MODENISASI DI TENGAH MASYARAKAT INDONESIA Andri mulyadi

100321100018

PENDAHULUAN
Kemajuan ilmu pengetahuan selalu di ikuti kemejuan teknologi. Hal ini terbukti dengan banyaknya penemuan dalm didang teknologi guna memenuhi kebutuhan hidup manusia dalam melakukan segala aktivitas sehari-hari hidup manusia. Pengembangan ilmu pengetahuan di Indonesia melibatkan Negara-negara lain. Dalam banyak proyek pembangunan ilmu pengetahuan dalam bidang penelitihan penelitian, beasiswa, dan intuisi pendidkan, Negara-negara lain banyak terlibat baik dari egi pembiayaan maupun segi pengandaan fasilitas. Modernisasi berarti proses menuju massa kini atau proses menuju masyarakat modern. Modernisasi atau dapat pula berrti perubahan dari masyarakat tradisional menuju mayarakat yang modern. Jadi, modenisasi merupakan suatu proses perubahan di mana masyarakat yang sedang memperbaruhi dirinya berusaha mendapatkan cirri-ciri atau karakteristik yang dimiliki masyarakat yang modern. Sebagai bentuk perubahan social, modernisasi biasanya merupakan bentuk perubahan social yang terarah dan terencana. Perencanaan social dewasa ini merupakan ciri umum bagi masyarakat atau Negara yang sedang mengalami perkembangan. Suatu perencanaan social haruslah di dasarkan pada pengertian yang mendalam tentang bagaimana suatau kebudayaan dapat berkembangdari taraf yang sederhana ke taraf yang lebih maju atau modern. Dalam proses menuju masyarat haruslah kita mengetahui bagaimana gejala modernisasi dalam bidang agama, bidang ekonomi, bidang ilmu dan teknologi, bidang politik. Serta dampak modernisasi dan tantangan masa depan masyarakat terhadap modernisasi.

Motivasi teori modernisasi untuk merubah cara produksi masyarakat berkembang sesunggunya adalah usaha merubah cara produksi pra-kapitalis ke kapitalis. . 1990). 1989). 2002). suatu perubahan masyarakat dalam segala aspeknya. Modernisasi mencakup suatu tranformasi total kehidupan bersama yang tradisional atau pra modern dalam arti teknologi seta organisasi menuju kearah pola-pola ekonomis dan politis yang menjadi ciri Negara barat yang stabil (soekamto. sebagaimana Negaranegara maju sudah menerapkan untuk di tiru. perkembangan industrial kapitalis tidak dapat di pahami dengan hanya membahas factor penyebab yang bersifat material dan teknik. modernisasi adalah suatu perubahan social yang biasanya merupakan perubahan social yang terarah yang didasarkan pada perencanaan. teori modernisasi secara umum dapat di ungkapkan sebagai pandang yang menjadi modus utama analisisnya kepada factor manusia dalam suatu msyarakat kemudian menjadi semacam komoditi di kalangan masyarakat yang menempatkan factor mentalitas menjadi penyebab perubahan (salim. weber memiliki pendapat berbeda dengan marx.TINJAUAN PUSTAKA Asumsi modernisasi yang di sampaikan oleh school (1980). Pemikiran weber yang berpengaruh pada teori perubahan social adalah bentuk rasiaonalis akan mewarnai aspek kehidupan (harper. kemempuan kerjasama dalam kelompok sangat di butuhkan untuk menjalankan organisasi modern yang sangat komleks dan organisasi kompleks membutuhkan perubahan kepribadian (sikap mental) serta perubahan pada struktur social dan tata nilai. Proses modernisasi mencakup proses yang sangat luas yang terkadang batasannya tidak dapat di terapkan secara mutlak. Karakteristik umum moederisasi yang menyangkut aspek aspek social demografis masyarakat dapat di gambarkan dengan istilah social. modernisasi di dasrkan pada perubahan social dalam prospektif idealis. berpendapat bahwa terdapat tiga asumsi dasar konsep modernisasi yaitu ketiadaan semangat pembanggunan harus dilakukan melalui pemecahan masalah kemanusian dan pemenuahan standart kehidupan yang layak. Salah satu pemikir dalam kubu idealis adalah weber. Pada dasarnya . modernisasi membutukan usaha yang keras dari individu dan kerja sama kelompok. Namun demikian weber juga tidak menyangkal pengaruh kedua factor tersebut. melihat modernisasi sebagai suatu proses tranfornasi. Sedangkan Dube (1988).

. menciptakan iklim yang menyenangkan terhadap modernisasi media masa. PENGERTIAN MODERNISASI Arti kata modernisasi dengan kata modern berasal dari kata latin modernus yang di bentuk dari kata modo dan ernus. kelompok manajer dan kelompok ekonomi. 3. Modernisasi dapat pula berarti perubahan dari masyrakat tradisional menuju masyarakat yang modern. Modernisasi berarti proses menuju masa kini atau prises menuju masayrakat yang modrn. di tandai dengan semakin banyaknya kebutuhan manusia akan barang barang dan jasa sehingga sector indusrti di bangun secara besar besaran untuk memproduksi barang. 2. di tandai dengan semakin banyaknya Negara yang lepas dari penjajahan. 4. syarat-syarat modernisasi adalah cara berfikir ilmiyah yang sudah melembaga dan tertanam kuat dalam kalangan pemerintah maupun masyarakat luas. 2. Bidang ekonomi. SYARAT MODERNISASI Menurut soejono soekamto. sentralisasi wewenang dalam perencanaan sosialyang tidak mementinagkan kepentingan pribadi atau golongan. system admitrasi Negara yang baik dan benar benar mewujudkan birokrsai. di tandai dengan semakin banyaknya kelompok dalam mayarakat. modernisasi merupakan suatu proses perubahan di mana masyarat yang sedang memperbaruhi dirinya untuk berusaha mendapatkan cirri-ciri atau karakteristik yang dimiliki masyarakat modern. tumbuhnya Negara Negara demokrasi. GEJALA-GEJALA MODERNISASI Gejala-gejala modernisasi dapat di tinjau dari berbagai bidang kehidupan manusia berikut ini . sehingga budaya asli makin pudar. kaum intelektual. system pengumpulan data yang baikteratur dan terpusat. Jadi. di tandai dengan semakin banyaknya budaya tradisional oleh masuknya budaya dari luar. Bidang budaya. Bidang politik. munculnya Negara Negara baru merdeka. seperti kelompok buruh. tingkat organisasi yang tiggi terutama disiplin diri. 3. Modo berarti cara dan ernus menunjuk pada periode waktu masa kini. 1.PEMBAHASAN 1. lahirnya lembaga lembaga politik dan semakin di akuinya hak hak manusia. Bidang sosial.

Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kemajuan ilmu pengetahuan selalu di ikuti dengan kemajuan teknologi. dan demokrasi pancasilah. Perkembangan itu. menberdayakan pengusaha kecil. peningkatan produksi barang-barang industry dan jasa. mengembangkan persaingan. Hal ini terbukti dengan banyaknya penemuan dalam biang teknologi guna memenuhi kebutuhan hidup manusia dalam melakukan aktiviatas sehari hari. terlepas dari ketergantungan orang lain.dalam banyak proyek pengembangan ilmu pengetahuan seperti penelitihan. Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia melibatkan Negara-negara lain. Adapun sasaran yang ingin dicapai dalam modernisasi ekonomi adalah meningkatkan taraf hidup. di mulai dengan terbentuknya demokrasi liberal. GEJALA MODERNISASI DI INDONESIA 1. beasiswa. 2. mengembangkan hubungan kemitraan. 3. demokrsi terpimpin. Bidang ekonomi Upaya-upaya agar kehidupan ekonomi dapat mendukung modernisasi yaitu. Namun pendidikan politik pun harus lebih . Contohnya : y y y Penemuan telepon sebagai alat telekomunikasi Penemuan alat tranformasi Penemuan peralatan kantor Contoh-contoh di atas sebagian kecil hasil dari kemajuan ilmu pengetahuan. dan institusi pendidikan.A. Bidang poitik Di Indonesia. Negara Negara maju banyak terlibat dari segi pembiayaan maupun segi fasilitas. modernisasi politik mengalami perkembangan pasang surut. Keberhasilan pembangunan politik semakin mantapnya tatanan kehidupan politik dan kenegaraan yang berdasarkan demokrasi pancasialh memantapkan perkembangan organisasi social politik rakyat.

Daya tarik pendidikan 4.di tingkatkan agar rakyat semakin sadar akan hak dan kewajibannya sebagai warga neganya. modernisasi dalam kehidupan Bergama sangat perlu karena modernisasi itu mencakup modernisasi secara fisk dan non-fisk. Dengan begitu timbulah permasalahan baru baik di kota maupun di desa. penduduk kota semakin bertambah. Daya tarik ekonommi 2. 3) Tingkat kesejateraan menurun. 1. Urbanisasi adalah proses perpindahan penduduk dari desa ke kota atau dari pekerjaan pertanian pertanian di desa ke perkejaan industry di kota. antara lain : 1) Semakin berkuarangnya penduduk di desa. B. 2. 5) Kriminalitas dan prilaku menyipang lainya meningkat di kota. 4) Munculnya pengguran di kota. 2) Hasil panen menurun. Urbanisasi Modernisasi melahirkan kembali industrialisasi dalam benuk yang yang lebih maju. kesenjangan social dan pencemaran lingkungan . Bidang agama Masyarakat Indonesia sering di katakana masyarkat religious karena wargan masyarakatnya hidup dengan berpedoman pada-pada kaidah agama yang di jamin dan di kauatkan dalam UUD 1945 pasal 29 ayat 2 (Negara menjamin kemerdekaan tiap penduduk untuk memeluk agama masing-masing dan beribadat mnerut agama dan kepercayaan). Hamper seluruh aspek kehidupan manusia. Daya tarik social 3. 4. DAMPAK MODERNISASI DI INDONESIA 1. sehingga akan terdapat keseimbangan kehidupan di dunia dan di ahirat. 2) Banyaknya sawah yang terbengkalai. Sebagai masyarakat yang relegius. Datya tarik budaya Dengan adanya urbanisasi. Beberapa penyebab terjadinya urbanisasi adalah adanya daya trik tertentu di kote seperti .

tentu saja akan berpengaruh pada kita sebagai anggota masayarakat dan lebih luas sebagai bangsa Indonesia dan globalisasi merupakan tantangan bagi masa depan bangsa kita.Factor fator yang menyebabkan kesenjangan ekonomi yakni. pencemaran lingkungan alam. meninggkapkan sikap individualis. rendanya mobilitas sosial. kekeringan. 1. Pencemaran lingkungan memiliki andil besar terhadap rusaknya lingkungan seperti tanah. Mdernisasi yang dilakukan Negara seperti Indonesia ini sering kali munculnya masalah masalah sosial seperti menipisnya rasa kekeluargaan. tanah longsor. 5. Beberapa kelompok etnis dan religious berusaha mencega terjadinya globalisasi. meningkatkan persaingan. udara. beberapa music dunia mencampurkan best tarian barat dengan gaya tradisional dari afrika utara dan asia. Kriminalitas Salah satu dampak modernisasi adalah meningkatnya kriminaitas atau tindak kejahatan. semacam itu turut bertnggung jawab terhadap peningkatan gerakan anti global terutama di kalangan anak mudah. air. ketidak merataan pembangunan antar daerah. Roberson mencatat bahwah sebernanya apa yang kita pilih dari hal-hal yang bersifat global dan modern hanyalah apa-apa yang menyenangkan kita kemudian mengunanya sehingga hal tersebut beradaptasi dan seuai dengan budaya dan kebutuuhan. kebakaran hutan. baik secara kualitas maupun kuantitas. menurunya pendapatan perkapita. Kita dapat mencampur unsur-unsur global dan modern untuk menghasilkan penemuan baru dari hasil penggabungan itu misalnya. Komunikasi global yang bersifat modern bahwa sekarang sulit bagi orang untuk tidak memikirkan dengan sungguh-sungguh kejadian-kejadian di dunia. TANTANGAN MASA DEPAN Dampak modernisasi dan globalisasi yang terjadi pada masyarakat. hujan asam polusi udara dan pemanasan global. 4. 3. C. . Pengetahuan kita tentang hal-hal global dan modern meninggalkan kesasaran dan kesetiaan hal-hal local. 3. meningkatkan pola hidup konsutif. Keadaan demikian akan menimbulkan banjir. Lingkungan tumbuh-tumbuhan dan binatang. 2.erosi/abrasi pantai.

Prentice hall. 1980. Sosiologi suatu pengantar. Modernisasi : pengantar sosiologi pembangunan Negara.PENUTUP Modernisasi dapat pula berarti perubahandari masyarakat tradisional menuju masyarakat ynag modern. soerjono. masyarakat modern merupakan suatu proses perubahan dimana masyarakat yang sedang mempengaruhi dirinya berusaha mendapatkan cirri-ciri atau karakteristik yang dimiliki mayarakat modern. J. 1988.T gramedia. Zed books ltd . 2002. jakarta . Rajawali pres. Tiara wacana. Kriminalitas 4. agus. Exploring sosial change. P. 1990. Modernization and Development: : the seach for alternative paradigm. Urbanisasi 2. Jakarta Soekanto. S. Kesenjangan sosial dan pencemaran lingkungan 3.W. new jersey Salim.C. Lunturnya eksistensi jati diri bangsa DAFTAR PUSTAKA Dube . London Harper. Yogyakarta School. 1989. Perubahan sosial. Jadi. Dampak modernisasi di Indonesia : 1. Charles L.Negara sedang berkembang.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful