PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA NOTA KESEPAKATAN BERSAMA ANTARA DINAS PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

DENGAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 TENGGARONG, SEKOLAH MENENGAH ATAS YAYASAN PENDIDIKAN KUTAI TENGGARONG, SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 TENGGARONG, SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 TENGGARONG, SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 TENGGARONG. NOMOR : 426.A.1- 033/DISPORA/II/2011 NOMOR : 422.6/091/SMPN 3 TGR/II/2011 NOMOR : 420.581/DP.C1/SMA YPK/II/2011 NOMOR : 426.1/119/SMKN 1 TGR/II/2011 NOMOR : 426.3/061/SMKN 2 TGR/II/2011 NOMOR : 426.3/069/SMKN 3 TGR/II/2011 TENTANG PUSAT PEMBINAAN DAN LATIHAN OLAHRAGA PELAJAR DAERAH (PPLPD) KUTAI KARTANEGARA Pada hari ini, senin tanggal dua puluh delapan bulan pebruari, tahun dua ribu sebelas, bertempat di Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara, kami yang bertanda tangan di bawah ini : 1. Drs. M. SYAFRUDDIN HS, M.Si. : Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kutai Kartanegara berkedudukan di Jalan Ahmad Dahlan Tenggarong, dalam hal ini untuk dan atas nama Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kutai Kartanegara selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA. 2. DES YATIM, S.Pd,. M.Pd. : Kepala Sekolah Menengah Tingkat Pertama Negeri 3 Tenggarong berkedudukan di Jalan Kombeng Kelurahan Melayu Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara, dalam hal ini untuk dan atas nama Sekolah Menengah Tingkat Pertama Negeri 3 Tenggarong (SMPN 3) selanjutnya disebut PIHAK KEDUA. 3. Drs. H. JOKO SAMPURNO, M.Si. : Kepala Sekolah Menengah Tingkat Atas Yayasan Pendidikan Kutai Tenggarong berkedudukan di Jalan Mawar Kelurahan Panji Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara, dalam hal ini untuk dan atas nama Sekolah Menengah Tingkat Atas Yayasan Pendidikan Kutai Tenggarong (SMA YPK) Kabupaten Kutai Kartanegara selanjutnya disebut PIHAK KETIGA.

MoU PPLPD Kukar

4. SUNARNO, S.Pd, M.Pd.

5. ARDIANSYAH.,S.Pd

6. HARJERIN.,S.Pd

: Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tenggarong berkedudukan di Jalan Ahmad Dahlan Kelurahan Baru Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara, dalam hal ini untuk dan atas nama Sekolah Menengah Tingkat Kejuruan Negeri 1 Tenggarong (SMKN 1) Kabupaten Kutai Kartanegara selanjutnya disebut PIHAK KEEMPAT. Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Tenggarong berkedudukan di Jalan Ahmad Dahlan Kelurahan Baru Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara, dalam hal ini untuk dan atas nama Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tenggarong (SMKN 2) Kabupaten Kutai Kartanegara selanjutnya disebut PIHAK KELIMA. Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Tenggarong berkedudukan di Jalan Ahmad Dahlan Kelurahan Baru Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara, dalam hal ini untuk dan atas nama Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tenggarong (SMKN 3) Kabupaten Kutai Kartanegara selanjutnya disebut PIHAK KELIMA.

Berdasarkan : a. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor : 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. b. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor : 03 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional. c. Peraturan Pemerintah Nomor : 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. d. Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2008 tentang Wajib Belajar. e. Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga Nomor : Kep/Menpora/2006 tentang Pedoman Pusat Pembinaan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP). f. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 63 Tahun 2009 tentang Sistem Penjamin Mutu Pendidikan. g. Peraturan Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara No. 15 tahun 2010, tentang Penyelenggaraan Pendidikan h. Keputusan Bupati Kutai Kartanegara Nomor : 180.188/HK-631/2008 tanggal 8 Juli 2008 tentang pembentukan PPLOP Kabupaten Kutai Kartanegara; i. Bahwa Pusat Pembinaan dan Latihan Olahraga Pelajar Daerah (PPLPD) Kutai Kartanegara adalah wadah berhimpun, berlatih, dan pelatihan bagi bibit-bibit olahragawan khusus pelajar unggulan daerah yang berbakat di bidang olahraga guna pembinaan dan pengembangan olahragawan untuk mencapai prestasi yang optimal sebagai pemasok olahragawan regional, nasional dan internasional. j. Bahwa Pusat Pembinaan dan Latihan Olahraga Pelajar Daerah (PPLPD) Kutai Kartanegara berfungsi untuk melaksanakan pembibitan dan pembinaan prestasi olahraga khusus pelajar secara terencana, terarah dan berkesinambungan. k. Bahwa sehubungan poin tersebut di atas, dipandang perlu untuk mengadakan kesepakatan bersama terkait dalam pelaksanaan Pusat Pembinaan dan Latihan Olahraga Pelajar Daerah (PPLPD) Kutai Kartanegara. Sepakat untuk mengadakan kesepakatan bersama dalam bidang pelaksanaan Pusat Pembinaan dan Latihan Olahraga Pelajar Daerah (PPLPD) Kutai Kartanegara dengan ketentuan sebagai berikut :

MoU PPLPD Kukar

PASAL I TUJUAN Untuk menghasilkan olahragawan pelajar tingkat daerah, nasional dan internasional berprestasi pada khusus di bidang olahraga dan bidang akademik umumnya. PASAL II RUANG LINGKUP Kesepakatan ini meliputi bidang akademik untuk atlet pelajar Pusat Pembinaan dan Latihan Olahraga Pelajar Daerah (PPLPD) Kutai Kartanegara. PASAL III WAKTU DAN TEMPAT Pusat Pembinaan dan Latihan Olahraga Pelajar Daerah (PPLPD) Kutai Kartanegara ini adalah kegiatan rutin tahunan secara berkesinambungan, terarah dan berkelanjutan yang bertempat di Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara. PASAL IV TANGGUNG JAWAB (1) Tugas dan tanggung jawab PIHAK PERTAMA : a. Menetapkan kebijakan umum pelaksanaan PPLPD Kutai Kartanegara. b. Sebagai pelaksana kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara di bidang keolahragaan pada PPLPD Kutai Kartanegara yaitu merencanakan, mengkoordinasikan, menganggarkan, melaksanakan dan mengendalikan serta mempertanggung jawabkan kegiatan khusus pada bidang keolahragaan. c. Membentuk dan menetapkan personel PPLPD Kutai Kartanegara. d. Bertanggung jawab administrasi PPLPD Kutai Kartanegara tentang promosi dan degradasi atlet/pelatih. (2) Tugas dan tanggung jawab PIHAK KEDUA : a. Menetapkan dan memberikan kebijakan khusus bidang akademik PPLPD Kutai Kartanegara untuk atlet pelajar yang duduk di Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau sederajat. b. Sebagai pelaksana koordinasi bidang akademik PPLPD Kutai Kartanegara pada tingkat Sekolah Menengah Pertama. c. Memberikan rekomendasi dan fasilitas khusus di sekolah bagi atlet PPLPD Kutai Kartanegara antara lain : - Atlet PPLPD Kutai Kartanegara yang bersekolah dan/atau pindah sekolah untuk di tempatkan/ disekolahkan pada jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP). - Memberikan kemudahan khusus dalam hal kegiatan akademik antara lain : 1. Penambahan mata pelajaran yang tertinggal. 2. Memberikan standar khusus nilai akademik katagori atlet pelajar berprestasi. 3. Dispensasi masuk dan/atau keluar sekolah dalam meninggalkan mata pelajaran sekolah untuk menjalankan Program Latihan, Jadwal Latihan dan Mengikuti Pertandingan Olahraga. 4. Memberikan apresiasi beasiswa atlet pelajar berprestasi pada sekolah. (3) Tugas dan tanggung jawab PIHAK KETIGA : a. Menetapkan dan memberikan kebijakan khusus bidang akademik PPLPD Kutai Kartanegara untuk atlet pelajar yang duduk di Sekolah Menengah Atas (SMA).

MoU PPLPD Kukar

b. Sebagai pelaksana koordinasi bidang akademik PPLPD Kutai Kartanegara pada tingkat Sekolah Menengah Atas. c. Memberikan rekomendasi dan fasilitas khusus di sekolah bagi atlet PPLPD Kutai Kartanegara antara lain : - Atlet PPLPD Kutai Kartanegara yang bersekolah dan/atau pindah sekolah untuk di tempatkan/ disekolahkan pada jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA). - Memberikan kemudahan khusus dalam hal kegiatan akademik antara lain : 1. Penambahan mata pelajaran yang tertinggal. 2. Memberikan standar khusus nilai akademik katagari atlet pelajar berprestasi. 3. Dispensasi masuk dan/atau keluar sekolah dalam meninggalkan mata pelajaran sekolah untuk menjalankan Program Latihan, Jadwal Latihan dan Mengikuti Pertandingan Olahraga. 4. Memberikan apresiasi beasiswa atlet pelajar berprestasi pada sekolah. (4) Tugas dan tanggung jawab PIHAK KEEMPAT, PIHAK KELIMA dan PIHAK KEENAM : a. Menetapkan dan memberikan kebijakan khusus bidang akademik PPLPD Kutai Kartanegara untuk atlet pelajar yang duduk di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). b. Sebagai pelaksana koordinasi bidang akademik PPLPD Kutai Kartanegara pada tingkat Sekolah Menengah Kejuruan. c. Memberikan rekomendasi dan fasilitas khusus di sekolah bagi atlet PPLPD Kutai Kartanegara antara lain : - Atlet PPLPD Kutai Kartanegara yang bersekolah dan/atau pindah sekolah untuk di tempatkan/ disekolahkan pada jenjang pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). - Memberikan kemudahan khusus dalam hal kegiatan akademik antara lain : 1. Penambahan mata pelajaran yang tertinggal. 2. Memberikan standar khusus nilai akademik katagori atlet pelajar berprestasi. 3. Dispensasi masuk dan/atau keluar sekolah dalam meninggalkan mata pelajaran sekolah untuk menjalankan Program Latihan, Jadwal Latihan dan Mengikuti Pertandingan Olahraga. 4. Memberikan apresiasi beasiswa atlet pelajar berprestasi pada sekolah. PASAL V PELAKSANAAN 1. Pelaksanaan kesepakatan bersama ini di laksanakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kutai Kartanegara, Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tenggarong (SMPN 3), Sekolah Menengah Atas Yayasan Pendidikan Kutai Tenggarong (SMA YPK), Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tenggarong (SMKN 1), Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Tenggarong (SMKN 2) dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Tenggarong (SMKN 3) Kabupaten Kutai Kartanegara. 2. Dalam rangka pelaksanaan Pusat Pembinaan dan Latihan Olahraga Pelajar Daerah (PPLPD) Kutai Kartanegara, semua pihak berkewajiban menjalankan kegiatan sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing. PASAL VI PEMBIAYAAN ATAU PENDANAAN Segala bentuk biaya yang timbul dalam kesepakatan bersama tentang Pusat Pembinaan dan Latihan Olahraga Pelajar Daerah (PPLPD) Kutai Kartanegara ini, dibebankan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kutai Kartanegara melalui masing-masing pihak sesuai dengan tugas, fungsi dan tanggung jawab.

MoU PPLPD Kukar

PASAL VII PENUTUP 1. Hal-hal yang bersifat teknis akan diatur lebih lanjut oleh PIHAK PERTAMA dengan memperhatikan pertimbangan pihak-pihak terkait. 2. Kesepakatan ini di buat 6 (Enam) rangkap, dan masing-masing mempunyai kekuatan hukum yang sama. 3. Kesepakatan bersama ini berlaku sejak tanggal ditetapkan. Ditetapkan di : Tenggarong. Pada tanggal : 28 Pebruari 2011.
PIHAK PERTAMA, PIHAK KEDUA,

Drs. M. SYAFRUDDIN HS, M.Si. NIP. 19581218198501 1003

DES YATIM, S.Pd., M.Pd. NIP. 19621229 198503 1 013

PIHAK KETIGA,

PIHAK KEEMPAT,

Drs. H. JOKO SAMPURNO, M.Si.

SUNARNO, S.Pd., M.Pd. NIP. 19660112 199003 1 011

PIHAK KELIMA,

PIHAK KEENAM,

ARDIANSYAH.,S.Pd. NIP. 19660305 198703 1 006

HARJERIN.,S.Pd. NIP. 19641004 198603 1 016

MENGETAHUI : BUPATI KUTAI KARTANEGARA,

RITA WIDYASARI, S.Sos., MM.

MoU PPLPD Kukar

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful