School Development Plan (Rencana Pengembangan Sekolah

)

Disusun Oleh : Tim SMK Negeri 1 Kota Bekasi

Jl. Bintara VIII No.2 Bekasi Barat 17134 Telp. ( 021 ) 88951151 Web: www.smkn1kotabekasi.sch.id e-mail : info@smkn1kotabekasi.sch.id
1

PEMERINTAH PROVINSI JAWA BARAT DINAS PENDIDIKAN R-SMK-BI NEGERI 1 KOTA BEKASI

Dalam "Daftar Isi" butir A (Singkatan dan Istilah Teknis) dan B (Pengantar) dan Bab 6 (Strategi dan Aktivitas dikemudian) akan diproses dan diselesaikan oleh proyek. dalam suatu kegiatan konsultasi dengan sekolah anda. Petunjuk pengisian terlampir berfungsi sebagai alat bantu bagi sekolah dalam pengisian template ini. Proyek juga akan mengunjungi sekolah anda. meninjau kembali hasil pengisian template dan bersama-sama melengkapi data yang kurang. sesuai dengan data dan informasi yang tersedia. Jawaban pertanyaan dan pengisian data lainnya akan dilakukan oleh sekolah. 2 .2011 PenjelasanUmum Template ini dimulai dengan ikhtisar (Daftar Isi) dari Rencana Pengembangan Sekolah (SDP).

Peralatan: .. 2.Daftar Isi A. Infrastruktur: Penambahan ruang Praktek dan Unit Produksi 2.Mesin Las MIG 4 .Las Plasma 2 3.Mesin Las Busur 3 .. VISI dan MISI 1 Status Sekolah 1..1.Mesin Las TIG 5 .Teknik Pengelasan...Oven Elektroda 3 .6 Struktur organisasi sekolah 2 Jurusan/program studi dan Program Pelatihan 2.Rencana pengadaan 1.Mesin Pengujian kwalitas Las: Pengujian tekuk.4 Pendekatan-pendekatan inovatif.1 Infrastruktur dan fasilitas yang dipunyai saat ini dan yang akan datang 3..Mesin Las Busur 2 . Singkatan dan Istilah Teknis B.1 Pengaruh lingkungan terhadap sekolah 1..4 Proyeksi penerimaan siswa jangka menengah 2....2..2 Jaringan kerja sama dan mitra usaha 2. tekan dan X ray .1 Program studi keahlian yang akan diusulkan untuk Dikembangkan ..3 Daftar program studi keahlian yang akan dikembangkan 2..1 Program Studi Keahlian Teknik Pengelasan 3 .Las Oxy Asetelyn 2 ..5 Ringkasan Tahun 2011-2012 diproyeksikan Penerimaan siswa baru 1 kelas 32 org Dengan memperoleh sertifikat kwalifikasi Tahun 2012-2013 diproyeksikan penerimaan siswa baru 2 kelas 64 org Dengan memperoleh sertifikat kwalifikasi 3 Infrastruktur dan Peralatan pada program studi yang akan dikembangkan 3.4. Pengantar C.5 Profil sekolah 1..3 Rehabilitasi/perbaikan dan rencana penataan ke depan 1.. misalnyaaktifitas yang berpotensimenghasilkan pendapatan (Teaching Industry) 1...Spot Gun 1 ..Saat ini yang dimiliki: ..1 Ikhtisar jurusan / program studi keahlian dan program pelatihan 2.2 Relevansi sekolah bagi wilayah 1.1 Program Studi Keahlian Teknik Pengelasan .2 Penjelasan singkat tentang fungsi bengkel/laboratorium dan peralatan 3.

3 Jurusan/program studi Keahlian dan program pelatihan Ikhtisar jurusan/program studi keahlian dan program pelatihan Hubungan jaringan dan mitra kerjasama Pengembangan jurusan / Program Studi Keahlian / Kompetensi Keahlian 2. 11.1 Anggaran operasional 5. Pelaksanaan Unit Produksi dan Pelatihan guru-guru.4 Proyeksi jangka menengah bagi Jurusan / Program Studi Keahlian / Kompetensi Keahlian yang dipromosikan (Bagian 2.1 Kebutuhan (kuantitatif) untuk manajemen dan staf pengajar 4.2 Program pengembalian biaya investasi (cost recovery program) dan proyeksi pendapatan 5.4 memaparkan rencana pengembangan program studi / program pelatihan untuk tiga tahun ke depan). 2 2.4 Depresiasi 6.1 2.6F 1G .1 jurusan / program studi keahlian / kompetensi keahlian yang diusulkan untuk dipromosikan / dikembangkan 4 .sch.3 Pemeliharaan fasilitas dan peralatan 5.id paling lambat Hari Kamis Besok Sebelum Pukul.2 Kebutuhan pelatihan untuk manajemen dan staf pengajar Pelatihan diperlukan untuk peningkatan kwalitas keahlian tenaga pengajar terutama level 1F . 4 Sumber Daya Manusia 4.00 WIB .3G 4G .4.Fungsi bengkel yaitu sebagai sarana pelatihan/praktek siswasiswi R-SMK-BI Negeri 1 Kota bekasi.2 2. Isilah pada 2.6GR 5 Keuangan 5. Strategi dan Aktivitas mendatang 7 Daftar lampiran Perhatian : Yang Diberi Warna Merah Harus Dikerjakan Oleh Seluruh Kepala Kompetensi Keahlian sesuai format yang ada dan seluruh file dikirim kembali ke info@smkn1kotabekasi. Terimakasih.

..4........... Jurusan / Program Studi Keahlian / Kompetensi Keahlian: ........siswa/kelas.. serta data-data berikut ini: • Jumlah penerimaan siswa dan tahun penerimaan • Jumlah siswa menurut jenis kelamin untuk setiap tahun • Jumlah siswa keseluruhan 2...4....4..../.......dan seterusnya. (sesuai angka 1............5 Ringkasan Lengkapilah tabel berikut ini yang merupakan ringkasan dari keseluruhan proyeksi penerimaan siswa padaJurusan / program studi keahlian / Kompetensi Keahlian yang akan dikembangkan dengan standard sebanyak ..1.....Proyeksi jumlah penerimaan pada jurusan.3 Nama Jurusan/program studi keahlian/Kompetensi Keahlian …………dst (buatlah tabel dan isilah sesuai usulan pengembangan / promosi di sekolah anda) Di dalam tabel 2..............1..../..... Jurusan / Program Studi Keahlian / Kompetensi Keahlian: Tahun Penerim aan Siswa 20.... 20...1....1..1 Jurusan / Program Studi Keahlian / Kompetensi Keahlian (untuk yang dipromosikan saja – lihat petunjuk pengisian) 1. Tabel 4: Proyeksi penerimaan siswa di semua program bidang studi yang akan dikembangkan Program studi keahlian 2012/2013 2013/2014 2014/2015 5 ...../... 3 pada butir 2...1 – lihat petunjuk pengisian) Tabel 3.. Kelas 1 Kelas 2 Kelas 3 Kelas 1 Kelas 2 Kelas 3 Kelas 1 Kelas 2 Kelas 3 P W P 41 92 269 W P 22 W P 29 W P 28 W P 1 99 41 W P 19 W P 1 29 W P 78 28 W 1 28 1 Subtotal Total Penjelasan: 2..1 Nama Jurusan/program studi keahlian/Kompetensi Keahlian …………… 2...\...2... Teknik Pengelasan....4. 2.4....1.. 20..1.. Teknik pengelasan 2....1... 2.... 2. tuliskan proyeksi penerimaan siswa untuk tiga tahun mendatang.. Teknik Pengelasan 3....4..4..32..2 Nama Jurusan/program studi keahlian/Kompetensi Keahlian............

1 menggaris bawahi standar nasional dan peraturan yang dikeluarkan oleh tiga kementerian yaitu Kemendiknas. yang harus diikuti dalam kaitannya dengan pembangunan dan renovasi bengkel / laboratorium. Kemenperin dan Kemenakertrans.Teknik Pengelasn P 32 W P 32 W P 32 W 3 Infrastruktur dan Peralatan untuk Jurusan/Program Studi Keahlian/Kompetensi Keahlian yang dikembangkan 3. Pengembangan konsep tersebut harus dijelaskan secara singkat.1 Infrastuktur dan Fasilitas saat ini dan mendatang pada Jurusan/Program Studi Keahlian Bab 3 dimulai dengan pengantar. sedangkan butir 3. pelatihan keterampilan yang terkait dengan pengembangan sikap spesifik. 6 . serta pengadaan peralatan (lihat petunjuk pengisian). Pada saat yang sama standard tersebut memerlukan sebuah konsep pedagogik yang mendasari transfer keahlian.

. Tabel 5: Infrastruktur dan fasilitas Jurusan/program studi keahlian/Kompetensi Keahlian ..1.1 Jurusan/Program studi keahlian/Kompetensi Keahlian .. Tabel berikut memberikan gambaran tentang infrastruktur inti yang ada. jumlah ruang kelas total yang sudah ada dan yang akan dibangun) serta keterangan yang menjelaskan.. Tempat pelatihan/ Kapasitas laboratorium Jumlah ruangan Yang diperlukan 1 2 Bengkel las Lab gambar 2 kelas 1 kelas 1 1 Yang sudah ada 1 1 Yang akan dibangun Keterangan Tabel 6: Infrastruktur dan fasilitas Jurusan/program studi keahlian/Kompetensi Keahlian Teknik Pengelasan No. Tempat pelatihan/laboratorium Kapasitas Jumlah ruangan Yang diperluk an Yang Yang sudah akan ada dibang un Keterangan 3.. dan fasilitas yang secara umum diperlukan di jurusan/Program Studi Keahlian/Kompetensi Keahlian yang dipromosikan (misalnya: tempat pelatihan dan kapasitasnya....3.2 Penjelasan singkat fungsi bengkel/laboratoriumdan peralatan yang diperlukan 7 . Pada kolom Keterangan isilah semua indikasiyang signifikan dan dibutuhkan untuk komponen fisik sekolah (lihat petunjuk pengisian)...Teknik Pengelasan No...

Isilah tabel-tabel setelah poin 3. 3. Indikasi jumlah harus mempertimbangkan rasio guru dan jumlah siswa.sikat Helm auto.2 yang menjelaskan organisasi ruang bengkel / laboratorium dan fungsi ruang (fokus pada konten pelatihan) pada Jurusan / Program Studi Keahlian / Kompetensi Keahlian yang dipromosikan dan daftar peralatan yang dibutuhkan sesuai konten pelatihan (lihat petunjuk pengisian).palu kawat.1 Kebutuhan kuantitatif manajemen dan staf pengajar sekolah Bagian ini berisi penjelasan singkat kondisi kuantitatifSDM di sekolah anda.sikat 4 Sumber daya manusia 4.1 Jurusan/Program Studi Keahlian/Kompetensi Keahlian Teknik Pengelasan Tabel 7: Tempat pelatihandan fungsinya pada jurusan Teknik Pengelasan Bengkel Deskripsi Detail aktivitas/spesifikasi kegiatan Melakukan penyambungan/pengelasn dengan las busur manual dua buah plat tebal 10mm yang telah di grove Melakukan pemotongan plat tebal 10-20mm Dengan mesin potong plat dengan gas acytilen dan gas oksigen semi auto Melakukan pemotongan pipa tebal 10-20mm Dengan mesin potong pipa dengan gas acytilen dan gas oksigen semi auto Melakukan pengelasan plat dengan posisi filet dari 1F-4F Lab Pengelasan pengelasan dengan posisi 1G -4G Lab Pemotongan pengelasan plat tebal Lab pengelasn Pemotongan pipa tebal Lab Pengelasan pengelasan dengan posisi 1F -4F Tabel 8: Pengelompokan peralatan ("clustering") yang diperlukan (lihat petunjuk pengisian) Cluster 01: Cluster 02: Cluster 03: Cluster 04: Helm auto .sepatu safety dan masker terak.apron lengkap.apron lengkap.gerinda tangan. serta rasio jam mengajar 8 .palu kawat.tourch/brander acy potong.apron lengkap.2.gerinda tangan.tourch/brander acy potong.apron lengkap.sepatu safety dan masker terak.dan sepatu safety Helm auto.dan sepatu safety Helm auto .

.............. Bukaka Teknik Utama • TTUC....... Tabel 9: Kebutuhan kuantitatif untuk staf pengajar dan manajemen Yang Yang suda diperlu h ada kan Kategori Manajemen Kepala Sekolah Wakil Kepala Sekolah Kepala Administrasi Sub-total manajemen Staf pengajar Normatif Adaptif Produktif 6 Spesialisasi 6 Total 4........ • BLK Cinere Jakarta • ...................... 9 .yang harus direalisasikan secepat mungkin........ Sebutkanlah juga tempat-tempat dan lembaga pelatihan dimana pelatihan dapat dilakukan...... Pelatihan untuk Staf Pengajar yang diperlukan: • PT..2 kebutuhan pelatihan untuk manajemen sekolah dan staf pengajar Uraikan analisa kebutuhan pelatihan singkat untuk Manajemen Sekolah dan Staf Pengajar dan Jenis Program Pelatihan SDM yang diperlukan....Bandung dan TTUC Malang.teori dan mengajar praktik.... Isilah tabel berikut untuk menunjukkan jumlahkuantitatif manajemen sekolah dan staf pengajar yang menjelaskan personil yang ada saat ini dan personil yang diperlukan..........................

10 .