BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah Berkembangnya dunia pendidikan beserta segala permasalahan dan problematikanya, menuntut guru untuk lebih kreatif dalam memilih dan menerapkan metode pembelajaran pada siswa. Strategi pembelajaran yang diterapkan harus mampu mengembangkan daya nalar dan kreativitas siswa secara optimal. Pendekatan pembelajaran yang sebelumnya lebih banyak didominasi oleh peran guru diperbaharui dengan sistem pembelajaran yang berpusat pada siswa. Dalam pendekatan PAKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif dan

Menyenangkan), guru harus mampu menghadapkan siswa dengan dunia nyata sesuai yang dialaminya sehari-hari. Berdasarkan hal tersebut, salah satu strategi pembelajaran yang sesuai adalah dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber dan sarana belajar. Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar merupakan bentuk pembelajaran yang berpihak pada pembelajaran melalui penggalian dan penemuan serta keterkaitan antara materi pelajaran dengan konteks pengalaman di kehidupan nyata yang dialami seharihari. Dari hasil pengamatan yang dilakukan, selama ini para guru di .............. masih sangat jarang memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Guru lebih sering memilih meng-karantina siswa di dalam kelas walaupun siswa sudah merasa sangat jenuh di dalam kelas. Lingkungan sekolah tidak lebih hanya dijadikan sebagai tempat bermain-main siswa pada saat istirahat. Salah satu alasan yang dikemukakan adalah bahwa sebagian guru tidak mengetahui bagaimana cara pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.

1

. masih banyak didominasi oleh peran guru.. Dalam kegiatan diskusi ini guru bisa saling membagi pengalaman. 1.. Pembelajaran yang diterapkan di kelas masih lebih ditekankan pada hafalan dan mencari satu jawaban benar pada soal yang diberikan... 4..........Untuk itu perlu dilakukan suatu langkah dalam mengatasi permasalahan ini. 1. dapat diidentifikasi permasalahan yang dihadapi adalah sebagai berikut: 1... maka yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan guru di . dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dapat ditingkatkan melalui rapat kerja sekolah ? 2 .2 Identifikasi Masalah Berdasarkan latar belakang diatas... sedangkan guru yang pengalamannya tinggi bisa semakin matang dan bertambah wawasannya.. dan guru merupakan satu-satunya sumber belajar selain buku paket... 2... meskipun materi yang diajarkan ada kaitannya dengan lingkungan sekitar. Salah satunya melalui diskusi diantara pada guru kelas dalam bentuk rapat kerja sekolah yang membahas masalah pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.. Guru dengan tingkat pengalaman rendah bisa mendapatkan bimbingan dari guru lain yang tingkat pengalamannya tinggi. Pendekatan pembelajaran yang dilakukan di ... Dalam proses pembelajaran guru sangat jarang memanfaaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.. 3.3 Rumusan Masalah Berdasarkan identifikasi masalah diatas. Strategi pembelajaran yang dilakukan selama ini kurang mampu mengembangkan daya nalar dan kreativitas siswa secara optimal.

.. 3 ...4 Pemecahan Masalah Dari rumusan masalah diatas dapat diambil hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa Rapat Kerja Sekolah dapat meningkatkan kemampuan guruguru di ........ b.. Tujuan Penelitian Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru-guru di .. 1..... dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar melalui Rapat Kerja Sekolah.1.5 Tujuan dan Manfaat Penelitian a... kreativitas dan motivasi siswa dalam belajar.. Manfaat Penelitian Dari hasil penelitian ini diha rapkan : Guru dapat menyempurnakan metode pembelajaran yang digunakannya sehingga dapat meningkatkan daya nalar. Pemerataan kemampuan guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang diterapkan di kelas metode dan dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa... dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar...

2 Syarat. Berdasarkan pada persyaratan tersebut maka sebuah sumber belajar harus berorientasi pada siswa secara individu. dapat diambil kesimpulan bahwa sumber belajar itu adalah semua sumber. dari pegertian ini sumber itu dapat berupa manusia maupun non manusia atau juga sumber belajar yang dirancang maupun yang dimanfaatkan. Harus tersedia dengan cepat 2. Salah satu komponen dalam proses tersebut adalah sumber belajar.1 Pengertian Sumber Belajar Belajar mengajar sebagai suatu proses merupakan suatu sistem yang tidak terlepas dari komponen-komponen lain yang saling berintegrasi di dalamnya. Menurut pengertian ini. berbeda dengan sumber belajar 4 . Jadi. 2.BAB II KAJIAN PUSTAKA 2. Sadiman (1986) menyatakan bahwa segala macam sumber yang ada di luar diri seseorang (peserta didik) dan yang memungkinkan atau memudahkan terjadinya proses belajar .syarat Sumber Belajar Pada dasarnya sumber belajar yang dipakai dalam pendidikan adalah suatu sistem yang terdiri dari sekumpulan bahan atau situasi yang diciptakan dengan sengaja dan dibuat agar memungkinkan siswa belajar secara individual. Fred Percipal (1988) mengemukakan ada Tiga Persyaratan Sumber Belajar yaitu sebagai berikut: 1. Harus bersifat individual misalnya harus dapat memenuhi berbagai kebutuhan para siswa dalam belajar mandiri. Untuk menjamin bahwa sumber belajar tersebut adalah sumber belajar yang cocok maka gambar tersebut harus memenuhi persyaratan. Harus memungkinkan siswa untuk memacu diri sendiri 3.

objek permasalahan dalam lingkungan beraneka ragam dan menarik serta tidak pernah habis. misalnya gedung sekolah ruang perpustakaan dan laboratorium.tradisional yang dibuat berdasarkan pada pendekatan yang berorientas pada guru atau lembaga pendidikan. tempat rekreasi dan lain-lain. museum. 5 . studio dan sebagainya. seperti gedung dan peninggalan sejarah. biayanya relatif murah. 2. bangunan industri lingkungan pertanian. pasar. Penggunaan sumber belajar merupakan komponen yang sangat penting dalam proses belajar mengajar. 2. Semakin banyak sumber belajar yang digunakan semakin banyak pula keterlibatan indera siswa dalam penerimaan pesan tersebut dan akan semakin banyak kesan dan pengalaman yang di serap oleh siswa.3 Jenis dan Bentuk Lingkungan sebagai Sumber Belajar Lingkungan yang disebut sebagai sumber belajar adalah tempat atau ruangan yang dapat mempengaruhi siswa. karena tanpa menggunakan sumber belajar maka pesan yang tersimpan dalam materi suatu pelajaran tidak akan di terima oleh siswa. Selain itu ada juga tempat atau ruangan yang bukan dirancang secara khusus atau hanya dimanfaatkan sebagai sumber belajar untuk tujuan pengajaran. Tempat dan ruangan tersebut ada yang dirancang khusus untuk tujuan pengajaran. Secara teoritis pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar mempunyai berbagai arti penting diantaranya lingkungan mudah dijangkau.4 Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Sumber belajar akan dapat digunakan bila sumber belajar itu tersedia sebelum proses belajar mengajar berlangsung.

Berarti di sini guru berfungsi sebagai fasilitator. namun kesadaran itu tidaklah berarti bahwa lingkungan sudah dimanfaatkan secara maksimal sebagai sumber belajar di sekolah dalam menunjang kegiatan belajar mengajar itu sendiri. Guru sebagai salah satu komponen penting dalam pendidikan seyogyanya harus mengerti dan cakap dalam mencari dan memakai sumber belajar yang ada mampu berperan sebagai komunikator. dana yang tersedia. motivator dan manager. Sehubungan dengan hal ini Hanafi (1984) menyatakan: Pemanfaatan sumber belajar tergantung pada kreatifitas guru.2. Untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar diperlukan adanya kerjasama yang baik antara pihak sekolah. masyarakat serta lembaga terkait lainnya. lembaga dan sebagainya. fasilitator. serta kebijakankebijakan lainnya. Pihak sekolah juga harus memperhatikan kebutuhan akan sumber belajar dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan agar dapat menghasilkan keluaran yang berkualitas. Hal tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor yang mempengaruhi lingkungan sebagai sumber belajar. faktor dana. waktu yang tersedia. komunikator. kemampuan guru. Berdasarkan pendapat tersebut dapat diketahui bahwa dalam pemanfaatan sumber belajar termasuk lingkungan oleh siswa sangat tergantung pada bimbingan dan arahan dari guru. mungkin dari segi guru.5 Faktor yang Mempengaruhi Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar Urgensi pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar seperti yang telah dijelaskan terdahulu sebenarnya sudah lama disadari oleh pendidik. 6 . dan motivator dalam menumbuhkan kreatifitas siswa untuk memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. Fungsi guru seperti inil ah yang sangat diharapkan untuk mencapai tujuan pendidikan.

3. Membimbing guru menyusun rancangan pembelajaran yang berkaitan dengan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar......1 Waktu dan Lokasi Penelitian Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal . 7 . dimana pada prinsipnya ada empat tahap kegiatan yaitu.... dengan subjek guru-guru kelas yang berjumlah 6 orang... pelaksanaan tindakan (action). Secara rinci bentuk tindakan dalam penelitian ini adalah : 1. perencanaan tindakan (planning)...... agar mampu menyusun rancangan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar secara efektif. Membimbing guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.. Menyampaikan informasi tentang pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. 3... sampai dengan ......BAB III METODOLOGI PENELITIAN 3. Membimbing guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar... Lokasi penelitian dilakukan di .. Prosedur penelitian yang dilakukan adalah menggunakan model penelitian tindakan sekolah yang dikembangkan oleh Kemmis & Taggart yang diadopsi dalam Nurhalim(2000)..2 Perencanaan Tindakan Bentuk tindakan dalam penelitian ini berupa supervisi (bimbingan kelompok) kepada guru-guru melalui rapat kerja sekolah...... 4... 2... observasi dan evaluasi proses tindakan (observation and evaluation ) dan melakukan refleksi (reflecting)..

dan mampu memanfaatkan diskusi kelompok kerja guru secara efektif dan efesien dalam memecahkan masalah yang terkait dengan kegiatan pembelajaran. Guru melaksanakan rancangan pembelajaran dalam proses pembelajaran yang sebenarnya. Peneliti memberi masukan terhadap rancangan pembelajaran yang telah dibuat kelompok guru. Guru mampu membuat rancangan pembelajaran dengan memanfaakan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Dalam kelompok diskusi guru berbagi pengalaman terkait dengan pelaksanaan pembelajaran yang memanfaakan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.Secara rinci prosedur tindakan yang dilakukan adalah : 1. 9. Wakil kelompok guru mempresentasikan rancangan pembelajaran. Guru mampu melaksanakan pembelajaran dengan memanfaakan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Target yang diharapkan: a. Guru menyusun rancangan pembelajaran dengan memanfaakan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dalam diskusi kelompok. 8. 4. Peneliti mengevaluasi kemampuan guru dalam mengimplementasikan rancangan pembelajaran. 3. b. 6. 2. 5. 10. Peneliti membimbing kelompok guru dalam menyusun rancangan pembelajaran. Membagi guru dalam dua kelompok kecil. c. 8 . Peneliti memberi penjelasan tentang pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Guru mampu berdiskusi secara aktif dan kreatif. 7.

Perencanaan Penelitian. Siklus I a. Penelitian dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut : Peneliti memberi arahan umum pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar Guru melaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar sesuai rancangan pembelajaran yang dimiliki. Pelaksanaan Penelitian. Peneliti melakukan bimbingan dalam kelompok. Peneliti menyiapkan instrumen penelitian ( lembar observasi. Peneliti melakukan penilaian pada guru terkait dengan implementasi pembelajaran sesuai rancangan yang dibuat. dan merevisi rancangan pembelajaran sehingga PAKEM. terkait dengan pembelajaran yang diterapkan. Peneliti menyiapkan rancangan diskusi kelompok yang akan dilaksanakan selama proses tindakan. Kelompok kerja guru melakukan diskusi tentang kendala-kendala pelaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. menghasilkan rancangan pembelajaran yang sesuai dengan 9 . lembar penilaian kemampuan guru). Menginformasikan tentang pelaksanaan rapat kerja sekolah tentang pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar kepada guruguru kelas yang menjadi subjek penelitian. b.3.3 Pelaksanaan Tindakan 1.

perhatian. maupun presentasi yang dilakukan guru dalam menyusun rancangan pembelajaran maupun dalam melaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Pelaksanaan observasi dilakukan dengan menggunakan lembar observasi: 10 . kreativitas. Tahap observasi bertujuan untuk mengetahui kerjasama.c. Observasi dan Evaluasi Kegiatan observasi dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan tindakan yaitu pada saat dilaksanakannya rapat kerja sekolah tentang pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.

maka kami mendorong dan menyarankan agar : 1. Kemampuan guruguru untuk bekerja sama. dan kemampuan dasar lainnya pun dapat ditingkatkan. 2. diskusi dan transfer ilmu maupun pengalaman yang dapat meningkatkan kemampuan dan kualitas mereka sebagai pendidik. 11 . Ini mengindikasikan bahwa hipotesis yang telah disusun adalah benar.2 Saran Dengan melihat hasil yang didapatkan dari penelitian ini.1 Kesimpulan Penelitian tentang peningkatan kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah melalui rapat kerja sekolah di SDN Kebun Raya 1 ternyata memberikan hasil yang positif. beraktifitas. 5.BAB V PENUTUP 5. dalam rangka meningkatkan kemampuan guru-guru mereka terkait dengan pemanfaatan lingkungan sekolah tersebut. Dimana dari beberapa aspek yang diamati dan dievaluasi didapatkan peningkatan yang cukup signifikan. Diskusi-diskusi yang dilakukan dalam rapat kerja sekolah memungkinkan terjadinya transfer ilmu dan pengalaman diantara para guru. Rapat kerja sekolah ternyata mampu meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Kepala sekolah mendorong dilaksanakannya rapat kerja sekolah tentang pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Para guru mengikuti rapat kerja sekolah yang bisa menjadi ajang tukar pikiran.

. Hasil dan Pembahasan dan Daftar Pustaka) dengan mengganti uang lelah kami dalam menyusun dan mengetik PTS ini. Metodologi. Dengan Rp 100.BILA ANDA MERASA COCOK DENGAN TEMA PTS INI ANDA BISA MEMILIKI FILE LENGKAP (Abstrak. Bab I V dari Pendahuluan. Tertarik ? Silahkan hubungi 085259122266 12 .000.kami akan mengirimkan file lengkap PTS via email. Tinjauan Pustaka.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.