan terhadap loyalitas konsumen serta untuk mengetahui pengaruh variabel strategi diferensiasi yang paling dominan mempengaruhi loyalitas konsumen pengguna kartu selular prabayar CDMA Flexi Trendy di Desa Krebet Senggrong Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang. Diferensiasi merupakan proses menambahkan serangkaian perbedaan yang bernilai guna membedakan tawaran perusahaan itu dari perusahaan pesaing (Kotler. Peran strategi diferensiasi sangat diperlukan karena dengan adanya strategi tersebut perusahaan akan mempunyai keunggulan yang lebih dari pesaing. Teks Penuh: DOC PDF bstrak Saat ini. Dengan diferensiasi yang dilakukan diharapkan perusahaan mempunyai keunggulan bersaing (keunggulan kompetitif) yang berkelanjutan. dan akan membuat seorang konsumen melakukan pembelian berulang. Aspek-aspek yang dapat didiferensiasikan dalam suatu perusahaan diantaranya adalah melalui produk yang dihasilkannya. penambahan jasa atau pelayanan.penelitian ini penulis bermaksud untuk mengetahui bagaimanakan pengaruh antara diferensiasi produk. sehingga . para pelaku usaha baik yang bergerak pada bidang produksi maupun jasa terdorong untuk menggeser orientasi usahanya dari profit oriented menjadi loyalty oriented. Karena dengan diferensiasi tertentu dengan sendirinya akan menciptakan kepuasan individu. saluran distribusinya dan citra perusahaan.

Teks Penuh: DOC PDF . Meskipun telah terdapat penelitian bahwa strategi diferensiasi ini menguntungkan bagi perusahaan karena dapat mempengaruhi keputusan pembelian maupun kepuasan konsumen. Oleh karena itulah melalui penelitian ini penulis bermaksud untuk mengetahui bagaimanakan pengaruh antara diferensiasi produk. Dengan melihat keadaan tersebut tak heran jika di desa ini banyak dijumpai pengguna ponsel terutama ponsel CDMA dan sebagian besar pemilik ponsel CDMA tersebut menggunakan kartu selular Flexi Trendy. Seperti pada dunia telekomunikasi selular saat ini yang semakin berkembang kita mengenal teknologi CDMA (Code Division Multiple Access) dan perusahaan pertama yang memperkenalkan teknologi ini adalah PT. Salah satu wilayah desa yang telah mampu dijangkau oleh layanan Flexi terutama Flexi Trendy adalah desa yang dipilih untuk dijadikan objek penelitian oleh peneliti yaitu Desa Krebet Senggrong Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang. diferensiasi pelayanan dan diferensiasi citra secara parsial maupun simultan terhadap loyalitas konsumen serta untuk mengetahui pengaruh variabel strategi diferensiasi yang paling dominan mempengaruhi loyalitas konsumen pengguna kartu selular prabayar CDMA Flexi Trendy di Desa Krebet Senggrong Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang. Penduduk desa ini merupakan masyarakat industri yang memiliki mobilitas tinggi dan kebutuhan komunikasi merupakan hal yang tidak dapat dihindarkan setiap harinya. Telkom Indonesia Tbk dengan produknya Flexi Trendy pada tahun 2003. hal dapat dibuktikan dengan jumlah penggunanya yang sampai tahun 2008 telah mencapai tujuh juta orang. TELKOMFlexi disebut telah berhasil dalam penerapan strategi diferensiasinya. Desa ini telah terjangkau oleh jaringan Flexi empat tahun terakhir.membuat konsumen menjadi loyal terhadap suatu produk. tetapi apakan strategi diferensiasi juga berpengaruh terhadap loyalitas konsumen?.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful