the Quaternary - 1.

8 Million Years Ago to Present
Bumi tempat segenap makhluk hidup termasuk manusia telah terbentuk kira-kira 4.600.000.000 tahun lalu bersamaan dengan planet-planet lain yang membentuk tatasurya dengan matahari sebagai pusatnya. Sejarah kehidupan di bumi baru dimulai sekitar 3.500.000.000 tahun lalu dengan munculnya micro-organisma sederhana yaitu bakteri dan ganggang. Kemudian pada 1.000.000.000 tahun lalu baru muncul organisme bersel banyak. Pada sekitar 540.000.000 tahun lalu secara bertahap kehidupan yang lebih komplek mulai berevousi. Perkembangan tumbuhan diawali oleh Pteridofita (tumbuhan paku), Gimnosperma (tumbuhan berujung) dan terakhir Angiosperma (tumbuhan berbunga). Sedangkan perkembangan hewan dimulai dari invertebrata, ikan, amfibia, reptilia, burung dan terakhir mamalia, kemudian terakhir kali muncul manusia.

Zaman Kuarter (1,8juta tahun lalu sekarang)
Zaman Kuarter terdiri dari kala Plistosen dan Kala Holosen. Zaman Kuarter, merupakan zaman terakhir dari sejarah geologi bumi yang berlangsung sejak 1,8 juta tahun lalu hingga sekarang. Pada zaman ini semua bentuk kehidupan di bumi (darat, laut, udara) berkembang, bahkan manusia juga telah hadir. pada zaman kuarter lah jenis-jenis manusia puba pernah hidup. Zaman ini dibagi menjadi dua kala yaitu: Plistosen dan Holosen Dalam buku “Geologi Kuarter: Kaitannya dengan Bencana Alam” (Puslitbang Geologi, 1989) dinyatakan bahwa sekarang ini kita hidup di jaman kuarter. Lingkungan geologi kuarter ditandai dengan perubahan muka

1

2 . 1. dan lainnya megafauna Pleistocene.01 juta yang artinya sebagian besar (pleistos) kehidupan sama dengan yang hidup sekarang. karena akan memberikan dampak yang sangat besar terhadap kehidupan umat manusia di bumi ini. Amerika utara dan Asia bagian utara ditutupi es.011 mya Manusia pertama (Homo sapiens) berevolusi. Pada jaman glasial sebagian besar Eropa. dimana iklim bumi lebih hangat. mungkin disebabkan oleh akhir terakhir zaman Kala Holosen atau Resen. Pegunungan Cherpatia dan Pegunungan Himalaya Di antara 4 jaman es ini terdapat jaman Intra Glasial. Perubahan pada lingkungan geosfer dan biosfer kita saat ini perlu diwaspadai.01 juta tahun lalu. Kala Plistosen.000 tahun yang lalu.) dari Rembang dan harimau (Felis sp. Pada Kala Plistosen paling sedikit terjadi 5 kali jaman es (jaman glasial). pertama kali ada manusia cerdas yaitu Homo Sapiens yang di temukan Oleh Eugene Dubois. Kepunahan massal mamalia besar dan banyak burung terjadi sekitar 10. Papua New Guinea dan sebagainya. kucing bergigi pedang.8 hingga 0. banteng (Bibos sp. begitu pula Pegunungan Alpen.0. Mammoths. Kala ini berlangsung sejak 1.Manusia purba jawa (Homo erectus yang dulu disebut Pithecanthropus erectus) muncul pada Kala Plistosen . kerbau (Bulbalus palaeokerabau FALCONER) dari Bumiayu (Banyumas). 1.laut yang hebat yang terjadi di seluruh bumi dan pergerakan di kerak bumi yang ditunjukkan oleh meningkatnya frekuensi letusan gunung api dan gempabumi di negara-negara seperti Indonesia.8. yang antara lain: fosil gajah (Stegodon trigonocephalus MARTIN).Fosil kala ini paling banyak diperagakan.) dari Watualang (Ngawi) yang berbentuk fragmen.8-. mastodons. Filipina. serta fosil manusia purba Homo erectus dari Sangiran (Solo). sloths tanah raksasa.

foraminifera. Manusia Modern yang mempunyai peradaban baru muncul pada Kala Holosen Flora dan fauna yang hidup pada Kala Plistosen sangat mirip dengan flora dan fauna yang hidup sekarang Dari kala ini diperagakan sejarah budaya manusia Zaman Paleolitikum (Zaman Batu purba) sampai Zaman Neolitikum (Zaman Batu baru) yang ditemukan di Punung (Pacitan. dan serbuk sari tanaman untuk memahami iklim dari masa lalu. Kuarter fosil sangat berlimpah.flora dan fauna in period Quarter Argopecten irradians Diplomystus dentatus © 1998 UCMP Mamoth 3 . terawat.01 juta (10 ribu) tahun silam. Jawa Timur) dan Dago (Bandung. Waktu sejak mencair dari lapisan es besar terakhir (sekitar 11.yaitu kala manusia merajai dunia.000 tahun yang lalu) dikenal sebagai Holosen. atau terakhir Gb. seperti diatom. yang baru mulai 0. Jawa Barat). danmenmpunyai indeks umur yang tepat. Banyak studi ahli paleontologi Kuarter fosil.

1.vebtebrata Protista:Parvicingula sp Campanile sp . Paleogeografi in Quartery.8 Years Ago -Present 4 .

dan arus interglacial dimulai. Yang terakhir zaman es berakhir. akhirnya mengarah ke Antiquity klasik. menambahkan ke Himalaya di Asia dan letusan gunung berapi dan pulaupulau di Pasifik Selatan.8 juta tahun yang lalu. Eropa. India dan Australia telah melanjutkan gerakan mereka ke utara. Afrika dan Eropa terus bergerak jauh dari Amerika Utara dan Selatan. Atmospheric CO 2 level mulai merayap dari 100 bagian per juta volume (ppmv) pada akhir glaciation terakhir ke tingkat saat ini 385 ppmv. seperti Kekaisaran Romawi dan bahkan ke Abad Pertengahan dan sekarang . Subduksi dari beberapa lempeng di bawah barat Amerika Utara margin sudah hampir selesai. menurut beberapa sumber. Muda Dyas mantra dingin terjadi. pelebaran Samudera Atlantik. mereka dimulai pada Tersier Akhir. yang menyebabkan Tahun tanpa musim panas (1816) di Eropa dan Amerika Utara dari sebuah gunung berapi musim dingin. Samudra Arktik.Dunia Paleogeography: Sepanjang Kuarter. Asia. Budaya terus tumbuh dalam kompleksitas dan kemajuan teknis melalui Zaman Besi (1200 SM). menyebabkan. pemanasan global dan perubahan iklim. sehingga menimbulkan banyak budaya prasejarah di seluruh dunia. yang memungkinkan manusia untuk membangun kota-kota. Sahara bentuk dari jacktt. tetapi glaciations utama dari Pleistocene Ice Ages mulai kira-kira 1. dan Amerika Selatan. Kuarter Ice Age berkurang. Paleolitik / Neolitik (Zaman Batu) budaya mulai sekitar 10. sebagian besar benua telah mengikuti gerakan-gerakan yang sama.000 SM. Little Ice Age (stadial) menyebabkan pendinginan singkat di belahan bumi utara 1400-1850. Gunung Tambora meletus pada 1815. dan Greenland atas sebagian besar Amerika Utara. dan pertanian dimulai. dan sekarang sebagian besar Amerika Utara tenggara bergerak relatif terhadap Samudra Pasifik. es lembar diperpanjang dari kedudukannya sekarang di Antartika. munculnya manusia peradaban. memberikan cara untuk Copper Age (3500 SM) dan zaman perunggu (2500 SM). seperti Revolusi Industri [20] Kala pleistosen 5 . Selama periode glasial (hanya salah satu dari beberapa episode glaciation dalam sejarah bumi). mungkin dari antropogenik sumber. Juga merujuk pada periode arkeologi Daftar untuk klarifikasi mengenai budaya dan usia dini. Iklim yang relatif dingin telah berlaku di bumi selama lima juta tahun.

dan sebagian besar Semenanjung Chukchi itu glaciated. Permukaan laut melebihi nilai sekarang sekitar 10-15 m. semak-tundra. mencongkel keluar fitur seperti Great Lakes dan Finger Lakes. Analisis Pleistosen Akhir ditandai oleh pelanggaran laut besar di bagian timur Samudra Arktik rak. dan banyak dari perbukitan dari Pennsylvania ke South Dakota.000 BP. Paleogeography Amerika Utara: Di Amerika Utara. dan sisa-sisa Mammuthus primigenius. Amerika Utara Hari Ini 6 . gletser menyapu turun di Kanada beberapa kali selama Kuarter. seperti ditunjukkan oleh kriogenik dan Aeolian sedimen. Ketika gletser bergerak ke arah selatan. membentuk fitur seperti Long Island.000 BP. benua glaciation dimulai di bagian barat Eurasia Utara. mencapai optimal ca. 14. Sebuah regresi berikutnya menandai awal Sartanian glaciation. 8. mereka mengambil sedimen.000 BP. Fluktuasi iklim Holosen bertahan sepanjang. seperti ditunjukkan oleh tundra bolak-balik. Cape Cod. Pemanasan iklim mulai ca. xerophytic herba palynological assemblages. dan Taiga palynomorph assemblages. memperluas selatan ke AS sejauh hari sekarang Kansas. korelatif dengan pelanggaran Pelukian Alaska dan Sangamonian interglacial (tahap isotop 5e) Amerika Utara. dan didampingi oleh laut diperbaharui pelanggaran. sementara gletser alpine dikembangkan di pegunungan di sebelah timur. Topi es kecil dikembangkan di Wrangel dan DeLong Kepulauan.Selama akhir Pleistosen Tengah. dan menjatuhkannya di tempat yang berbeda. ca. 25. Rak kontinental dari Laptev dan Laut Siberia Timur tetap es-subaerially bebas dan terbuka.

Snake River Plain. Perkembangan Geologi pada Kuarter Awal sampai Masa Sejarah di Dataran Yogyakarta dataran Yogyakarta terbentuk akibat pengangkatan Pegunungan Selatan dan Pegunungan Kulon Progo pada Kala Pleistosen Awal. Hal itu berkaitan dengan tertutupnya aliran air permukaan di sepanjang kaki pegunungan sehingga terkumpul dalam cekungan yang lebih rendah.org/index 7 . Juga termasuk di peta ini adalah daerah vulkanik terbaru termasuk Pegunungan Cascade. dan sekitar Yellowstone National Park. Proses tektonisme tersebut hingga kini diyakini sebagai batas umur Kuarter di wilayah ini.Sementara sebagian besar benua Amerika Utara ditutupi dengan lapisan tipis bahan Kuarter. Sumber:http://www.terjadi genangan air (danau) di sepanjang kaki pegunungan hingga Gantiwarno dan Baturetno. setelah pengangkatan Pegunungan Selatan.paleoportal. dan sepanjang Pesisir Teluk dan Atlantik. Mississippi Delta. daerah ditampilkan pada peta mencakup deposito besar ditemukan di bagian barat Amerika.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful