HUKUM DAN HIKMAH KHITAN WANITA MENURUT HUKUM ISLAM

H.AKMAL ABDUL MUNIR LC.MA

I.

PENDAHULUAN

Permasalahan khitan wanita saat ini menjadi perdebatan di kalangan medis dan masyarakat. Ada yang pro dan ada yang kontra terutama setelah beredarnya surat edaran tentang larangan medikalisasi sunat perempuan bagi petugas kesehatan nomor : HK.00.07.1.3.1047a tanggal 20 April 2006. Dimana di dalam surat tersebut disebutkan bahwa khitan terhadap wanita merupakan praktek perusakan alat kelamin perempuan, sehingga harus dilarang. Makalah ini ditulis untuk disampaikan pada seminar sirkumsisi dan disfungsi seksual pada wanita yang ditaja oleh Himpunan Mahasiswa DIII Kebidanan Universitas Abdurrab Pekanbaru pada hari Ahad tanggal 15 April 2007.

II

DEFINISI KHITAN

Kata khitan berasal dari akar kata Arab khatana-yakhtanu-khatnan, artinya memotong. Makna asli kata khitan dalam bahasa Arab adalah bahagian yang dipotong dari kemaluan laki-laki atau perempuan. Khitan laki-laki disebut juga dengan I‟zar. Sedangkan khitan perempuan disebut juga dengan Khafdh (merendahkan). Secara istilah khitan adalah memotong kulit yang menutupi penis laki-laki atau memotong kulit yang terdapat di atas farji wanita yang seperti jengger kepala ayam jantan.

III.

DALIL-DALIL TENTANG KHITAN

1

Ahmad dan Baihaqi) Artinya : “ Apabila bertemu dua khitan maka wajib mandi.Thabrani. janganlah berlebihan karena yang tidak berlebihan itu akan menambah cantiknya wajah dan lebih menambah kenikmatan dalam berhubungan dengan suami.Artinya : “ Dari Abu Hurairah r. salah seorang yang biasa mengkhitan anak-anak perempuan di Madinah. “ Apabila kamu mengkhifadh. HUKUM KHITAN PADA WANITA Secara umum para ulama sepakat mengatakan bahwa khitan itu suatu hal yang masyru’ (disyari‟atkan) baik bagi laki-laki ataupun wanita.” (HR. memotong kuku.” (HR.” (HR.a : Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda : “ Fitrah itu ada lima : khitan.Bukhari dan Muslim) Artinya : “ Dari Anas bin Malik bahwa Rasulullah SAW bersabda kepada Ummi Athiyyah.Muslim) IV. bahwa Nabi SAW bersabda : “ Khitan itu sunnah untuk laki-laki dan kehormatan/dianggap baik untuk wanita. Hadits Hasan) Artinya : “Dari Hajjaj dari Abi Malih bin Usamah dari ayahnya. 2 .” (HR. Sebagaimana yang dinukil Ibnu hazam dalam bukunya maratibul ijma’ dan Ibnu Taimiyah dalam bukunya Majmu’ fatawa. dan mencabut bulu ketiak. mencukur bulu disekitar kemaluan. memotong kumis.

maupun wanita. Para ulama yang berpendapat bahwa khitan wajib bagi laki-laki dan wanita. Al-Baqarah: 124). Imam Malik dan Imam Ahmad dalam satu riwayat. Dalam hal ini ada tiga pendapat: Pertama: Khitan itu wajib. ulama Zhahiry. dan sebagian ulama Maliki. Bahkan Imam Malik sangat keras dalam masalah khitan laki-laki. karena dalam kaidah ilmu ushul fiqh dikatakan bahwa pada dasarnya 3 . (QS. Firman Allah (artinya) : “Dan ingatlah ketika Ibrahim diuji Tuhannya dengan beberapa kalimat perintah dan larangan. tidak sah shalat dan hajinya sampai bersuci." Kedua: Khitan itu hukumnya adalah sunat. 'Nabi Ibrahim Khalilur Rahman berkhitan setelah berumur delapan puluh tahun”. dan ini adalah kesempurnaan Islam seseorang. Ini pendapat sebagian ulama Maliki. berdalil dengan hal-hal berikut: 1. dan khitan merupakan salah satu ajarannya. sebagaimana yang diriwayatkan Abu Hurairah. Ini adalah pendapat ulama Syafi‟i. baik bagi laki-laki. dan pendapat imam Ahmad dalam satu riwayat. apakah khitan itu wajib atau tidak. Firman Allah (artinya): “Kemudian Kami wahyukan kepadamu agar engkau mengikuti agama (ajaran) Ibrahim dengan lurus”. Ini adalah pendapat ulama Hanafi. bahwa Rasulullah saw bersabda. sedangkan bagi wanita hanya merupakan suatu kehormatan (makramah/mustahab). baik bagi laki-laki ataupun wanita. Khitan adalah salah satu kalimat yang diperintahkan Allah sebagai ujian terhadap Nabi Ibrahim sebagaimana yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas. Ketiga: Khitan itu wajib hukumnya bagi laki-laki. an-Nahl: 123) Ini adalah perintah untuk mengikuti ajaran Ibrahim as. Maka khitan termasuk ajaran Ibrahim yang wajib kita ikuti." Juga berkata Imam Ahmad. Beliau berkata. Hanbali.Namun mereka berbeda pendapat dalam menetapkan hukumnya. Dan biasanya seseorang itu diuji Allah dengan sesuatu yang wajib. lalu Ibrahim melaksanakannya” (QS. "Tidak boleh dimakan sembelihan orang yang tidak khitan. 2. "Barangsiapa tidak berkhitan maka tidak sah menjadi imam dan persaksiannya tidak diterima.

bahwa Rasulullah saw bersabda: “Barangsiapa yang masuk Islam. Diriwayatkan oleh Zuhri. di dalam kaidah ilmu ushul fiqh bahwa pada dasarnya sebuah perintah itu berhukum wajib selagi tidak ada dalil yang memalingkannya kepada hukum lainnya. sekalipun dia telah besar”. sebagaimana syi'ar kaum muslimin yang lain wajib. 4 . kalaulah hukum khitan itu bukan wajib. 6. seraya berkata: "Saya telah masuk Islam." Maka Rasulullah. maka khitan juga wajib. Dari Ummu Muhajir. Imam Bukhari). Khitan adalah syi'ar kaum muslimin dan yang membedakan antara mereka dengan umat lainnya dari kalangan kaum kuffar dan ahli kitab. beliau berkata: “Saya dan budak-budak dari Romawi tertawan. Lalu Utsman menawarkan kepada kami (masuk) islam. Rasulullah bersabda: "Barangsiapa menyerupai suatu kaum maka dia termasuk darinya. (HR. Oleh sebab itu. apalagi tidak ada unsur darurat disitu dan tidak ada pula unsur pengobatan. Dibolehkan membuka aurat untuk dikhitan. bersabda.”Khitan keduanya dan sucikan! Lalu saya berkhidmat kepada Utsman. namun layak untuk dijadikan dalil (sandaran hukum)”. maka hendaklah berkhitan. 5. 3. maka pasti membuka aurat untuknya tidak dibolehkan. sebagaimana menyelisihi kaum kuffar itu wajib. "Buanglah darimu rambut kekufuran dan berkhitanlah. 4." Ini adalah bentuk perintah." 7. Ibnu Qayyim berkata :” Hadis ini sekalipun mursal. di antara kami tidak ada yang masuk islam kecuali saya dan satu lagi yang lain. maka khitan pun wajib. Juga. maka Utsman berkata.sebuah perintah itu berhukum wajib selagi tidak ada dalil yang memalingkannya kepada hukum lainnya. Perintahnya untuk satu orang mencakup semua orang selama tidak ada dalil yang menunjukkan khusus. Rasulullah bersabda kepada seseorang yang masuk Islam: Dari „Utsaim bin Kulaib dari bapaknya dari kakeknya bahwasannya dia datang kepada Rasulullah.

yang kuat dalam masalah ini adalah bahwa khitan itu wajib bagi lakilaki. tanpa membedakan antara laki-laki dan wanita. sedangkan suci dari najis merupakan syarat sah shalat. Diriwayatkan bahwa Rasulullah saw bersabda (artinya): “Khitan itu adalah sunnah bagi kaum laki-laki dan kehormatan bagi kaum wanita”. Zahir Hadis ini menunjukkan bahwa khitan itu tidak wajib. Dan hadis ini bersifat umum. Sesuatu yang haram tidak mungkin menjadi boleh kecuali dengan sesuatu yang wajib. yang ini hanyalah untuk mencari sebuah kesempurnaan dan bukan sebuah kewajiban. namun tidak wajib. Menurut saya. dan mengatakan bahwa khitan bagi laki-laki lebih kuat. memotong kuku dan mencabut bulu ketiak”. berdalil dengan dalil-dalil berikut : 1. karena khitan bagi laki-laki tujuannya membersihkan sisa air kencing yang najis yang terdapat pada kulit tutup kepala dzakar. sedangkan wanita disyari‟atkan bagi mereka berkhitan. Mereka yang berpendapat bahwa hukum khitan itu adalah sunat bagi laki-laki dan wanita. berdalil dengan dalil-dalil kelompok pertama. Sedangkan khitan bagi wanita hanyalah untuk mengecilkan dan menstabilkan syahwatnya.8. Bahkan Ibnul Qayyim menyebutkan lima belas dalil tentang kewajiban khitan bagi laki dalam kitabnya “tuhfatul maudud”. Diriwayatkan Abu Hurairah. memendekkan kumis. yang dimaksud fitrah disini adalah sunat. diantaranya: 5 . Khitan itu memotong anggota badan sedangkan pada dasarnya memotong anggota tubuh itu haram. baik bagi laki-laki maupun wanita. artinya khitan itu hukumnya sunat bukan wajib. Beberapa hadis menunjukkan adanya praktek khitan di zaman Rasulullah saw bagi wanita. Rasulullah saw bersabda (artinya) : ““Ada lima hal yang merupakan fitrah: Khitan. 9. oleh karena itu dalam hadis ini Rasulullah saw menyebutnya bersamaan dengan hal-hal yang disunatkan. dan hanya merupakan kehormatan (mustahab) bagi wanita. membuang bulu kemaluan. 2. Sedangkan mereka yang berpendapat bahwa khitan wajib bagi laki-laki.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah pernah ditanya. "Apabila engkau mengkhitan wanita. sisanya akan 6 .1. 'Biarkanlah sedikit dan jangan potong semuanya. bagian ini terletak di bagian farji paling atas diantara dua tepinya. Dari Aisyah. Bagian pertama merupakan simbol kegadisannya dan bagian kedua adalah bagian yang harus dipotong saat ia khitan. Bentuknya seperti jengger ayam jantan. maka wajib mandi. V. alat kelamin perempuan terdiri atas dua bagian. "Rasulullah bersabda kepada Ummu Athiyah. "Ya. diantaranya apa yang diceritakan oleh Ummu muhajir diatas. Sedangkan tujuan khitan wanita ialah untuk menstabilkan syahwatnya. beliau berkata. "Apakah wanita itu dikhitan ataukah tidak?" Beliau menjawab. karena itu lebih bisa membuat ceria wajah dan lebih disenangi oleh suami.' Hal ini karena tujuan khitan laki-laki ialah untuk menghilangkan najis yang terdapat dalam kulit penutup kepala dzakar. dan khitannya adalah dengan memotong bagian yang paling atas yang mirip dengan jengger ayam jantan. wanita itu dikhitan. Adanya beberapa dalil yang menunjukkan Rasulullah menyebut khitan bagi wanita di antaranya sabda beliau: "Apabila bertemu dua khitan. dan itu akan membuat jiwa mereka lebih suci dan kehormatan diri mereka lebih terjaga. BATAS YANG DIPOTONG DALAM MENGKHITANI ANAK PEREMPUAN Menurut Imam Ibnul Qayyim. 3. Khitan bagi wanita sangat masyhur dilakukan oleh para sahabat dan para salaf . "Rasulullah bersabda. Dari Anas bin Malik berkata. karena itu lebih bisa membuat ceria wajah dan lebih disenangi suami." Imam Ahmad berkata."Apabila seorang laki-laki duduk di empat cabang wanita dan khitan menyentuh khitan. Rasulullah bersabda kepada wanita yang mengkhitan. dan jangan berlebihan. "Hadits ini menunjukkan bahwa wanita juga dikhitan." 4.” Hadis ini zahirnya menunjukkan bahwa wanita juga dikhitan. maka sedikitkanlah." 2. maka wajib mandi. Jika bagian ini dipotong.

Cara memotongnya tidak boleh berlebihan dan tidak perlu memotong semua bagian itu. Khitan dapat membawa kesempurnaan agama. Al-Mawardi berkata. Khitan adalah cara sehat yang memelihara seseorang dari berbagai penyakit. Akibatnya vagina tidak bisa terbuka dan hanya ada lubang kecil dibawah sebagai saluran air kencing dan haid. tujuannya adalah untuk mempersempit terbukanya vagina. Menjahit dua tepi farji yang kecil tanpa menghilangkan bagian apapun. Metode Fir‟aun. HIKMAH KHITAN PADA PEREMPUAN 1. Sementara itu. 7 .berbentuk seperti biji kurma. Khitan pada wanita yang dilakukan secara benar justru bermanfaat untuk kehidupan seksual wanita yang bersangkutan. 2. Karena membuat lebih bersih dan lebih mudah menerima rangsangan. karena ia disunnahkan. “ Mengkhitan anak perempuan berarti memotong bagian yang pada farji bagian teratas. Ringkasnya. 2. dan meluruskan syahwat.” Dan ini adalah cara yang benar sesuai dengan pesan Rasulullah kepada Ummi Athiyyah. Khitan membawa kebersihan. pelaksanaan khitan pada perempuan harus dilaksanakan oleh tenaga medis muslimah yang mengerti ajaran Islam dan dapat menjalankan praktik khifadh sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW. caranya adalah dengan terlebih dahulu menghilangkan biji kemaluan perempuan dan dua tepi farjinya kemudian menjahitnya. 4. VI. 3. keindahan. ada cara yang lain dalam mengkhitan perempuan yaitu : 1. Kita wajib memotong bagian yang menonjol saja. Kedua metode ini akan menyiksa perempuan dan bertentangan dengan Islam.

2007. Mawardi M. Para bidan dan dokter yang mengkhitan perempuan harus berhati-hati. Khitan. 1984 . Gema Insani Press. Karena khitan perempuan yang sesuai dengan prosedur dan dilakukan oleh orang yang mengerti caranya.VII.DR. Sehingga perzinahan dan perselingkuhan jauh dari kita umat Islam ini. Semoga makalah ini bermanfaat. akan membawa hikmah yang baik bagi perempuan dalam menstabilkan syahwatnya.DR. VIII. . sehingga tidak memotong atau menyayat terlalu besar. Kalau terdapat kesalahan dalam praktek. Dan juga akan bermanfaat bagi hubungan suami istri selanjutnya. 1996 8 . PENUTUP Khitan perempuan merupakan sunnah fitrah yang sudah diterima oleh umat Islam. . Wallahu A‟lam bis shawab. Mengenai adanya pelarangan khitan bagi perempuan dari beberapa pihak. Fiqh al-Sunnah. Shaleh. maka para muslimah harus mendekatkan diri kepada Allah dan merasakan selalu pengawasan Allah. Kuwait. Perlunya prosedur tetap (protap) untuk khitan wanita ini.Sayyid Sabiq. al-Fiqh al-Islamy Wa adillatuhu. Khitan Wanita dalam Perspektif Hukum Islam. Fatawa Mu’ashirah.DR. Wahbah Al-Zuhaily. Saad al Marshafi. Walaupun terjadi perbedaan pendapat para ulama dalam masalah hukum khitan pada perempuan. MARAJI’: . jika perlu ada peraturan pemerintah yang mengaturnya. Sehubungan dengan menjaga diri dari penyimpangan seksual. Yusuf al-Qardhawi. hal itu sebenarnya tidak hak bagi siapapun melarang sesuatu yang dibolehkan oleh Allah dan Rasul-Nya. Dimasyq: Daar al-Fikr. namun syiar khitan perempuan ini harus dilakukan oleh umat Islam. Daar al-Qalam. maka kesalahan itu saja yang harus diluruskan. Makalah.1997. .1990. sehingga akan membawa akibat yang buruk bagi yang dikhitan.DR. Beirut: Daar al-Fath.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful