#1

BERPIKIR POSITIF SAJA NGGAK CUKUP!

Kamu pasti pernah mendengar tentang pentingnya berpikir positif. Bahkan mungkin, hampir semua umat manusia yang hidup di abad ini pernah mendengarnya. Dan menerapkannya. Dan memetik keuntungan darinya. Yup. Berpikir positif memang baik. Penting dan bermanfaat, baik bagi diri kita sendiri maupun bagi orang lain, demikian dikatakan oleh para ahli. Sayangnya, berpikir positif pun mempunyai sisi lemah yang dapat merusak keseimbangan hidup kita. Hidup adalah sebuah keseimbangan. Selalu ada sisi bertentangan untuk setiap bidang kehidupan. Kerja keras yang tak diimbangi istirahat yang cukup bisa berakibat fatal. Makanan enak tanpa diimbangi olahraga mengakibatkan banyak orang mati sebelum waktunya. Gaya hidup mewah tanpa diimbangi filosofi hidup hemat membuat kita bangkrut. Bahkan cinta tanpa disiplin akan menghasilkan anak-anak yang manja dan suka memberontak. Semua bidang menuntut keseimbangan dalam hidup kita! Jika kamu menganggap berpikir positif adalah segalanya, kamu perlu mempertimbangkannya kembali. Berpikir positif menuntut kita memandang segalanya dari sisi positif. Namun bagaimana dengan sisi negatifnya? Apakah kita lantas bisa mengabaikannya? Berikut ada 7 hal lain yang perlu kita pertimbangkan selain berpikir positif.. 1. Berpikir benar Sejujurnya, agak susah menjabarkan tentang berpikir benar, karena kebenaran di jaman ini telah bergeser nilainya. Kebenaran selalu bersifat relatif, tergantung siapa yang memandang. Kita bisa bicara dengan dua orang yang bermusuhan dan masing-masing akan mengatakan diri mereka benar, lengkap dengan segala penjelasan mendetail tentang kisah menurut versi mereka. Kamu perlu mengikuti kata hatimu dalam hal ini. Definisikan apa yang benar sesuai dengan nilai-nilai dalam hidupmu. Jika 'benar' dalam lingkunganmu berarti mengurangi hak orang, kamu tahu apa artinya. Jika benar berarti membela yang bayar, memanjat ke atas dengan menginjak leher orang, menjatuhkan orang lain dengan segala cara, atau hal-hal semacam itu, kamu harus memutuskan apa yang akan kamu lakukan. Jika perlu, keluar dari sana dan cari lingkungan yang bisa membuatmu bertumbuh jadi lebih baik! 2. Berpikir mulia Apa komentarmu ketika melihat orang mengucapkan kata-kata kasar yang tak sepantasnya diucapkan? Biasanya sih, dengan heran dan takjubnya kita akan mengatakan 'Duh, penampilannya keren, jabatannya oke tapi mulutnya kok nggak berpendidikan ya..'. Rupanya, pendidikan itu mempengaruhi kelakuan seseorang. Diharapkan, dengan semakin terdidiknya seseorang, akan semakin tinggi pula martabat dan sikap moralnya. Namun dalam kenyataannya, tidaklah selalu demikian. Banyak orang mengaku berpendidikan, namun sikap mereka menyatakan seba liknya. Ternyata, karakter jauh lebih penting daripada pendidikan. Kamu bisa mencari ilmu sampai ke ujung dunia, tapi tanpa karakter dan nilai-nilai yang baik dalam hidup, kamu akan tetap diragukan orang. Kamu tidak semata dinilai dari tampilan atau rupa, atau berapa deret nol yang tertera di buku tabunganmu, tapi karakter dan integritasmu menentukan penghargaan orang terhadap dirimu yang sesungguhnya. Jangan hanya berpikir positif, berpikirlah mulia. 3. Berpikir adil Sahabatmu nyata-nyata bersalah, sementara orang yang kamu musuhi ternyata benar. Siapa yang akan kamu bela? Akankah kamu tetap mengatakan 'Hidup persahabatan!' dan menelantarkan nilai-nilai pribadimu? Keadilan mungkin tidak berpihak bagi banyak orang sementara ini. Namun itu bukan alasan bagi kita untuk tidak bersikap adil. Kejarlah keadilan. Berikan pada tiap orang apa yang menjadi haknya. Bersikaplah adil walaupun hidup tampaknya tidak adil bagimu, karena selama bumi ini ada, takkan berhenti-henti musim menabur dan menuai. Apapun yang kamu tabur akan kamu tuai. Ini adalah hukum alam yang tak dapat dibatalkan, jadi kamu perlu menetapkan bagi dirimu untuk selalu berpikir, berkata dan berbuat adil. Berpikir adil juga menuntutmu untuk menempatkan diri dalam perspektif yang tepat. Jangan hanya berpikir positif. Berpikir jugalah dengan kewaspadaan. Jangan menerima segala sesuatu sebagaimana adanya (mentah -mentah), karena seringnya, yang tampak bukanlah yang sebenarnya. Orang yang hanya berpikir positif (tanpa kewaspadaan dan kebijaksanaan) akan mudah dibohongi. Pikirkan juga kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi sebelum kamu mengambil keputusan. Mungkin niatmu baik. Tapi tidak demikian halnya dengan banyak orang lain di sekitarmu. Sangat perlu untuk menguji setiap kalimat atau tindakan atau sikap yang diarahkan pada kita.

Pengembangan Diri

1

Orang lain mengatakan tidak mungkin? Jadikan itu tantangan. kita juga perlu lebih awas dan lebih bijaksana dalam menyikapi segala sesuatu yang terjadi. sehingga kita pun patah semangat dan benar-benar menghentikan impian-impian kita. 7. kamu akan berterima kasih pada dirimu sendiri karena telah melakukannya. teman. Berpikir luar biasa Sudah menjadi kecenderungan kita untuk berpikir standar. Apa yang akan terjadi jika pengalaman buruk tak terjadi padamu? Akankah hidupmu berbeda? Akankah kamu menjadi pribadi yang lebih baik? Akankah kamu berkembang? Kadangkala. Jika sebuah ide ditolak. Memikirkan yang manis (menyenangkan) Prinsipnya. Jika ide Anda ditertawakan orang. biasanya ide itu biasa saja dan tidak istimewa. Sebelum sebuah Pengembangan Diri 2 . Berpikirlah luar biasa! Ini bukan sanggahan dari teori berpikir positif yang terkenal itu. pikirkan sebaliknya. Jika ada berita yang perlu didengar tentang kamu. Tanpa memikirkan segala kemungkinan dan sisi negatifnya. Luaskan imajinasimu.. biasanya kita akan mundur dan mencari cara yang tepat agar ide tersebut lebih diterima. Langit adalah batas kreativitasmu. Hanya saja. Apa ini juga terjadi padamu? Tenang saja. Pergunakanlah karuniaNya dengan maksimal. tapi belajarlah darinya.'. Seperti kata peribahasa 'Hendaklah kamu tulus seperti merpati dan cerdik seperti ular. Orang lain katakan idemu gila? Tantang dirimu untuk mencobanya. maka berita itu hendaklah sesuatu yang sedap didengar. Dibutuhkan seorang yang berani bermimpi besar untuk meraih hal-hal yang besar. Kita sendiri yang menentukan takdir kita. tak jarang kita malu mengakui diri sebagai seorang pemimpi. akan memenuhi hidupmu. jika ide Anda dipuji orang. Tuhan yang Maha Kreatif telah menaruh jejak keberadaanNya dalam diri kita dengan menempatkan pikiran yang tak terbatas dalam otak kita yang luar biasa. Hampir semua orang di dunia pernah mengalaminya. kamu bisa melakukannya. Buat impianmu jadi kenyataan. Tunggu dulu. maka jangan pikirkan atau lakukan hal itu. Kita juga yang menentukan bagaimana kita akan mengisi dan menjalani hidup yang telah Tuhan berikan pada kita! 6. Apapun yang kamu pilih untuk tinggal dalam pikiranmu. 5. dan itulah yang menjadi takdirmu. Kita sering minder dengan keadaan kita yang rasanya 'nggak mungkin'. Berpikir suci Pacarmu mengajakmu begituan dan kamu tidak tahu apa yang harus kamu lakukan. Berkembanglah. lebih bahagia.. Namun dalam kenyataannya.4. kawan. biasanya ide itu ide yang luar biasa. Jangan takut berpikir luar biasa. dan lebih sejahtera karenanya (ingat prinsip hukum ketertarikan?). Berpikir positif? Positif bagi siapa? Bagi kamu? Bagi dia? Bagi hubungan cinta kalian? Lalu bagaimana dengan masa depanmu? Calon pasangan hidupmu? Orang tuamu? Integritasmu? Dalam hal ini. Atau mungkin pernah orang mengatakan pada kita untuk berkaca dulu sebelum melanjutkan impian kita. Berpikir kreatif Jika kamu menganggap hidup telah memperlakukanmu dengan tidak adil. butuh pemikiran yang kreatif dan luas untuk memahami segala yang terjadi dalam hidup. Kamu akan menjadi lebih sehat. Padahal. Buang semua hal buruk dari pikiran. Kamu pikir. Kita seringkali takut dengan anggapan orang. berpikir positif bisa membantumu memecahkan masalah. bukan? #2 Are You A Dreamer. yang timbul sebagai hasil pikiran kreatifmu yang bermanifestasi dalam seluruh tindakan dan perkataanmu. selain berpikir positif. Orang lain menertawakanmu dan menganggapmu pemimpi? Bangunlah. berpikir suci sepertinya lebih penting ketimbang 'berpikir positif'. bukannya korban yang selalu menangis dan meratapi nasib. Lakukan detoksifikasi dalam batinmu. perencanaan yang terbaik pun dapat gagal. Hidup adalah sebuah keseimbangan. jika sesuatu tidak menyenangkan bagi semua pihak. Apapun yang kamu anggap bisa lakukan. Kamu adalah murid yang harus terus belajar dan diuji di sekolah kehidupan agar naik tingkat. Kamu takkan belajar apapun dari tangisan dan keluh kesahmu. Too? Apakah kamu seorang pemimpi? Itu bagus. Suatu saat. menurut pepatah. hati dan jiwamu. Jangan pernah menyalahkan diri atau keadaan.

Bagi impianmu hanya dengan orang-orang yang bisa mengerti. Jadi. namun secara pribadi. menginspirasi dan memberi energi baru pada impianmu. Milikilah impian yang besar. Tunjukkan pada mereka kualitas dirimu yang sebenarnya! 2. jika tokoh favoritmu kedapatan kena tilang karena ngebut di jalan. Tapi kamu juga perlu mengerti bahwa mereka pun hanyalah orang biasa yang tak luput dari kesalahan. Kamu diciptakan untuk menjalani takdirmu sendiri. percayalah bahwa semua perjuanganmu itu pantas dan kamu akan menerima upa h pada waktunya. Misalnya. Jangan patah semangat hanya karena seseorang menganggapmu tidak mampu. Belajarlah dari seorang model peran Siapa tokoh yang menginspirasimu? Oprah? Beyonce? Rockefeller? Rain? John Maxwell? Brian Tracy? SBY? Siapapun tokoh yang kamu kagumi. 5. Apa yang kamu suka lakukan? Networking? Desain? IT? Fotografi? Ilmu kedokteran? Carilah jejaring yang bisa mendukung dan menguatkanmu. Papan visual membantumu mewujudkan keinginanmu. Jika kamu merasa impianmu terlalu besar. jadi tidak perlu bersusah payah mengikuti cara-cara orang lain. kamu akan mendarat di antara bintang-bintang -. Bagaimanapun. Orang lain hanya bisa menilaimu dari luar. Sekelompok orang yang memiliki sejumlah persamaan akan merasa punya ikatan dan -bisa dipastikanakan saling mendukung. Tergantung bagaimana kamu mengolah dan merangkai semua kelebihan. namun tetap terukur dan terarah. semakin keras seharusnya kamu berusaha. kamu akan menyerah dan mulai membayangkan nikmatnya semua yang ditayangkan di televisimu. Buatlah papan visual Apa yang kita lihat akan memengaruhi apa yang kita rasakan. namun entah mengapa kamu yakin bisa menggapainya. jangan berharap kamu akan berhasil dalam hal itu. kamu bisa mencari inspirasi dari mereka. Curi ilmunya dan cari dukungan. Jika belum menemukan yang tepat. Tujulah bulan. memakai shabu. paling tidak. Bagaimana perasaanmu waktu di TV diputar iklan ayam goreng favoritmu? Atau iklan tentang sepotong pizza yang bertaburan keju? Atau pusat perbelanjaan yang menawarkan diskon yang menggiurkan? Tak tertarik? Mungkin saja. Jika tidak.. berjalanlah terus. Tuhan sudah memperlengkapimu dengan segala sesuatu yang kamu butuhkan untuk bertahan hidup. Jika kamu tak sungguh-sungguh menginginkannya. libatkan diri pada apapun yang membuatmu yakin akan semua impian dan rencanamu. jika mereka tak bisa memahami impian-impianmu. nantinya kamu sendiri yang akan patah semangat dan merasa kalah sebelum bertanding! 4. Jangan memimpikan sesuatu hanya karena orang lain berhasil dalam bidang itu. mendapat masalah karena sikap mereka yang seenaknya di depan publik. Tapi jika iklan itu kamu lihat terus menerus. Jangan pura-pura.mimpi benar-benar menjadi kenyataan. atau sahabat karibmu. Libatkan diri dalam network/ jaringan pendukung yang bisa membantu. Belajarlah dari kelompok tersebut. Jangan pernah mau jadi versi nomor dua orang lain. 6. bakat dan potensi yang ada padamu untuk menjadi yang terbaik dalam bidangnya. Mungkin ada cara yang baik secara keseluruhan (bagi semua orang). Impian itu haruslah sesuatu yang jadi passionmu Ini tak bisa ditawar. Pengembangan Diri 3 . Berikut beberapa tips untuk memperjuangkan impian: 1.. Percuma. kamu bisa Googling kaan :) Entah itu jejaring secara fisik atau secara virtual (atau online).Les Brown Hanya kamu yang bisa mengukur kemampuan dirimu. berpesta gila-gilaan. Orang yang tidak punya impian biasanya sukar untuk memahami dan menerima impian-impian orang lain. kamu selalu gagal menurunkan berat badan. please deh. Bagi pemikiranmu hanya dengan mereka yang bersedia untuk mendengarkan dan memahami dirimu. jangan ceritakan pada mereka. mimpi itu haruslah melalui serangkaian ujian yang seringkali berat dan melelahkan. kamu perlu melihat ke dalam dirimu sendiri dan merumuskan tindakan-tindakan praktis apa yang perlu kamu lakukan agar dirimu bisa sukses. Cari tahu bagaimana perjuangan mereka mengatasi kesulitan hidup sehingga mereka bisa sukses seperti sekarang. Mereka tak akan membesarkan hatimu. Kamu itu pribadi yang unik. Entah itu saudaramu. Jangan biarkan sia papun meragukanmu. Semakin banyak orang meragukanmu. kamu harus tahu membedakan mana yang baik dan mana yang tidak pantas ditiru. 3. orang tuamu.

kita seringkali menilai diri kita lebih rendah dari nilai diri kita yang sebenarnya. Apa pernah semua hal nggak penting itu membuatmu merasa kurang berharga? Well. Namamu kurang populer.. Atau ungkapan terkenal dari Henry Ford 'Entah kamu berpikir bisa atau tidak bisa. Maksudnya. dan pasang di tempat yang sering kamu lihat. perkataan teman mereka. atau faktor-faktor lain. Jangan pernah menyerah Ini sudah jelas. coba pikirkan. Menjadi tugas kita untuk mengejar segala kebaikan itu melalui sikap dan cara pikir kita yang baik di hadapanNya. mungkin begitu katamu. sebagaimana citra diri yang kita miliki. maka kamu tidak bisa. atau satu tendangan yang tepat. Rambutmu kurang lurus. Kitalah yang menentukan takdir kita. Bagaimana jika setiap saat kamu memandang foto Beyonce? Paling tidak. kamu perlu mengasah dan mengolahnya supaya dengan bakat dan potensimu. menentukan keberhasilan kita. namun berhasil mengatasi semua itu dan menjadi sangat berhasil. Ingat. Kita tidak pernah bisa menyebut diri kita pemenang jika kita sudah menyerah sebelum bertanding. jangan mau terjebak dalam perasaan diri malang atau nasib buruk. Hohoho. tapi 99% kesuksesan ditentukan oleh kerja keras dan ketekunan.. Apa beda pemenang dan pecundang? Hanya sedikit. kamu tak perlu berbagi dengan siapapun yang kamu tidak percayai. peliharalah hatimu. Kadang hanya satu pukulan yang jitu. Jika kamu ingin berhasil. Tuhan selalu memberikan segala yang terbaik bagi kita. Dalam kenyataannya. Otakmu kurang cerdas. Sebaliknya jika kamu menganggap dirimu tidak bisa. Benarkah? Dirimu kurang berharga? Yang benar saja! Pernahkah kamu benar-benar menghitung 'harga' dirimu? Kalo belum. Jaga sikap mental dan cara pandangmu terhadap kehidupan. pada suatu masa dalam hidup. Semudah itu. Banyak orang menganggap diri mereka tidak mampu dan demikianlah yang terjadi. maka kamu bisa. Bibirmu kurang seksi. kerja keras dan keteguhan mungkin tak perlu dijelaskan di sini. gimana yaa. mungkin kamu perlu membaca kembali artikel saya di sini atau di sini. Entah karena perlakuan orang tua mereka di masa kecil. kamu bisa memenuhi tujuanmu dikirim ke planet ini! ^^ #3 Merasa Diri Nggak Berharga? Tunggu Dulu! Mungkin. Kulitmu kurang putih. kamu akan lebih termotivasi karena ingin memiliki tubuh yang mirip dengan tubuhnya yang indah (dan seksi!).. Harapkan yang terbaik bagi dirimu. 7. Jika kamu seringkali merasa diri tidak berharga. milikilah citra diri seorang pemenang. banyak orang terperangkap dalam citra diri yang kurang baik. Benarlah pepatah lama yang menyatakan bahwa 'Kehidupan adalah nubuatan yang kita jalani sendiri'. Tentang niat. Pernah mengganti gigi palsu? Pengembangan Diri 4 .'. Bagaimana pun. itulah keadaan kita. Jangan pernah menyerah hanya karena tekanan-tekanan kecil di sekelilingmu. Kadang tidak sampai satu detik. demikianlah yang terjadi dalam hidup. Apapun yang terjadi. Jadikan ini proyek pribadimu. karena itulah yang akan menentukan langkah akhirmu. Kamu pasti sudah mendengarnya beribu-ribu kali.. Tidak. Sikap mental kita.Mungkin karena kamu kurang motivasi atau contoh yang tepat. Ingatlah bahwa bakat hanya 1% berpengaruh. lebih dari segalanya. kamu benar. Miliki citra diri yang baik Apa yang kita percayai. Tapi kamu. Badanmu kurang tinggi. Selalu dirundung masalah dan merasa tak mungkin berhasil? Bagaimana dengan gambar Oprah? Kamu pasti tahu bahwa dia menjalani kehidupan yang tidak mudah. koran atau apapun yang kamu anggap bisa membantumu mewujudkan impianmu. Wajahmu kurang menawan. Jangan menganggap bakatmu sebagai pemberian Tuhan yang g ratis. 8. Emang gitu sih kenyataannya. Guntinglah gambar-gambar yang menginspirasi dari majalah. jika kamu menganggap dirimu bisa. Padahal. kamu pernah merasa nggak nyaman dengan dirimu.

kali. Jantungmu mengalami sesuatu? Oh. atau bibirmu yang kurang seksi atau matamu yang kurang bersinar atau bahkan hidungmu yang kurang mancung) itu!!!! Atau.. walaupun nggak secerdas Einstein.. Mungkin dua juta. Program pelangsingan? Jadi member aja lebih dari segitu. Gimana kalo saya bayar? Dua puluh juta untuk otakmu yang hanya berisi sel abu-abu kecil itu? Hmm. Sampe mati pun saya jamin kamu nggak akan mau menukarkan otakmu (atau ginjalmu atau jantungmu atau paru-parumu atau bahkan kakimu yang bentuknya aneh itu. syaraf-syaraf. Kalo parah. mendingan punya tangan walaupun nggak bisa melukis seindah daVinci. mungkin dua puluh juta cukup. deh. Dapat bingkainya saja enggak. Mungkiiinnn.... ketimbang dapet -berapa tadi? dua puluh juta? lima puluh juta? seratus juta?. maksudnya. Lagi. kira berapa biaya untuk 'mengurus'nya? Oh. otak. Pernah ikut program pelangsingan? Atau ikut fitness? Berapa biayanya? Seratus ribu? Hmm. berapa dong harganya? (mulai kesel nih. gimana kalo dua puluh juta untuk kulitmu yang kurang putih bersinar itu? Nggak juga? Jadi. Kalo ringan. otakmu yang 'biasa aja' itu? Nggak? Oke. bolehkah saya pinjam matamu? Atau tanganmu yang sebelah kiri? Atau. Satu juta juga nggak cukup..ketimbang sakit-sakitan.. Nggak. Yang benar saja.). Pernah patah tangan? Berapa biaya keseluruhannya? Nggak kebayang deh.. Setidaknya beberapa juta rupiah. Itu yang paling murah.. Paling kurang tiga ratus ribu. mendingan punya otak. bisa sampai ratusan juta biaya pengobatannya. mendingan punya badan yang biasa -nggak seaduhai Brad Pitt. untuk membuat peralatan yang berfungsi persis seperti mata kita saja dibutuhkan seperangkat mesin canggih yang bernilai kira-kira 750 miliar rupiah. lebih baik punya hidung biarpun nggak mancung..Berapa harganya? Seratus ribu? Dua ratus ribu? Hoho. no. Nggak juga? Jadi berapa harganya? Katanya nggak berharga? Kamu pikir-pikir dulu? Hmhh. Ohh. Bayangkan. Mendingan. hanya untuk membuat sebuah alat yang berfungsi seperti mata kita!! Berarti mata kita saja seharga 750 miliar! Gimana yang lain? Jantung.. ginjal. mendingan punya mata walaupun kurang indah. Pengembangan Diri 5 . Ginjalmu bermasalah? Kira. Atau tiga puluh. paru-paru.. my. menurut Tony Buzan dalam bukunya Head First.. mungkin kalo fitness kelas 'biasa aja' bisalah. Matamu kurang jelas melihat? Harus pakai kacamata? Berapa harganya? Lima puluh ribu? Ugh.semuanya kayaknya nggak cukup deh buat ganti suku cadang tubuhku. punya semua yang kumiliki sekarang deh. Otakmu mengalami pendarahan? Hmghh. Jika dirimu nggak berharga.

mengkampanyekan perdamaian yang dimulai dari dalam keluargamu. Jika kamu merasa kecil. itu karena kamu memang luar biasa. yang biasa tinggal di mansion Playboy. Kadang. Nggak perlu jadi besar dulu untuk memulai sesuatu. bisa-bisa kita menghabiskan seumur hidup kita dan tak mendapatkan apapun. Jadikan penderitaanmu sebagai motivasi untuk meraih sesuatu yang lebih baik dalam hidup. jika kamu menghadapi persoalan yang luar biasa. sesuai tujuan kita diciptakan. tapi sarat dengan pesan yang dalam kalo kita mau merenungkannya. Nggak ada orang biasa yang menghadapi peristiwa atau kejadian yang luar biasa. Jika kamu mengambil kursus. masa depanmu jauh lebih berarti daripada semua penderitaanmu. Jika toh satu-satunya yang kamu tahu hanya gaya. Sejak Shelley. Percayalah. dandan ataupun pesta seperti Shelley. hanya tahu gaya. gaul. kita nggak akan melakukan sesuatu yang berarti. yang penting adalah sikap mentalmu. Shelley yang 'gak bisa apa-apa'. pesta dan dandan. Kalo terus menunggu. memikat dan populer. itulah yang harus kita lakukan: memulai sesuatu dari mana kita berada. kamu bisa melakukan sesuatu yang 'beda' dalam keluargamu. demikian juga orang akan memandangmu. Nggak perlu populer. Sebaliknya. Kabar baiknya. dan menderita sepanjang hidupmu. Nggak penting berapa besar masalahmu. nama gadis itu masuk. Nggak ada orang biasa yang harus menghadapi persoalan luar biasa. dan hidupmu jauh lebih pantas untuk diperjuangkan ketimbang untuk ditangisi. listrik di rumahmu. baharui pikiran dengan sikap hati kita dengan cara pandang yang benar dan lebih baik. Kamu bisa mulai dengan menghemat air. Dari mana kamu bisa mulai membuat perbedaan? #5 Mengapa Masalahku Begitu Berat??? Pernahkah kamu menanyakan pertanyaan seperti di atas ketika menghadapi masalah yang begitu berat? Bahkan kamu merasa benar-benar nggak mampu. hidupmu bisa lebih optimal dengan caramu yang unik! Yuk. potensi dan keunikanmu. Tibalah dia di perhimpunan Zeta sebuah kampus dan harus berhadapan dengan dekan kampus yang ingin menutup asrama mereka karena anggotanya hanya sedikit. Film ini memang ringan banget.. banyak hal menarik bisa kamu lakukan sesuai dengan bakat. kamu bisa mengembangkan dirimu terus-menerus melalui apa yang kamu pelajari. dan nggak cukup pengalaman untuk menghadapi persoalan tersebut. nggak cukup bijak. Jika kamu masih sekolah. dengan apa yang kita miliki. patut dikasihani. Kita adalah pemenang. Jika kamu seorang anak. tiba-tiba harus keluar dari mansion dan menemukan jalan hidupnya.Jadi. jika kamu bisa menempatkan hal-hal tersebut dalam perspektif yang tepat. kamu bisa memulai sesuatu dengan memelajari apapun yang menarik minatmu dengan sungguh-sungguh. Lain halnya Pengembangan Diri 6 . dia juga belajar banyak hal tentang menemukan impian sejatinya. nggak cukup kuat. sob. bisa mengajari anak-anak kutu buku yang membosankan itu dengan gaya dan pembawaannya yang 'beda'. menjadi inspirasi yang baik bagi teman-temanmu. Kita bukanlah korban. dia berupaya dengan segala cara untuk menjadi ibu asrama bagi perhimpunan Zeta dan mengubah tampilan kelompok anak pintar yang membosankan itu jadi 'hot'. Parahnya.. Kita bisa kok memulainya dengan apa-apa yang kita miliki dari tempat kita berada sekarang ini. hebat atau punya jabatan tinggi dulu untuk membuat perbedaan dalam hidup. Kita sendiri yang patut bertanggung jawab atas apapun yang terjadi dalam hidup kita. berapa saya harus menawar? Gubrak! #4 Mulailah dengan Apa yang Kamu Miliki! Sudah nonton The House Bunny? Film komedi ini mengisahkan seorang 'gadis Bunny'. Orang biasa akan menghadapi kehidupan yang biasa-biasa saja.

keset. prestasi biasa pun akan dianggap luar biasa! Persoalan yang kita hadapi sekarang ini sebenarnya dapat menjadi indikasi kebesaran diri kita dan masa depan kita. banyak hal menarik akan kamu temukan dalam hidupmu.'. Jangan biasakan untuk mengeluh. Yang penting sekarang. tertarik pada hal-hal remeh. Dia akan selalu berhenti di sana-sini. Entah itu sandal. Mencium bunga. Jika rasanya kamu masih tak mampu. Anjing memperhatikan hal-hal kecil. dia akan berpikir bahwa kita mengajaknya bermain! Seekor anjing kecil selalu membawa keceriaan. Bisa saja tiba-tiba kamu menyadari bahwa guru matematikamu ternyata punya selera humor yang tinggi. sisir. Viktor Frankl. di mana sudut paling enak di kamarmu untuk 'pewe'. Semua hal adalah mainan yang pantas untuk dicoba. Begitu juga dengan perasaan bosan yang kita rasakan. Jika kamu pernah merasa bosan. tapi melompatlah dari sana. tetangga sebelah rumahmu ternyata punya tahi lalat Pengembangan Diri 7 . itu masalah nanti. Apa yang dikenakan teman sebangkumu. Mereka akan menjalani kehidupan yang luar biasa. Sedangkan bagi orang biasa. menganggap dunia seolah tak indah lagi. Entah apa resikonya. dia selalu pengen tahu tentang segala sesuatu. Bersyukurlah untuk setiap masalahmu! Jika lain kali masalah besar dan luar biasa terjadi. kamu akan jadi orang besar jika kamu berhasil melalui semua persoalan tersebut.. memperhatikan sekeliling. atau ketidak-tertarikan terhadap apa yang ada di sekeliling kita. boneka. Rasa bosan yang berlarut-larut dapat membuat kita kehilangan semangat. Nggak ada yang abadi di dunia ini. Kamu bukan orang kebanyakan. lakukan lompatan-lompatanmu. ingatlah pepatah lama yang mengatakan bahwa 'ini pun akan segera berlalu. jika kita mencoba memarahinya. bantal. Coba deh bawa seekor anjing jalan-jalan. Buatlah terobosan-terobosanmu. mengapa angkot rata-rata berwarna biru. persoalan-persoalan yang tampak luar biasa. jadi jadikan tiap waktumu berharga! #6 BOSAAANN!!! Apa yang Harus Kulakukan? Suatu hari dalam hidup. Jadi. mengendus-endus tanah. Anjing kecil selalu menganggap apa yang ada di depannya sebagai mainan baru. Apa sih yang bikin kita bosan? Rasa tidak peduli. tapi kita bisa mengendalikan bagaimana kita bersikap. ia menganggap semua yang ada dalam radius penciumannya yang tajam sebagai kasus yang harus diselidiki! Lain kali kamu merasa bosan. Dalam penerapannya. dan menghasilkan prestasi yang juga luar biasa karenanya. mengkritik dan menyalahkan keadaan. dan. cobalah perhatikan seekor anjing kecil. Ubah cara berpikirmu. ingatlah bahwa masalah itu terjadi karena kamu bukanlah seorang yang biasa-biasa. kamu pasti pernah merasa bosan. dan diajak bermain. apapun yang bisa mereka raih akan mereka tarik. Jangan jadikan masalah sebagai pe nghalang. dan layaknya seorang detektif. jika sesuatu yang luar biasa besar sedang terjadi dalam hidupmu. dan suatu saat nanti. Bahkan. Kamu bukan korban. bawa ke sana kemari.dengan orang-orang yang luar biasa. Tapi. men'cari jejak'. Kamu luar biasa. kita mungkin perlu meniru sikap seekor anjing kecil. Yang menjadi masalah adalah bagaimana sikap kita dalam menghadapi keadaan tersebut. yakinlah bahwa itu terjadi karena Allah tahu kamu sanggup menghadapi dan mengatasinya. Tuhan takkan mengijinkan persoalan yang luar biasa terjadi dalam hidup kita jika Dia tahu kita tak mampu mengatasinya. semuanya adalah permainan! Mungkin itu motto para anjing kecil sedunia :). kebosanan adalah salah satu penyebab kematian otak.. gigit-gigit. beda dengan anjing kecil yang punya rasa ingin tahu yang besar terhadap segala sesuatunya. pendiri Logotherapy pernah menulis bahwa kebebasan besar yang terakhir bagi seseorang adalah dapat memilih sikapnya terhadap keadaan apapun. agar kelak kamu bisa melihat bahwa setiap masalah yang datang sebenarnya dirancang untuk menguatkan tiap bagian dalam dirimu agar bertumbuh sesuai dengan kapasitas yang Tuhan kehendaki. Kenapa? Karena ia menganggap dunia adalah sebuah wahana permainan besar. selalu ada jalan keluar untuk setiap persoalan. males ngapa-ngapain. Semua hal perlu untuk digigit-gigit dan diajak main. Kamu menjadi seperti apa adanya kamu karena setiap masalah yang kamu hadapi telah membentukmu sedemikian. tapi pemenang. Konon. Kita tidak bisa mengendalikan keadaan. kamu bisa mulai memperhatikan sekelilingmu dengan lebih seksama.

nggak akan ada waktu yang tepat. Banyak orang berhasil memulai usaha mereka dengan tatapan sebelah mata orang lain. berapa persen akan kamu dapatkan? Nggak kurang dari 365 persen !!!. Lupakan penghalang. bukan karena terpaksa. Lagi. sukses atau terkenal baru melakukan sesuatu. Usahamu ditertawakan orang? Tersenyumlah. Tapi. Kadang hal itu malah bisa dijadikan cambuk agar kita berusaha lebih keras. Katanya. Kalo keinginan untuk melakukan sesuatu yang hebat itu juga ada padamu. Di dalam dunia ini ada dua energi: energi positif dan energi negatif. Selalu ada alasan jika kamu terus mencarinya. minta dibuatin 1000 candi dalam tempo semalam. Karena terpaku pada kesempurnaan itu. Pelihara semangat yang menyala-nyala dalam jiwamu. Hal-hal besar terbentuk dari halhal kecil. sebagai penulis pemula mereka mengharapkan bisa menulis sebuah karya masterpiece baru akan mengirimkannya ke penerbit.. berpeganglah pada nya dan jalani niatmu. Dongeng aja nggak bisa. melainkan karena kamu bersedia. namun seringkali nggak tahu harus mulai dari mana. sementara energi positif menarik lebih banyak kebahagiaan. Memelihara energi negatif mungkin lebih mudah. dan kamu akan merasa bahagia akan apa yang kamu lakukan. Mereka mungkin belum mengerti apa yang sedang kamu lakukan. Misalnya. mereka malah jadi nggak berbuat apa-apa. hidup ini bagaikan kanvas. tapi dengan demikian kamu nggak akan mendapat upah apa-apa dari kehidupan ini. :). Pelihara rasa ingin tahumu. Jangan biasakan diri melakukan sesuatu hanya karena kamu bisa. Jangan tunggu hingga kamu kaya. bunga aster ternyata punya banyak sekali warna indah yang bisa dijadikan alternatif warna pengganti cat dinding di kamarmu. kamu akan merasa bahagia. Bonusnya.. Jika kamu ingin melakukan yang besar. Bagaimana misalnya? y Mulailah melakukan apa yang bisa kamu lakukan. Tapi jika dijumlahkan jadi 1 tahun. #7 Kehidupan yang Besar adalah Akumulasi dari Hal-Hal yang Kecil Banyak orang ingin melakukan hal-hal yang spektakuler. apakah kamu tahu cara paling mudah untuk melakukannya? Ada yang mengatakan bahwa hidup hanyalah akumulasi dari apa yang kita lakukan. tapi karena kamu melakukannya dengan senang hati. sangat benar jika para ahli menyarankan kita untuk tetap berpikir positif. Jadi. Kualitas yang membedakan karya besar dengan karya biasa adalah sentuhan personalnya. Usahamu ditentang orang? Bertahanlah. dan tubuh. Jika kamu yakin pada apa yang sedang kamu lakukan. Ya nggak mungkinlah. Mungkin pekerjaanmu sama saja dengan apa yang temanmu lakukan. Kita nggak mungkin bisa mengubah dunia dalam satu malam. dan cowok (atau cewek jika kamu cowok) yang duduk di belakangmu ternyata manis juga. Dunia ini penuh dengan banyak sekali kejutan jika kamu mau menggali dan menemukannya! y Pelihara sikap positif Cara berpikir kita sangat mempengaruhi semua unsur diri kita : roh.besar di bawah matanya. Bukalah matamu terhadap hal-hal baru. keberuntungan dan berkat ke dalam kehidupanmu. Usahamu menemui jalan buntu? Bangkitlah.. Semuanya kan harus dimulai dari langkah pertama. Emangnya Roro Jonggrang. mulailah melakukan hal-hal kecil. y Lakukan semuanya dengan hati. kok. fantastis dan luar biasa dalam hidup mereka... tapi perbuatanmu menjadikanmu hebat. Bukan kehebatanmu yang menjadikanmu besar. Kamu termasuk di antara jutaan orang lain di dunia yang berniat melakukan hal yang sama. Kita sendiri yang harus menggoreskan kuasnya agar kanvas kita jadi berwarna. Cari tahu apa yang kamu bisa lakukan dari saat ini untuk melangkah pada tujuanmu. jiwa. jangan berkecil hati. kamu akan lebih rileks menjalaninya. y Tambahkan kualitas 1% tiap hari untuk semua yang kamu lakukan Mungkin 1% terdengar gak ada artinya. Kehidupan akan memberi upah pada orang yang melakukan tiap pekerjaan mereka dengan rela. Mana yang kamu Pengembangan Diri 8 .

Kamu itu unik dan berbeda dari orang lain. Apa yang bisa mereka buat pada usia mereka yang banyak itu? Coba simak bagaimana orang-orang tua ini melakukan sesuatu dalam umur mereka yang terbilang tidak muda lagi. Demikian juga dengan kehidupan. entah bagaimana ada satu website yang menarik perhatian saya. nggak mustahil suatu hari nanti kamu pun akan jadi orang besar. Semua website. Jika kamu ingin menulis buku. Ulangi langkah pertama dan kedua Selamat menulis! It's that simple!!! Mo marah gak sihh. Jalani apa yang ada di hadapanmu sekarang ini. pikir saya. apa sih hal besar yang bisa kita buat? Padahal.. Kalo kamu pengen menulis buku. Tapi. Tulislah kalimat pertamamu 2. Kamu toh punya standar sendiri untuk dilakukan. buku-buku pengembangan diri dsb mungkin bisa membantu kita dengan berbagai tips yang dikemas menarik. Lanjutkan dengan kalimat kedua 3. kamu akan mengembangkan karakter yang baik dalam dirimu. ah. Di sana dituliskan dengan jelas judulnya : Bagaimana Cara Menulis Sebuah Buku. Toh nggak ada orang yang terlahir sebagai orang besar. yang ada hanya orang-orang biasa yang terus berusaha melakukan apa yang mereka bisa dengan cara yang besar. y y y Komodor Vanderbilt membangun hampir semua jalan keretanya di usia 70th lebih. Rencanakan apa yang akan kamu lakukan dan lakukan rencanamu. setelah saya baca. saya iseng-iseng browsing internet tentang 'bagaimana cara menulis buku'. tulis saja bukumu.pilih? Jika tiap hari kamu mengakumulasikan sedikit demi sedikit hal yang berarti bagi perkembanganmu. mulailah dengan berjalan selangkah demi selangkah. Jika kamu memang ingin berhasil dalam menempuh perjalananmu. Jika kamu takut akan Tuhan. Tapi ternyata. Kamu harus yakin pada dirimu. Berlakulah benar. Dan itulah yang membuat perbedaan! #8 One Step At A Time! Suatu hari. Kamu bukti nyata kasihNya. setelah saya renungkan. saya pikir bener juga. Jangan kuatir tentang hari esok. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari.. tinggalkan saja. guys! #9 Masa Kalah Sama Orang Tua? Sering. Namun semua itu gak akan ada gunanya selama kita sendiri tidak bertindak dan melakukan sesuatu. kamu nggak butuh hal lainnya -kecuali mungkin mengumpulkan bahan sebelumnya. Sebenernya. Kant menulis beberapa karya terbesarnya dalam filsafat di usia 70 tahun lebih Goethe menulis bagian kedua dari Faust setelah usianya 80 th Pengembangan Diri 9 . Seperti kata ayah Miley Stewart dalam Hannah Montana 'Kami laki-laki keluarga Stewart tidak mendefinisikan diri kami dengan mobil yang kami miliki'. banyak orang tua memikirkan hal yang sama. Coba baca. Sebenernya. gak ada kok rahasia supaya buku kita diterbitkan dengan cepat. Waw. karena itulah yang terbaik untuk saat ini. Kalo mo nulis buku mah gak usah pake formula-formula ajaib. Melangkahlah dengan penuh keyakinan. inilah langkah-langkahnya: 1. nggak ada yang namanya formula ajaib untuk sukses. kita merasa sebagai orang muda. ketika saya bermimpi akan jadi penulis tapi tidak tahu harus mulai dari mana. keren juga nih.. Jangan pedulikan kata orang. sebaliknya. kamu tahu apa tipsnya? Begini nih. Lalu. Biarlah matamu memandang terus ke depan dan tatapanmu tetap ke muka . hanya satu yang penting: jalani hidupmu sebaik mungkin. Sesederhana itu. maka kamu bukanlah hasil eksperimenNya. Jika sesuatu tidak sesuai dengan prinsipmu. Jika Tuhan menciptakanmu.. Kamu hanya sebatas apa yang kamu pikirkan tentang dirimu! Jika kamu tidak tahu bagaimana harus mencari arah dalam perjalananmu. Kamu tidak perlu mendefiniskan dirimu dengan apa yang kamu pakai.

. Leonardo da Vinci . Pikirkan apa-apa saja yang ingin kamu terima dari kehidupan ini dan mulailah menabur benih yang baik. pemikiran.. Rev. pergaulan. Kamu pasti pernah denger nama-nama itu. Ini adalah beberapa di antaranya. apa yang kita beri. bisa jadi kisahmu akan berakhir seperti kisah si laptop tadi.. paling gak separuhnya. Michaelangelo . Wolfgang Amadeus Mozart .. akan kita terima kembali. Prada . Nama-nama di atas sudah jadi merk yang besar. Setuju? #10 Menjadi Orang Besar Semua orang pasti pernah denger nama-nama ini: Disneyland .. Prinsip ini takkan berubah selama bumi masih ada... Jika apa yang kamu kerjakan memiliki nilai tambah.. Manolo Blahnik ... Hanya orang bego yang jadiin laptop sebagai pengganjal meja. Yang terpenting adalah ikut berkontribusi pada dunia sekitar dengan apa yang ada pada diri kita. hingga setiap orang yang 'memesan' merk ini hampir bisa dipastikan nggak akan kecewa. akan kita tuai.y y y y y y y y y Tennyson berusia 83 tahun ketika menulis 'Crossing The Bar' Peran terbesar Benyamin Franklin dalam melayani negaranya sebagian besar dilakukan setelah usianya 60 th. kamu keliru.. Apapun bidang mereka. Bismarck dari Jerman melaksanakan tugas kenegaraan pada usia 70 th John Glenn kembali ke ruang angkasa di usia 75 th Verdi menulis opera-operanya di usia 80 tahunan. namun juga menjaga kualitas.. Denzel Washington . berani taruhan. Alicia Keys .. Jimmy Choo . y Tahu bagaimana melayani orang lain. tugas2.. Talenta. Gladstone menjadi PM Inggris pada usia 83 th. Mungkin banyak talenta Tuhan taruh dalam dirimu..... y Miliki nilai tambah. kita harus punya sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. gak mustahil keberhasilan yang sama seperti nama-nama di atas akan kamu raih. Kita tidak akan pernah berhasil selama kita tidak menjalani apa yang telah ditetapkan bagi kita.. y Jalani tujuan yang Tuhan tetapkan bagi kita. Pernah gak memikirkan kenapa nama-nama besar tersebut bisa tetap berada di atas dan gak sirna seiring berlalunya waktu? Katanya sih ada trik rahasia untuk jadi orang besar. Monalisa . Jika kamu tak berusaha mencari tahu. mungkin yang harus kamu lakukan adalah meneliti kembali bagaimana kamu menjalani peran-peranmu dalam hidup.. Ketidak tahuanlah yang membuat hidup kita 'kurang berguna'. Jika kamu berpikir bahwa yang terpenting adalah bertahan hidup. Orang paling kaya di dunia ini pun takkan menggunakan laptopnya jadi ganjal meja. Demikian juga kita takkan salah fungsi jika berada di tangan yang tepat.. jadi hidupmu kurang maksimal. Titian melukis karya besarnya The Battle of Lepanto pada usia 95 th dan The Last Supper pada usia 99 th Michaelangelo masih menghasilkan karya besar di usia 99 th. mereka telah berhasil nggak cuma membuat citra. Oke. Chanel . Jika kamu merasa suatu saat stuck dalam pelajaran. seperti kata Hellen Keller. kenapa kita nggak? Atau jika kita merasa tidak bisa melakukan hal-hal yang besar. kita bisa melakukan hal-hal kecil dengan cara yang besar. namun karena kamu belum tahu cara menggunakannya (atau mungkin malah belum tahu bahwa kamu memilikinya). tenaga... Ingatlah prinsip utamanya: Apa yang kita tabur. Brad Pitt . Paling tidak. Monet tetap berkarya di usia 85 th Jika para pendahulu kita bisa. Jika kamu belum Pengembangan Diri 10 . sibuk memikirkan 'kenapa saya tidak seberhasil atau seberuntung orang lain'... Starbucks .. semua itu diberikan Tuhan tidak dengan percuma.... Dia ingin kita mengembangkan diri kita dan memberikan yang terbaik bagi orang lain.... Apple .. bukan? Mereka yang mengetahui fungsi laptop akan memberdaya gunakannya sesuai fungsi dan kapasitasnya. sikap kita. Menara Eiffel .. Pekerjaan kita sebenarnya tidaklah sepenting bagaimana kita mengerjakannya... Beethoven . Oprah Winfrey . Billy Graham ... Heidi Klum ..

y Lakukan dengan sepenuh hati. Tapi bukankah semua usaha yang baik itu patut dicoba dan butuh perjuangan untuk mencapainya? Banyak hal bisa bikin kita merasa malu. terutama dari Alkitab. Kita jadi pecundang terhadap diri sendiri. pikiran positif itu lebih kuat daripada pikiran negatif. Masalahnya. hidup ini?). uang dan kesuksesan akan mengejar kita jika kita melakukan yang terbaik. kecewa atau takut tiap harinya (tapi jadi nggak monoton kan. deh. Kadang. maka ia akan menarik semua pikiran atau gelombang yang sama buruk. marah. kehidupan bagaimana yang sedang kita jalani? Yang seturut dengan kehendak Tuhan ataukah tepat seperti apa yang kita inginkan? #11 Mental Juara Kita harus melakukan setiap hal dengan dagu yang terangkat. kali. aku akan pulang dengan sikap seorang pemenang. Pengembangan Diri 11 . emosi. tanpa hal-hal tersebut. 'Apapun yang terjadi. jangan puas hanya dengan jadi baik! Ini mungkin hanya beberapa cara untuk jadi berhasil. maka sinyalnya akan mencari gelombang yang sama yang dipancarkan di seluruh dunia ini. atau pikiran kita begitu saja. menang dikit aja.. menang atau kalah. Selain itu. Sepertinya kita harus membiasakan diri. kayaknya hidup kita bakal jadi seperti dunia tanpa lagu. Padahal. di sekolah. jika kita berbuat baik. Demikian juga kata salah seorang peserta Fear Factor. pestanya sudah ke mana-mana. Kita nggak mudah bisa mengalahkan keinginan-keinginan kita. sikap di pertandingan. Mungkin kamu tanya. kata Maria Shriver tentang penyakit alzheimer yang diderita ayahnya dalam wawancaranya di Oprah Show. kita nggak punya kecenderungan sikap atau mental seorang pemenang. Dan menurut Law of Attraction. Masih ada banyak trik yang bisa kita pelajari. punya mental ini. Padahal. Baik hamba atau orang merdeka akan menerima balasannya dari Tuhan. ancaman. Dan jalani apa rencanaNya bagimu.. gimana sih mental juara itu? Seorang pelatih olah raga mengatakan bahwa Steffi Graf. Menurut Oprah. kaan? Kita sepenuhnya menyadari hal itu. kebayang nggak sih betapa susahnya kita harus berlatih tiap harinya. Lakukan saja sepenuh hati. Setelah menang dalam sebuah pertandingan. pikiran kita itu mempunyai frekwensi yang jika dipancarkan. terhadap diri sendiri saja seringnya susaaaah sekali kita menang. Jika pikiran kita buruk. katanya. melainkan langsung mencari lapangan kosong untuk kembali berlatih! Coba kalo kita. bekas petenis putri nomor satu dunia. membiasakan diri untuk menang tiap hari.. Jika hidup adalah sebuah pertandingan. Terhadap g ossip. belanja atau istirahat. perlakuan orang. Bukankah sifat yang baik juga berasal dari kebiasaan yang baik? Mungkin awalnya kagok juga ya.. Tuhan menempatkan orang-orang dan pengalaman-pengalaman dalam hidup kita agar kita dibentuk menjadi serupa dengan gambaran AnakNya.tahu apa yang harus kamu kerjakan dalam hidupmu. Jangan hitung-hitungan dengan pekerjaanmu. nih. seperti iklannya Milo. Bayangkan apa yang akan terjadi dalam hidup kita jika pikiran kita selalu saja buruk. bertanyalah pada Allah yang membentuk dan menciptakanmu. Kita semua adalah sama di hadapan Tuhan. Apalgi jika itu berhubungan dengan hal-hal buruk seperti ketakutan. Dan paling nggak. atau pikiran-pikiran negatif. kayak lagunya Delon.'. Jika bisa jadi yang terbaik. nggak selamanya hidup berjalan mulus dan sempurna.. atau masalah dalam pekerjaan acap membuat kita berlaku seperti pecundang.. Alkitab gak pernah kehabisan bahan untuk mengajar dan menginspirasi kita. Jangan pernah pikirkan keuntungannya. tapi susah rasanya untuk mengakui keadaan kita dengan kepala tegak dan dagu terangkat. Kita suka malu mengakui keadaan kita. dia tidak langsung berleha-leha. lho. Jangankan menang terhadap keadaan.

Allah akan memakai apapun yang diperlukan! Setiap masalah adalah kesempatan untuk membangun karakter. Jika bahan-bahan pembuat kue kita masukkan sendiri sendiri mungkin rasanya tak enak: tepung terigu. It's the big deal. ada Allah yang bekerja untuk mendatangkan kebaikan. Dia ingin melihat sikap kita menanganinya dan melalui itu. Ada sebuah rencana induk! Mungkin kita pernah membuat kesalahan. 'Jangan bingung atau heran apabila kelak kita mengalami cobaan yang hebat. Tiap hari merupakan hari yang penting dan setiap detik adalah kesempatan bertumbuh untuk memperdalam karakter Anda. Tidak ada masalah yang terjadi tanpa sepengetahuan Allah. Kita takkan pernah mengetahui bahwa Allah adalah satu-satunya yang butuhkan sebelum Ia menjadi satu-satunya yang kita miliki. Siapa bilang jalan pintas itu lebih mudah? Bukankah yang susah-susah itulah yang memberi nilai tambah pada hidup ini? #12 Kesempatan Besar melalui Peristiwa Kecil Kejadian terkecil memiliki arti penting bagi pengembangan karakter kita. Dia akan gunakan palu pelobang beton. Masalah membawa kita lebih dekat dengan Tuhan. hal-hal kecil seperti itu seringkali kita tak lolos. ingatlah beberapa hal di bawah ini: y Allah memiliki tujuan di balik segala masalah. kamu bisa tebak deh rasanya! Di balik persoalan itu. ditinggalkan. bagaimana kita bisa tampil sebagai pemenang? #13 Diubahkan Lewat Persoalan Jika Anda sedang menghadapi masalah. kenapa kita harus dibebaskan dari hal itu? Pembentukan karakter merupakan proses yang lambat. Mungkin karena itu tak terlalu terlihat. keterlambatan kecil. kita menunda pertumbuhan kita dan bisa-bisa berakhir dengan penderitaan yang lebih buruk. Kehidupan kita bukanlah hasil dari peluang secara acak. Hal terbesar yang Allah percayakan seringkali berupa ujian atau tantangan sehari-hari. tapi Allah tidak. dsb.Mau menang atau tidak. Hadapilah keadaanmu. tapi yang sepele seperti kejengkelan kecil. itulah pertanyaannya. Coba jika kita semua menganggap bahwa setiap saat dalam hidup kita adalah ujian. dikhianati. Tapi dalam banyak hal. Ke manapun kita berusaha melarikan diri atau menghindar dari proses itu. ragi. Tapi jika kita campur dan panggang. bahkan dalam keadaan paling buruk dan jahat sekalipun! Jika kita dibentuk dengan palu dan penderitaan agar menjadi permata. Mari jalani hidup dengan kepala tegak dan dagu terangkat. pasti kita bisa deh menangani semua persoalan. it is the question. untuk menunjukkan kasih atau untuk bergantung pada Allah. Patah hati.. maka inilah terorinya: Jika palu tak bisa merontokkan bagian pinggir kita yang kasar. To win or not to win. Setiap hari dalam hidup kita sudah tertulis dalam bukuNya jauh sebelum kita dilahirkan. Pengalaman kita paling dekat dengan Tuhan seringkali adalah pada masa paling gelap dalam hidup kita. sebab itu bukanlah sesuatu yang luar biasa'. Jika demikian. jadi kita acap tak memperhatikannya. Kita mungkin dengan mudahnya memenangkan ujian dalam hal hal besar. telur mentah dsb. Semakin sulit masalahnya. Jika masih juga tak berhasil. Ujian dari Tuhan kadang datang dalam bentuk kecil dan sepele. diharapkan Dia bisa mempercayakan sesuatu pada kita. Jika Allah mengijinkan penderitaan dan salib dialami AnakNya. Dia akan menggunakan palu godam. kata Rasul Yakobus. kita seringkali kalah terhadap hal-hal yang sepertinya tak dapat mengalahkan kita. nasib atau keberuntungan. Kita lupa ada Tuhan di sorga yang memberikan penilaian tersebut buat kita. y y y y Pengembangan Diri 12 . Tapi kita suka lupa. Dan Dia ahli mendatangkan kebaikan. semakin besar juga potensi untuk membangun otot-otot rohani dan serat moral.

Contohnya jika seseorang ingin berhasil. Kita pun jadi asyik-asyik saja melakukan hal buruk manapun yang kita suka! Jalan terbaik untuk mencapai tujuan kita seringkali adalah dengan mengikuti kata hati. dengarkan saja suara hatimu. bakal berabe deh hidup kita! Sebenarnya. percayalah. ikut gaya aduhai yang lagi digandrungi (dan nggak peduli apakah itu cocok atau tidak!) dan menging inkan segala yang terlihat baik. sangat panjang untuk didaftar! Kita memang tak pernah tahu apa yang terbaik sebelum kita benar-benar mengalaminya. hal buruk yang kerap jadi sasaran!). Tanpa direncana. ingin kaya. ingin berkeliling dunia. Contohnya Katie Holmes yang sangat bahagia dilamar Tom Cruise karena katanya. ada nggak ya cara yang tepat untuk mengendalikan keinginan -keinginan kita? Toh keinginan suka muncul begitu saja. Bagaimana mungkin? Bicara soal keinginan nggak akan ada matinya. Kamu juga. Kenapa kamu melakukannya? Karena keinginan untuk memiliki sepatu itu sangat kuat! Masalahnya nih. Kalo kamu sedang jalan-jalan di mall dan nggak sengaja melihat sepatu keren yang modelnya lagi tren dan kamu banget. apapun akan dilakukannya. Sebelum-sebelumnya. mengikat. belajar. mengalami hal-hal buruk. Sebaliknya. Masalahnya. tiba-tiba ia merasuk dalam hati dan pikiran kita. Kita selalu saja menyerah kalah jika harus berhadapan dengan diri sendiri. gaya hidup hedonis. jika kita Pengembangan Diri 13 .. Tom adalah mimpi terbesar Katie. Bertumbuhlah! #14 Ke Mana Keinginan Membawamu? Memang benar manusia itu lemah adanya. Jika keinginan itu positif. jangan tanya lagi 'Mengapa aku?'. Namun. Namun. pasti hidup kita bakal jadi berguna. alat pengatur volume suara hati ini ada di tangan kita masing-masing. Kita jadi mencoba ini-itu. Ketika kita sudah dirugikan. kok. Jika kita mendengar dan mengikutinya. keinginan untuk menyenangkan hati teman (yang belum tentu baik!). ia akan melakukan apa saja untuk sampai pada tujuan itu. Rajin bekerja. Ia sangat spontan dan tiba-tiba. Jangankan terhadap orang lain atau pengaruh luar. kok. ingin langsing. beribadah. Atau membohongi orang tua. tapi 'Apa yang Kau ingin aku pelajari?' Jangan menyerah dalam persoalan. Pokoknya hati nurani selalu memperingatkan kita untuk berbuat baik. Pokoknya. ingin sukses. ingin punya pacar keren. Ia akan bicara jujur padamu. jika kita tak menggubrisnya. mencengkeram dan tak mau melepaskan kita. dipermalukan. Apalagi jika keinginan itu sampai menyergap. ia akan pergi. Ia sering mencegah hal-hal buruk sebelum kita lakukan. ingin panjang umur. Ngebut. Terhadap keinginan yang berteriak kuat dalam diri kita. dialah yang bertugas memperingatkan kita. Keinginan untuk membalas dendam. kita pasti ingin makan enak sepanjang hidup. barulah ia muncul. Waduh. nih. Saat kamu berada di persimpangan dan harus memilih. Nggak mustahil tiba-tiba kamu memutuskan untuk membelinya walaupun nggak merencanakan itu sebelumnya. ingin bisa belanja sepuasnya. Ia berteriak-teriak dengan nyaring di hati kita. jauh di dalam hati kita. ia akan bicara dengan nyaring. penyesalan selalu saja datang terlambat. Semua orang memilikinya. kayaknya tujuan akhir kita juga bakal jadi buruk. pasti kamu bakal berbelok dan melihatnya. Masalahnya. kenapa nggak ada peringatan apapun agar kita nggak menyesali sesuatu yang kita perbuat ya? Tahu nggak. keinginan untuk jadi yang paling keren (dan bersedia melakukan apapun untuk mencapainya. anak muda seringnya terperangkap dalam keinginan yang negatif. minum . Keinginan yang kuat pasti akan disertai tindakan yang kuat pula. Kadang mimpi terbesar pun bisa kita raih. membingungkan dan sepertinya tanpa arti. Ia takkan pernah berbohong. banyak cara!). misalnya. semua yang sanggup kita daftar pasti kita inginkan dalam hidup! Keinginan bisa membawa kita pada tujuan kita. Jika boleh merinci. Sebenarnya. ada suara kecil bernama hati nurani. Atau mencoba narkoba. misalnya. keinginan untuk mencoba-coba (biasanya sih.Apapun yang terjadi. Jika Anda sedang menghadapi masalah. Pernah kan kamu merasa nggak enak karena sebuah niat jahat di hatimu? Bolos. jika keinginan buruk yang ada pada kita. terhadap diri sendiri saja seringkali kita kalah. ingin terkenal. ada tangan Allah dalam lingkaran kehidupan yang acak.

Pernah dengar istilah munafik ? Mempertahankan yang baik. Pada banyak keluarga kita bisa melihat contoh yang jelas. dan seabrek urusan lain. Namun sekarang. Kalo ketemu saja jarang. orang tua. orang tua sibuk bekerja dan anak-anak sibuk les. keinginan juga dapat menghancurkan hidup kita! Namun. berguna. namun hadapilah. kamu pasti bisa. kadang mereka belum bisa membedakan mana yang baik untuk diserap dan mana yang nggak cocok untuk mereka. jika kendalinya ada pada hatimu. Langkahkan saja kakimu dan ikuti kata hatimu. Hanya sayangnya. adil. Sungguh mengherankan kenapa kita hidup di jaman individual in Tadinya bangsa Indonesia begitu menjunjung i. Biasanya sih. pokoknya mengutamakan persatuan dan kerja sama deh. ekskul. Seringnya kita dicemooh orang kala berniat untuk melakukannya. ikutilah dia. Biasanya terjadi di kota-kota besar. Jika itu memang sesuatu yang baik. slogan Bhineka Tunggal Ika. apa masih nyata slogan itu? Kadang saja kita lupa bahwa kita ini masih saudara sebangsa. Jika saat ini ada sebuah keinginan yang sedang memanggilmu dengan kuat. Paling nggak yang jujur. Semua orang kayaknya sibuk mencari keuntungan bagi dirinya sendiri. Tapi kalo dicari. berani tampil beda. menyenangkan.terus mengabaikannya. Kehangatan dan kebersamaan keluarga pelan-pelan mulai kita tinggalkan. relasi. jadi nggak enak melakukan apapun dan nggak berguna. ia hanya akan berbisik dengan sangat pelan (sampai kita tak dapat mendengar apapun!) bahkan akhirnya diam. Kita jadi berpikir ulang dan mengambil langkah mund Kita merasa kita ur. remaja mulai mencari jati diri mereka dan berusaha meniru siapapun tokoh yang mereka suka. dengarlah baik -baik. berani berkata ya di atas ya dan tidak di atas tidak. Ini Generasi MTV. nggak perlu mendekat pada orang lain. Se baliknya. Bisa banget. bukan? Kalo disuruh menjelaskan bagaimana karakter yang baik dan patut dijadikan contoh. Selama nggak ada urusan. Diri sendiri seringkali jadi musuh kita yang paling besar. juga asas Gotong Royong. Setiap ngeliat sosoknya. dan selalu bersinar di manapun berada. mertua. Kalo cuma baik mah bisa direkayasa. Orang lain urusan nomor sekian. tapi ternyata nggak ada siapapun di sana. bagaimana anak-anak dapat melihat dan menyerap contoh yang baik? Yang ada kita meniru semangat dan sifat mereka dalam bekerja keras mencari uang. Jangan menyerah pada keinginan -keinginan tanpa tujuan yang ingin menguasaimu. jangan menyerah. Sesuatu untuk Direnungkan: Adakah keinginan yang berteriak kuat dalam hatimu saat ini? Keinginan apakah itu? Ke mana kira-kira keinginan itu akan membawamu? Pernahkah keinginan-keinginanmu membawamu pada penyesalan?Apa saja itu? #15 Jadilah Pemimpin! Pernah nggak kamu menyadari bahwa di dunia saat ini sudah begitu jarang kita temui contoh dan teladan yang benar-benar baik? Maksudnya contoh dan teladan yang baik karena dilakukan dengan penuh ketulusan. membutuhkan seorang role model atau seorang figur yang baik.. dari kecil kita sudah terbiasa dengan pola seperti itu.. teratur dan terkendali memang bukan hal yang mudah. kayaknya susah banget deh tipe itu kita temukan.. Menyedihkan. membantu orang atau pekerjaan baik lainnya hanya karena ingin mendapat pujian. Kita bisa saja menyumbang untuk mereka yang membutuhkan. kita selalu terinspirasi karena apapun yang diperbuatnya. Bayangkan. dan sreg di hati. generasi di mana semua anak muda nyandu Pengembangan Diri 14 . Wah. Bagaimana tidak. mau ke mana kita kalo caranya seperti ini? Nggak usah jauh-jauh deh. Kadang nggak peduli itu kekasih. Kerjaannya ribuut melulu. Tapi jika itu membuatmu feeling so blue. Kita benar-benar telah menjelma jadi makhluk individu sejati. sahabat. beramal. pada usia pertumbuhan. tutup telingamu dan larilah! Keinginan bisa membawa pada tujuan kita dan membuat hidup kita bahagia.

Tahu tidak. Jadi. Bertindaklah. Rasanya nggak mungkin dong kita bisa tetap berdiri melawan arus. Tapi kita tahu sampai di mana kemampuan kita. Bicaralah jujur. atau perhatian yang lebih besar.. bahkan istilah-istilah yang dipakai di belahan bumi sebelah jauh sana sudah fasih diucapkan oleh anak-anak baru gede. Mereka berada di tengah komunitas yang sama sekali nggak ada niatan untuk jadi baik (atau lebih baik). Percayalah. mulailah dari dirimu.. Kelak. Kita mengerti apa keinginan terbesar kita. Sayangnya.. respons yang kita terima adalah refleksi dari apa yang kita lakukan pada orang lain.. Jangan salahkan siapa-siapa jika lingkungan bersikap buruk padamu. Nggak mungkin kita bisa tetap menjalankan prinsip atau idealisme kita tanpa ada seorang pun mendukung. takkan terulangi lagi maka gunakan dengan sebaik mungkin Keep smile. Mungkin kamu pikir nggak ada seorang pun mendukung perbuatanmu. gaya hidup. entah apa lagi namanya! Kita mungkin menuntut orang bicara jujur pada kita. SesuatuuntukDirenungkan: Dalam hidupmu. Allah di sorga setiap saat memandang ke bawah untuk mengawasi perbuatan kita. maukah kamu berjanji untuk mengubah sikap burukmu dan menjadi inspirasi bagi orang lain? Sifat-sifat buruk apa saja yang rasanya perlu kamu ubah dari dirimu? Hidup di dunia hanya sekali. Serap apa yang baik bagimu dan buang segala yang negatif. lho. gaya berpakaian. Akhirnya.. Orang lain juga punya prinsip sendiri. Terima dirimu apa adanya.. jadi gagal deh jalannya. Janganjangan. Nggak pernah ada kata terlambat kok selama kita mau berusaha. Mereka mengikuti apa yang disebut hati nurani... tapi karena kebanyakan noleh kanan-kiri. kadang bernama tuntutan yang tak tercapai. Perlahan namun pasti mereka mulai mengambil langkah mundur. Gimana ya.. nggak banyak yang bisa melakukannya. Fenomena ini memang nggak bisa disangkal atau ditentang. Kadang langkah ini berjudul kecewa.. Lakukan sesuatu yang menginspirasi. yang nggak jarang beda jauh sama kita.MTV. Pengembangan Diri 15 . kita harus mempertanggung-jawabkan semuanya. lingkup pergaulan mereka nggak mendukung. Jadilah contoh bagi dirimu sendiri.. Lalu kenapa nggak kita saja yang mulai bertindak? Kadang. adakah seseorang yang kamu jadikan panutan? Apa saja sifatnya yang menginspirasimu? Menurut kamu. Budaya Barat yang liberal sudah terserap dengan sangat baik jadi budaya lokal. Bisa nggak kita menanggung hukumannya jika kita nggak pernah melakukan yang baik? Selamabumi ini masih berputar menurut orbitnya. walaupun sudah membangun prinsip dan niat yang kokoh.. nggak usah neko-neko deh. itu hanya pantulan sikapmu pada mereka. atau penerimaan diri kita apa adanya. dunia ini kan perkampungan global! Memang masih ada juga sih orang-orang yang berniat mulia dengan mempertahankan sikap baik. Luangkan waktu untuk lebih memperhatikan orang. trauma. kamu lihat sendiri bukan? Baik trend. Alhasil. sifat-sifat apakah yang pantas dimiliki oleh seorang panutan? Mulai sekarang.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful