BAB I PENDAHULUAN

Teknologi modem yang maju pesat, di samping membawa kenikmatandan kebahagiaan bagi manusia, juga membawa serta polusiyang mengancam kesehatan jasmani dan rohani.. Sejumlah orangcenderung untuk memanjakan diri, khususnya kecenderungan menjadikanketidakaktifan jasmani sebagai kebiasaan hidup tanpa'menyadariakibat-akibatnya. Kegiatan mental nampak lebih menonjol dan lebih penting daripada jasmani, biarpun seharusnya tidaklah demikian, sebab ada hubungantimbal-balik antara aktivitas jasmani dan mental, aktivitasyang satumempengaruhi/dipengaruhi yang lainnya. (Webster,1965:26).Masyarakat kota sering mengalami gangguan atau sakit yang disebabkanoleh ketidakaktifan jasmaninya, hal ini lazim dinamakan'hypokinetik disease'.Tubuh yang tidak pernah dipakai, keadaannya akan makinmemburuk. Kerja pam-paru menjadi tidak efisien; jantung makinmelemah; kelentuI"an pembuluh-pembuluh darah berkurang; keteganganotot-otot hHang dan seluruh tubuh menjadi lemah,sehinggamerupakan sasaran empuk bagi berbagai macam penyakil. Seluruhsistem penyalur oksigen boleh dikatakan berkerut seluruhnya(Cooper, 1982:207.Kesegaran jasmani merupakan kebutuhan semua orang, karenafungsi dari kesegaran jasmani adalah untuk mengembangkan kesanggupandan kemampuan seseorang, disamping juga berguna untuk.mempertinggi daya kerja. (Moeljono, 1982:7). Apabila keadaankesegaran jasmani lebih baik berarti kapasitas belajar Ibekerja pun Imenjadi lebih baik. (Karpov,ich, 1963:266).Menurut The American Medical Association ada tujuh faktoryang mempengaruhi kesegaran jasmani, yaitu: (1) kesehatan perorangan,(2) makanan, (3) pemeliharaan gizi, (4) larihan, (5) pemuasankerja, (6) permainan sehat dan rekreasi, (7) istirahat dan pelemasan/relaksasi. (Moeljono, 1982:11). Dalam tulisan ini hanya akanmembahas faktor latihan, khususnya olahraga lari.

1

Ada versi yang mengatakanbermula daribangsaYunani yang sedangdilanda peperangan antarakaumYunani danPersia dikotaMarathonasPulau Egina Yunani.Namun secara logis dapat dikatakan bahwa manusia memiliki kaki untuk beraktifitas tentunya dari kecil sudah dapat berlari-lari untuk bergembira atau mengejar sesuatu. Untuk lari jarak jauh dibagi menjadi 500m. 10. Dalam perkembangnya cabang olah raga lari terbagi menjadi lari cepat jarakpendek (sprint). sebenarnya telah dapatberjalan danberlari. 1500m. lari jarak jauh (long distance).500m. 60m. 100m.4 miles) dalam sehari untukmengabarkan kemenangannyasesampainya di kota sambil berteriak yangakhirnya pingsan dan meninggal dunia. 300m. Sipembawa pesan berlari keAthena sepanjang40.Dari hasil berlari yang kemudian dia merasakan manfaat yang dirasakan 2 . 200m. Olah raga ini pun berkembang menjadi beberapa cabang yang dibagi dalam jaraktempuh tertentu. 150m. Lari jarakpendekpun terbagi lagi menjadi lari jarak 50m. 400m. Sejak manusia ada.8 km (25. lari jarak sedang (middle distance). namun tidak tercatat sebagai olah raga prestasi untukmengetahui tercepat data terkuat. heptathlon. 55m.000m. Setelah mengalami berbagai event dan waktu. apakah sejak manusia muncul di bumi sudah memiliki kegiatan berlari dalam hidupnya atau setelah beberapa keturunan baru ada kegiatan lari. danmarathon.Untuk mengenang kemenangan perangtersebut dan menghormati si pembawapesan maka beberapa periode diadakan lomba lari dan semakin berkembangmenjadi olahraga prestasi modern dan terpecah menjadi berbagai cabang lari.PasukanPersi a mengalami kekalahan danpasukanYunani yang memenangkanperang. triathlon. decathlon. Konon kabarnya cabang olah raga lari marathon pertama kali dilombakan dalam olimpiadeyang diadakan di kotaAthena dimenangkan olehEucles dan pada lomba berikutnyadimenangkan olehPhi l ippides. Sedangkan aktifitas lari sebagai kebugaran/pemeliharaan fisik badan tidak tercatat. half marathon. lomba iniberubah menjadi Olimpiade dan pada periode selanjutnya mendapat julukan olimpiademodern. Saat ini perkembangan lebih pesat lagi dan cenderung digabungkan dengan cabang olah raga lain seperti lari haling rintang.BAB II LARI A. pentathlon. Sejarah Lari Sejarah lari memang tidak tertulis secara otentik sejak kapan manusia berlari sebagaiprestasi atau untuk kebugaran. Pada jarak menengah terbagi 800m. 3000m. memerintahkan salah seorangpasukannya untuk membawa pesan.

ayun ('swing'). 1500m. serta ada saat-saat melayang.Fase menyokong terdiri atas sentuhan tumit ('heel strike'). 2. melibatkan seluruh badan dan terdiri dari fase menyokong ('support phase') dan fase mengayun ('swing phase'). Pengertian Lari Lari merupakan gerak siklik yang berulang-ulang. 3 . setiap kali hanya satu kaki yang menyangga badan. pad a waktu 'jogging' kurang lebih 30070. namun berubah menjadi klub sehat dan menjadi gaya hidup bahkan untuk bersosialisasi. menapak ('stance'). (Dangsina. Event yang umum adalah 60m (hanya didalam ruangan). Fase mengayun terdiri atas fase lanjutan gerak ('follow through').(Sadoso. Yang berarti bahwa tidak hanya olah raga lari untuk prestasi saja yang berkembang dan digabungkan dengan cabang olah raga lainnya.Kecenderungan manusia pada saat tumbuh dewasa juga beraktifitas lari mengejar hewan dengan berburu menggunakan alat buruan seperti tombak atau batu. dan tinggallandas jarijemari ('toes off'). satu mil dan 3000m. bahkan sering kali dikatakan bahwa lari adalah proses melompat berkali. 100m. Lama kelamaan menyadari bahwa manusia tetap membutuhkan oleh raga lari dalam aktifitasnya untuk memelihara kesehatanya. 3. Suatu saat akan muncul klub olah raga lari non prestasi menjaditrend gaya hidup seperti klub bike to work atau klubbody building. Jarak Menengah: event dari 800m sampai 3000m.dan pada waktu lari cepat kurang lebih 50070. Sehingga menjadi kecenderungan bahwa manusia memilih olah raga lari dalam hidupnya untuk dijadikan kebiasaan atau hobi. namun olah raga lari non prestasi (untuk kebugaran) juga mengalami perkembangan yang digabungkan dengan aktifitas lain manusia.Semakin modern manusia hidup pada suatu era semakin sedikit aktifitas berjalan dan berlari. 800m. dalam era modern keinginan manusia tidak hanya dijadikan sekedar hobi. dan penurunan kaki ('drop down'). Sprint: event yang termasuk 400m. B. 200m dan 400m. 1987).setelah beraktifitas maka selanjutnya manusia memelihara aktifitas lari dalam hidupnya. Semakin cepat lari semakin ban yak waktu melayang di udara. Lari berintang ± lomba (biasanya 300m) dimana pelarinya harus melewati rintangan seperti penghalang dan rintangan air. 1984:84). Macam Macam Lari 1. Pada lari tidak terjadi fase 'double stance' seperti halnya pada jalan. Kini. C.

Lari jalanan: dilangsungkan di jalanan terbuka. Kelenturan ('flexibility')Kelenturan menyatakan kemungkinan gerak maksimal yang dapatdilakukan . Keseimbangan ('balance')Keseimbangan adalah kemampuan mempertahankan sikap tubuhyang tepat pada saat melakukan gerakan. jarak Jauh: berlari diatas 5000 m. yang kurang lazim ialah 1. 24 jam perlombaan. lomba jalan cepat event biasa adalah 10km. Daya tahan ('endurance')Daya tahan menyatakan keadaan yang menekankan pada kapasitasmelakukan kerja secara terus-menerus dalam suasana aerobik. Kecepatan reaksi ('reaction time')Kecepatan reaksi adalah waktu tersingkat yang dibutuhkan untukmemberi jawaban kinetis setelah menerima suatu rangsangan. setengah marathon dan marathon. 8. ada sembilan unsur. Biasanya 5000 m dan 10000 m. Kecepatan ('speed')Kecepatan didefinisikan sebagai laju gerak. Beberapa event. 4 x 800 m estafet . Event biasa adalah 5km. Menurut Dangsina Moeloek (1984:3). Kekuatan otot ('muscle strength')Kekuatan otot menggambarkan kontraksi maksimal yang dihasilkanoleh otot atau sekelompok otot. 20 km dan 50 km.oleh suatu persendian. Unsur ± Unsur Lari Para ahli telah membagi unsur-unsur kesegaran jasmani dalam rumusan yang berbeda-beda. dll. Halang Rintang: 110 m halang rintang tinggi (100 m untuk wanita) dan 400 m haling rintang menengah (300 m di beberapa SMA). 4 x 400 m estafet . 2. 5. 12. 3. D. Koordinasi ('coordination')Koordinasi menyatakan hubungan yang harmonis pelbagai faktoryang terjadi pada suatu gerakan. 4. jarang dilangsungkan kecuali estafet karnaval besar. seperti estafet medley. dapat berlaku untuk tubuhsecara keseluruhan atau bagian tubuh. Ketangkasan Cagility')Ketangkasan adalah kemampuan mengubah secara cepat arah tubuhatau bagian tubuh tanpa gangguan pada keseimbangan. 6. Estafet: 4 x 100m estafet.4. 4 x 200 m estafet . 6. 7. 8. yang dipengaruhi oleh kekuatan dan kecepatan kontraksi otot. 10km. 6. yaitu: 1. 9. tapi biasanya diakhiri di lintasan. 7. 5. Tenaga ledak otot ('muscle explosive power')Tenaga ledak otot adalah kemampuan otot atau sekelompok ototmelakukan kerja secara eksplosif. 4 .

E.umur (th) Frekuensi maksimal/menit Latihan yang efektif antara batas bawah (77%) sampai bat as atas (87%) disebut 'training zone'. maka beban latihan perlu ditambah. beban latihan harus dikurangi. frekuensi jantung harus dimonitor terus-menerus. Intensitas Latihan Lari Makin berat beban yang diberikan makin besar efek latihan sampai tercapai beban maksimal (sampai batas tertentu). lari juga bisa melatih lengan sarna halnya dengan kaki. untuk mencapai hasil latihan yang baik. intensitas latihan yang baik ialah antara 7211/0. Di samping itu. juga pengaruhnya mengencangkan kelompok-kelompok otot di sekujur badan.87% frekuensi denyut jantung maksimal. dan sebaliknya apabila berada di at as 'training zone'. Tiap latihan yang mengikutsertakan sebagian besar otot tubuh. namun dapat mengembangkan beberapa unsur. Bila frekuensi nadi masih lebih rendah dari 'training zone'. Contoh seorang berusia 40 tahun: Frekuensi jantung maksimal Batas bawah Batas atas = 220 ± 40 = 1'80kali/ mnt = 72% x 180 = 130 kali/mnt (dibulatkan) = 87& x 180 = 157 kali/mnt (dibulatkan) Menurut Soerjani.Menurut penelitian para ahli bidang faal. 5 . terutama otot-otot panggul dan tungkai yang bersifat ritmik dan terus-menerus akan memberikan efek latihan yang dikehendaki. Frekuensi jantung maksimal dapat diperkirakan dengan rumus: 220 . terutama otot perut.Dengan olahraga lari tentunya tidak bisa untuk mengembangkan semua unsur kesegaran jasmani.

bahwa pada jalan saat kaki mendarat mendapat beban kurang lebih 1.Karena itu sebelum ketahanan menurun. waktu kaki mendarat mendapat beban kurang lebih 2 3 kali berat badan. Keteraturan dalam melakukan latihan merupakan hal yang amat penting. sedangkan pada 'jogging' (lari pelan-pelan). harus segera melakukan latihan lagi. yang berarti tidak ada penyesuaian jantung terhadap beban latihan. Pelaksanaannya dengan menggunakan hari latihan selang..(W.alter N. tungkai. kedua kaki dituntut untuk menahan energi kinetis yang sarna besarnya dengan tekanan berat badan melawan gravitasi setinggi kira-kira delapan inci.Frekuensi latihan mempunyai hubungan dengan intensitas dan lamanya tiap latihan. 2. kiranya perlu dipenuhi tiga syarat untuk melakukan olahraga lari (Walter N.Makin tinggi intensitasdan makin. sebab inilah yang besar pengaruhnya terhadap peningkatankesegaran jasmani.Sabtu.(Dangsina. Syarat Dan Ketentuan Lari Berlari adalah kegiatan yang memerlukan persy~ratan mekanis yang paling menonjol terhadap sistem penyangga tubuh. Jumat atau Selasa -Kamis . Harus mempunyai kaki.maka frekuensi per rninggumakin sedikit. (Sadoso. 1984:14). Tidak mempunyai keluhan pada tulang punggung. 1984). misalnya: Senin . 6 . 1982:299). (Cooper. dan lebi}f~baiklagi empat kali seminggu. atau bila tidak harus menjadikannya normal terlebih dahulu..1 kali berat badan. G. Dengan memperhatikan hal tersebut. Dari beberapa penelitian disimpulkan.Dalam tulisan Sadoso (1987) menyatakan. Berat badan normal. bahwa ketahanan ('endurance') seseorang akan mulai menurun setelah 48 jam tidak melakukan latihan.F. 1983:71). yaitu: 1. lutut dan persendian yang sehat. 3. karena pada tiap langkah lari. Latihan sekurang-kurangnya dilakukan tiga kali setiap minggu. 1983:71).lamatiap latihan. 1984). Frekuensi Latihan Lari Frekuensilatihan adalah jumlah ulangan latihan yang dilakukan dalam jangka waktu satu minggu. "Menurut Sardjono (1985:38). (Sadoso. tidak akan terjadi hypertrofi otot jantung.Sedangkan Pollock menganjurkan latihan tiga kali setiap minggu.Rabu -. apabila frekuensi latihan kurang dari tiga kali seminggu.

(1983:81) menjelaskan. Khusus untuk pelari cepat (sprinter). Aturlah irama pernapasan sesuai dengan irama langkah lari (menarik napas melalui hidung dan menghembuskannya melalui mulut). Posisi kaki (telapak kaki agak terarah ke dalam).Posisi ini berlanjut sampai kira-kira 3/4 fase mengayun. 7 . mula-mula tumit menyentuh tanah.(Sadoso. 2. tetapi perlu konsentrasi serta memperhatikan hal-hal berikut: 1. 3. apabila ketiga syarat di atas terpenuhi barulah olahraga lari dapat dijalankan. menurut penelitian di 'posture clinic' California. Pada saat satu kaki berada pad a fase menyokong. lalu semua capituli ossium metatarsalium menyentuh tanah dan kaki berada dalam sikap pronasi. Kedudukan demikian ternyata akan menjamin kestabilan maksimum untuk kaki. kaki akan bersupinasi. ini dimaksudkan untuk memperoleh efek getar yang baik. pad a umumnya tidak menyentuhkan tumitnya ke tanah. (Rio S. dalam Dangsina. Supinasi ini dimaksudkan untuk menstabilkan articulatio tarsotransversa dan menegangkan ligamenta interossea. Posisi kaki penyokong adalah demikian. Masalah lenggang tangan perlu juga mendapat perhatian. kemudian berturut-turut bagian lateral kaki. 1986). banyak pelari yang cedera disebabkan gerakan-gerakan yang kurang benar. Keteraturan irama langkah. Pada akhir fase mengayun. Gerakan tangan yang ideal adalah gerakan-gerakan ke depan dan ke belakang dengan lenggangan yang lemas. melainkan pada capituli ossium metatarsalium dan jari-jarinya saja. 1984:83). maka kaki lainnya berada dalam fase mengayun (swing phase).Lebih lanjut Walter N. sehingga kaki berada dalam sikap supinasi.

Dengan adanya Makalah ini pembaca dapat menjadikan Makalah ini sebagai pedoman dan petunjuk untuk memperluas wawasan kita. 4. bahwa olahraga lari dapat merupakan sarana untuk mencapai kesegaran jasmani. asalkan dalam melaksanakannya berpedoman syarat-syarat sebagai berikut: 1. Latihan dilakukan denganintensitasyang benar menurut ilmu faal yaitu antara 72. disarankan tiga kali serninggu dengan hari latihan selang. Kesimpulan Berdasarkan uraian di muka penulis simpulkan. sesuai dengan dasar ilmu gerak.BAB III PENUTUP A.25 menit sehari di dalam 'training zone'. 2. Untuk mengetahui lebih banyak tentang hal tentang lari 2. B. Lama latihan inti antara 15 . 8 . 3. Gerakan lari yang benar.Berdasarkan kesimpulan yang telah kami buat maka beberapa saran penulis di ajukan sebagai berikut: 1. Saran Setelah selesainya Makalah yang bertajuk ³LARI´ tidak terlepas dari partisipasi berbagai pihak maka dari itu.87070frekuensi denyut jantung. Latihan dilakukan secara teratur dan terus-menerus.

DAFTAR PUSTAKA http://www.pdf http://id.org/wiki/Lari 9 .com/doc/25481943/SEJARAH-LARI http://eprints.ac.wikipedia.scribd.id/342/1/olahraga_lari.uny.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful