BAB 1 PENDAHULUAN 1.

1 Latar Belakang Mengobati dan atau merawat seorang pasien hingga mencapai kesembuhannya merupakan suatu tugas yang mulia. Selain dokter, banyak pekerjaan atau profesi lain yang terlibat dalam proses tersebut. Salah satu profesi yang memegang peranan penting dalam perawatan pasien adalah perawat. Tugas dari seorang perawat tergolong rumit terutama bila berada dalam unit kerja di rumah sakit. Di rumah sakit sekitar 80% kontak dengan pasien dilakukan oleh bagian keperawatan. Ada banyak tugas dalam keperawatan seperti: melaksanakan instruksi pengobatan dari dokter, mengawasi perkembangan penyakit pasien, mendengarkan dan berupaya mencari solusi atas keluhan pasien, tugas Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) kepada pasien, serta tugas dokumentasi tindakan yang telah dilaksanakan atau yang akan direncanakan untuk pasien. Dilihat dari begitu rumitnya tugas dari bagian keperawatan, maka sangat perlu dilakukan pengaturan melalui prinsip manajemen. Hal ini sesuai dengan salah satu definisi manajemen yaitu “Management is getting things done through others” atau dengan kata lain bagaimana cara menggunakan orang lain untuk menyelesaikan berbagai macam tugas (Agus Kuntoro, 2010). Salah satu pola manajemen yang sering digunakan adalah pola POAC yang terdiri atas Planning (perencanaan), Organizing (organisasi), Actuating (pelaksanaan), dan Controlling (pengawasan). Pola POAC dalam bagian keperawatan di rumah sakit dapat dijabarkan secara tertulis antara lain dalam bentuk struktur organisasi dan daftar uraian tugas dari masing-masing subbagian dalam keperawatan. Bentuk dari struktur organisasi dan daftar uraian tugas dari masing-masing subbagian dalam keperawatan dapat berbeda antara rumah sakit yang satu dengan rumah sakit yang lain. Hal ini dapat disebabkan oleh perbedaan sumber daya, situasi dan kondisi, ataupun visi dan misi yang ingin dicapai oleh rumah sakit tersebut. Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Buleleng (RSUD Kab.Buleleng) merupakan salah satu unit kerja keperawatan di wilayah Kabupaten Buleleng yang ikut menerapkan

id. hak. wewenang. 2010). Bagaimana tugas.pola manajemen POAC dan mendokumentasikannya secara tertulis dalam bentuk di atas. .Buleleng? c.Buleleng.3 Tahun 2008 tentang Urusan Pemerintahan Yang Menjadi Kewenangan Pemerintahan Kabupaten Buleleng (Budi dalam rsud. Perumusan struktur organisasi dalam RSUD Buleleng ini juga merupakan bentuk pelaksanaan dari Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Buleleng No. wewenang. 1. 1. Bagaimana cara menganalisis unit keperawatan rumah sakit? 1.Buleleng. Mengetahui cara menganalisis unit keperawatan rumah sakit. yaitu: a.Buleleng? b.2 Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang di atas dapat dijabarkan beberapa rumusan masalah. wewenang.3 Tujuan Penulisan Makalah ini dibuat dengan tujuan untuk: a.4 Manfaat Makalah ini bermanfaat untuk mengetahui bagaimana pola manajemen yang diterapkan di bagian keperawatan RSUD Kab.go. beserta uraian tugas. dan tanggung jawab masing-masing subbagian pada bagian keperawatan di RSUD Kab.Buleleng.Buleleng. b. Mengetahui struktur organisasi dan tata kerja dari bagian keperawatan di RSUD Kab. Mengetahui tugas.bulelengkab. dan tanggung jawab masing-masing subbagian pada bagian keperawatan di RSUD Kab. Bagaimana struktur organisasi dan tata kerja dari bagian keperawatan di RSUD Kab. Berdasarkan latar belakang di atas maka dalam makalah ini penulis ingin memaparkan bagaimana struktur organisasi dan tata kerja di bagian keperawatan. dan tanggung jawab masing-masing bagian dan bagaimana cara menganalisis bagian keperawatan dalam rumah sakit dengan mengambil contoh pada bagian keperawatan di RSUD Kab. c.

Dua subbagian ini dengan jenis tugas yang berbeda secara bersama-sama membawahi ruang rawat inap dan ruang rawat jalan di RSUD Kabupaten Buleleng. Wakil Direktur Pelayanan Bagian Pelayanan Keperawatan SubBag. . dan tanggung jawab dari masing-masing kepala bagian atau subbagian dapat dijabarkan sebagai berikut (RSUD Kab. Kepala Bagian Pelayanan Keperawatan bertanggung jawab kepada Wakil Direktur Pelayanan sebagai atasan. Profesi Keperawatan Ruang Rawat Jalan Ruang Rawat Inap 2. Menyusun rencana kegiatan Bagian Pelayanan Keperawatan berdasarkan data dan program Wakil Direktur Pelayanan serta ketentuan perundangundangan yang berlaku sebagai pedoman kerja.Buleleng.Buleleng disebut sebagai Bagian Pelayanan Keperawatan dengan membawahi 2 subbagian yaitu Subbagian (SubBag. Wewenang.BAB 2 PEMBAHASAN 2.1 Struktur Organisasi dan Tata Kerja Bagian Keperawatan RSUD Buleleng Bagian keperawatan dalam RSUD Kab. wewenang.) Asuhan Keperawatan dan Subbagian Profesi Keperawatan. Asuhan Keperawatan SubBag. Penjabaran tersebut dapat digambarkan dalam skema di bawah.2 Tugas. dan Tanggung Jawab Tugas. 2008): Kepala Bagian Pelayanan Keperawatan Tugas : a.

Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan Bagian Pelayanan Keperawatan secara keseluruhan. c. Memberikan pengarahan dan bimbingan pelaksanaan tugas pelayanan keperawatan. Melaksanakan bimbingan. Mengkoordinasikan. Memberi saran dan pertimbangan kepada atasan. d. mengawasi dan mengendalikan pelaksanaan dan penggunaan peralatan keperawatan. Tanggung Jawab : . i. e. f. peningkatan pelaksanaan etika profesi keperawatan serta peningkatan mutu keperawatan. Wewenang : a. Melakukan penilaian kinerja tenaga keperawatan. Menilai prestasi kerja bawahan berdasarkan hasil yang dicapai sebagai bahan pertimbangan dalam peningkatan karier. Membuat laporan kegiatan di bidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan. Memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan dengan cara mencocokkan dengan petunjuk kerja yang diberikan dan ketentuan yang berlaku agar tercapai kesesuaian dan kebenaran hasil kerja. Mengatur dan mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugas dan permasalahannya. penyusunan program asuhan dan pelayanan keperawatan. d. Memberi petunjuk dan bimbingan kepada bawahan agar dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan yang diharapkan. b. g. khususnya yang berkaitan dengan pelayanan keperawatan. j. e. c.b. Memimpin dan mengkoordinasikan bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan dengan harmonis dan saling mendukung sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan. h. Menandatangani surat dan dokumen yang ditetapkan menjadi wewenang Kepala Bagian Pelayanan Keperawatan. Meminta informasi dan pengarahan kepada atasan. f.

bimbingan terhadap penerapan SOP pelayanan program upaya peningkatan mutu asuhan . 2. pengendalian. Melaksanakan pengawasan. Melaksanakan fungsi pengawasan. Memberikan keperawatan. Menyiapkan keperawatan. Menyiapkan rencana pemberian asuhan keperawatan sesuai dengan pola dan jenis pelayanan. Melaksanakan fungsi penggerakan dan pelaksanaan. meliputi: a. d. Menyusun rencana kerja bidang asuhan keperawatan. pengendalian terhadap pemberian asuhan keperawatan koordinasi dengan Kepala Ruangan sesuai standar asuhan keperawatan. c.Dalam menjalankan tugas secara struktural. Memberikan bimbingan pendokumentasian asuhan keperawatan sehingga diperoleh catatan asuhan keperawatan yang akurat dan baru. b. Mewakili tugas dan wewenang Kepala Bagian Pelayanan Keperawatan atas persetujuan Wakil Direktur Pelayanan sesuai kebutuhan. b. Kepala Bagian Pelayanan Keperawatan bertanggung jawab kepada Wakil Direktur Pelayanan. c. Berperan serta menyusun SOP pelayanan keperawatan sesuai kebutuhan pelayanan. meliputi: a. Menyampaikan dan menjelaskan tentang sistem pembinaan asuhan keperawatan koordinasi dengan Kepala Ruangan. dan penilaian. Melaksanakan fungsi perencanaan. e. Asuhan Keperawatan Tugas : 1. Memberikan bimbingan dan pembinaan asuhan keperawatan sesuai standar. 3. e. meliputi: a. sesuai kebutuhan pelayanan berdasarkan usulan Kepala Ruangan d. Menyiapkan usulan pengembangan/pembinaan mutu asuhan keperawatan. Kepala SubBag.

Melaksanakan fungsi penggerakan dan pelaksanaan. meliputi: . c. Asuhan Keperawatan. c. Menyiapkan rencana pengembangan staf sesuai kebutuhan. Melaksanakan pengawasan. e. pelayanan. Menandatangani surat dan dokumen yang ditetapkan menjadi wewenang Kepala SuBag. Menyusun rencana kebutuhan tenaga perawat baik jumlah maupun kualifikasi tenaga perawat.b. d. Menyusun rencana kerja bidang SDM keperawatan. Melaksanakan fungsi perencanaan. Menyiapkan usulan penempatan distribusi tenaga perawat. Mengkoordinasi. Wewenang : a. Kepala SubBag. Memberi pengarahan dan bimbingan dalam pemberian asuhan keperawatan sesuai standar. koordinasi dengan kepala ruangan. mengawasi. Memberi petunjuk dan bimbingan penerapan asuhan keperawatan sesuai Standar Asuhan Keperawatan (SAK) e. koordinasi dengan kepala ruangan. Meminta informasi dan pengarahan pada atasan. pengendalian dan penilaian terhadap penerapan SOP pelayanan keperawatan. 2. meliputi: a. b. sesuai kebijakan rumah sakit. sesuai kebutuhan pelayanan. Melakukan pengawasan. Asuhan Keperawatan bertanggung jawab kepada Kepala Bagian Pelayanan Keperawatan. pengendalian dan penilaian terhadap pendokumentasian asuhan keperawatan. c. Menghadiri rapat pertemuan berkala untuk kelancaran pelaksanaan pelayanan keperawatan. Tanggung Jawab : Dalam menjalankan tugas secara struktural. Kepala SubBag. d. mengendalikan dan menilai mutu asuhan keperawatan. Melakukan penilaian mutu asuhan keperawatan. Profesi Keperawatan Tugas : 1. d. b.

Kepala Ruang Rawat Jalan Tugas : dalam pendayagunaan tenaga . sesuai kebijakan rumah sakit. Melakukan pengawasan.a. c. e. penilaian terhadap pendayagunaan tenaga keperawatan. Kepala SubBag. koordinasi dengan kepala ruangan. Memberikan saran dan masukan sebagai bahan pertimbangan pada atasan. Mengkordinasikan. Melakukan penilaian kinerja keperawatan. mengawasi. Profesi Keperawatan bertanggung jawab kepada Kepala Bagian Pelayanan Keperawatan. f. Wewenang : a. b. Melaksanakan tugas yang diberikan oleh Kepala Bagian Pelayanan Keperawatan. Melakukan penilaian mutu penerapan etika serta kemampuan profesi tenaga keperawatan. Meminta informasi dan pengarahan kepada atasan. 3. d. pengendalian. b. Mengumpulkan dan menjelaskan kebijakan rumah sakit dalam bidang ketenagaan koordinasi dengan kepala ruangan. Memberikan pembinaan pengembangan profesi tenaga keperawatan. Memberi petunjuk dan bimbingan penerapan etika profesi. Memberi petunjuk dan bimbingan keperawatan. pengendalian dan penilaian. Mengumpulkan dan menjelaskan kebijakan rumah sakit dalam bidang ketenagaan kepada kepala ruangan. Tanggung Jawab : Dalam menjalankan tugas secara struktural. Menyusun uraian tugas tenaga keperawatan. f. e. meliputi: a. d. mengendalikan dan menilai pendayagunaan tenaga keperawatan. Menandatangani surat dan dokumen yang ditetapkan menjadi wewenang Kepala SubBag. b. Profesi Keperawatan. Melaksanakan fungsi pengawasan. c.

Mempertanggungjawabkan pelaksanaan inventarisasi fasilitas dan peralatan. jenis peralatan perawatan yang diperlukan sesuai kebutuhan. Melaksanakan fungsi penggerakan dan pelaksanaan. Merencanakan jumlah.1. Merencanakan jumlah dan kategori tenaga keperawatan dan tenaga lain sesuai kebutuhan. Mengkoordinasikan unit rawat jalan. Melaksanakan fungsi perencanaan. meliputi: a. 2. h. Memberi penyuluhan kesehatan kepada klien dan keluarganya/kelompok yang datang ke unit rawat jalan dan seluruh kegiatan yang ada dengan cara bekerjasama dengan berbagai pihak yang terlibat dalam pelayanan di dan menentukan jenis kegiatan/ asuhan keperawatan (askep) yang akan diselenggarakan sesuai kebutuhan . j. e. Mengadakan pertemuan berkala dengan perawat pelaksana dan tenaga lain yang berada di bawah tanggung jawabnya. b. b. c. obat dan bahan lain yang diperlukan di unit rawat jalan. meliputi: a. g. Melaksanakan program orientasi kepada tenaga perawat baru atau tenaga lain yang akan bekerja di unit rawat jalan. Memberi pengarahan dan motivasi kepada tenaga perawat untuk melaksanakan askep sesuai standar yang berlaku. i. Menyusun permintaan rutin meliputi kebutuhan alat. Merencanakan klien. Mengatur dan mengkoordinasikan pemeliharaan peralatan agar selalu dalam keadaan siap pakai. f. Mengatur dan mengkoordinasikan seluruh kegiatan pelayanan keperawatan di unit rawat jalan. Mengenal jenis dan kegunaan peralatan serta mengusahakan pengadaannya sesuai kebutuhan klien. c. d. agar tercapai pelayanan optimal.

Melakukan penilaian kinerja tenaga perawat dan tenaga lainnya yang berada di bawah tanggung jawabnya. 3. e. Mengendalikan kualitas sistem pencatatan dan pelaporan askep dan kegiatan lain secara tepat dan benar. Memberikan bimbingan penerapan etika profesi. Membuat laporan harian/bulanan/tahunan mengenai pelaksanaan pelayanan keperawatan di unit rawat jalan. Tanggung Jawab : Dalam menjalankan tugas secara fungsional. Memberi petunjuk dan bimbingan dalam pendayagunaan tenaga. f. meliputi: a. peralatan dan mutu askep. d. e. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan di bidang keperawatan melalui pertemuan ilmiah/pelatihan. m. Menandatangani surat dan dokumen yang ditetapkan menjadi wewenang perawat Kepala Ruang Rawat Jalan. Membina hubungan kerjasama yang baik antar petugas kesehatan yang berada di unit rawat jalan. . mengawasi. dan askep. Menghadiri rapat berkala yang diadakan rumah sakit. l. alat. k. Wewenang : a. Mengawasi dan menilai mahasiswa keperawatan untuk memperoleh pengalaman belajar sesuai tujuan program bimbingan yang telah ditentukan. Mengendalikan dan menilai pelaksanaan askep. c. Mengawasi. mengendalikan dan menilai pendayagunaan tenaga keperawatan. Kepala Ruang Rawat jalan bertanggung jawab kepada Kepala Instalasi Rawat Jalan. b. Melaksanakan fungsi pengawasan. Meminta informasi dan petunjuk kepada atasan. mengendalikan dan menilai pendayagunaan fasilitas dan peralatan. Mengkoordinasikan. askep sesuai SDM.bekerjasama dengan tim Penyuluhan Kesehatan Masyarakat Rumah Sakit (PKMRS). b. pengendalian dan penilaian. c. d.

2. Mempertanggungjawabkan pelaksanaan inventarisasi peralatan. Merencanakan dan menentukan jenis jenis kegiatan/askep keperawatan yang yang diselenggarakan sesuai kebutuhan klien. Merencanakan jumlah dan kategori tenaga perawat serta tenaga lain sesuai kebutuhan. f. agar tercapai pelayanan optimal. obat dan bahan lain yang diperlukan di ruang perawatan. seluruh kegiatan yang ada dengan cara bekerjasama dengan berbagai pihak yang terlibat dalam pelayanan di . Mengadakan pertemuan berkala dengan pelaksana perawatan dan tenaga lain yang berada di wilayah tanggung jawabnya. meliputi: a. Mengkoordinasikan ruang keperawatan. Melaksanakan fungsi perencanaan. peralatan diperlukan sesuai kebutuhan. b. Mengatur dan mengkoordinasikan pemeliharaan peralatan agar selalu dalam keadaan siap pakai. Merencanakan b. meliputi: a.Kepala Ruang Rawat Inap Tugas : 1. sesuai kebutuhan dan ketentuan/pengaturan yang berlaku. c. Mengenal jenis dan kegunaan barang/peralatan serta mengusahakan pengadaannya sesuai kebutuhan klien. Menyusun permintaan rutin meliputi kebutuhan alat. Melaksanakan program orientasi kepada tenaga perawat baru atau tenaga lain yang akan bekerja di ruang keperawatan. h. jumlah. i. d. Memberi pengarahan dan motivasi kepada tenaga perawat untuk melaksanakan asuhan keperawatan sesuai standar. Melaksanakan fungsi penggerakan dan pelaksanaan. Mengatur dan mengkoordinasikan seluruh kegiatan pelayanan perawat yang berada di wilayah tanggung jawabnya. j. e. g. c. Menyusun dan mengatur daftar dinas tenaga perawat dan tenaga lain.

infeksi dan non infeksi untuk mempermudah pemberian askep. Memelihara kebersihan ruang perawatan dan lingkungannya. Melakukan penilaian kinerja tenaga keperawatan dan tenaga lainnya yang berada di bawahnya. Menciptakan dan memelihara suasana kerja yang baik antara petugas. tata tertib ruangan. Memberi penyuluhan kesehatan kepada klien dan keluarganya sesuai kebutuhan dasar dalam batas wewenangnya. fasilitas yang ada dan cara penggunaannya serta kegiatan rutin seharihari di ruangan. klien dan keluarganya sehingga memberi rasa aman dan terlindung selama pelaksanaan pelayanan berlangsung. p. Membimbing mahasiswa keperawatan yang sedang praktek di lahan praktek. Mengendalikan dan menilai pelaksanaan askep yang telah ditentukan. Mengadakan pendekatan kepada setiap klien yang dirawat untuk mengetahui keadaannya dan menampung keluhan serta membantu memecahkan masalah yang dihadapinya. b. q. Mengkoordinasikan program orientasi kepada klien dan keluarganya meliputi penjelasan tentang peraturan rumah sakit. 3. Mengelompokkan klien dan mengatur penempatannya di ruang perawatan menurut tingkat kegawatan. . pengendalian dan penilaian. m. Membuat laporan harian dan bulanan mengenai pelaksanaan kegiatan askep serta kegiatan lain di ruang perawatan. c. t. s. o. Melaksanakan fungsi pengawasan. r. l. Mengawasi dan menilai mahasiswa keperawatan untuk memperoleh pengalaman belajar sesuai tujuan program bimbingan yang telah ditentukan. meliputi: a. Memelihara dan mengembangkan sistem pencatatan dan pelaporan askep dan kegiatan lain yang dilakukan secara tepat dan benar. Menjaga keamanan dan kenyamanan klien selama pelaksanaan pelayanan berlangsung. n.k.

Mengawasi. b. peralatan dan mutu askep di ruang rawat inap. Mengawasi dan menilai mutu askep sesuai standar yang berlaku secara mandiri atau koordinasi dengan Tim Pengendali Mutu Askep. mengendalikan dan menilai pendayagunaan tenaga keperawatan. Mengawasi. . mengendalikan dan menilai pendayagunaan tenaga keperawatan. Memberi petunjuk dan bimbingan pelaksanaan tugas staf keperawatan. c. d. e. e. Menghadiri rapat berkala yang diadakan rumah sakit. Kepala Ruang Rawat Inap bertanggung jawab kepada Kepala Instalasi Rawat Inap. peralatan dan obat-obatan. Tanggung Jawab : Dalam menjalankan tugas secara fungsional.d. Mengawasi pelaksanaan sistem pencatatan dan pelaporan kegiatan askep serta mencatat kegiatan lain di ruang perawatan. f. Menandatangani surat dan dokumen yang ditetapkan menjadi wewenang kepala ruangan. Meminta informasi dan pengarahan kepada atasan. Wewenang : a.

Struktur Organisasi RSUD Kabupaten Buleleng. Struktur Organisasi dan Tata Kerja RSUD Kab.DAFTAR PUSTAKA Agus Kuntoro. Buleleng: RSUD Kab.Buleleng Diakses pada . Tersedia pada: http://rsud.Buleleng. Buku Ajar Manajemen Keperawatan.go.id/index. Jogjakarta: Nuha Medika Budi.bulelengkab.php? option=com_content&view=article&id=57&Itemid=84. 2008. tanggal: 12 Mei 2011 RSUD Kab. 2010. 2010.Buleleng.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful