MAKALAH

PERSEPSI MAHASISWA FPTK UPI TERHADAP AJARAN AHMADIYAH
diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Seminar Pendidikan Agama Islam oleh Dosen DR. H. Endis Firdaus M.Ag.

Oleh : AKHMAD SYAEKHU HARI SUTANTO FIRMAWAN DWI D MERI MARIAM (1002881) (1002879) (0800314) (0807844)

JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FAKULTAS PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA BANDUNG 2011

i

KATA PENGANTAR
Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT bahwasanya atas rahmat dan hidayah-Nya kita masih diberikan kesehatan serta nikmat yang tidak terukur yakni nikmat iman dan nikmat islam. Shalawat serta salam semoga selalu tercurah untuk junjunan kita nabi besar Muhamad SAW. Alhamdulillah dengan rahmat-Nya saya dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya. Saya menyadari makalah ini belum dan hampir sempurna, oleh karena itu saya mengharapkan kritik dan saran dari semua pihak, yang akan saya gunakan untuk perbaikan pada masa yang akan datang. Tidak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing mata kuliah Seminar Pendidikan Agama Islam Universitas Pendidikan Indonesia atas segala bimbingan dan arahan yang telah diberikan. Akhir kata saya ucapkan terima kasih atas segala perhatian yang telah diberikan. Dan mohon maaf atas segala kekurangan.

Bandung, Maret 2011

Penyusun

i

..............1 Latar Belakang Masalah....................................................................14 BAB IV KESIMPULAN........................17 DAFTAR PUSTAKA...18 ii ................i DAFTAR ISI.............1 1...............................................................................1 Sejarah Awal Munculnya Aliran Ahmadiyah Di Indonesia..............................3 Sistematika Penulisan......................................................................................2Rumusan Masalah.......................... 14 HASIL WAWANCARA...................................................................................................................................................................................2 BAB II LANDASAN TEORI....................................................................................5 2........................... ii BAB I PENDAHULUAN...............................................................................3 Persepsi Islam Terhadap Aliran Ahmadiyah......................3 2............................3 2...................................................................................................................................1 1.........DAFTAR ISI KATA PENGANTAR.................................................6 BAB III ...1 1.............................................................................................2 Karakteristik Aliran Sesat Menurut Agama Islam.....................

Seiring dengan perkembangan zaman. Dari paparan masalah diatas. serta tidak ada kecacatan sedikitpun. Ajaran atau alirannya tidak hanya membuat bingung kaum muslim saja. Aqidah dan akhlak seorang muslim pada dasarnya wajib untuk beruswah kepada panutannya. akan tetapi seluruh manusia di bumi telah mengatahuinya. dan khususnya untuk ajaran ahmadiyah ini. islam pun mengedepankan ilmu-ilmu aqidah dan akhlak.1 Latar Belakang Masalah Islam adalah sebuah agama Allah SWT yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril. 2. 1. nabi Muhammad SAW juga adalah seorang utusan Allah yang terakhir. yang mengemban tugas untuk menyempurnakan agama Allah di muka bumi. Dan semoga pada akhirnya tercipta atau muncul sebuah solusi terhadap masalah dan kemelut pada agama islam. serta untuk kaum muslim dan seluruh umat manusia. bahkan rasul terakhir utusan Allah SWT yang wajib kita (kaum muslim) uswahi. Lebih tragisnya. dsb. berani. yaitu nabi Muhammad SAW sebagai utusan dan rasulallah. penyanyang. Tidak ada keraguan atas apa yang disampaikannya. yaitu ketauhidan kepada Allah SWT. Islam dari kacamata dunia adalah sebuah perkumpulan manusia yang mempunyai keyakinan yang sama kepada tuhan-Nya. dan berpersepsi atau berparadigma bingung terhadap ajaran ini. 3. penulis ingin mencoba membahas masalah tersebut. karena hal ini dianggap penting untuk dirinya. Disamping ketauhidan.BAB I PENDAHULUAN 1. ada segolongan kaum munafiqin yang mengaku atau mengatasnamakan bahwa dia adalah nabi terakhir. walau sebesar buji jarak. masalah aqidah dan akhlak kaum muslim pun semakin jauh dari yang dicontohkan nabinya. agar seimbang dan tidak menyimpang dari jalan yang telah ditetapkan Allah dalam Al-quran. Memahami berbagai pengertian dan pandangan Islam terhadap aliran sesat Memahami awal munculnya ajaran ahmadiyah Mengenal berbagai persepsi/paradigma terhadap ajaran ahmadiyah 1 . Sebagai panutan kaum muslim.2Rumusan Masalah 1. Beliau adalah seorang sosok pemimpin islam yang pintar. Aqidah dan akhlak harus senantiasa berjalan bersamaan.

Solusi dari masalah yang dibahas 1. BAB III PEMBAHASAN MASALAH : Pada bagian ini membahas beberapa hal yang menjadi pokok permasalahan dalam makalah ini. 6. 7. 8. 2 . BAB IV KESIMPULAN : Pada bagian ini mengungkap hasil pokok permasalahan dari makalah ini.4.3 Sistematika Penulisan 5. BAB II LANDASAN TEORI : Pada bagian ini penulis memaparkan beberapa hal yang menjadi landasan dan menunjang penulisan makalah ini. Selain itu terdapat beberapa solusi. BAB I PENDAHULUAN : Pada bagian ini penulis mengungkapkan beberapa alasan yang melatarbelakangi penulisan makalah ini. Selain itu ada beberapa rumusan masalah dan sistematika penulisan.

mereka meyakini Mirza Gulam Ahmad sebagai nabi mereka. Toleransi juga diperlihatkan agama-agama dominan sebelum Islam.1 Sejarah Awal Munculnya Aliran Ahmadiyah Di Indonesia Ahmadiyah adalah suatu aliran yang meyakini ada nabi setelah Nabi Muhammad SAW. Berdirinya Ahmadiyah Pakistan yang dipimpin Mirza Ghulam Ahmad (18351908). 3 . Mirza Wali Ahmad Baiog dan Maulana Ahjmad. Kedua aliran tersebut mengakui kepemimpinan dan mengikuti ajaran serta paham yang bersumber pada ajaran Mirza Ghulam Ahmad. Toleransi itu pulalah yang tampak ketika Ahmadiyah yang lahir di Pakistan pertama kali dan disebarkan di Indonesia oleh dua mubalig Ahmadiyah aliran Lahore. dan Gerakan Ahmadiyah Lahore Indonesia (GIA) yang dikenal dengan Ahmadiyah Lahore. munculnya Ahmadiyah mirip kelahiran Muhammadiyah. yang karena perbedaan pandangan tentang penerus kepemimpinan dalam Ahmadiyah dan ketokohan pendirinya berkembang dua aliran. masuknya Islam di Indonesia selalu disebut “panetration pacific”. proses kristenisasi oleh kaum misionaris. yaitu Islam. yaitu Anjuman Ahmadiyah (Ahmadiyah Qadiyan) dan Anjuman Ishaat Islam Lahore (Ahmadiyah Lahore). terhadap ajaran baru.I N D I A (sekarang Pakistan) tahun 1889. Dari latar belakang sejarah. Jemaat Ahmadiyah masuk dan berkembang di Indonesia sejak tahun 1920-an dengan menamakan diri Anjuman Ahmadiyah Qadiyan Departemen Indonesia dan kemudian dinamakan Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI) yang dikenal dengan Ahmadiyah Qadiyan.BAB II LANDASAN TEORI 2. dilatarbelakangi tiga faktor. bahkan menyerap beberapa unsur budayanya. Kedua. Selain itu mereka mempunyai kitab suci yang dikenal dengan nama Tadzkirah sebagaimana umat Islam mempunyai Al-Qur`an Ahmadiyah sebagai perkumpulan atau jemaat didirikan oleh Mirza Ghulam Ahmad di Qadiyan . yakni Hindu dan Buddha. Indonesia selalu digambarkan sebagai negara dengan pemeluk agama Islam yang toleran. Dan ketiga. kolonialisme Inggris di benua Asia Selatan. lewat kunjungan mereka ke Yogyakarta. kemunduran kehidupan umat Islam di segala bidang. Karena itu. Pertama. Para ulama penyebar Islam dulunya juga bersikap toleran terhadap ajaran agama sebelumnya.

Karena sambutan yang hangat itu. Agus Salim. Sementara Ahmadiyah aliran Qadian masuk ke Indonesia tahun 1925 atas undangan beberapa orang Indonesia yang pernah belajar di perguruan Ahmadiyah di Pakistan. Tapi penerimaan seperti itu tidak terjadi pada Ahmadiyah di Pakistan. Beliau lahir kembar. rasul. Islam tradisional dan modernis percaya bahwa Nabi Muhammad adalah nabi dan rasul 4 . Salah satu faktor penentangannya adalah klaim Ghulam Ahmad sebagai penerima wahyu dan sebagai nabi.O. dan Bung Karno sendiri. yang kemudian dibantahnya melalui sebuah artikel. di rumah Mirza Ghulam Murtaza di desa Qadian. Mirza melambangkan keturunan Moghul (Kerajaan Islam yang pernah ada di India).S Tjokroamninoto. Hazrat Ahmad lahir pada tanggal 13 februari 1933 M. Qadian terletak 57 km sebelah timur kota Lahore. dan dengan wahyu itu dia diangkat sebagai nabi. saat ia lahir. Demikianlah sempurna sudah kabar gaib yang tertera di dalam kitab-kitab agama Islam bahwa Imam Mahdi akan lahir kembar. karena mereka mendukung perjuangan Indonesia merdeka. Allah Ta’ala sering memanggil beliau dengan nama Ahmad juga. khususnya Bung Karno. Di Indonesia. dan 24 km kota Amritsar di propinsi Punjab India. Bung Karno pernah dituduh telah masuk Ahmadiyah. ajaran Muhammadiyah diterima luas masyarakat yang tertarik faham modernisasi Islam. Dalam ilham. dan Sejarah Nabi Muhammad Saw. atau 14 Syawal 1230H. buku the Religion of Islam. Pendiri Jemaat Ahmadiyah bernama Hazrat Mirza Ghulam Ahmad. Maka. Masuknya Ahmadiyah di Indonesia ternyata juga disambut para pejuang pergerakan nasional. Ajaran dan faham yang dikembangkan oleh pengikut Jemaat Ahmadiyah Indonesia khususnya terdapat penyimpangan dari ajaran Islam berdasarkan Al-Qur`an dan Al-Hadits yang menjadi keyakinan umat Islam umumnya. Namun ajaranajaran Ahmadiyah (khususnya Ahmadiyah Lahore) telah ikut memengaruhi para pemimpin pergerakan Indonesia seperti H. antara lain tentang kenabian dan kerasulan Mirza Ghulam Ahmad sesudah Rasulullah SAW. Mirza Ghulam Ahmad mengaku telah menerima wahyu. melalui tafsir The Holy Qur’an. beliau hanya memakai nama ahmad. beserta beliau lahir pula seorang anak perempuan yang tidak berapa lama kemudian meninggal. Nama beliau yang asli hanyalah Ghulam Ahmad.1924. Ahmadiyah justru ditentang ulama tradisional maupun modernis India. al-Masih Mau`ud dan Imam Mahdi. Kebisaannya adalah suka menggunakan nama Ahmad bagi nama beliau secara ringkas. waktu menerima bai’at dari orang-orang. hari jum’at pada waktu sholat subuh.

(sejarah ahmadiayah. maka Islam bagi Ahmadiyah tidak perlu disebarkan lewat perang. tapi dengan penafsiran yang rasional. Ahmadiyah menurut Wilfred C. sehingga kemajuan Islam tidak memerlukan modernisasi. Inilah yang memesona Bung Karno. Apabila ada satu ajaran yang terindikasi punya salah satu dari kesepuluh kriterai itu. Akhir-akhir ini Islam berkembang di Afrika Hitam melalui Ahmadiyah. melainkan “spiritual modern”. Bagi Ahmadiyah. sekalipun ia menolak percaya bahwa Ghulam Ahmad adalah nabi. bahkan misi utamanya adalah “menghidupkan kembali syari’at” yang telah ada. Karena itu. Karena “wahyu” yang diterima Ghulam Ahmad sempat dibukukan. gerakan ini dipimpin oleh para khalifah: Khalifah Masih I : Hazrat Maulvi Nuruddin (1908-1914) Khalifah Masih II : Mirza Basyiruddin Mahmud Ahmad (1914-1965) Khalifah Masih III : Hazrat Hafiz Nasir Ahmad (1965-1983) Khalifah Masih IV : Mirza Tahir Ahmad (1983-2003) Khalifah Masih V : Hazrat Mirza Masroor Ahmad (2003-sekarang). 2002) 2. Karena itu Ahmadiyah selalu tampil sebagai gerakan sipiritual. Padahal bagi Ahmadiyah. apalagi kolonialisme. perang adalah “jihad kecil”. maka kaum Muslim umumnya menganggap Ahmadiyah mempunyai kitab suci sendiri. Setelah wafatnya pendiri jamaah Ahmadiyah.2 Karakteristik Aliran Sesat Menurut Agama Islam Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan 10 kriteria aliran sesat. karena Islam sendiri mengandung idea of progress. Ghulam Ahmad tidak pernah mengklaim diri sebagai pembawa syari’at. nabi pungkasan tetaplah Nabi Muhammad. sedangkan “jihad akbar” adalah menaklukkan hawa nafsu. tapi bukan dalam bentuk yang tradisional. Status “nabi” dan “rasul” pada kasus Nabi Muhammad ditafsirkan Ahmadiyah sebagai nabi dan rasul pembawa syari’at. Atas dasar kepercayaan bahwa Islam membawa rahmat bagi sekalian bangsa. Smith menjelma menjadi gerakan intelektual dan konsisten melakukan “dakwah intelektual”. bisa 5 .penutup.

Mengingkari Nabi Muhammad SAW sebagai nabi dan rasul terakhir 9. ada beberapa pendapat mengenai aliran sesat atau keluar dari tatanan dan ajaran islam. Beliau berpendapat bahwa aliran sesat adalah ajaran atau aliran yang menyelewengkan ajaran – ajaran islam dari zaman nabi sampai akhir dunia. Meyakini turunnya wahyu setelah Alquran 4. Mengubah pokok-pokok ibadah yang telah ditetapkan syariah 10. seperti yang terdapat dalan kesepuluh prinsip ini. bahkan sampai kepada vonis kafir dan murtad dari ajaran Islam. 3. Muhammad Sufyan Drs. Melakukan penafsiran Alquran yang tidak berdasarkan kaidah tafsir 6. Mengkafirkan sesama Muslim tanpa dalil syar'i Kesepuluh kriteria versi MUI ini sebenarnya bukan hal yang asing lagi. Beberapa sumber tersebut dintaranya berasal dari seorang ulama NU. Sebab sejak dahulu para ulama sudah berijma' tentang kafirnya orang yang melakukan atau meyakini suatu paham. Melecehkan dan atau merendahkan para nabi dan rasul 8. Sehingga dapat disimpulkan. Mengingkari kedudukan hadis Nabi sebagai sumber ajaran Islam 7.3 Persepsi Islam Terhadap Aliran Ahmadiyah Dari beberapa sumber yang penyusun dapatkan. Mengingkari rukun iman dan rukun Islam 2.dijadikan dasar untuk masuk ke dalam kelompok aliran sesat. 6 . Bahkan kitabkitab aqidah yang kita miliki umumnya bukan sekedar memvonis sesat. Meyakini dan atau mengikuti akidah yang tidak sesuai dalil syar`i (Alquran dan as- sunah). 1999) 2. (Raji Abdullah. bahwa aliran sesat menurut persepsi isalm adalah aliran yang memiliki semua atau beberapa karakteristik dari yang diutarakan di atas. Hal tersebut diantaranya adalah : 1. Mengingkari otentisitas dan atau kebenaran isi Alquran 5. berdasarkan putusan MUI dan ijma’ dari banyak ulama.

(persepsi ahmadiah. bahwa aliran sesat adalah aliran atau ajaran yang tidak sesuai dengan ketentuan hukum yang ada dalam al-quran. masjid dan sekolah oleh massa di Manislor. dan alhadits. Depag RI maupun MUI mestinya melindungi Ahmadiyah dari serangan pihak luar. JA 5/23/13. akan tetapi dalam tahap penyadaran. dan harus diraih untuk kembali kejalan yang benar. Tapi pada 11 Agustus 2002.I. Akan tetapi ada beberapa pendapat lain dari ulama – ulama luar negeri. Parung. kampus Mubarok. dan jika seandainya tidak dibunuh. Oleh Pemerintah RI. dan akhirnya akan memeluk agamanya (islam). 75//D. Begitu halnya dengan ulama NU. dan alhadits. bahwa aliran sesat adalah aliran yang harus dibunuh dari segi keyakinannya. Kuningan Jawa Barat. Atas dasar itu.Sehingga dapat disimpulkan. antara lain berupa pembakaran rumah-rumah. assunah. Dari paparan diatas dapat tersimpulkan. Pengakuan legal itu didasarkan pada Pasal 29 ayat 1 dan 2 UUD 1945 bahwa “Negara berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa” dan “Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agama dan kepercayaannya itu”. bahwa aliran sesat adalah sebuah anugerah dari tuhan yang harus mendapatkan toleransi untuk hidup berdampingan dengan kaum mereka (muslim). dan Pancor. dan terakhir pengrusakan 7 . bahwa para ulama NU berpendapat ajaran sesat ini adalah ajaran yang tidak sesuai dengan al-qur. Lombok Timur. dengan ketentuan tidak mengganggu HAM masing – masing. Sehingga pada hakekatnya aliran sesat adalah bagian dari kumpulan orang – orang yang berkeyakinan sama./VI/2003. bahwa aliran sesat adalah aliran yang harus dibunuh. dan diakui sebagai organisasi kemasyarakatan melalui surat Direktorat Hubungan Kelembagaan Politik No. assunah. tertanggal 13 Maret 1953.an. maka akan merusak dan membunuh badan islam itu sendiri. 2002) Ahmadiyah juga organisasi legal sejak zaman kolonial tahun 1928 (aliran Lahore) dan 1929 (aliran Qadian). para ulama Muhammadiyah dan Persis pun berpendapat demikian. antara yang benar (islam) dan yang sesat. MUI yang seharusnya melindungi dan mengayomi semua golongan umat Islam. justru menyelenggarakan seminar sehari yang menampilkan pembicara-pembicara yang secara sepihak menghasut agar Ahmadiyah dibubarkan. Sehingga tidak ada perpecahan dan pertumpahan darah bagi kedua belah pihak. Mereka mengklaim. Inilah yang memicu tindak kekerasan umat Islam. Ahmadiyah mendapat status badan hukum berdasarkan SK Menteri Kehakiman No.

sesat dan menyesatkan”. Sumber terorisme itu sebenarnya berasal dari Keputusan Munas MUI No. Kenabian Mirza Ghulam Ahmad Para pendakwah Ahmadiyah sering mengelak dan berkilah dari konsep kenabian Mirza. 05/Kep/Munas/MUI/1980 tentang fatwa yang menetapkan Ahmadiyah sebagai “jemaah di luar Islam. yang menunjukan bahwa Mirza Ghulam Ahmad nabi ataukah manusia biasa: a) Dari terjemahan buku Ahmadiyah yang berjudul (The Ahmadiyyah Movement in Islam inc. Tapi seandainya akidah Ahmadiyah dianggap berbeda. 1. “telah diwahyukan kepadanya bahwa ia juga adalah Al-Masih yang dijanjikan dan benar-benar seorang nabi yang datang seperti yang telah dikabarkan dalam agama-agama utama di dunia “. terjemahannya direstui oleh Syekh Mubarrak Ahmad. jika diawal mereka terang-terangan mengakui kenabian Mirza. Berikut beberapa teks dari buku-buku yang dikarang sendiri oleh Mirza atau pengikut aliran ini. Ia adalah “juara yang berasal dari Tuhan dengan jubah pakaian semua para Nabi”. orang Ahmadiyah pun masih berhak “menjalankan ibadah menurut agama dan kepercayaannya itu”. khususnya dalam menjalankan agama menurut kepercayaan mereka sendiri. Ahmadiyah tetap konsisten menjalankan program kemanusiaan dan menyerukan perdamaian. Banten. diluar Islam. maka aliran ini akan sulit mendapatkan simpati dan pengikut. mereka tetap berhak memperoleh hak-hak asasi mereka. FPI dan Lembaga Penelitian dan Pengkajian Islam (LPPI) berada di balik teror yang melanggar HAM itu. sebagaimana kata Zafrullah Khan. maka akan mudah lawan-lawan Ahmadiyah menyerangnya dan mengatakannya sesat. Selama ini. Hamman dari Gettysburg College. “Setelahnya”. 8 .) karangan Louis J. unsur Ahmadiyah justru perlu dimaksukkan ke dalam kepengurusan MUI dan tidak perlu dikucilkan.dan teror atas pertemuan tahunan Ahmadiyah di Cikeusik. Padahal Ahmadiyah menganut rukun iman dan rukun Islam sebagaimana umat Islam lain. Dalam kerangka Negara Hukum RI. tertulis sebagai berikut: “Bagaimanapun sampai umur 41 tahun (1876) Hazrat Ahmad mulai menerima banyak wahyu yang akan membawanya pada keyakinan bahwa didalam pribadinya telah genap datangnya AlMahdi. Mestinya. Sebab. SK MUI inilah yang “menghalalkan darah” jama’ah Ahmadiyah.

sesudah beliau tidak ada seorangpun nabi. dinukil beberapa perkataan Mirza: “Kami beriman bahwa nabi Muhammad berpangkat Khataman dan sesudah beliau tidak akan ada seorangpun terkecuali yang dipelihara oleh faidh dan berkatnya dan sudah dinyatakan oleh janjinya”. “Akan datang kepadamu hadiah-hadiah dari tempat-tempat yang jauh dan orang-orang banyak akan datang dari tempat-tempat yang jauh”. dan demi peristiwa yang akan terjadi setelah tenggelamnya matahari pada hari ini”. mereka berpendapat bahwa.  Dalam buku yang dikeluarkan oleh jamaah Ahmadiyah yang berjudul: Analisa Tentang Khataman Nabiyyin. terkecuali orang yang diterangi oleh nur beliau dan yang penzahirannya adalah bayangan dari penzahiran beliau”. sebagian diantaranya kami paparkan disini supaya terlihat bukti-bukti kebenarannya: “Seorang nabi telah datang ke dunia. jelas dan tidak diragukan lagi bahwa:  Mirza Ghulam Ahmad mengaku dirinya sebagai nabi dan rasul yang menerima wahyu  Kadang Mirza juga mengaku sebagai Al-Mahdi. Tiba-tiba saya rasakan seperti tidur dan menerima ilham yang kedua: “Apakah Allah tidak cukup bagi HambaNya?”  Di dalam buku itu. Tetapi Allah menurunkan ilham ini kepada beliau: “Persumpahan demi langit yang merupakan sumber takdir. kami percaya bahwa nabi yang dijanjikan sudah datang. “Yang menjadi perbedaan antara kami jamaah Ahmadiyah dengan golongan Islam lain hanyalah satu. yakni Hadhrat Mirza Ghulam Ahmad”. namun dunia tidak menerimanya”. Hazrat Ahmad juga mencantumkan beberapa ilham yang beliau terima.b) Dalam buku yang juga dikeluarkan oleh jamaah Ahmadiyah berjudul “Perjalanan Mirza Ghulam Ahmad” termuat sebagai berikut:  Tahun 1876 Hazrat Ahmad berusia kurang lebih 40 tahun ketika ayah beliau sakit. dan penyakitnya tidaklah begitu berbahaya. Pada hakekatnya. Dari beberapa tulisan di atas. kadang Al-Masih dan kadang Al- Mau’ud atau Masih Mau’ud  Para pengikut aliran ini sepakat bahwa Mirza adalah nabi dan menerima wahyu 9 . “Sesungguhnya nabi kita (Muhammad) adalah khatamul anbiyaa.

kitab samawi yang dipercayai ada 4 buah yaitu: Zabur.S (1994 M atau 1414 H). Suluh 2. bulan dan tahun sendiri. Ihsan 7. dalam ajaran Ahmadiyah Nabi dan Rasul yang wajib dipercayai harus 26 orang.(Dosen PascaSarjana untuk mata kuliah Hadits dan ilmu Hadits di UIN Jakarta. karena sama-sama wahyu dari Tuhan. MA. Syahadah 5. IAIN SGDBandung. Sedang tahunnya adalah Hijri Syamsi yang biasa mereka singkat dengan H. Tabuk 10. kemudian barangsiapa yang tidak mempercayainya adalah kafir atau murtad b) Ahmadiyah-Qadiyani memang mempunyai Nabi dan Rasul sendiri yaitu Mirza Ghulam Ahmad dari India c) Ahmadiyah-Qadiyan mempunyai kitab suci sendiri yaitu kitab suci Tadzkirah d) Kitab suci”Tadzkirah” tersebut adalah kumpulan wahyu yang diturunkan “tuhan” kepada Mirza Ghulam Ahmad yang kesuciannya sama dengan kitab suci Al-Qur’an. UI. Mereka mengatakan: “Alangkah celakanya orang yang telah melarang dirinya bersenang-senang dalam haji akbar ke Qadiyan.Muhammadiyah. UIN-McGill Canada. Aman 4. IIQ Jakarta. Zuhur 9.S. (Dr. Tabligh 3. 1989) 2. dan kitab suci Ahmadiyah tersebut ada di kantor LPPI e) Kalangan Ahmadiyah mempunyai tempat suci tersendiri untuk melakukan ibadah haji yaitu Rabwah dan Qadiyan di India.Disinilah kesesatan mereka mulai terihat. Membongkar kesesatan dan kedustaan ahmadiyah a) Aliran Ahmadiyah-Qadiyani itu berkeyakinan bahwa Mirza Ghulam Ahmad adalah Nabi dan Rasul. Taurat. Kewajiban menggunakan tanggal. bulan 10 . Dan selama hidupnya “nabi” Mirza tidak pernah haji ke Makkah f) Kalau dalam keyakinan umat Islam para nabi dan rasul yang wajib dipercayai hanya 25 orang. Tetapi bagi ajaran Ahmadiyah Qadiyan bahwa kitab suci yang wajib dipercayai harus 5 buah dan kitab suci yang ke-5 adalah kitab suci “Tadzkirah” yang diturunkan kepada “Nabi Mirza Ghulam Ahmad” h) Orang Ahmadiyah mempunyai perhitungan tanggal. Dosen penguji Siswazah Univ. Wafa 8. Dan tahun Ahmadiyah saat ini adalah tahun 1373 H. Kebangsaan Malaysia). Ikha’ 11. Fatah. Haji ke Makkah tanpa haji ke Qadiyan adalah haji yang kering lagi kasar”. dan Nabi dan Rasul yang ke-26 tersebut adalah “Nabi Mirza Ghulam Ahmad” g) Dalam ajaran Islam. tebalnya lebih tebal dari Al-Qur’an. Nama bulan Ahmadiyah adalah: 1. Univ. Nubuwah 12. Hijrah 6. Injil dan Al-Qur’an.Ahmad Lutfi Fatullah.

dan tahun Ahmadiyah tersendiri tersebut di atas perintah khalifah Ahmadiyah yang kedua yaitu Basyiruddin Mahmud Ahmad i) Berdasarkan firman “tuhan” yang diterima oleh “nabi” dan “rasul” Ahmadiyah yang terdapat dalam kitab suci “Tadzkirah” yang artinya: “Dialah tuhan yang mengutus rasulnya “Mirza Ghulam Ahmad” dengan membawa petunjuk dan agama yang benar agar Dia memenangkannya atas segala agama-agama semuanya.” (“kitab suci” Tadzkirah hal. 634) 11 . Artinya: ”Katakanlah-wahai Mirza Ghulam Ahmad-jika kamu benar-benar mencintai Allah. kitab suci sendiri. Semua anggota Ahmafiyah di seluruh dunia wajib tunduk dan taat tanpa reserve pada perintah dia. maka ikutilah aku” (“kitab suci” Tadzkirah hal. bulan dan tahun sendiri. Jika tidak mau menerima Ahmadiyah tentu mengalami kehancuran k) Berdasarkan “ayat” kitab suci Ahmadiyah “Tadzkirah” bahwa tugas dan fungsi Nabi Muhammad saw sebagai nabi dan rasul yang dijelaskan oleh kitab suci umat Islam AlQur’an. dibatalkan dan diganti oleh “nabi” orang Ahmadiyah Mirza Ghulam Ahmad  Firman “tuhan” dalam “kitab suci” Tadzkirah. Orang di luar Ahmadiyah adalah kafir dan wanita Ahmadiyah haram kawin dengan laki-laki di luar Ahmadiyah.637)  Firman “tuhan” dalam “kitab suci” Tadzkirah. 621) Berdasarkan keterangan yang ada dalam kitab suci Ahmadiyah di atas BAHWA AHMADIYAH BUKAN SUATU ALIRAN DALAM ISLAM. 630)  Firman “tuhan” dalam “kitab suci” Tadzkirah. tempat untuk haji sendiri serta khalifah sendiri yang sekarang khalifah yang ke-4 yang bermarkas di Inggris bernama: Thahir Ahmad. Artinya: “Sesungguhnya Kami telah menurunkan kitab suci’Tadzkirah” ini dekat dengan Qadiyan-India. Artinya: “Dan Kami tidak mengutus engkau-wahai Mirza Ghulam Ahmad-kecuali untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam”. Dan dengan kebenaran Kami menurunkannya dan dengan kebenaran dia turun. (kitab suci “Tadzkirah” hal. tanggal. (“kitab suci Tadzkirah” hal. TETAPI MERUPAKAN SUATU AGAMA YANG HARUS DIMENANGKAN TERHADAP SEMUA AGAMA-AGAMA LAINNYA TERMASUK AGAMA ISLAM j) Ahmadiyah mempunyai nabi dan rasul sendiri.

tidak mau berimam kepada orang Islam mainstream.wahai Mirza Ghulam Ahmad . Artinya: “Katakan wahai Mirza Ghulam Ahmad-sesungguhnya aku ini manusia biasa seperi kamu. apakah itu juga bukan pelanggaran HAM ummat Islam mainstream yang tidak menginginkan agamanya dinodai? Jadi. Berkata Rasulullah SAW dalam sebuah hadis yang bunyinya seperti ini: “Aku tinggalkan dua hal ini kepadamu 12 . Baiklah. Bagaimana dengan penodaan agama lslam oleh ajaran Ahmadiyah. Sekarang masalah Ahmadiyah dikait-kaitkan dengan HAM. Artinya: “Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu . Kebebasan beragama tidak berarti kebebasan untuk mempermainkan ajaran agama dengan menambah dan menguranginya. Pokoknya eksklusiflah.(“kitab suci Tadzkirah hal. kalau begitu untuk apa Tuhan menurunkan Alquran dan Rasulullah mewariskan al-Hadis kalau tidak dijadikan sebagai sebagai pegangan hidup dan pedoman bagi ummat Islam? Di dalam Alquran dan al-hadis berisi ayat-ayat dan wasiat Nabi Muhammad yang dijadikan tuntunan bagi ummat Islam untuk memutuskan mana yang ebnar dan mana yang salah. Firman “tuhan” dalam kitab suci “Tadzkirah”. Baiklah. Kelompok pembela Ahmadiyah mengatakan. tapi apakah kebebasan beragama berarti boleh mengacak-acak ajaran suatu agama yang sudah baku? Kebebasan bergama adalah kebebasan untuk memeluk suatu agama dan menjalankan ibadah sesuai agama yang diyakininya.kebaikan yang banyak” (“kitab suci” Tadzkirah hal. hanya Tuhan pemilik kebenaran. 633)  Firman “tuhan” dalam “kitab suci” Tadzkirah. Mereka beribadah di mesjid mereka sendiri dengan jemaah mereka sendiri. selalu ada alasan balik untuk membantah sebuah klaim.652) Jemaat Ahmadiyah pun sebenarnya secara tidak langsung sudah menyatakan kelompok mereka berbeda dengan Islam mainstream. ulama atau kelompok ulama (MUI yang selalu “ditembak” kelompok ini) tidak punya hak untuk memutuskan sebuah kelompok sesat atau tidak. hanya diberi wahyu kepadaku”. Kelompok pembela Ahmadiyah mengatakan melarang dan membubarkan Ahmadiyah adalah bentuk pelanggaran HAM. Mereka tidak mau shalat di masjid Islam mainstream. Kelompok pembela Ahmadiyah mengatakan bahwa pelarangan dan pembubaran Ahmadiyah merupakan pelanggaran terhadap kebebasan beragama yang dijamin oleh UUD.

mereka menggunakan kitab suci dan hadis nabi sebagai dalilnya.(Alquran dan Al-Hadis). Seperti yang sudah dijelaskan di bagian awal. (persepsi islam. jika kamu berpegang teguh kepada keduanya maka kamu tidak akan tersesat”. 2002) 13 . Para ulama tidak main-main dalam menilai sebuah ajaran. sudah tidak ada lagi ruang perbedaan pendapat. soal kenabian sudah final.

karena akar permasalahannya pada penodaan (mengubah) apa yang ada pada ajaran agama islam yang sebenarannya. maka umat islam tidak pernah melakukan kekerasan kepada umat selain islam selama umat tersebut tidak memusuhi islam . ada nabi baru setelah nabi muhammah saw yaitu “MIRZA GHAULAM AHMAD”. Sebagai contoh ajaran ahmadiyah : berdasarkan firman Tuhan yang terima oleh nabi dan rosul ahmadiyah yang terdapat dalam kitab suci “TADZKIRAH” yang artinya dialah tuhan yang telah mengutus rosulnya “MIRZA GHAULAM AHMAD” dengan membawa petunjuk 14 : Ustad Drs Sanuri : Desa Bojong Kulon RT 12/03 Kecamatan Susukan Kabupaten : Guru PAI SMP N 1 SUSUKAN CIREBOH : . Menurut bapak dimana letak permasalahan sesatnya dalam ajaran ahmadiyah? Jawaban : Masalah ahmadiayah mungkin tidak akan selesai. jika kaum ahmadiyah masih mengaku sebagai umat islam. Seperti solat lima waktu cukup dikerjakan satu waktu.akan tetapi jika ahmadiyah menyatakan diri bukan dari umat islam.puasa ramadhan tidak wajib. Jadi selama ahmadiyah masihb memakai lebel islam berarti ahmadiyah disebut agama atau aliran sesat dan harus diselesaikan oleh seluruh komponen bangsa.BAB III HASIL WAWANCARA Hasil Wawancara Hasil wawancara mengenai upacara nadran menurut pandangan masyarakat(warga cirebon) adalah sebagai berikut: Nama Narasumber Alamat cirebon Pekerjaan Hasil Wawancara Pertanyaan 1. Apakah bapak mengetahui tentang ajaran ahmadiyah? 2.

30 Maret 2011 Ttd Ustad Sanuri Wawacara terhadap mahasiswa FPTK Pertayaan : Apakah ajaran ahmadiyah menurut anda sesat. Berdasarkan keterangan yang ada dalam kitab suci ahmadiyah tersebut jelaslah bahwa : AHMADIYAH BUKAN SUATU ALIRAN DALAM ISLAM. Nama : Yopi (OT’09) 15 . karena menganggap MIRZA GHAULAM AHMAD sebagai Rosul mereka.TETAPI MERUPAKAN SUATU AGAMA YANG HARUS DIMENAGKAN TERHADAP SEMUA AGAMA.sesat karena mereka mengakui setelah Nabi Muhammad SAWada Nabi lagi yaitu MIRZA GHAULAM AHMAD. maka sesara akidah mereka bukanlah akidah islam(kafir) Nama : Havizan (OT’09) Yang jelas ahmadiyah golongan sesat.dan agama yang benar agar dia menenangkan atas segala agama-agama semuanya “(KITAB SUCI TADZKIRAH hal 621). Cirebon.bahkan mereka mengarang kitab sendiri yang isinya mengacak-acak Al-QURAN.dimana letak kesesatannya? Jawaban dari mahasiswa Nama : Setiawan hidayat (PP’09) Ahmadiyah adalah jamaah yang sesat dan menyesatkan. Menyesatkan karena mereka menyebarkan pemikiran dan ajaranannya kepada umat islam. oleh karena itu menurut hemat saya masalah ahmadiyah harus segera diselesaikan dan diluruskan sehingga tidak menimbulkan masalah baru dikemudian hari .AGAMA-AGAMA LAINYA TERMASUK AGAMA ISLAM . kemudian ahmadiyah terbukti mendapat bantuan dana dari inggris tuk menyebarkan ajaran sesatnya.

Hingga sampai sekarang petinngi dan pejabat masih merundingkan terhadap keberadaan ahmadiyah untuk tetap ada apa tidaknya.yang membuat dia mengaku Nabi setelah Nabi Muhammad SAW.Menurut saya dia tu(Ahmadiyah) menganggap ada Nabi setelah Nabi Muhammad. namun baru diperbincangan setelah media banyak menayangkan. terus ada kitab rujukan lain selain al-quran. Nama : Usman (PP’09) Suatu lembaga / persatuan kaum yang bisa dianggap sebagai ajaran yang menyimpang sangat jauh dari kenyataan ajaran islam yang sebenarnya dari nabi muhammad. Perusakan terjadi awalnya dari satu tempat kemudian melebar luas lewat media sehinngga orang lainpun terpancing untuk melakukan pengrusakan di setiap keberadaan ahmadiyah. sama halnya dengan NU dan Muhamadiyah.yang sekarang terjadi tindakan anarkis dengan alasan bahwa Ahmadiyah adalah menyiarkan agama sesat. Yang saya tahu. setelah beberapa lama mendapat kencaman/hujatan akhirnya dia mengklarifikasi bahwa dirinya bukan Nabi Muhammad SAW.. Nama : Hasan (PP’09) Ahmadiyah suatu organisasi keagamaan. 16 . pendiri ahmadiyah dulu mrmberi pengakuan bahwa dirinya itu mendapatkan wahyu. ajaran agama ini sebenarnya sudah lama keberadaannya sebelum melebar luas dengan jumlah ummatnya semain banyak namun sesat. Dan akhirnya sampai sekang berdiri Ahmadiyah.

maka konflik horizontal akan terus terjadi antara kelompok Ahmadiyah dengan umat Islam mainstream tadi. Sebelum anarkisme massa semakin brutal. dalam tataran implementasinya tentunya kita sebagai orang awam tidak boleh main tuduh. Sehingga kesepuluh kriteria dan khususnya aliran ahmadiyah ini tidak sekedar menjadi criteria dan isue ajaran ompong yang tidak bisa dieksekusi menjadi sebuah tindakan nyata. hanya di Indonesia yang belum. Anarkisme terhadap jemaah Ahmadiyah adalah masalah hukum dimana polisi harus menindak pelaku anarkis. Harus ada proses cek. hal itu sangat tidak dibenarkan. Organisasi OKI pun sudah menyatakan Ahmadiyah sebagai aliran di luar Islam.BAB IV KESIMPULAN Meskipun sudah ada 10 kriteria aliran sesat. re-cek dan cros-cek. Mereka yang diindikasikan sebagai penyeru ajaran sesat harus dipanggil untuk dimintai keterangan dan diklarifikasi. seharusnya ada mahkamah syar'iyah yang diberi payung hukum sah oleh UUD yang berlaku di negeri ini. ataukah sekedar fitnah dari lawan-lawan mereka yang tidak suka. Untuk aliran ahmadiyahnya sendiri. sebab bagimananpun jemaah Ahmadiyah itu adalah saudara sebangsa juga yang dilindungi oleh hukum. 17 . Semua harus diselidiki secara seksama dan tidak dengan cara yang terburu-buru. atau anarkisme terjadap jemaah Ahmadiyah bukanlah ajaran Islam. Perusakan. Di negara-negara Islam lainnya ajaran Ahmadiyah sudah dilarang. Pemerintah Indonesia sebenarnya sudah berdosa karena selama ini telah membiarkan jemaah Ahmadiyah menginjak tanah suci Mekah dan Madinah untuk berhaji (yang sebenarnya haram bagi orang non-Muslim). Dalam praktek idealnya. Kalau tidak. maka Pemerintah dituntut ketegasannya. penyerangan. Tetap harus ada mekanisme yang benar dalam proses untuk mengeluarkan vonis sesatnya. Adakah isu yang beredar bahwa mereka mengajarkan kesesatan itu mereka akui. menurut saya pemerintah harus tegas untuk menentukan status Ahmadiyah.

Dosen penguji Siswazah Univ.waspada.(Dosen PascaSarjana untuk mata kuliah Hadits dan ilmu Hadits di UIN Jakarta.//www.DAFTAR PUSTAKA (2002. Retrieved february 19. farbruary 24). menguak kesesatan aliran ahmadiyah . Raji Abdullah. from sejarah ahmadiayah: http://www.perpustakaan_islam. Kebangsaan Malaysia). Retrieved fedruary 19.id (2002. from persepsi islam: http://www. Univ. Retrieved february 19.Ahmad Lutfi Fatullah. (1989).com Dr. 18 . (1999). 2011.id (2002. UI. Retrieved february 19. from persepsi ahmadiah: http://www.Muhammadiyah. jakarta. MA.com (2002. IAIN SGDBandung. february 19). 2011. Diadaptasi dari Mengenal Aliran-Aliran Islam dan Ciri-Ciri Ajarannya. UIN-McGill Canada. jakarta.waspada. february 24). 2011. 2011. from sejarah ahmadiayah: http.co.waspada.co. Muhammad Sufyan Drs. IIQ Jakarta. february 24).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful