MATERI MS. EXCEL 1.

Memasukkan formula Microsoft Excel sering digunakan untuk membuat lembar kerja yang banyak menggunakan perhitungan maupun pengujian isi suatu sel lembar kerja. Dalam melakukan perhitungan maupun pengujian tersebut, rumus yang banyak dipakai adalah rumus matematika, rumus statistika, dan operator logika. Beberapa operator matematika yang sering digunakan untuk melakukan perhitungan, antara lain : a. + (plus) : penjumlahan b. (minus) : pengurangan c. * (kali) : perkalian d. / (bagi) : pembagian e. ^ (pangkat) : pemangkatan f. SQRT : akar kuadrat Untuk menggunakan semua fungsi di dalam Excel, Anda harus mengawalinya dengan menekan tanda sama dengan ( = ), misalnya: a. =5*4-3 hasilnya 17 b. =5*(4-3) hasilnya 5 c. =10+15/2 hasilnya 17,5 d. =(10+15)/2 hasilnya 12,5 e. =10+15*3 hasilnya 55 f. =(10+15)*3 hasilnya 75 Perlu diingat bahwa proses penghitungan dilakukan dengan cara mendahulukan derajad perhitungan yang lebih tinggi, yaitu perkalian dan pembagian dihitung lebih dahulu daripada penjumlahan dan pengurangan. 2. Menggunakan Alamat Relatif dan Absolut Pada saat membuat atau menyelesaikan lembar kerja dengan Microsoft Excel maka kita sering menggunakan alamat relatif dan sekali-sekali menggunakan alamat Absolut. a. Alamat Sel Relatif Alamat relatif adalah alamat sel yang berisikan data formula (rumus), yakni data di dalam suatu sel yang diperoleh dengan memasukkan rumus. Data formula bisa dilihat pada worksheet akan tampak berupa angka, tetapi apabila dilihat pada formula bar, yang terlihat adalah rumusnya. b. Alamat Sel Absolut Yang dimaksud dengan alamat absolut adalah alamat sel lembar kerja yang bersifat tetap. Bila dilakukan pengopian atau pemindahan lembar kerja maka sel tersebut tidak akan bergeser (tetap pada tempatnya). 3. Fungsi Statistika Ada beberapa fungsi statistika yang sering digunakan pada saat bekerja dengan Microsoft Excel. Fungsi-fungsi yang dimaksud, antara lain sebagai berikut : a. =SUM(range) : Menjumlahkan data dalam range b. =AVERAGE(range) : Mencari rata-rata data dalam range c. =MAX(range) : Mencari data tertinggi dalam range d. =MIN(range) : Mencari data terendah dalam range e. =VAR(range) : Mencari nilai variance dalam range f. =STDEV(range) : Mencari standar deviasi dalam range sampel data g. =COUNT(range) : Mencari banyaknya data dalam range

memberikan nilai 0. caranya adalah: =DATE(67.00 pagi oleh 0. 4) Fungsi =WEEKDAY Digunakan untuk menampilkan angka hari dalam satu minggu (pekan). Bentuk umum dari fungsi =TIME adalah: =TIME(Jam. Bentuk umum dari fungsi =IF adalah: =IF(Ekspresi logika. artinya jam 6 sore. 2) Fungsi =MONTH Digunakan untuk menampilkan angka bulan dalam data tanggal.25.07.00 siang oleh 0.5.0).0). Jam 12. Contoh : Jika sel A1 berisi data tanggal 17-Jul-67 maka hasil dari fungsi =MONTH(A1) adalah 7.00 tengah malam diwakili oleh 0.75.Detik) Dalam mengetikkan waktu. 1) Fungsi =DAY Digunakan untuk menampilkan angka tanggal dalam data tanggal. Fungsi DATE Fungsi ini digunakan untuk menampilkan angka seri dari suatu data tanggal. Anda sebaiknya menggunakan sistem 24 jam.00 sore oleh 0.Pilihan1. Bentuk umum pemasukan data tanggal adalah sebagai berikut : =DATE(Tahun.Pilihan2) Jika dalam menguji isi sel lembar kerja dinyatakan benar. Angka yang mewakili waktu adalah angka pecahan yang berkisar antara 0 dan 1. tetapi jika tidak yang diambil Pilihan2 . Contoh : Jika sel A1 berisi data tanggal 17-Jul-67 maka hasil dari fungsi =YEAR(A1) adalah 67.0. Urutan angka dan nama hari adalah sebagai berikut: Angka Nama Hari 1 Minggu (Sunday) 2 Senin (Monday) 3 Selasa (Tuesday) 4 Rabu (Wednesday) 5 Kamis (Thursday) 6 Jum at (Friday) 7 Sabtu (Saturday) Contoh : Jika sel A1 berisi data tanggal 17-Jul-67 maka hasil dari fungsi =WEEKDAY(A1) adalah 2.Menit. Jam 0.17) atau diketik langsung: 17-Jul-67. . Fungsi =IF Fungsi ini digunakan untuk menguji kebenaran isi sel lembar kerja.75 6. Contoh : Jika sel A1 berisi data tanggal 17-Jul-67 maka hasil dari fungsi =DAY(A1) adalah 17.4.5 =TIME(18. Jam 06. Tanggal) Contoh : Untuk menuliskan tanggal 17 Juli 1967. artinya jam 4 sore kita tulis 16.00. artinya jam 12 siang. Fungsi =TIME Fungsi ini digunakan untuk melakukan perhitungan waktu yang diwakili dengan angka. Jam 18. Bulan. Misal: =TIME(12. memberikan nilai 0. 5. maka yang diambil adalah Pilihan1 . 3) Fungsi =YEAR Digunakan untuk menampilkan angka tahun dalam data tanggal.0.

hasilnya : Mic (jika A1 berisi Microsoft) b. a. hasilnya : put =MID(A1. Jika tidak L maka pilihannya adalah Perempuan .n) Untuk mengambil karakter dari sebelah kiri pada string. seperti : Left.Range Tabel. Fungsi =MID(String. Contoh : =RIGHT( Komputer . hasilnya : cros (jika A1 berisi Microsoft) 8. Lower. Lulus . Fungsi Pembacaan Tabel Microsoft Excel menyediakan fasilitas pembacaan tabel. Bentuk umum dari fungsi =VLOOKUP adalah sebaagi berikut : =VLOOKUP(Sel Kunci. 7.5) Enter. Fungsi =LEFT(String.Offset Kolom) Sel kunci adalah kolom yang menjadi kunci dalam pembacaan tabel data. Fungsi Teks Teks adalah data yang berjenis label (karakter atau huruf). Fungsi =VLOOKUP Fungsi ini digunakan untuk membaca tabel data yang disusun secara tegak lurus (vertikal).3) Enter.3. Fungsi =RIGHT(String. Microsoft Excel banyak mempunyai fungsi yang berhubungan dengan data label.Contoh: 1) =IF(A1= L . jika sel A1 berisi L maka pilihannya Laki-laki . b. n menunjukkan jumlah karakter yang diambil. hasilnya : crosoft (jika A1 berisi Microsoft) c. Mengulang ) Artinya.3) Enter.n) Untuk mengambil karakter dari sebelah kanan pada string. Tabel disini berfungsi untuk memandu pengisian lembar kerja. Upper.Range Tabel. Fungsi =HLOOKUP Fungsi ini digunakan untuk membaca data yang disusun secara mendatar (horizontal). 2) =IF(B5>=6. Jika sel B5 nilainya >=6 maka jawabannya Lulus . Right. Offset kolom adalah kolom yang akan dibaca pada tabel data.4) Enter. Perempuan ) Artinya. jika tidak jawabannya adalah Mengulang . hasilnya : Kompu =LEFT(A1. hasilnya : uter =RIGHT(A1. Contoh : =LEFT( Komputer . Adapun bentuk umumnya : = HLOOKUP(Sel Kunci.n1. Mid.4. . Contoh : =MID( Komputer . n menunjukkan jumlah karakter yang diambil.4) Enter. Laki-laki . a.7) Enter.Offset Baris) 9. Range tabel adalah daerah yang disorot (range) pada tabel pembanding. dan Proper.n2) Untuk mengambil karakter di tengah pada string yang dimulai dari n1 sebanyak n2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful