Apa itu kebakaran hutan dan lahan?

Kebakaran hutan dan lahan adalah sebuah kejadian terbakarnya kawasan hutan/lahan baik dalam luasan yang besar maupun kecil. Kebakaran hutan dan lahan seringkali tidak terkendali dan bila ini terjadi maka api akan melahap apa saja dihadapannya mengikuti arah angin. Kebalikannya, penyebaran api kebakaran di lahan gambut justru tidak mengikuti arah angin. Titik api justru berada dikedalaman lebih dari 2 meter. Pada kawasan gambut rembetan api akan meluas kesegala arah dan sulit untuk diperkirakan penyebarannya.

Mengapa Terjadi Kebakaran Hutan/Lahan ?
Kebakaran terjadi karena dua hal: karena ulah manusia baik disengaja maupun tidak disengaja dan karena terbakar dengan sendirinya. Kebakaran dengan sendirinya juga tidak disembarang tempat. Kebakaran dengan sendirinya hanya terjadi pada daerah yang tanahnya mengandung batubara. Pada daerah lain mustahil terjadi kebakaran dengan sendirinya. Hal ini disebabkan jenis hutan alam di Indonesia yang masuk dalam kategori Hutan Tropis (tropical Forest) atau Hutan Hujan Basah (Rain Forest) sehingga lantai hutan selalu dalam keadaan basah/lembab.
Untuk unsur kesengajaan, manusia sengaja melakukannya untuk membuka dan membersihkan lahan. Pembakaran hutan dalam waktu singkat juga diyakini dapat meningkatkan kesuburan tanah. Pada beberapa kelompok masyarakat yang masih memiliki kearifan tradisional, pembakaran hutan dilakukan sebulan sebelum musim penghujan. Hal ini diperlukan karena hutan/lahan yang terbakar dalam waktu yang lama malah justru menghilangkan kesuburan tanah.. Untuk unsur ketidak sengajaan biasanya terjadi pada musim kemarau panjang. Dalam musim kemarau, sebatang rokok yang dibuang kesemak yang kering akan mampu menimbulkan api apabila angin bertiup perlahan. Bekas api unggun yang tidak mati dengan sempurna juga mampu memicu terjadinya kebakaran hutan/lahan.

Hal ini mengakibatkan Jakarta terutama di bantaran sungai menjadi sangat rentan terhadap banjir. . sedimentasi berat serta tidak berfungsi dengan baik. peralihan fungsi hutan menjadi perumahan. hotel dan Vila merupakan penyebab yang semuanya adalah benar dan pasti hampir semua orang tahu akan hal ini. Banjir kian menghantui warga Jakarta. berbagai faktor penyebab memburuknya kondisi banjir Jakarta saat itu ialah pertumbuhan permukiman yang tak terkendali disepanjang bantaran sungai. Buruknya saluran pengairan. Penyebab banjir di DKI Jakarta. kusus nya di ibukota tercinta yang sudah menjadi saksi bisu sejarah datang nya banjir dari taun ke taun ini. Banjir merupakan peristiwa yang akrab bagi kota-kota di Pantai Utara Jawa termasuk kota Jakarta. Seharus nya ada kerja sama antara pemerintah dengan warga Negara nya itu sendiri. secara umum terjadi karena dua faktor utama yakni faktor alam dan faktor manusia. Sikap egois yang terjadi di masyarakat seperti menebang pohon tanpa izin untuk kepentingan bisnis tanpa melakukan proses tebang pilih tanam akan mendatangkan banjir lebih cepat. Ini dikarenakan Jakarta sebagai Ibu Kota dari sebuah Negara bernama Indonesia yang seharusnya bisa menangani masalah Banjir yang terjadi di setiap tahunya. Banjir terus terjadi karena negara salah urus dalam mengelola sumber daya dan penataan ruang yang ada.Banjir Tidak ada habis nya kalau sudah membicarakan banjir yang melanda kota Jakarta. Menurut saya. Kita tidak boleh menyalahkan satu pihak saja atas terjadi nya musibah yang menimpa kota Jakarta ini. Jika kita membicarakan musibah banjir yang terjadi di daerah-daerah luar Jawa yang sebenarnya masih terdapat ribuan hektar hutan itu pastilah kemungkinan besarnya di karenakan adanya pembalakan hutan yang merajalela di daerah tersebut. kita sebagai warga negara tidak bisa menyalahkan siapa pun atas musibah yang terjadi selama puluhan taun di Indonesia.

Gempa bumi adalah getaran yang terjadi di permukaan bumi. senter. agar disaat gempa terjadi. Ketika Gempa Terjadi Panik itu wajar. barangbarang t\itu tidak mudah roboh dan menimpamu. Oleh karena itu kita harus senantiasa waspada terhadap gempa bumi. Penyebab terjadinya gempa Kebanyakan gempa bumi disebabkan oleh pelepasan energi yang dihasilkan akibat lempengan bumi yang bergerak. Pada saat itulah gempa bumi akan terjadi. Coba kamu baca beberapa petunjuk dibwah ini agar kamu menjadi terlatih apabila terjadi gempa bumi. sedia payung sebelum hujan. Sebaiknya kamu juga selalu menyediakan kotak P3K. . Semakin lama takanan itu kian membesar dan akhirnya mencapai keadaan dimana tekanan tersebut tidak dapat ditahan lagi oleh pinggiran lempengan.Gempa Bumi Indonesia sangat rawan terjadinya gempa bumi. Pastikan perabotan rumah tangga yang berukuran besar seperti lemari menempel dengan baik pada dinding. tapi kamu harus berusaha untuk tetap tenang saat berhadapan dengan situasi seperti itu. Sama seperti pepatah. radio dan air. Sebelum Gempa Terjadi Sebaiknya… Kenali lingkungan tempat tinggalmu.

Nama : Triana Saputri Kelas : IV (empat) SD Sekolah : SDN Sekeloa 1 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful