1.

Petakan kedudukan mata kuliah Filsafat Ilmu dalam kerangka keseluruhan program studi Pendidikan Bahasa Inggris

Pasacasarjana. Bagaimanakah peran mata kuliah ini dalam upaya mengembangkan mahasiswa menjadi ilmuan profesional ?

Mata Kuliah Filsafat ilmu ada 2 sks, dimana semua mahasiswa Pasca Sarjana program studi Bahasa Inggris dan program studi lainnya harus dan wajib menempuhnya karena filsafat ilmu adalah kerangka dasar bagi mahasiswa untuk mengembangkan semua mata kuliah yang didapat selama kulia dimana sebagai pondasi dasar untuk berfikir semoga bisa menjadi penopang bagi mata kuliah lainnya.
Pengertian Filsafat Ilmu:

a. Robert Ackerman (Filsafat ilmu dalam suatu segi adalah suatu tinjauan kritis tentang pendapat-pendapat ilmiah dewasa ini dengan perbandingan terhadap kriteria-kriteria yang dikembangkan dari pendapat -pendapat demikian itu, tetapi filsafat ilmu jelas bukan suatu kemandirian cabang ilmu dari praktek ilmiah secara aktual. b. Lewis White Beck (Filsafat ilmu membahas dan mengevaluasi metode metode pemikiran ilmiah serta mencoba menemukan dan pentingnya upaya ilmiah sebagai suatu keseluruhan). c. A.Cornelius Benjamin (Cabang pengetahuan filsafati yang merupakan telaah sistematis mengenai ilmu, khususnya metode-metodenya, konsepkonsepnya dan praanggapan-praanggapan, serta letaknya dalam

kerangka umum cabang-cabang pengetahuan intelektual.) d. Michael V. Berry (Penelaahan tentang logika interen dari teori -teori ilmiah dan hubungan -hubungan antara p ercobaan dan teori, yakni tentang metode ilmiah.)

dengan harapan pada penghapusan ketakajegan dan kesalahan g. hakikat bahasa. ethos ilmu pengetahuan. yang mencoba berbuat bagi ilmu apa yang filsafat seumumnya melakukan pada seluruh pengalaman manusia. epistimologi. dan aksiologi. pola -pola perbinacangan. dan metafisika) Filsafat ilmu membahas hakekat ilmu pengetahuan dari sudut pandang ontologi. Peter Caws (Filsafat ilmu merupakan suatu bagian filsafat. ini membangun teori-teori tentang manusia dan alam semesta. Filsafat melakukan dua macam hal : di satu pihak. pelukisan dan penjelasan mengenai landasan ± landasan ilmu.e. filsafat memeriksa secara kritis segala hal yang dapat disajikan sebagai suatu landasan bagi keyakinan atau tindakan. pra anggapan-pra-anggapan metafisis. dan seterusnya dan selanjutnya menilai landasan-landasan bagi kesalahannya dari sudut -sudut tinjauan logika formal. f. dan menyajikannya sebagai landasan-landasan bagi keyakinan dan tindakan. Toulmin (Sebagai suatu cabang ilmu. termasuk teori-teorinya sendiri. metode -metode penggantian dan perhitungan. di lain pihak. kerangka berpikir ilmiah. . dan statistika sebagai sarana berpikir ilmiah. dan perkembangan ilmu dan teknologi serta pengaruhnya terhadap tata nilai kebudayaan dan kehidupan bangsa . Stephen R. Pokok-pokok bahasan antara lain meliputi dasar -dasar ilmu pengetahuan. Pengalaman belajar filsafat ilmu bertujuan untuk membentuk wawasan dan kemampuan mahasiswa agar dapat berperan di dalam kegiatan pengembangan ilmu dan teknologi kependidikan. May Brodbeck (Analisis yang netral secara etis dan filsafati. matematika. metodologi praktis. kriteria kebenaran. filsafat ilmu mencoba pertama-tama menjelaskan unsur-unsur yang terlibat dalam proses penyelidikan ilmiah prosedur -prosedur pengamatan.

perubahan. Jelaskan makna ilmu.Setiap kegiatan dan tindakan sosial banyak dipengaruhi oleh filsafat dan juga penerapannya dalam setiap konsep pendidikan. Segi-segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. masalah. bagaimanakah perkembangan suatu jenis pengetahuan menjadi ilmu. Berikan contoh dalam bidang pendidikan tersebut ! Definisi ilmu: Bahasa Inggris yang memperkuat pendapat a. Mengajarkan cara berpikir yang cermat dan tidak kenal lelah 2. . Mengembangkan semangat toleransi d alam perbedaan pandangan (pluralitas). Manfaat filsafat bagi mahasiswa Membiasakan diri untuk bersikap kritis.masalah yang timbul. dan solusi yang harus dilakukan. b. Berasal dari Bahasa Arab yang bererti mengetahui atau perbuatan yang bertujuan untuk mengetahui sesuatu perkara dengan sebenar. Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya. Membiasakan diri untuk bersikap logis-rasional baik: Opini dan argumentasi. Ilmu (atau ilmu pengetahuan ) adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki. Setiap tenaga pendidik dihaapkan dapat mengimplementasikan kompetensi dan kemampuannya secara optimal kepada peserta didiknya. dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya [2]. [1] menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia . Selain itu seorang pendidik harus peka dengan lingkungan sekitarnya.

Ilmu ialah proses mengetahui dan bersamaan dengan orang yang mengetahui dan apa yang diketahui. Ilmu adalah sifat yang membolehkan seseorang itu mengetahui. Dari kedua istilah yang berbeda itu kemudi an digabungkan menjadi satu istilah yang baru yaitu filsafat + ilmu Pengetahuan sehingga disebut sebagai . Prinsip dasar dari konsep ini adalah. e. Flsafat ilmu pengetahuan diambil dari dua istilah yang berbeda. d. sebuah pernyataan ilmiah harus memiliki metode yang jelas yang dapat digunakan untuk membantah atau menguji teori tersebut. g. f. Konsep ini digagas oleh Karl Popper pada tahun 1919-20 dan kemudian dikembangkan lagi pada tahun 1960-an. struktur. bahagianbahagian dan hukuman tentang hal ehwal yang diselidik (alam dan manusia) sejauh yang dapat dijangkau oleh pemikiran yang dibantu oleh pancaindera manusia yang kebenarannya diuji secara empiris dan experimental. Salah satu cara yang digunakan untuk membedakan antara ilmu dan bukan ilmu adalah konsep falsifiabilitas. yaitu filsafat dan ilmu pengetahuan (science). h.c. Ilmu adalah usaha pemahaman manusia yang disusun dalam satu sistem mengenai kenyataan. Dari segi istilah : Ilmu ialah fahaman subjek mengenai objek yang dihadapi. Ilmu merupakan himpunan pengetahuan manusia yang dikumpulkan melalui proses pengajian dan dapat diterima oleh rasio. Dalam Bahasa Inggris ilmu selalunya disebut sebagai µsciences¶. Misalkan dengan mendefinisikan kejadian atau fenomena apa yang tidak mungkin terjadi jika pernyataan ilmiah tersebut memang benar. Ilmu dan pengetahuan (knowledge) sebenarnya mempunyai makna yang sama walaupun dari segi penggunaannya kadang-kadang berbeda.

Kenapa demikian? Karena pada hakekatnya yang mempunyai pengetahuan .Filsafat Ilmu Pengetahuan atau Filsafat Science. Filsafat titik tekan kajiannya adalah ontologi sementara Ilmu Pengetahuan titik tekan adalah epistemologi sehingga kalau kita buat dalam sebuah bagan maka bentuknya akan menjadi seperti ini : Ontologi berbicara tentang benda atau objeknya. akal dan hati. yang pertama disebut sebagai objek materi phisik dan yang kedua disebut sebagai objek materi non phisik. Objek ontologis itu sendiri ada dua. Jadi bisa dikatakan dengan ringkas bahwa pengetahuan itu melekat didiri sipengamat atau subjek sehingga jika si subjek berbeda tafsir terhadap objek yang sama maka yang perlu diperiksa adalah seberapa jauh pengetahuan si subjek terhadap objek tersebut. yaitu berbicara tentang si orang yang menilai atau yang mempelajari atau yang mengamati si objek ontologi melalui indra. Epistemologi berbicara tentang subjeknya.

Sependapatkah saudara dengan pernyataan tersebut. 3. keyakinan dan atau wahyu ata u bahkan semua alat tidak dipercayainya sehingga semua harus diragukan seperti yang dilakukan oleh faham skeptisme yang ekstrim di bawah pengaruh Pyrrho. intuisi. pada umumnya. Perkembangan teknologi dan informasi sangat mempengaruhi dengan pengembangan kompetensi siswa. Tenaga pendidik juga dapat melihat perkembangan metode . saya setuju kalau tidak semua pengetahuan dapat dikategorikan ilmu.adalah si subjek sementara objek material yang diamati atau yang dijadikan penelitian itu sama sekali tidak memiliki pengetahuan dan keberadaannya juga tidak akan berubah hanya karena kesalahan tafsir dari subjek yang mengamatinya. sikap. Setiap perkembangan yang terjadi selalu berhubungan dan berinteraksi dengan lingkungan social.metode mangajar dan informasi yang akan bermanfaat dalam kegiatan belajar. . misalnya pengoperasian komputer dan internet. menurut para ahli estimologi dan para ahli filsafat. seseorang harus menganalisa terlebih dahulu cara. Jika seseorang mempermasalahkan dan ingin membuktikan apakah pengetahuan itu bernilai benar dan termasuk ilmu. Seseorang yang memperoleh pengetahuan melalui pengalaman indera akan berbeda cara pembuktiannya dengan seseorang yang bertitik tumpu pada akal atau rasio. otoritas. Berikan penjelasan ! Ya. untuk dapat membuktikan bahwa pengetahuan bernilai benar dan termasuk ilmu. Tidak semua pengetahuan manusia dapat dikategorikan sebagai ilmu. disana siswa dapat mengakses informasi yang tidak terdapat ditempat mereka dalam hal ini yang baik. dan sarana yang digunakan untuk membangun suatu pengetahuan. Sebagai contoh dibidang Sosiologi dimana kita mempelajari kelakuan sosial serta prinsip-prinsip untuk mengontrolnya.

Memahami filsafat sebagai salah satu fondasi dalam pengembangan system pendidikan merupakan conditio sine qua non bagi ilmuan maupun professional bidang pendidikan. Beri tanggapan atas pernyataan itu! Jawaban dengan realitas proses pendidikan atau pembelajaran dapat memperjelas tanggapan saudara. .1.

ada hal-hal yang perlu dipertahankan. mengapa disparitas itu terjadi? Uraikan dengan contoh hasil ujian nasional akan dapat memperjelas jawaban saudara. Pengembangan kurikulum ini diharapkan akan adanya peningkatan kompetensi yang didapat oleh peserta didik. Ujian nasional menunjukkan disparitas hasil. Bukanlah hal yang mudah dalam mencetak sumber daya manusia yang berkualitas.2. Globalisasi akan benar ± benar membawa perubahan. dan tidak dapat dapat dipungkiri akan muncul dampak positif dan negative dibalik itu. Landasan psikologis menunjukkan bahwa pada dasarnya anak terlahir jenius. Setiap perkembangan system pendidikan diiringi perubahan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan zaman. Seperti saat ini pemeberlakuan kurikulum KTSP dimana seorang siswa harus lebih aktif dalam proses belajar mengajar. Pengembangan kurikulum ini tetap berlandaskan pada filosofis. System pendidikan yang dirancang tersebut harus dapat digunakan untuk mengembangkan kompetensi peserta didik dengan mengacu kepada wawasan multicultural. 3. 2. Seiring berkembangnya zaman bangsa Indonesia harus melakukan perubahan dalam system pendidikannya. Oleh karna itu system pendidikan yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik dengan berdasarkan filosofis bangsa itu. Pendidikan hal yang sangat penting dan utama dalam mengembangkan hasil didik yang berkualitas. Bagaimana pendapat saudara tentang pandangan itu? Mengapa pada akhirnya anak ± anak yang dilahirkan jenius itu menjadi berbeda satu dengan yang lain? 4. perlu dikembangkan system pendidikan berwawasan multicultural. Dalam menyiapkan peserta didik memahami kompleksitas dan tantangan global. Namun. Disaat sekarang banyak peserta didik lebuh banyak mengetahui teknologi . dan juge dikembangkan pola pengajaran yang disebut dengan istilah PAIKEM GEMBROT. Bagaimana pendapat saudara tentang pernyataan itu?uraikan dengan contoh akan sangat memabantu klarifikasi jawaban saudara. Jawaban 1. Dari sudut pandangan landasan sosiologis.

dianggap sebagai hukuman akibat kekurangan. Hal ini disebabkan sikap orang tua yang misalnya : suka memukul. 3. serta pola hidup yang kurang baik.dibanding orangtua dan gurunya. Contoh hal kecil seorang dapat mengungkapkan apa yang mereka inginkan dengan symbol seperti menangis. suka marah-marah. Setiap anak dilahirkan dengan kompetensi yang terkadang diluar dugaan dalam diri mereka. atau pun lingkungan yang kurang mendukung. cenderung mempunyai konsep diri yang negatif. mengabaikan. Jika lingkungan memberikan sikap yang baik dan positif. menghina. maka anak akan merasa dirinya cukup berharga sehingga tumbuhlah konse diri p yang positif. kehidupan bebas. Pengalaman dan pola asuh orang tua turut memberikan pengaruh yang signifikan terhadap konsep diri yang terbentuk. Sikap atau respon orang tua dan lingkungan akan menjadi bahan informasi bagi anak untuk menilai siapa dirinya. Agar anak didik kita siap dalam menghadapi perkembangan zaman yang sangat cepat dengan kultur yag beraneka ragam. namun terkadang karna ketidaksiapan diri siswa tersebut. kesalahan atau pun kebodohan dirinya. Jadi anak menilai dirinya berdasarkan apa yang dia alami dan dapatkan dari lingkungan. bersikap tidak adil. Oleh sebab itu. Seperti kenakalan remaja. Untuk mencegah hal-hal buruk terjadi kita harus membantu siswa dalam menghadapi tantangan global tersebut dengan cara mengembangkan system pendidikan yang berwawasan multicultural. mereka hanya mentransfer tanpa memfilter terlebih dahulu. seringkali anak-anak yang tumbuh dan dibesarkan dalam pola asuh yang keliru dan negatif. Namun seiring berkembangnya diri mereka maka akan ada hal-hal yang mempengaruhi dirinya.atau lainnya. dsb . kurang memperhatikan. Adanya interaksi dengan lingkungan akan mempengaruhi perkembangan diri mereka. tidak pernah memuji. tidak adanya tanggung jawab dan sopan santun dalam bersikap. Jadi harus dipastikan bahwa seorang anak mendapatkan . Disisi lain kultur asing dapat membawa pengaruh buruk bagi moral dan tingkah laku siswa terhadap orang. Hal ini baik selama hal itu hanya dijadikan sebagai pengetahuan. Pernyataan ini betul bahwa setiap anak dilahirkan dengan jenius. melecehkan.

agama dan kultur . karna hal ini yang sangat mempengaruhi mengapa pada ahirnya anak itu berbeda satu dengan yang lainnya.peranan sekolah sebagai penyelenggara proses belajar mengajar.pembinaan dan bimbingan yang baik sejak dari kandungan sampai masa perkembangannya. . 4. Disparitas adalah perbedaan hasil yang diperoleh oleh setiap siswa.perbedaan etnis.interaksi dengan lingkungan sekitar Selain itu ada beberapa hal yang juga berpengaruh terhadap disparitas hasil yaitu: y y y y y Sarana dan prasarana yang tersedia disekolah Sumber ± sumber keilmuan seperti buku Mutu dari SDM Ketersediaan tenaga pendidik yang berkompetensi dibidangnya Kesejahteraan tenaga pendidik yang kurang optimal . Ada banyak factor yang mempengaruhinya misalnya: . Perbedaan ini dapat dipengaruhi oleh lingkungan social siswa.peranan orangtua .

1. 2. karena dengan teori tersebut akan memberi manfaat: . Petakan kedudukan mata kuliah landasan pendidikan dan problem atika pendidikan dalam kerangka totalitas program pascasarjana! Uraikan perannya dalam upaya pengembangan kemampuan profesional lulusannya! Jawab : Dalam kehidupan sehari-hari banyak kita temui problematika dalam pendidikan. Setiap hal yang dilakukan perlu dimiliki landasan dalam bertindak. Jawab: Perbuatan mendidik merupakan perbuatan yang harus betul ± betul disadari oleh pendidik dalam rangka membimbing anak kepada satu tujuan yang akan dicapai. Kita perlu memahami teori pendidikan. masalah.yaitu landasan pendidikan yang mengacu pada landasan filsafat. dan solusi yang harus dilakukan. Setiap kegiatan dan tindakan sosial banyak dipengaruhi oleh landasan filsafat dan juga penerapannya dalam setiap konsep pendidikan. Salah satu pendekatan untuk memahami landasan ilmu pendidikan adalah cara pandang manusia terhadap ilmu pendidikan. perubahan.masalah yang timbul. Setiap perubahan yang secara langsung ataupun tidak membawa pengaruh terhadap kegiatan pendidikan. Selain itu seorang pendidik harus peka dengan lingkungan sekitarnya. Setiap tenaga pendidik dihaapkan dapat mengimplementasikan kompetensi dan kemampuannya secara optimal kepada peserta didiknya. Uraikan alasan pendekatan ini digunakan dan bagaimana implikasinya dalam pengembangan pendidikan sebagai suatu sistem.

Perkembangan teknologi dan informasi sangat mempengaruhi dengan pengembangan kompetensi siswa. 3. berpendapat bahwa sosiologi pendidikan ialah ilmu yang membicarakan dan menjelaskan hubungan-hubungan sosial yang mempengaruhi individu untuk mendapatkan serta mengorganisasi pengalaman. Berfungsi sebagai tolak ukur.benar berkompeten dan melaksanakan tugasnya dengan sebaik mungkin. Karna dengan dilaksanakan dan cara pandang yang baik akan hal ini akan menghasilkan pendidik yang berkompetensi. Tenaga pendidik juga dapat melihat . Sosiologi pendidikan mempelajari kelakuan sosial serta prinsip-prinsip untuk mengontrolnya. Seperti F. Landasan pendidikan sebagai suatu pedoman dalam pelaksanaan proses pendidikan harus dapat diterapkan dengan sebaiknya. Setiap perkembangan yang terjadi selalu berhubungan dan berinteraksi dengan lingkungan social. disana siswa dapat mengakses informasi yang tidak terdapat ditempat mereka dalam hal ini yang baik. Memberi arah serta tujuan yang akan dicapai 2. misalnya pengoperasian komputer dan internet.1. dan dapat menerapkannya dalam kegiatan pendidikan. Teori-teori sosiologi tentang pendidikan memberi pencerahan kepada guru dalam upaya mengembangkan kemampuan dan potensi peserta didik. kita dapat mengetahui mana yang boleh dikerjakan dan yang tidak 3. atas dasar teori pendidikan.G Robbins dan Brown. Untuk memperkecil kesalahan dalam praktek. Setiap guru harus benar. Karna setiap kegiatan proses belajar mengajar berkaitan erat dengan interaksi sosial. Karna hasil didikan yang baik akan menghasilkan peserta didik yang berkualitas dan mampu bersaing manghadapi tantangan dimasa akan datang. Bagaimana tanggapan saudara atas pernyataan itu? Beri contoh kejadian dalam proses pembelajaran yang menguatkan tanggapan saudara tersebut! Jawab : Saya setuju dengan pernyataan tersebut. sejauh mana kberhasilan kita dalam melaksanakan tugas dalam pendidikan itu.

metode mangajar dan informasi yang akan bermanfaat dalam kegiatan belajar. .perkembangan metode.