Ginekomastia

<p>Your browser does not support iframes.</p>

Ilustrasi: repro Deskripsi Ginekomastia adalah pembengkakan pada jaringan payudara pada lakilaki atau laki-laki, yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon estrogen dan testosteron. Bayi yang baru lahir, anak laki-laki memasuki masa puber dan orang tua sering mengalami ginekomas tia sebagai akibat dari perubahan kadar hormon. Umumnya, ginekomastia bukan masalah serius, tetapi bisa jadi sulit untuk mengatasi. Laki laki dan anak laki-laki dengan ginekomastia kadang-kadang mengalami nyeri di dada mereka dan mungkin merasa malu. Gejala Tanda dan gejala ginekomastia meliputi: * Jaringan kelenjar payudara bengkak * Payudara sakit Perawatan Ginekomastia bisa hilang dengan sendirinya. Ginekomastia juga dapat diobati dengan obat yang membantu menyeimbangkan kadar hormon. Dalam beberapakasus, pembedahan untuk mengangkat jaringan payudara juga dapat menjadi pilihan. Sumber: mayoclinic.
Payudara Pria Berkembang Seperti Wanita Switch to Bahasa Inggris

Seringkali kita menjumpai pria dengan payudara besar layaknya wanita. Se benarnya hal ini adalah umum dan bukanlah hal yang serius. Hanya saja seringkali hal ini membuat pegal dan menimbulkan rasa kurang percaya diri. Lalu apakah payudara ini berbahaya atau tidak? Pembesaran payudara pria ini biasa disebut Ginekomastia. Ginekomastia adalah pembesaran jaringan dada pria yang disebabkan ketidakseimbangan hormon estrogen dan testosteron. Ginekomastia ini dapat hilang dengan sendirinya dn dapat diobati denan konsumsi hormon tertentu

produksi sperma dan membentuk mood (emosi). Penyebab Ginekomastia dipicu oleh penurunan kadar hormon testosteron dibanding estrogen. Tetapi bila kadar estrogen terlalu tinggi atau di luar batas keseimbangan (dengan testosteron) maka akan menyebabkan ginekomastia.untuk menj kese mbangan hormon. Hormon ini akan membantu kepadatan tulang. Perlu diketahui bahwa hormon estrogen juga diproduksi dalam tubuh pria. Se tidaknya ¢ ¢   ¡  . Sementara estrogen mengontrol karakteristik organ wanita seperti pertumbuhan payudara. terasa sakit atau ke luar air dari satu atau dua putingnya. Gejala Tanda dan gejala ginekomastia antara lain adalah: Pembengkakan jaringan kelenjar payudara Dada terasa sakit Jika anda merasa dada anda mengembang. sehingga keseimbangannya berubah. Ginekomastia pada pria dewasa Prevalensi ginekomastia akan mencapai puncak saat umur 50 sampai 80 tahun. maka anda harus waspada. Keseimbangan testosteron-estrogen Hormon testosteron dan estrogen mengontrol perkembangan dan memelihara karakteristik seksual dan kelamin pada pria dan wanita. hanya saja normalnya dalam jumlah yang kecil. Ginekomastia pada bayi Lebih dari separoh bayi laki-laki lahir dengan kondisi dada yang membesar sebagai akibat estrogen dari ibu. Testosteron mengontrol karakteristik organ pria seperti otot dan bulu (rambut halus) pada tubuh. Pembesaran jaringan dada ini akan menghilang dengan sendirinya dalam dua sampai tiga minggu setelah lahir. Dalam banyak kasus pembesaran jaringan dada ini akan hilang sendiri tanpa perawatan dalam enam bulan sampai dua atau tiga tahun. Perubahan keseimbangan hormon ini antara lain disebabkan oleh: Perubahan alami hormon Konsumsi obat-obatan Kondisi kesehatan tertentu 25 persen kasus ginekomastia tidak ditemukan penyebab secara pasti. Dalam beberapa kasus operas dan pengangkatan jaringan sekitar dada dapat menjadi pilihan. Ginekomastia pada masa puber Ginekomastia yang disebabkan perubahan hormon selama masapuber adalah umum. Turunnya kadar testosteron ini dapat disebabkan karena memang kadar testosteron turun atau merupakan peningkatan kadar estrogen.

kelenjar gondok yang memproduksi hormon tiroksin terlalu banyak Gagal ginjal Gagal hati dan sirosis Malnutrisi dan kelaparan Faktor resiko Faktor resiko inekomastia termasuk: Remaja Manula Penggunaan anabolic steroid dan hormon-hormon androgen untuk menambah kemampuan atlit. khususnya bagi pria dengan berat badan lebih. gondok sampai sindrom Klinefelter. Beberapa jenis tumor berhubungan dengan testis atau kelenjar-kelenjar organ pria yang memproduksi hormon juga dapat berpengaruh pada keseimbangan hormon. Pemeriksaan dan diagnose Dokter akan menanyakan beberapa hal mengenai sejarah kesehatan anda dan pengobatan yang . Perubahan hormon juga biasa terjadi seiring penuaan usia. kondisi yang mempengaruhi produksi normal testosteron seperti sindrom Klinfelter Usia. Hipertiroid.seperempat pria akan mengidap ginekomastia dalam rentang usia ini. Ginekomastia dapat berkembang pada pria yang mengidap HIV yang menerima terapi pengobatan yang disebut HAART (highly active antiretroviral therapy) Obat penenang seperti diazepam atau valium Obat anti depresi Antibiotik Kemoterapi Obat untuk jantung Alkohol dan beberapa jenis narkoba juga dapat menjadi penyebab ginekomastia: Anabolic steroid dan hormon androgen yang biasa digunakan sebagai dopping oleh atlit Alkohol Mariyuana Heroin Amphetamin Kondisi kesehatan Beberapa kondisi kesehatan dapat pula menjadi sebab timbulnya ginekomastia yang mempengaruhi keseimbangan hormon. Kondisi kesehatan khusus. Obat terapi AIDS. antara lain penyakit hati dan ginjal. antara lain: Hypogonadism. Tumor. Pengobatan Beberapa jenis obat dapat menyebabkan terjadinya ginekomastia. antara lain: Obat anti-androgen yang digunakan untuk mengobati pembesaran prostat atau kanker.

walaupun jarang terjadi pada pria. pembesaran payudara ini dapat menimbulkan stres dan perasaan malu. Mastitis Sedangkan untuk pemeriksaan awal biasanya dokter akan melakukan tes darah dan mamogram. Cobalah gali sebanyak mungkin informasi dan dukungan dari keluarga. Pengangkatan jaringan payudara dan biasanya dilakukan melaluiendoskopi. maka dokter biasanya akan merekomendasikan obat-obat tertentu. Mastectomi. heroin dll. Sedot lemak (liposuction).pernah diterima. meskipun sedikit Periksa ulang obat-obat harian yang dikonsumsi dan konsultsikan ke dokter. Untuk tes lanjutan biasanya akan dilakukan : Foto rontgen dada CT scan MRI Pengambilan sedikit jaringan Obat dan penanganan Banyak kasus ginekomastia yang sembuh dengan sendirinya. Hindari konsumsi alkohol. karen sangat berhubungan dengan kehidupan asmara dan percaya diri. mayoclinic . Tetapi bila ginekomastia disebabkan hal-hal tertentu atau menyebabkan nyeri yang berkepanjangan. dokter atau teman. termasuk steroid. disamping akan melakukan pemeriksaan fisik terhadap jaringan dadan. Hanya menyedot lemak saja tanpa mengambil jaringan di payudaranya. Beberapa kondisi lain yang menunjukkan gejala mirip dengan ginekomastia antara lain: Pseudoginekomastia atau ginekomastia palsu Kanker payudara. Bagi pria. tapi tetap mungkin. Pengangkatan jaringan dimungkinkan dalam menangani ginekomastia yang sudang sangat mengganggu. Sedangkan untuk mencegah dan mengontrol resiko ginekomastia hal berikut dapat dilakukan: Hindari penyalahgunaan narkoba dan doping. perut dan organ genital.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful