PENGARUH FAKTOR AIR TERHADAP PERTUMBUHAN KACANG HIJAU

Oleh : y Chentia Aisyah O. y Hendra Annisa P. y Kirara Putri y Athiya Azzahidah (07) (19) (21) (34)

SMA NEGERI 16 SURABAYA

B. Air 5. waktu (7 hari) 4. Amatilah pertumbuhan yang terjadi setiap 2 hari sekali selama 7 hari. Penggaris Langkah Kerja : 1. Letakkan 5 biji kacang hijau kedalam masing-masing gelas 5. Masukkan kapas setinggi 1 cm kedalam masing-masing gelas 4. Alat dan Bahan : 1.Pengaruh Faktor Air terhadap Pertumbuhan Kacang Hijau Tujuan : Mengetahui pengaruh air terhadap pertumbuhan kacang hijau Hipotesa : Kecambah kacang hijau yang diberi air akan tumbuh subur dibanding kecambah kacang hijau yang tidak diberi air. Beri air 1 sendok makan 2 kali sehari pada gelas A dan B 6. gelas air mineral y Variabel terikat = air . Mempersiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan 2.D 3. Kapas secukupnya 4. Biarkan gelas C dan D tidak diberi air 7.C. 20 biji kacang hijau 3. Kapas 2. 4 buah gelas air mineral ukuran 250 ml 2. Variabel : y Variabel terkontrol = 1. Tandai masing-masing gelas dengan huruf A. biji kacang hijau 3.

0 0.1 0.2 0.y Variabel bebas = tinggi kecambah Tabel pengamatan : Gelas A B C D Tinggi Kecambah Pada Pengamatan I 0.5 0.0 4.1 # pengamatan dilakukan 2 hari sekali Grafik : .1 II 2.0 1.5 6.2 0.1 0.5 0.0 0.2 III 4.5 0.1 IV 6.

Karena fungsi air dalam tubuh tumbuhan antara lain sebagai pelarut universal dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dan air mempengaruhi laju reaksi metabolisme. sedangkan tanaman yang tidak diberi air akan mati. Seperti yang terlihat pada table penelitian. air merupakan faktor yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan. Karena tanpa air tumbuhan tidak dapat hidup.Kesimpulan : Jadi. Gelas A dan B yang diberi air Gelas C dan D yang tidak diberi air . bahwa tanaman yang diberi air akan tumbuh subur.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful