KEPRIBADIAN MUHAMMADIYAH

Ust. BADARUDDIN, S.Sos.I

Latar Belakang Dirumuskannya Kepribadian Muhammadiyah 1. Adaya kekaburan terhadap pemahaman Agama Islam di kalangan Muhammadiyah, termasuk di kalangan para aktivis Muhammadiyah, khususnya para penerus perjuangan Muhammadiyah, lebih-lebih di kalangan pengelolah amal usaha. 2. Memudarnya semangat perjuangan terjadinya penyimpangan gerak langkah Muhammadiyah disebabkan ketidakjelasan arah, tujuan terhadap cita-cita perjuangan Muhammadiyah di kalangan anggota khususnya pada generasi penerus Muhammadiyh. 3. Adanya ketidakfahaman akan kepribadian Muhammadiyah pada para penerus perjuangan Muhammadiyah, menyebbkan mereka terombang ambing oleh gerakan-gerakan dan paham agama yang berkembang dalam masyarakat. 4. Masuknya pengaruh luar yang tidak sesuai dengan ruh, ciita-cita, semangat perjuangan Muhammadiyah yang menyebabkan kelesuan/melemahkannya dedikasi, hilangnya loyalitas terhadap cita-cita perjuangan Muhammadiyah, sikap mental yang materilistik, penyimpangan arah perjuangan Muhammadiyah 5. Ceramah/uraian KH. Faqih usman yang berjudul ³Apakah Muhammadiyah Itu?´ dalam sebuah Kursus Pimpinan Muhammadiyah di Bulan Ramadhan tahun 1381 H, di Yogyakarta, yang diikuti oleh Pimpinan Muhammadiyah dari seluruh Indonesia.

Kronologi Lahirnya Kepribadian Muhammadiyah dan Pelaksanaannya 1. Pada Muktamar Muhammadiyah (darurat) tahu 1946 di Yogyakarta, telah diterima rumusan ³Muqaddimah AD Muhammadiyah´ yang disusun oleh Ki Bagus Hadikusumo (Ketua PB Muhammadiyah1942 ± 1953), kemudin disempurnakan dan disahkan dlam Sidang Tanwir 1951, yang merupakan amanat Muktamar ke 31 tahun 1950 di Yogyakarta. 2. Pada Muktemer ke 33 di Palembang telah disahkan rumusan ³Khitthah Muhammadiyah´ 3. Pada Muktamar ke 35 (setengah abad) tahun 1962 di Jakarta , disahkan rumusan Kepribadian Muhammadiyah 4. Pada Muktamar ke 37 tahun 1968 di Yogyakarta disahkan keputusan tentang tajdid di bidang ideologi meliputi (a) Ideologi (Matan Cita-cita dan Keyakinan Hidup Muhammadiyah = MKCH), (b) Khitthah Perjuangan. Gerak dan Amal Usaha organisasi.

dalam rumusan itu berbagai hal yang tidak sesuai dengan gagasan. KH. Pada Muktamar Muhammadiyah ke 38 tahun 1971 di Ujung Pandang (Makassar) disahkan keputusan tentang µPeningkatan Muhammadiyah Sebagai Gerakan Dakwah Islam¶. aktifis dan anggota Muhammadiyah dalam menjalankan roda organisasi. M. Muh. 2. Djarnawi Hadikusumo 4. R. Farid Makruf 3. Faqih Usman dalam sebuah kursus Pimpinan yang diselenggarakan oleh PP Muhammadiyah dan diikuti oleh Pimpinan Muhammadiyah seluruh Indonesia pada Bulan Ramadhan 1381 H di Yogyakarta. Pada Muktamar Muhammadiyah ke 39 tahun 1975 di Padang telah disahkan keputusan tentang program µPeningkatan Dakwah Muhammadiyah¶ Perumus Kepribadian Muhammadiyah Konsep awal kepribadian Muhammadiyah dilontarkan oleh KH. prinsip dasar perjuangan. cita-cita perjuangan Muhammadiyah dan keteladanan KH A. Fiqih Usman memberikn kuliahnya dengan judul ³Apakah Muhammadiyah Itu?´ Konsep itu kemudian disempurnakan oleh sebuah tim yang anggotanya adalah: 1. Hamka 6. Kepribadian Muhammadiyah adalah sesustu yang menyatu dalam diri muhammadiyah yang merupakan karakter / Watak Muhammadiyah yang menjadi ciri Muhammadiyah. H. 6. Dahlan dan para muridnya telah dibersihkan. A. para muridmuridnya dan aktivis Muhammadiyah pada waktu awal. metode perjuangan. Faqih Usman 2. M. Dahlan. pokok-pokok pikiran. Wardan Diponingrat 7. Kepribadian Muhammadiyah adalah rumusan hasil pengglian dari filosofi. Djindar Tamimy 5. Ringkasnya rumusan itu telah dibersihkan dari hal-hal yang tidak sesuai dengan ajaran dan keteladanan Nabi Muhammad SAW. pedoman dan pegangan para pemimpin.5. tindakan dan gerak langkah KH. Dengan demikian. Fungsi Kepribadian Muhammadiyah adalahuntuk menjadi landasan. Saleh Ibrahim Pengertin dan Fungsi Kepribadian Muhammadiyah 1. Kepribadian Muhammadiyah bukanlah merupakan hal (sesuatu) yang baru. Prof. Dr. KH. H. Pada waktu KH. gerkan dan amal usaha agar tidak terombang ambing oleh pengaruh luar dan tetap Istiqomah kepada .

bersifat perbaikan. Menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam dalam masyarakat adalah kewajiban sebagai ibadah kepada Allah dan ihsan kepada kemanusiaan e. Dakwah dan amar makruf nahi mungkr yang kedua (2) kepada masyarakat. Ittiba¶ kepada langkah dan perjuangan Nabi Muhammad SAW f. e. Hidup manusia itu berdasar tauhid. Tujuannya dengan metode itu (amar makruf dn nahi mungkar) dengan caranya masingmasing yang sesuai dengan Muhammadiyah menggerakkan masyarakat menuju ³terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya´ 2. d.cita-cita dan perjuangan Muhammadiyah serta cara memperjuangkan cita-citanya. Mematuhi ajaran-ajaran Agama Islam dengan keyakinan bahwa ajaran Islam itu satusatunya landasan kepribadian dan ketertiban bersama untuk kebahagiaan dunia dan akhirat d. aliran-aliran agama lain. Maksud gerakannya ialah Dakwah Islam dan amar makruf dan nahi mungkar yang ditujukan kepada dua bidang (1) Perorangan dan (2) Masyarakat c. Apakah Muhammadiyah itu? Untuk dapat memahami kepribadian Muhammadiyah maka perlu dijukan pertanyaan sebagai berikut: ³Apakah Muhammadiyah itu?´ a. sekuler. ideologi-ideologi lain. gaya hidup. isme-isme. Dasar Amal Usaha Muhammadiyah a. bimbingan serta peringatan. (b) kepada yang belum Islam bersifat seruan dan ajakan untuk memeluk agama Islam. Metode pelaksanaannya dengan cara bermusyawarah atas dasar taqwa dan mengharap keridhaan Allah semata f. gerakan-gerakan politik. ibadah dan taat kepada Allah SWT b. Muhammadiyah adalah persyarikatan yang merupakan gerakan Islam b. Melancarkan amal usaha dan perjuangan . Dakwah dan amar makruf dan nahi mungkar pada bidang yang pertama (1) perorangan terbagi pada dua golongan (a) kepada yang telah Islam bersifat pembaharun (tajdid) yaitu mengembalikan ajarran Islam kepada yang asli murni. liberal dsb) Matan Rumusan Kepribadian Muhammadiyah 1. Artinya tidak terpengaruh oleh paham-paham agama lain. kebudayaan dan peradaban non muslim serta cara berfikir non muslim (seperti cara berfikir Barat. Hidup manusia bermasyarakat c.

Lapang dada. Mengindahkan segala hukum. Bersifat keagamaan dan kemasyarakatan e. Bergerak membangun di segenap bidang dan lapangan dengan menggunakan cara serta menempuh jalan yang diridhai Allah 4. Memperbanyak kawan dan mengamalkan ukhuwah islamiyah c.3. diulang-ulang dan dilaksanakan utamanya oleh para pemimpin organisasi dan aktifis sehingga bisa difahami betul secara mendalam serta bisa dihayati dengan baik dan pada akhirnya dapat menjadi watak dan karakter Muhammadiyah dan orang-orang Muhammadiyah. Beramal dan berjuang untuk perdamaian dan kesejahteraan b. luas pandangan dengan memegang teguh ajaran Islam d. Pedoman Amal Usaha Muhammadiyah a. Wallahu¶alam bishshawa . Sifat Muhammadiyah a. Aktif dalam perkembangan masyarakat dengan maksud islah dan pembangunan sesuai dengan ajaran Islam h. Berpegang teguh pada ajaran Allah dan Rasul-Nya b. peraturan serta dasar dan falsafah negara yang sah f. Bersifat adil serta korektif kedalam dan keluar dengan bijaksana Penutup Agar kepribadian Muhammadiyah ini dapat berfungsi dengan baik. Bekerja sama dengan golongan Islam manapun juga dalam usaha menyiarkan dn mengamalkan agama Islam serta membela kepentingannya i. Amar makruf nahi mungkar dalam segala lapangan serta menjadi contoh tauladan yang baik g. maka perlu dikaji dan didiskusikan secara terus-menerus. undang-undang. Membantu pemerintah serta bekerja sama dengan golongan lain dalam memelihara dan membangun negara untuk mencapai masyarakat adil dan makmur yang diridhai Allah j.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful