AUDIT TERHADAP SIKLUS PENGELUARAN PENGUJIAN PENGENDALIAN A.

DISKRIPSI SIKLUS PENGELUARAN Siklus pengeluaran merupakan suatu proses dalam transaksi perolehan barang dan jasa guna melakukan operasi perusahaan. Barang atau jasa yang diperoleh perusahaan ini adakalanya memberikan manfaat/pendapatan untuk dalam satu tahun atau kurang dan adakalanya memberikan manfaat lebih dari satu tahun. B. SISTEM INFORMASI AKUNTANSI YANG MEMBENTUK SIKLUS PENGELUARAN Sistem informasi yang membentuk siklus pengeluaran dalam sebuah perusahaan terdiri : 1. Sistem pembelian, dengan melalui prosedur a. Prosedur permintaan pembelian b. Prosedur order pembelian c. Prosedur penerimaan barang d. Prosedur penyimpanan barang e. Prosedur pembuatan bukti kas keluar f. Prosedur pencatatan utang harus akurat dan benar 2. Sistem pengeluaran kas, terdiri dari 2 prosedur yaitu a. Prosedur pembayaran kas keluar b. Prosedur pencatatan pengeluaran kas C. PERANCANGAN PROGRAM AUDIT UNTUK PENGUJIAN PENGENDALIAN TERHADAP SIKLUS PENGELUARAN. Perancangan program audit untuk pengujian pengendalian terhadap siklus pengeluaran dengan melalui 5 tahap sebagai berikut:
Pemahaman SIA untuk pelaksanaan transaksi pembelian dan pengeluaran kas

Penentuan kemungkinan salah saji dalam setiap tahap pelaksanaan transaksi pembeliandan pengeluaran kas

Penentuan prosedur audit untuk mendeteksi efektifitas aktivitas pengendalian

Penentuan aktivitas pengendalian yang diperlukan untuk mendeteksi dan mencegah salah sasji dalam setiap transaksi pembelian dan pengeluaran kas

Penyusunan program audit untuk pengujian pengendalian terhadap transaksi pembelian dan pengeluaran kas.

Pada tahap pemahaman SIA untuk pelaksanaan transaksi pembelian dan pengeluaran kas diuraikan sebagai berikut:

Regristrasi buku kas keluar 2. Pembelian Fungsi gudang Fungsi pembelian pemasok Fungsi penerimaan barang Fungsi akuntansi b. Buku pembantu utang 4. Transaksi pembelian 1. laporan penerimaan barang. 3. Fungsi yang terkait a. kwitansi dan lain-lainya. permintaan cek. Jurnal pembelian 3. Dokumen Dokumen yang digunakan dalam transaksi pengeluaran baik transaksi pembelian maupun transaksi pengeluaran kas dibagi menjadi 2 dokumen yaitu: a. Contoh: bukti kas keluar b. Dokumen pendukung yaitu dokumen yang membuktikan validitas terjadinya transaksi. Dokumen sumber yaitu dokumen yang dipakai sebagai dasar pencatatan kedalam catatan akuntansi. Regristasi cek 2. Pengeluaran kas Fungsi yang memerlukan pengeluaran kas Fungsi pencatat utang Fungsi keuangan Fungsi akuntansi Fungsi audit intern 2. Catatan akuntansi a. Buku besar . faktur dari pemasok. Contoh: bukti permintaan pembelian. Buku pembantu sediaan b.1. Transaksi pengeluaran kas 1.

11. Pertanggungjawaban semua nomor urut cek. Fungsi penerimaan barang menghitung. b. aktiva tetap dengan akun kontrol yang bersangkutan dalam buku besar. . 4. Pengecekan secara independen posting oleh pihak ketiga yang independen. Pengecekan secara independen terhadap tanggal yang tercantum dalam check stub dan tanggal pencatatannya. Setiap surat order pembelian harus didasarkan pada permintaan pembelian yang telah diotorisasi. Setiap pencatatan ke register bukti kas keluar harus didukung dengan bukti kas keluar yang dilampiri dengan dokumen pendukung yang lengkap. Panduan akun dan review terhadap pemberian kode akun. 3.D. Sedangkan aktivitas pengendalian dalam transaksi pengeluaran kas meliputi: 1. Pengecekan secara independen posting kedalam buku pembantu utang usaha. Bukti kas keluar harus disertai lampiran dokumen pendukung yang lengkap dan sah. Penandatanganan cek harus me-reveiw bukti kas keluar dan dokumen pendukung. Pertanggung jawaban secara periodik semua formulir bernomor urut tercetak. 5. 3. 8. 9. Pembubuhan cap lunas terhadap bukti kas keluar yang telah dibayar beserta dokumen pendukungnya. 2. menginspeksi. 10. Rekonsiliasi bank secara periodik oleh pihak ketiga yang independen. 6. 7. dan membandingkan barang yang diterima dengan data barang yang tercantum dalam surat order pembelian. Review kinerja secara periodik. Penyerahan barang dari fungsi penerimaan barangke fungsi gudang harus didokumentasikan. Setiap penerimaan barang harus didasarkan pada surat order pembelian yang telah diotorisasi 4. Otorisasi umum dan khusus untuk setiap pembelian 2. 7. Pengecekan secara independen antara cek dengan bukti kas keluar. 6. AKTIVITAS PENGENDALIAN DALAM SIKLUS PENGELUARAN Perkiraan salah saji dalam siklus perolehan baik transaksi pembelian maupun transaksi pengeluaran kas dapat dicegah dan dideteksi oleh aktivitas pengendalian. 5. a. Aktivitas pengendalian yang dapat mencegah dan mendeteksi salah saji dalam transaksi pembelian yaitu meliputi: 1. persediaan.

PENYUSUNAN PROGRAM AUDIT UNTUK PENGUJIAN PENGENDALIAN TERHADAP SIKLUS PENGELUARAN. nama debitur. e. 2 Kelengkapan c. & a. Ambil sampel bukti kas keluar yang telah dibayar dan lakukan pengusutan ke dokumen pendukung dan catatan akuntansi yang bersangkutan. Ambil sampel transaksi pengeluaran kas dari register cek dan lakukan verifikasi terhadap tanggal. dan lingkup pengujian yang akan dilakukan . Dalam penyusunan program audit dapat diklasifikasikan menurut asersi yang dituju. dan jumlah moneter atau non moneter. d. dan penilaian atau alokasi. kelengkapan. saat. Ambil sampel transaksi pembelian dari register bukti kas keluar dan lakukan pemeriksaan terhadap dokumen pendukung. periksalah bukti adanya persetujuan semestinya untuk transaksi pengeluaran kas. . b. serta terhadap dokumen pendukung. Ambil sampel bukti kas keluar yang disetujui dan lakukan pengusutan kedokumen pendukung dan catatan akuntansi yang bersangkutan Untuk pengambilan sampel pada abjad b diatas. Periksa bukti digunakannya formulir bernomor urut tercetak dan pertanggungjawaban pemakaian formulir tersebut. yaitu meliputi: asersi keberadaan dan keterjadian. Transaksi Pengeluaran kas pengamatan terhadap pembuatan cek. Periksa bukti digunakannya formulir cek bernomor urut tercetak dan pertanggungjawaban pemakaian formulir tersebut. NO 1 ASERSI Keberadaan keterjadian Transaksi Pembelian persetujuan atas surat permintaan pembelian. Lakukan pengamatan terhadap a. order pembelian. 3 Penilaian e. dan pengecekan independen terhadap keakuratan perhitungan dalam bukti kas keluar. Untuk pengambilan sampel pada abjad b diatas. dan pengecekan independen terhadap penulisan cek dengan bukti kas keluar. penerimaan barang.E. Periksa adanya pengecekan independen terhadap posting ke buku pembantu dan jurnal. pengecekan independen terhadap pencantuman harga barang dalam bukti kas keluar. Periksa adanya pengecekan independen terhadap posting ke buku pembantu utang dan register cek/jurnal. Hasil pelaksanaan program audit untuk pengujian pengendalian terhadap siklus pembelian didokumentasikan oleh auditor dalam kertas kerja sebagai bagian dari pelaksanaan standar pekerjaan lapangan kedua: Pemahaman memadai atas pengendalian intern harus diperoleh untuk merencanakan audit dan menentukan sifat. f. d. c. dan pembuatan bukti kas keluar. Lakukan b. periksalah bukti adanya persetujuan semestinya untuk setiap transaksi pembelian. f. dan pencatatan kedalam register cek.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful