NAPZA kerap disebut dengan istilah NARKOBA yang merupakan kependekan Narkotika, Psikotropika, dan Bahan berbahaya lain

. NARKOBA Berasal dari bahasa inggris yaitu narcotics, yang berarti obat bius. Dalam bahasa yunani disebut Narkose yang artinya menidurkan atau membius. Definisi Narkotika adalah zat atau obat,baik yang berasal dari tanaman, sintesis, maupun semi sintetis, yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan menimbulkan ketergantungan PENYEBAB PENYALAHGUNAAN NARKOBA Penyebab narkoba disebabkan oleh banyak faktor, baik internal maupun eksternal. 1. Faktor Internal : Adalah faktor yang berasal dari diri seseorang.
y

Keluarga : Jika hubungan dengan keluarga kurang harmonis (Broken Home) maka seseorang akan mudam merasa putus asa dan Frustasi. Akibat lebih jauh, orang akhirnya mencari kompensasi diluar rumah dengan menjadi konsumen narkoba. Ekonomi : Kesulitan mencari pekerjaan menimbulkan keinginan untuk bekerja menjadi pengedar narkoba. Seseorang yang ekonomi cukup mampu, tetapi kurang perhatian yang cukup dari keluarga atau masuk dalam lingkungan yang salah lebih mudah terjerumus jadi pengguna narkoba. Kepribadian :Apabila kepribadian seseorang labil, kurang baik, dan mudah dipengaruhi orang lain maka lebih mudah terjerumus kejurang narkoba.

y

y

2. Faktor Eksternal : Berasal dari luar seseorang. Faktor yang cukup kuat mempengaruhi seseorang.
y

Pergaulan : Teman sebaya mempunyai pengaruh cukup kuat bagi terjerumusnya seseorang kelembah narkoba, biasanya berawal dari ikut-ikutan teman. Terlebih bagi seseorang yang memiliki mental dan keperibadian cukup lemah, akan mudah terjerumus. Sosial /Masyarakat : Lingkungan masyarakat yang baik terkontrol dan memiliki organisasi yang baik akan mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba.

y

GEJALA DAN AKIBAT PENGGUNAAN NARKOBA Faktor yang mempengaruhi gejala dan akibat narkoba antara lain:
y

y

Konsentrasi obat, yaitu kadar obat yang dikonsumsi. Semakin tinggi kadar obat maka akan merasakan gejala yang lebih kuat pula. Sebelum dikonsumsi, narkoba dilarutkan dalam pelarut tertentu,dapat air atau minuman beralkohol. Jenis pelarut mempengaruhi efektivitas kerja zat aktif yang terkandung dalam narkoba.

Gejala Umum Penanda bagi Pemakai Narkoba Pada awalnya akan menimbulkan rasa tidak nyaman seperti mual. dan percaya diri. pandangan kabur (Kesadaran kurang). Bila menggunakan obat bersifat analgetik (Jenis narkotika) menimbulkan rasa senang berlebihan dan perasaan menlayang (Fly). dan GO (Gonorhea) Pada sistem pertahanan tubuh dapat memicu penyakit HIV/AIDS . mengenakkan dan menyenangkan menimbulkan rasa aman seolah dunia indah & nikmat Perubahan Psikis atau Kejiwaan karena Pengaruh Narkoba Perubahan tingkah laku antara lain : y y y y y y y y y Menjadi Introvert (Tertutup) Menjadi tidak dapat mengontrol emosi Suka mencuri Berbohong Kasar dan tidak sopan Acuh dan jorok Pola makan dan tidur berubah Bicara tidak jelas serta jalanya sempoyongan Perubahan fisik misalnya kurus dan berwajah kuyu.sipilis. Jika konsumsi jenis Psikotropika gejala awal khayalan yang indah-indah.y Lamanya mengkonsumsi obat karena sakit. sering batuk. Untuk zat adiktif dan bahan berbahaya lain. serta hidung dan mulut kering Tidak suka mandi dan berpakaian tidak rapi Sering menggunakan baju panjang (karena banyak bekas tanda goresan dilengannya) Efek Narkoba / Napza pada Tubuh y y y y y y Pada otak. kedinginan Mata terus menerus berair. mengakibatkan asma.dan rasa gelisah. akan terpengaruh oleh dosis dalam obat. pusing. Pengaruhnya juga akan bertahan lama. mengakibatkan gagal jantung dan infark miocard (MCI) Pada lever. rasa tenang. narkoba dapat mengakibatkan perdarahan pada pembuluh darah otak (stroke) Pada paru.Apabila sebelumnya pengguna telah merasa sakit dan selamaitu mengkonsumsi maka pengaruh yang dirasakan akan besar. muntah. mengakibatkan hepatits dan kenker hati Pada alat reproduksi megakibatkan impotensi. keguguran. Perubahan fisik antaralain: y y y y y y Muka pucat dan pandangan kosong Tubuh kurus karena hilangnya nafsu makan Daya tahan tubuh turun. mandul. pilek. bronkhitis dan kegagalan pernafasan Pada jantung.

Bunga tersebut menghasilkan zat lengket yang menjadi cikal bakal dari heroin.y Dll pada ginjal. Sembelit kronis. Sembelit. Merasa nyaman (euforia). putih. sejenis bunga di iklim panas dan kering. dada dan cabang tenggorokan. Apa saja dampak jangka panjang dari heroin? y y y y y y y Pembuluh darah pecah. darah dan sistem hormonal Sumber : http://www. akan memperlambat sistem saraf pusat hingga menyebabkan koma dan kematian. Mual dan muntah-muntah. opium.sahabatwanita. Apa saja dampak langsung dari heroin? y y y y y y Menghilangkan rasa sakit (analgesik) Kesulitan bernafas. Masalah jantung. Impotensi (pada pria). Toleransi pada heroin berarti seseorang perlu dosis narkoba yang lebih tinggi untuk mencapai efek yang sama ketika mereka menggunakan zat tersebut dalam skala kecil. Dalam dosis yang tinggi. Heroin berasal dari bunga opium. Bahaya dan Pengaruh Lainnya Ketergantungan Heroin adalah zat yang mempunyai daya ketergantungan tinggi dan pemakai biasa hampir dipastikan menjadi ketergantungan. Tetanus. morfin dan kodein. Zat-zat tersebut memperlambat pesan dari otak ke tubuh dan sebaliknya. Tindak kekerasan dan kriminal. Obat-obatan depresan tidak langsung membuat Anda merasa tertekan. Heroin adalah zat depresan. Beberapa nama lain dari zat tersebut adalah bedak. Menstruasi yang tidak teratur dan ketidaksuburan (pada wanita).com/bahaya-penyalahgunaan-narkoba-pada-remaja Heroin (Putau) Apa itu Putau? Putau adalah bentuk tingkat rendah dari heroin. . lambung.

Depresan memperlambat sirkulasi tubuh dan kombinasi obat-obatan tersebut dapat meningkatkan efeknya. . Jika sirkulasi tubuh terlalu banyak yang melambat. Kadang-kadang beberapa obat-obatan seperti amfetamin dan obat tidur dicampurkan juga.org/ID/facts_drug7. resikonya bisa berupa keadaan koma atau bahkan kematian.php Narkotika memiliki banyak jenis dan macamnya yang sering disalah gunakan oleh para pecandu.ycab. dan karena pengguna tidak berhati-hati apakah ia menggunakan heroin murni dengan kadar 5% atau 50% akan mudah bagi orang itu untuk mengalami overdosis dadakan dan bahkan mati. Hukum dan Narkoba Memiliki. dan berbagi peralatan suntik ± alat hisap. AIDS dan Hepatitis Heroin biasanya disuntikkan. Heroin dan Obat-obatan Lain Heroin dapat menjadi berbahaya ketika dikombinasikan dengan berbagai obat-obatan lainnya. 1. sendok. penglihatan dan kemampuan untuk mengambil keputusan tentang jarak dan kecepatan. mariyuana/kanabis/ganja. kodein dan opiat sintetik. Berikut ini adalah jenis-jenis atau macam-macam narkitoka-narkotika tersebut disertai pengertian arti definisi. Narkotika tersebut antara lain seperti opium/opiat. menggunakan atau menjual amfetamin di Indonesia adalah melanggar hukum dan akan terkena denda yang besar dan atau hukuman berat. morfin. Opiat / Opium Opiat atau opium adalah bubuk yang dihasilkan kangsung oleh tanaman yang bernama poppy / papaver somniferum di mana di dalam bubuk haram tersebut terkandung morfin yang sangat baik untuk menghilangkan rasa sakit dan kodein yang berfungsi sebagai obat antitusif. Hal ini yang menyebabkan mengemudi atau menumpang bersama seseorang yang dimabuk heroin sangat berbahaya. putau yang dijual di masyarakat sering dicampur dengan bahan berbahaya seperti bedak talek dan deterjen.Heroin Tidak Murni Seperti pembuatan obat-obatan terlarang lainnya. kain katun penyeka. Siapa saja yang dituduh dengan tuduhan narkoba akan mendapatkan catatan kriminal. turniket ± sangat meningkatkan peluang komplikasi infeksi seperti keracunan darah. Mengemudi Heroin memengaruhi keterampilan motorik dan koordinasi tubuh. Hal ini dapat membawa masalah lain dalam kehidupan: dari mencari pekerjaan atau membuat visa untuk perjalanan. kokain. Hepatitis B dan C sekaligus HIV/AIDS. khususnya obat-obatan depresan seperti alkohol atau obat-obat penenang lainnya. Zat-zat aditif ini dapat mematikan. heroin. Baik Hepatitis C dan AIDS tidak dapat disembuhkan dan akhirnya menyebabkan kematian. sampai kesempatan pendidikan baik dalam negeri maupun luar negeri Sumber: http://www.

Setelah 20 menit semua perasaan enak itu hilang seketika berubah menjadi rasa lelah / capek. 5. dan lainlain. Kodein Kodein adalah sejenis obat batuk yang digunakan oleh dokter. disuntik ke pembuluh darah. Heroin Heroin adalah keturunan dari morfin atau opioda semisintatik dengan proses kimiawi yang dapat menimbulkan ketergantungan / kecanduan yang berlipat ganda dibandingkan dengan morfin. Morfin Mofrin adalah alkoloida yang merupakan hasil ekstraksi serta isolasi opium dengan zat kimia tertentu untuk penghilang rasa sakit atau hipnoanalgetik bagi pasien penyakit tertentu. Metadon berguna untuk menyembuhkan ketagihan pada opium / opiat yang berbentuk serbuk putih. Efek psikologis atau mental spiritual yang dapat ditimbukan dari penggunaan kokain secara terus menerus_adalah: -Darah_tinggi -Susah_tidur -Bola_mata_menjadi_kecil -Hilang_nafsu_makan/kurus -Detak_jantung_jadi_cepat . tambah pede. dan sebagainya 7. Namun karena pembuatannya sulit. 6. sukses. dihisap seperti rokok. namun kurang menimbulkan ketagihan / kecanduan. depresi mental dan ketagihan untuk menggunakannya lagi. Ganja / Mariyuana / Kanabis . dihirup dari hidung dengan pipa kecil.2. 4. namun dapat menyebabkan ketergantungan / efek adiksi sehingga peredarannya dibatasi dan diawasi secara ketat. 3. Opiat sintesis dapat memberi efek seperti heroin.Terbius sesaat. menambah tanaga dan stamina. kulit / sub kutan atau pembuluh vena. Kokain / Cocaine Hydrochloride Kokain adalah bubuk kristal putih yang didapat dari ekstraksi serta isolasi daun coca (erythoroxylon coca) yang dapat menjadi perangsang pada sambungan syaraf dengan cara / teknik diminum dengan mencampurnya dengan minuman. petidin dan dektropropoksiven (distalgesic) yang memiliki fungsi sebagai obat penghilang rasa sakit. lagi dan lagi sampai mati. dan beragam metode lainnya. yaitu selama 1 sampai 4 menit seperti rasa senang riang gembira. terangsang. opiat buatan ini jarang beredar kalangan non medis. Opiat Sintetik / Sintetis Jenis obat yang berasal dari opiat buatan tersebut seperti metadon. Dampak atau efek dari penggunaan morfin yang sifatnya negatif membuat penggunaan morfin diganti dengan obat-obatan lain yang memiliki kegunaan yang sama namun ramah bagi pemakainya. Kenikmatan menggunakan kokain hanya dirasakan sebentar saja. Heroin dipakai oleh para pecandunya yang bodoh dengan cara menyuntik heroin ke otot.

Heroin. morfin.Mariyuana adalah tanaman semak / perdu yang tumbuh secara liar di hutan yang mana daun. Morfin. Narkotika tersebut antara lain seperti opium/opiat. Heroin Heroin adalah keturunan dari morfin atau opioda semisintatik dengan proses kimiawi yang dapat menimbulkan ketergantungan / kecanduan yang berlipat ganda dibandingkan dengan morfin. kodein dan opiat sintetik.id/index. heroin. dan biji kanabis berfungsi untuk relaksan dan men Sumber: http://www.Ganja.php?option=com_content&view=article&id=372:ganjaopium-kokain-morfin-heroin-adalah-narkoba-yang-sering-dipergunakan&catid=53:artikel&Itemid=192 Macam/Jenis Narkotika Yang Sering Disalahgunakan/Dipakai . 18/02/2008 .1:07am ² godam64 Narkotika memiliki banyak jenis dan macamnya yang sering disalah gunakan oleh para pecandu. 3. 4. 2. Berikut ini adalah jenis-jenis atau macammacam narkitoka-narkotika tersebut disertai pengertian arti definisi. kokain. Heroin dipakai oleh para pecandunya yang bodoh dengan cara menyuntik heroin ke otot. kulit / sub kutan atau pembuluh vena.bnpjabar. mariyuana/kanabis/ganja. Morfin Mofrin adalah alkoloida yang merupakan hasil ekstraksi serta isolasi opium dengan zat kimia tertentu untuk penghilang rasa sakit atau hipnoanalgetik bagi pasien penyakit tertentu. bunga. Dkk Mon. Kodein Kodein adalah sejenis obat batuk yang digunakan oleh dokter. Dampak atau efek dari penggunaan morfin yang sifatnya negatif membuat penggunaan morfin diganti dengan obat-obatan lain yang memiliki kegunaan yang sama namun ramah bagi pemakainya.or. namun dapat menyebabkan ketergantungan / efek adiksi sehingga peredarannya dibatasi dan diawasi secara ketat. Kokain. Opiat / Opium Opiat atau opium adalah bubuk yang dihasilkan kangsung oleh tanaman yang bernama poppy / papaver somniferum di mana di dalam bubuk haram tersebut terkandung morfin yang sangat baik untuk menghilangkan rasa sakit dan kodein yang berfungsi sebagai obat antitusif. Opiat Sintetik / Sintetis . 1. 5. Opium.

menambah tanaga dan stamina. disuntik ke pembuluh darah.Bola mata menjadi besar.Bola mata menjadi kecil . Zat getah ganja / THC (delta-9 tetra hidrocannabinol) yang kering bernama hasis. dan beragam metode lainnya. spleft. Setelah 20 menit semua perasaan enak itu hilang seketika berubah menjadi rasa lelah / capek. terangsang. . lagi dan lagi sampai mati. Namun karena pembuatannya sulit. Kokain / Cocaine Hydrochloride Kokain adalah bubuk kristal putih yang didapat dari ekstraksi serta isolasi daun coca (erythoroxylon coca) yang dapat menjadi perangsang pada sambungan syaraf dengan cara / teknik diminum dengan mencampurnya dengan minuman. Kenikmatan menggunakan kokain hanya dirasakan sebentar saja. sukses. tambah pede. yaitu selama 1 sampai 4 menit seperti rasa senang riang gembira. joint. dihisap seperti rokok. .Tubuh lemas dan lelah. cimeng. Ganja dapat menimbulkan efek yang menenangkan / relaksasi. Opiat sintesis dapat memberi efek seperti heroin. Metadon berguna untuk menyembuhkan ketagihan pada opium / opiat yang berbentuk serbuk putih. 6. Minyak tersebut sering digunakan sebagai campuran rokok atau lintingan tembakau yang disebut sebagai cimenk. dan sebagainya 7. bunga. dan biji kanabis berfungsi untuk relaksan dan mengatasi keracunan ringan (intoksikasi ringan).Darah tinggi . depresi mental dan ketagihan untuk menggunakannya lagi. cimenx. dan lain-lain. Ganja / Mariyuana / Kanabis Mariyuana adalah tanaman semak / perdu yang tumbuh secara liar di hutan yang mana daun.Detak jantung jadi cepat .Sulit bobo / susah tidur . sedangkan jika dicairkan menjadi minyak kanabasis. Orang yang baru memakai ganja atau mariyuana memiliki ciri-ciri sebagai berikut : . dan sebagainya. Efek psikologis atau mental spiritual yang dapat ditimbukan dari penggunaan kokain secara terus menerus adalah : . petidin dan dektropropoksiven (distalgesic) yang memiliki fungsi sebagai obat penghilang rasa sakit.Hilang nafsu makan / kurus .Mabuk / mabok dengan mata merah. .Jenis obat yang berasal dari opiat buatan tersebut seperti metadon.Terbius sesaat. opiat buatan ini jarang beredar kalangan non medis. dihirup dari hidung dengan pipa kecil. namun kurang menimbulkan ketagihan / kecanduan.

yakni antara lain sebagai berikut ini : . . 2-5 mg IV dengan jumlha 2 mg/menit 2.Penglihatan kabur / berkunang-kunang. Dosis: MI: 1. Indikasi: Untuk menghilangkan rasa sakit yang berat. Morphine digunakan untuk menghilangkan rasa sakit yang berat.Kemampuan konsentrasi berkurang.Peka pada suara. Yang penting bagi pecandu ganja adalah efek enak dan nikmat dunia yang semu seperti : .Daya tangkap syaraf otak berkurang. Morphine bekerja dengan cara mengurangi atau menekan pusat persepsi rasa sakit di otak. Sumber: http://organisasi. UA: 1. Boleh diulangi setiap 5-30 menit seperti yang dibutuhkan untuk menghilangkan gejala.Bagi pengguna ganjo alias mariyuana semua itu tidak masalah walaupun banyak menimbulkan efek buruk bagi fisik dan mental. Efek CV (hipotensi.org/macam-jenis-narkotika-yang-sering-disalahgunakan-dipakai-ganja-opiumkokain-morfin-heroin-dkk Morphine adalah jenis obat yang disebut narkotik penghilang rasa sakit. 10 mg IV dengan jumlah 2 mg/menit diikuti dengan dosis yang lebih jauh sekitar 5-10 mg IV.Percaya diri / PD meningkat pesat. Morphine tidak digunakan untuk menghilangkan rasa sakit setelah melakukan pembedahan kecuali jika telah menggunakannya sebelum pembedahan dilakukan. . .Pasokan sirkulasi darah ke jantung berkurang. kebingungan. .Rasa gembira. 2. perubahan mood) 2. jika diperlukan. .detik. Diamorphine mungkin lebih sedikit menyebabkan kemabukan dan hipotensi dibandingkan dengan Morphine. Gunakan dosis setengah pada orang-orang yang lebih tua. konstipasi). Efek GI(N/V. Sumber: http://health. Efek CNS (mengantuk. bradycardia). depresi.com/read/2010/07/12/162114/1397690/769/morphine?ld991107763 . Efek Samping: 1.

Namun. . tekanan keluarga justru membuat anak melarikan diri kepada napza.Remaja Sebagai Target Napza Informasi dikumpulkan oleh relawan YAI Laporan: Betty A Sirait dan charles Tambunan Humanhealth Juni 2002 Anda tentu prihatin menyaksikan anak Anda senang menyendiri. poling muda 17 tahun dan poling tua 45 tahun. Demikian data yang diungkap oleh Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) cabang DKI Jaya. Bandung. Sebaiknya Anda juga mesti waspada jika selain menyendiri. diduga ada lebih dari 166 SMTP dan 172 SLTA yang menjadi pusat peredaran narkotika dengan lebih dari 2000 siswa terlibat di dalamnya. Tak aneh tempat hiburan ini sudah bak pasar napza. Usia pasien paling banyak 20-24 tahun. Usia remaja adalah usia yang rentan terhadap napza. Usia pertama kali menggunakan napza rata-rata 19 tahun. Sampai 11 mei 2002 tercatat 37 pasien laki-laki dan 9 orang perempuan korban napza. Kota-kota besar seperti Medan. Remaja penggemar diskotek beresiko tinggi terjerat napza. Tri Mulyati. Jakarta. mayoritas pengguna berumur 20-25 tahun. Senang menyendiri dan sering ke toilet adalah salah satu cirri pecandu napza. Sembilan puluh persen pengguna adalah pria. Surabaya. anak yang bebas bergaul pun rentan menjadi korban napza. ia juga sering keluar masuk kamar mandi untuk keperluan yang tidak jelas. Denpasar menjadi daerah tujuan pasar norkotik Internasional. Dari sekitar 2 juta orang pengguna napza di Indonesia. pada tahun 2000 lalu. pemilik Wisma Adiksi. Melihat data seperti di alas. Mungkin anak Anda bukan kurang bergaul. Target utama pasar narkotik adalah remaja. Di Jakarta. Hanya mereka yang sedang "on" yang bisa menikmati dentam musik memekakkan telinga di diskotek. Bahkan. Sebaliknya. Anda langsung khawatir jika selama ini tak memperhatikan perilaku sang anak. Menurut Dr. tak bijaksana jika kemudian Anda menjadi orang tua yang otoriter dan menguasai sang onak 24 jam sehari. salah satu pusat rehobilitasi napza di Jakarta. tapi justru salah gaul. para pecandu yang dirawat umumnya mahasiswa dan pelajar. Coba pula tengok data dari Wisma Adiksi.

Perkembangan emosi yang terhambat. Faktor kepribadian Pecandu napza biasanya memiliki konsep diri yang negatif dan harga diri yang rendah. dengan ditandai oleh ketidakmampuan mengekspresikan emosinya secara wajar. Faktor tersebut meliputi faktor keluarga. jenis napza yang paling banyak digunakan adalah putaw (heroin. ayah bilang ya. Keluarga yang dimaksud adalah keluarga yang memiliki riwayat ketergantungan napza. Faktor keluarga Berdasarkan hasil penelitian tim UNIKA Atma Jaya dan Perguruan Tinggi Kepolisian Jakarta tahun 1995. tetapi ibu bilang tidak). ayah dan anak. akan lebih baik kalau Anda sebagai orang tua mengetahui hal awal napza. mudah cemas. Demikian juga keluarga yang selalu menuntut kesempurnaan dan keluarga yang selalu diliputi kecemasan. Remaja yang menyalahgunakan napza umumnya tidak mandiri dan menganggap segala sesuatunya harus diperoleh dari lingkungan. keluarga dengan aturan yang tidak konsisten (misalnya. Bila seorang remaja tidak bisa berinteraksi dengan kelompok teman yang lebih popular atau yang . Faktor pendorong Berdasarkan hasil jumlah penelitian terdapat beberapa faktor yang berperan pada penyalahgunaan narkoba. pasif agresif dan cenderung depresi. Menurut Dr Tri.Agaknya. Selain itu juga keluarga dengan orang tua yang otoriter atau keluarga yang tidak pernah memberikan kesempatan pada anak untuk berdialog. Faktor kelompok teman sebaya (peer group) Kelompok teman sebaya dapat menimbulkan tekanan kelompok. ibu don anak. faktor kepribadian. faktor lingkungan sekolah dan faktor kesempatan. yaitu cara teman-teman atau orang-orang seusia untuk mempengaruhi seseorang agar berperilaku seperti kelompok itu. Yang juga penting factor apa yang mendorong penggunaan napza? Jangan-jangan sikap Anda sebagai orang tua turut berperan. terdapat beberapa tipe keluarga yang berisiko tinggi anggota keluarganya (terutama remaja) terlibat penyalahgunaan napza. Apa saja jenis napza yang beredar dan dampaknya dapat and abaca pada tabel. maupun antar saudara. dan keluarga yang sering konflik baik antara ayah dan ibu. faktor teman sebaya.

Kakiallatu. Al Bachri. maupun sosial. Napza juga membawa kepada ke cenderungan seks bebas dan suburnya pelacuran.berprestasi (misalnya dalam bidang olahraga dan akademik). atau rehabilitasi sosial yang mendapat izin dari Menteri Sosial. angka keberhasilan penyembuhan pasien napza secara teoritis sekitar 65-85 . Faktor Kesempatan dan lain-lain Saat ini kesempatan untuk mendapatkan napza relatif mudah. Fritz A. salah satu dokter yang aktif mengobati penderita napza. Lingkungan masyarakat yang masih bersikap tak acuh seolah membiarkan penyalahgunaan napza. Faktor lingkungan sekolah Lingkungan sekolah turut mendorong terjadinya penyalahgunaan napza. RSJ (Rumah Sakit Jiwa). Sebaiknya Anda memilih lembaga rehabilitasi medis yang telah mendapat izin dari Menteri Kesehatan. Sp. ada pecandu yang menjual tubuhnya untuk membeli napza. Faktor lainnya adalah lemahnya penegakan hukum di Indonesia.BU. Rehabilitasi sosial merupakan kegiatan pemulihan fisik.Tri yang juga merupakan istri Dr. umumnya tempat hiburan menjadi tempat penjualan napza. sering tidak ada pelajaran pada waktu jam sekolah. Sekolah yang kurang berdisiplin dan tidak tertib.B. pelajaran yang diberikan secara membosankan guru yang kurang pandai mengajar dan kurang mampu berkomunikasi dengan siswa. PENGOBATAN Penderita Napza disembuhkan dengan rehabilitasi yang terdiri dari 2 cara: Famili yaitu rehabilitasi medis dan rehabilitas sosial. mental. menurut Dr. Rehabilitasi medis dilakukan dengan mengobati dan merawat penderita dengan menggunakan obat-obatan dan tindakan medis. serta sekolah tidak mempunyai fasilitas untuk menyalurkan kreatifitas siswa. Pemulihan biasanya dilakukan dengan menggunakan psikolog dan pendekatan agama. merupakan ciri-ciri sekolah yang berisiko tinggi terhadap adanya penyalahgunaan napza pada murid-muridnya. Bahkan. Rehabilitasi medis bisa didapatkan di RSKO (Rumah Sakit Ketergantungan Obat. Menurut Dr. urolog dari RSPAC Gatot Subroto. hal tersebut dapat menyebabkan frustrasi sehingga ia mencari kelompok lain yang dapat menerimanya. atau Unit Gowat Darurat di setiap Rumah Sakit Umum. Sp. bahkan sekolah-sekolah termasuk sampai SD.

padahal pembinaan kepribadian juga penting. Umumnya guru mementingkan pengajaran ilmu pengetahuan.persendian_ngilu . sebaiknya Anda meminta bantuan para ahli. Orang tua diharapkan mengetahui dan memahami bahaya penyalahgunaan napza dan mengetahui ciri-ciri anak yang berisiko besar menjadi pecandu. CIRI-CIRI PENGGUNA NAPZA Ciri Fisik *Berat_badan_turun_drastis *Mata_cekung_dan_merah. Artinya. dengan melaporkan kepada polisi apabila menyangkut peredaran gelap dari kepada petugas fasilitas pelayanan kesehatan apabila membutuhkan pertolongan medis._muka_pucat_dan_bibir_kehitaman *Buang_air_besar_dan_air_kecil_kurang_lancar *Sembelit_atau_sakit_perut_tanpa_alasan_yang_jelas *Tanda berbintik merah seperti bekas gigitan nyamuk dan ada bekas luka sayatan *Terdapat_perubahan_warna_kulit_di_tempat_bekas_suntikan *Terdapat_perubahan_warna_kulit_di_tempat_bekas_suntikan *Mengeluarkan_air_mata_yang_berlebihan *Mengeluarkan_keringat_yang_berlebihan *Kepala_sering_nyeri. Pencegahan Penanggulangan narkotika dan psokotropika pada remaja membutuhkan peran orang tua. Masyarakat juga diharapkan berperan aktif dalam membantu upaya pencegahan dan pemberontasan penyalahgunaan dan peredaran gelap norkotika. guru dan peran masyarakat yang sangat besar. Orang tua sebaiknya menciptakan suasana hangat. penuh kasih sayang. Caranya. Para guru di sekolah adalah pengganti orang tua selama anak-anak berada di sekolah.persen selama 2 tahun pengobatan. sebanyak 65-85 orang sembuh total dan sisanya masih tetap mengkonsumsi napza. Tentang kekambuhan Dr tri mengakui sering terjadi di wisma Adiksi. perhatian dan bersahabat di rumah. Kekambuhan tergantung kepada berat ringannya kondisi pasien dan komplikasi fisik dan mental yang ditimbulkan oleh napza. di antara 100 orang pasien yang diobati selama 2 tahun. Jika terdapat suatu kasus napza pada salah seorang anggota keluarga yang tidak dapat Anda selesaikan sendiri. psikotropika dan zat adiktif lainnya.

misalnya untuk membeli obat *Sering bertemu dengan orang-orang yang tidak dikenal keluarga. dan barang-barangnya pun hilang dijual *Suka berbohong dan gampang ingkar janji * Sering mencuri baik dilingkungan keluarga.bkkbn. kamar mandi. Sumber: http://ceria. jarang mandi *Sering menguap *Bisa tiba-tiba bersikap manis jika ada maunya. gudang. waktunya dihabiskan untuk menyendiri di kamar.go. termasuk kepada anggota keluarga. pergi tanpa pamit dan pulang lewat tengah malam *Selalu kehabisan uang. toilet.*Banyaknya_lendir_dari_hidung *Pupil_mata_membesar *Diare *Bulu_kuduk_berdiri *Sukar_tidur *Menguap *Jantung berdebar-debar Ciri mental *Sangat sensitive dan cepat bosan *Jika ditegur atau dimarahi membangkang *Mudah curiga dan cemas * Emosinya naik turun dan tidak ragu untuk memukul dan berbicara kasar kepada orang disekitarnya. sekolah maupun pekerjaan.id/referensi/substansi/detail/190 Tanda-Tanda Remaja Dengan Penyalahgunaan Napza Posted on 23 February 2010 by pramesemara . Perilaku *Malas dan sering melupakan tanggungjawab/tugas rutinnya *Tidak perduli kepada keluarga * Jika di rumah. dan ruang-ruang yang gelap *Nafsu makan tidak menentu *Takut air. Ada juga yang berusaha menyakiti diri sendiri.

Menemukan benda-benda. Tidak mengatakan kepada siapapun kemana mereka pergi. seperti kertas pembungkus rokok. Tidak pernah pulang ke rumah tepat waktu. sehingga diperlukan suatu teknik/trik khusus agar mampu mengenalinya. Mengaku sering kehilangan barang atau uang. . hal ini disarikan bersumber dari CDCP (Centers For Disease Control And Prevention) : *Jika Anda menemukan minimal enam (6) tanda dari masing-masing kategori ciri-ciri dibawah ini yang tampak pada remaja Anda dalam suatu periode waktu tertentu. sisasisa serbuk maupun jarum suntik dan lain-lainnya yang mencurigakan. Menghabiskan banyak waktunya berdiam diri di dalam kamar bila sedang di rumah. Tanda-tanda di rumah : y y y y y y y y y y y y Hilangnya minat dalam aktifitas keluarga. Tidak patuh terhadap aturan keluarga. Terus-menerus meminta maaf terhadap segala perbuatannya. Namun dalam prakteknya dilapangan. Bersikap kasar baik secara verbal maupun fisik. 1. Sering berbohong mengenai aktifitas mereka.Seringkali Kita mendengar para remaja yang terlibat dalam kasus narkoba (narkotika/naza/napza). Karena itulah perlu diketahui tentang tanda-tanda pada remaja yang kita curigai kemungkinan apakah mereka terlibat penyalahgunaan napza. pipa hisap. sangatlah sulit untuk mampu mengidentifikasi remaja yang melakukan penyalahgunaan narkotika dan alkohol maupun seseorang pecandu. Hilang/berkurangnya rasa tanggung jawab. baik si remaja sebagai pecandu maupun selaku pengedar barang maksiat itu. gelas kecil. maka segera berbicara kepada remaja tersebut dan mencari bantuan seseorang ahli untuk menghindari remaja yang mencandu tersebut terperosok lebih dalam lagi. Menurun/meningkatnya nafsu makan secara tiba-tiba.

Selalu tampak lelah/hiperaktif yang berlebihan. Penurunan/peningkatan berat badan yang drastis. tampak cemas. Sumber: http://pramareola14. Tidak pernah tampak kegembiraan seperti yang seharusnya. Tanda-tanda di sekolah/tempat kerja : y y y y y y y y y y Sering tiba-tiba pingsan di sekolah/tempat kerja. Pasangan/pacar yang juga sering berganti-ganti. Tertidur di dalam kelas/saat bekerja. Tidak pernah memberitahukan orang tua/wali jika ada pemanggilan/pertemuan dengan guru. Buruk dalam penampilan sehari-hari. perhatian dan memori. Penurunan konsentrasi. Tercium bau-bauan aneh seperti bau alkohol. bersikap negatif. Kadang tampak depresi. Perilaku yang buruk di setiap kegiatan sekolah/pekerjaan. 3. berbohong atau kedapatan mencuri.wordpress. Sering melawan aturan. paranoid (ketakutan dan curiga). Acapkali bolos masuk sekolah/kerja . mudah sedih dan tertekan. mariyuana. Tidak mematuhi bahkan menentang aturan sekolah/otoritas. Tidak pernah mengerjakan tugas pekerjaan rumah. dan rokok dari nafas atau badan. Mengaku memerlukan uang/sebaliknya merasa punya uang lebih. Seringkali menipu.com/2010/02/23/tanda-tanda-remaja-denganpenyalahgunaan-napza/ . Kehilangan minat dalam kegiatan belajar. Tanda-tanda kelainan fisik dan emosional : y y y y y y y y y y y y Teman/kelompok sering berganti-ganti. destruktif (merusak). Umumnya penampilannya kotor dan tidak terurus. Perubahan perilaku dan mood yang tidak dapat dijelaskan.2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful