You are on page 1of 8

PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI PADA PERUSAHAAN KULINER KHASJOGJABAKPIA PATOK 25 Dosen Pengampu : Moch Imron

DISUSUN OLEH: 1.SUGIARTI(08012051) 2.(08012) 3.(08012)

JURUSAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA 2011

C. C. D. B. BAB III KESIMPULAN DAFTAR PUSTAKA . F. E. BAB II PEMBAHASAN MASALAH A.DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL KATA PENGANTAR DAFTAR ISI BAB I PENDAHULUAN A. B.

salawat serta salam semoga tetap tercurah kepada Muhamad SAW.Tuhan semesta alam.kritik dan saran terhadap makalah ini sangat diharapkan untuk memperbaiki hasil penelitian dan mendapat hasil yang semaksimal mungkindi masa mendatang. dan motivasi dari berbagai pihak yang selama ini telah banyak membantu.KATA PERNGANTAR Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyaang.mei 201 Penulis .dan hidayahNya penulis akhirnya dapat menyelesaikan makalah ini dengan lancar.rahmad.tetapi semua ini berkat adanya bimbingan. dan tepat pada waktunya untuk memenuhi tugas Sistem Informasi Manajemen yang di berikan oleh pengampu mata kuliah tersebut.keluarga dan sahabatnya. Makalah ini bukanlah mutlak kerja keras penulis saja. Yogyakarta.Dzat yang maha pengasih lagi maha pemurah.bantuan. Atas limpahan berkah.Segala puji bagi Allah.penulis ingin mengukapkan rasa terimakasih pada pihak-pihak yang telah berperan dalam penulisan makalah ini. Oleh karna itu. Penulisan menyadaribahwa penulis makalah ini tidak lepas dari kekurangan dan keterbatasan.

mereka dituntut untuk selalu dapat memperoleh informasi yang paling akurat dan terkini yang dapat digunakannya dalam proses pengambilan keputusan. . Meningkatnya penggunaan teknologi informasi. berkualitas. tahap-tahap pengembangan sistem. Pada bagian akhir modul ini juga akan dibahas mengenai bagaimana sistem pengamanan dan pengendalian dalam pemanfaatan teknologi informasi di dalam sistem informasi manajemen. dan peran penting dari sistem pendukung untuk pengambilan keputusan. Dalam modul sistem informasi manajemen ini. khususnya internet. Setiap organisasi dapat memanfaatkan internet dan jaringan teknologi informasi untuk menjalankan berbagai aktivitasnya secara elektronis seperti terlihat pada Para manajer di berbagai organisasi juga diharapkan dapat dengan lebih mudah untuk menganalisis kinerjanya secara konstan dan konsisten dengan pemanfaatan teknologi informasi yang tersedia.Latar Belakang Masalah Perkembangan sistem informasi manajemen telah menyebabkan terjadinya perubahan yang cukup signifikan dalam pola pengambilan keputusan yang dilakukan oleh manajemen baik pada tingkat operasional (pelaksana teknis) maupun pimpinan pada semua jenjang. topik-topik yang dibahas antara lain berkenaan dengan bagaimana pemanfaatan teknologi informasi dikaitkan dengan pentingnya atau bantuannya dalam proses pengambilan keputusan manajemen. dan tepat waktu. Selain itu dibahas pula mengenai perkembangan dari sistem informasi manajemen. Perkembangan ini juga telah menyebabkan perubahan-perubahan peran dari para manajer dalam pengambilan keputusan. telah membawa setiap orang dapat melaksanakan berbagai aktivitas dengan lebih akurat.

Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas maka masalah tersebut dapat dirumuskan menjadi sebagai berikut : 1. Bagaimana informasi pemasaran yang tepat pada bakpia phatuk 25? 4. Adapun tujuan khusus diantaranya : 1. 3. Memberikan informasi kepada pembaca tentang perusahaan yang terdapat di Yogyakarta khususnya pada Bakpia Pathuk 25. Untuk menngetahui sistem keamanan yang ada pada perusahaan bakpia pathuk 25. Bagaimana sumberdaya komputerisasi dan komunikasi dalam pemasaran bakpia phatok 25? 2. Bagaimana Tujuan Penelitian Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah sebagai alat untuk menggali potensi diri dalam hal mengobservasi suatu perusahaan. Bagaimana sistem manajemen basis data yang ada pada perusahaan bakpia pathuk 25? 3.Berdasarkan uraian tersebut penulis ingin mengevaluasi tentang pemakaian Sistem Informasi Manajemen pada Perusahaan Makanan Khas Jogjakarta yaitu bakpia phtuk 25. . Untuk mengetahui sumber daya dan komunikasi yang ada pada toko Bakpia pathouk 25. 2.

4. 3) Pengendalian persediaan memberikan informasi pada bagian persediaan sehingga meminimalkan terjadinya overstock dan understock. 2) Bagi peneliti. Memenuhi salah satu tugas mata kuliah Sistem Informasi Manajemen. Manfaat praktis a. Sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan penulis dalam hal penulisan karya tulis. dan keamanan yanga ada pada perusahaan makanan khas jogja (bakpia pathuk 25). Manfaat Penulisan Manfaat yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah : 1. 5. 2) Memberikan sumbangan pemikiran kepada perusahaan yang nantinya dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan oleh perusahaan dalam mengambil kebijaksanaan mengenai masalah persediaan. peran teknologi dan informasi untuk mengambil keputusan. Bagi Mahasiawa 1) Mahasiswa dapat menenal system informasi manajemen yang ada pada perusahaan bakpia pathuk. 2. . pengembangan system. merupakan penerapan ilmu yang didapat selama kuliah dengan kondisi di lapangan. Manfaat Secara Teoris 1) Secara teoris penulisan ini adalah memberi sumbangan berupa ilmu pengetahuan tentang system informasi manajemen.

b. Produksi bakpia yang dilakukan oleh bapak Arlen Sanjaya (Bp Arlen Sanjaya adalah generasi penerus pembuat Bakpia Pathok 25 yang dahulu berasal dari bisnis keluarga) setiap harinya tidak tetap karena produk yang kami buat "Selalu Baru dan Hangat". 2) Menambah wawasan dan pengalaman tentang cara-cara mengambil keputusan dengan teknologi dan informasi yang ada. Bagi Penulis 1) Bagi penulis. dalam rangka memenuhi kebutuhan konsumen. merupakan penerapan ilmu yang didapat selama kuliah dengan kondisi di lapangan. Bagi Perusahaan Sebagai masuakan perusahan untuk selalu mengembangakan dan berinvasi menciptakan produk-produk yang bekualitas. Demikian pesatnya perkembangan "kue oleh-oleh" itu hingga mencapai booming sejak sekitar tahun 1992. Perusahaan . c. yang artinya adalah kue pia (kue) kacang hijau. Selain itu pula bakpia mulai diproduksi di kampung Pathuk Yogyakarta. sejak sekitar tahun 1948. Sejarah Umum Bakpia Patok 25 Bakpia sebenarnya berasal dari negeri Cina. Waktu itu masih diperdagangkan secara eceran dikemas dalam besek tanpa label. peminatnya pun masih sangat terbatas. yang di harapkan memperkaya kajian penelitian di Univesitas Ahmad Dahlan. Pada tahun 1980 mulai tampil kemasan baru dengan merek dagang sesuai nomor rumah.3) Bagi pihak lain dapat dijadikan sebagai bahan referensi pada penelitian berikutnya khususnya yang berkaitan dengan penggunaan SIM. aslinya bernama Tou Luk Pia. diikuti munculnya bakpia-bakpia lain dengan merek dagang nomer berlainan.

Sistem Distribusi Bakpia Pathok 25 Sistem Teknologi Informasi Perusahaan Makanan Khas Jogjakarta (bakpia pathok 25) Penggunaan Sistem Informasi Manajemen . Toko-toko cabang ini biasanya mengambil bakpia dari pusat produksi dengan merek dagang 25. Tubun dan 1 toko cabang di jalan Bhayangkara.serta 2 toko dijalan Laksada Adisucipto (jalan ke arah kota Solo). Pengertian System Informasi Manajemen Menurut Sumarni dan Suprihantoro (1993) : Sistem Informasi Manajemen adalah system manusia atau mesin yang terpadu. untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi oprasi manajemen dan pengambilan keputusan dalam suatu organisasi.Bakpia Pathuk "25" mempunyai 5 toko cabang yaitu 2 toko cabang di jalan AIP KS.