You are on page 1of 20

APLIKASI ROGRAM MICROSOF VISUAL FOKSPRO 9.

0 PADA PROSEDUR PENETAPAN SURAT KEPUTUSAN PENSIUN PEGAWAI NEGERI SIPIL BERPANGKAT 4A KEBAWAH DI BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA

Proposal TA (Tugas Akhir)
( Poroposal Ini Diajukan untuk mengikuti Tugas Akhir Sebagai Syarat Kelulusan Di Bina Sarana Informatika )

Oleh: Nama : Dwi Anggara NIM : 18082792 BINA SARANA INFORMATIKA JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA 2010/2011

I. LATAR BELAKANG Tugas Akhir merupakan kegiatan dimana para mahasiswa diharuskan untuk membuat Tugas Akhir sebagai syarat kelulusan di AMIK Manajemen Informatika Bina Sarana

Informatika ( BSI ) Perkembangan Teknologi Informasi sangat penting bagi kemajuan Mahasiswa Managemen Informatika khususnya mengenai teknologi informasi pada dunia kerja, maka dengan adanya Tugas Akhir ini Mahasiswa diharapkan bisa menerapkan ilmu yang didapat di bangku kuliah sekaligus memperoleh pengalaman yang nantinya bisa menjadi bekal untuk terjun ke dunia kerja setelah lulus dan mempunyai daya saing di bursa kerja. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membantu manusia dalam melakukan aktifitas kehidupannya sehari-hari. Misalnya dalam kemudahan dalam

menginformasikan penetapan surat-surat keputusan dari pihak instansi pemerintah kepada pegawai-pagawainya. Pekerjaan-pekerjaan yang pada masanya mengandalkan kemampuan manusia sepenuhnya secara manual perlahan-lahan berpindah kesuatu sistem yang diciptakan oleh kemajuan teknologi informasi. Hal ini dikarenakan untuk mempermudah manusia untuk mempercepat penyelesaian pekerjaan dan mengurangi kesalahan-kesalahan yang sering di lakukan oleh manusia. Teknologi komputer menawarkan solusi atas masalah tersebut. Teknologi komputer mampu membantu pekerjaan manusia secara lebih baik lebih akurat, lebih cepat dan tentunya hemat tenaga.

baik dalam bidang industri yang memproduksi barang maupun organisasi yang bergerak dalam bidang jasa telah memanfaatkan teknologi ini. cepat. . Apabila semua itu dilakukan dengan cara manual betapa repot dan memusingkan karena memori manusia itu sangat terbatas. akurat dan teliti. dimana komputer digunakan sebagai media penyimpanan data dan media informasi karena dapat memberikan informasi yang akurat dan relevan bagi perusahaan. prosedur pengambilan keputusan. komputer sangat membantu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Pada saat ini komputer memegang peranan penting untuk menghasilkan informasi yang lebih tepat. Semua bidang pekerjaan yang dilakukan dalam proses prosedur penetapan keputusan pensiun telah banyak memanfaatkan teknologi tersebut. Dengan komputer pula kita dapat mengetahui perkembangan dunia saat ini. mulai dari syarat surat menyurat.Komputer yang pada akhirnya akan menjadi suatu basis sarana penunjang aktifitas kehidupan manusia. itulah mengapa komputer sangat diperlukan dalam suatu instansi pemerintah. dan pembuatan laporan ke bagian kepala instansi terkait sampai dengan pembuatan laporan lainnya yang memang sangat diperlukan yang harus dilakukan dengan komputer. dan berbeda halnya apabila kita menggunakan komputer untuk semua proses yang berjalan dapat langsung dikerjakan dan secara otomatis akan tersimpan dengan sendirinya. dan apabila kita memerlukan data-data itu kembali kita dapat melihatnya kembali dan apabila ada kekurangan kita dapat menambahkannya dan apabila ada kesalahankesalahan kita dapat mengedit data tersebut tanpa harus membuang data yang sudah ada. Semua kegiatan instansi pemerintah tidak lepas dari pada sistem komputerisasi. dalam perusahaan baik pemerintahan maupun swasta.

PEMBATASAN MASALAH Pembatasan masalah yang digunakan dalam sebuah pembahasan bertujuan agar dalam pembahasannya lebih terarah dan sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Pengertian Pensiun Pensiun adalah penghasilan yang diterima setiap bulan oleh seorang bekas pegawai yang tidak dapat bekerja lagi. untuk membiayai kehidupan selanjutnya agar tidak terlantar apabila tidak berdaya lagi untuk mencari penghasilan yang lain Berdasarkan UU No.11 Tahun 1969. Pensiun adalah jaminan hari tua dan sebagai balas jasa terhadap Pegawai Negeri yang telah bertahuntahun mengabdikan dirinya kepada Negara. tetapi juga adalah sebagai balas jasa. Berdasarkan Undang-undang No. Karena pensiun bukan saja sebagai jaminan hari tua. Pensiun diberikan sebagai jaminan hari tua dan sebagai penghargaan atas jasa-jasa pegawai negeri selama bertahun-tahun bekerja dalam dinas pemerintah. Pada pokoknya adalah menjadi kewajiban setiap orang untuk berusaha menjamin hari tuanya.II. maka Pemerintah memberikan sumbangannya kepada Pegawai Negeri. III. TINJAUAN PUSTAKA 3.0. dan untuk ini setiap Pegawai Negeri Sipil wajib menjadi peserta dari suatu badan asuransi sosial yang dibentuk oleh pemerintah. Penulisan Tugas Akhir ini dibatasi pada Prosedur penetapan nsurat keputusan pensiun bagi pegwai negeri sipil di pemerintah kota Yogyakarta dengan menggunakan aplikasi program micosof visual foxpro 9.1.43 Tahun 1999 Pasal 10. .

Jasa terhadap Negara atau pemerintah. b. dinyatakan tidak dapat bekerja lagi dalam jabatan apapun juga karena keadaan jasmani atau rohani yang tidak disebabkan oleh dan karena ia menjalankan kewajiban jabatannya. Unsur Sifat Pensiun a. c. c.1. b. Meninggal dunia. Kemauan Sendiri. Penghargaan.3. 3. Hak atas pensiun Pegawai (Undang ± undang Nomor : 11 Thn. 3. Karena batas usia pensiun . d.4. Rekturisasi/Dinas.3. Jaminan hari tua. diberhentikan dengan hormat. b.1969 pasal 9) Pegawai yang diberhentikan dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil berhak menerima pensiun pegawai.1. Mempunyai masa kerja sekurang-kurangnya 4 Tahun dan oleh badan / pejabat yang ditunjuk oleh departemen kesehatan berdasarkan peraturan tentang pengujian kesehatan pegawai negeri. e.2. . Latar Belakang Adanya Pensiun a. Telah mencapai usia sekurang-kurangnya 50 Tahun dan mempunyai masa kerja untuk pensiun sekurang-kurangnya 20 Tahun. Diberhentikan dengan tidak hormat karena adanya kasus . jikalau ia pada saat pemberhentiannya sebagai pegawai : a. Takdir Misalnya : Sakit.1.

Macam-macam BUP ditentukan sebagai berikut a. 3. f. d.5. Usia 56 tahun Usia 58 tahun Usia 60 tahun Usia 63 tahun Usia 65 tahun Usia 70 tahun PNS diberhentikan dengan hormat sebagai PNS karena mencapai BUP. 3. e.1. Batas Usia Pensiun (BUP). PNS yang telah mencapai BUP harus diberhentikan dengan hormat sebagai PNS. c. Pensiun Janda/Duda.c. Pegawai negeri yang setelah menjalankan suatu tugas Negara tidak dipekerjakan kembali sebagai pegawai negeri. b. b. d. Jenis Pensiun a. Non Batas Usia Pensiun (Non BUP). berhak atas pensiun apabila ia telah memiliki masa kerja pensiun sekurang-kurangnya 10 tahun PNS yang akan mencapai BUP dapat dibebaskan dari jabatannya untuk paling lama 1 . berhak menerima pensiun pegawai apabila ia diberhentikan dengan hormat sebagai pegawai negeri dan pada saat pemberhentiannya sebagai pegawai negeri ia telah mencapai usia sekurang-kurangnya 50 TH dan memiliki masa kerja untuk pensiun sekurang ± kurangnya 10 Tahun. c.1.6. Pensiun Anak.

Tentang pensiun pegawai dan pensiun janda/dudanya PNS . 32 tahun 1979. b.0 f.tahun dengan mendapat penghasilan berdasarkan peraturan perundangan yang berlaku kecuali tunjangan jabatan PNS yang memangku jabatan sebagaimana dimaksud dalam pasal 44 PP No. PP No.Tentang pemberhentian tunjangan tambahan penghasilan bagi PNS . Tentang pemberhentian Pegawai Negeri Sipil . . PP No. PP No. PP No. 3. 7 tahun 1977 . janda/duda PNS. 10 tahun 2008. PP No. UU No. Tentang perlakuan terhadap calaon PNS yang tewas atau cacat akibat kecelakaan karena dinas . 12 tahun 1981. PP No.7. c. UU No. Gambaran umum tentang Microsoft visual Foxpro 9. d. PP No. Tentang perawatan tunjangan cacat dan uang duka . e. 49 tahun 1980. 15 tahun 1992. 1 tahun 1983. 3. PP No. PP No. 11 tahun 1969. 32/1979 apabila tidak memangku lagi jabatan tersebut maka sebelum yang bersangkutan diberhentikan sebagai PNS kepada yang bersangkutan diberikan bebas tugas 1 tahun. Dasar Hukum Pemberian Pensiun PNS dan Janda/Duda a. 6 tahun 1997 dan PP No. 15 tahun 1993 . g.2. 8 Tahun 1974 Jo.1. UU No. 43 Tahun 1999.Tentang Pokok-pokok kepegawaian .15 tahun 1985.

i. BAKN No. Keputusan Kepala BKN Nomor 14 tahun 2003 Tentang Petunjuk Teknis Pemberhentian dan Pemberian Pensiun Pegawai Negeri Sipil serta Pensiun Janda/Duda sebagai Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 9 tahun 2003 Tentang Wewenang Pengangkatan. Keputusan Ka.h. . Kep. PP nomor 9 tahun 2003 Tentang Wewenang Pengangkatan. No 16/SE/1982. q. BAKN No. PP No. 5 tahun 1987. SE Ka. PP No. Ka. Kep Ka. p. 8 tahun 1989 . BAKN. Kep. 74/Kep/1989 tentang pemberhentian dan pemberian pensiun PNS daerah serta pemberian pensiun janda/dudanya . n. BAKN No. l. 18 tahun 1992 tentang tata cara pemberhentian dan pemberian pensiun PNS yang berpangkat Pembina Tk I golongan ruang IV/b serta pembayarannya. 32 Tahun 1994 tentang pertimbangan teknis pensiun janda/duda pensiun PNS yang berpangkat Pembina Tk I golongan ruang IV/b keatas. Tentang pemberhentian PNS daerah yang berpangkat Pembina Tk I Golongan ruang IV/b keatas . Peraturan Bupati Kuningan Nomor 7 tahun 2005 Tentang Ketentuan Tata Naskah Dinas Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan. k. o. 8 tahun 1989. m. Pemindahan dan Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil.19 tahun 1993 tentang penetapan pensiun janda/duda pensiun PNS yang belum ditetapkan berdasarkan PP No. Tentang perlakuan terhadap penerimaan pensiun/tunjangan yang hilang . j. Ka BAKN No. Tentang pemberhentian dan pemberian pensiun otomatis PNS serta pemberian pensiun janda/duda . Pemindahan dan Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil.

Foto copy Karis/Karsu yang dilegalisir. d.1. .10. Peraturan Kepala BKN Nomor 3 tahun 2008 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Peraturan Pemerintahan Nomor 14 tahun 2008 Tentang Penetapan Pensiun Pokok Pensiunan Pegawai Negeri Sipil dan Janda/ Dudanya.11/1969 ) Hak pensiun pegawai berakhir pada penghabisan bulan penerima pensiun pegawai meninggal dunia.8. 3. Surat Pernyataan tidak menyimpan barang miliki Negara. Persyaratan Pensiun BUP : a.1. Pembatalan pemberian pensiun pegawai ( pasal 15 UU No. Foto copy Karpeg yang dilegalisir. s. No. 11/1969 ) Pembayaran pensiun pegawai dihentikan dan surat keputusan tentang pemberhentian pensiun pegawai dibatalkan. Salinan Foto copy Surat Nikah yang telah dilegalisir oleh Kepala Kantor Urusan Agama kecamatan setempat.9. c. apabila penerima pensiun pegawai diangkat kembali menjadi pegawai negeri atau diangkat kembali dalam suatu jabatan negeri dengan hak untuk kemudian setelah diberhentikan lagi. Daftar susunan keluarga yang disahkan oleh camat setempat.r. b. e. Berakhirnya hak pensiun pegawai ( pasal 14 UU No. Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2007 Tentang Penetapan Pensiun Pokok Pensiunan Pegawai Negeri Sipil dan Janda/Duda.1. memperoleh pensiun menurut Undangundang atau peraturan yang sesuai dengan UU. yang bersangkutan 3.11/1969 3.

Foto copy Akte / Surat Kenal Lahir anak dilegalisir BKKBCS setempat. Foto copy SK CPNS (80%). Foto copy Karis/Karsu yang dilegalisir.f. 7 (tujuh) lembar photo terbaru ukuran 4 x 6 cm (tanpa tutup kepala dan kacamata). t. r. 3. d. Foto copy SK Pangkat terakhir. u. m. Daftar Riwayat Pekerjaan. g. k. i. l. p. s. Surat Pernyataan Tidak Pernah Dijatuhi Hukuman Disiplin Tingkat Sedang/Berat. Persyaratan Pensiun Janda / Duda : a. Salinan Foto copy Surat Nikah yang telah dilegalisir oleh Kepala Kantor Urusan Agama kecamatan setempat.12. n. Data Perorangan Calon Penerima Pensiun (DPCP). q. Foto copy Surat Keterangan Berkala terakhir. . Daftar perincian gaji terakhir. Foto copy SK PNS (100%). Surat Pernyataan tidak menyimpan barang miliki Negara. j. o. Foto copy SK Jabatan terakhir. Foto copy Karpeg yang dilegalisir. c. DP 3 dua tahun terakhir. Surat Keterangan Kuliah (bagi anak yang masih kuliah). Surat Keterangan masa kerja sebelum menjadi PNS. Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP). b. h.1. Surat Pengantar dari Dinas.

Foto copy SK PNS (100%). DP 3 dua tahun terakhir. n. Surat Keterangan Kematian dari Desa / Kelurahan. Foto copy Akte / Surat Kenal Lahir anak dilegalisir BKKBCS setempat. u. f. o.e.2. Surat Keterangan Janda / Duda dari Desa / Kelurahan.0 Microsoft Visual foxpro 9. Foto copy SK Pangkat terakhir. 3. j. data . t. k. s. 7 (tujuh) lembar photo terbaru ukuran 4 x 6 cm (tanpa tutup kepala dan kacamata). Surat Keterangan masa kerja sebelum menjadi PNS. Foto copy SK Jabatan terakhir. h. Surat Keterangan Ahli Waris dari Desa / Kelurahan. v. r. Foto copy SK CPNS (80%). Surat Pengantar dari Dinas. Surat Pernyataan Tidak Pernah Dijatuhi Hukuman Disiplin Tingkat Sedang/Berat. Surat Keterangan Kuliah (bagi anak yang masih kuliah). q. Daftar Riwayat Pekerjaan. p. Daftar perincian gaji terakhir. Foto copy Surat Keterangan Berkala terakhir. m. Gambaran Umum Microsoft Visual foxpro 9. g.0 merupakan program database yang sering digunakan untuk menyusun aplikasi yang menyangkut data cukup besar seperti data karyawan. Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP). Daftar susunan keluarga yang disahkan oleh camat setempat. l. i. w.

Merancang form dan menentukan properti serta prosedurnya 4.0 Microsoft Visual Foxpro 9.siswa. Hal ini dikarenakan Microsoft Visual Foxpro 9. Membuat laporan 5. Report. baik dalam pengoperasian maupun penyusunan aplikasi buatan. Menu. Kemudian dengan dukungan program bantu bernama Microsoft InstallShield.0 merupakan program aplikasi berbasis windows yang berorientasi pada objek yang dapat memudahkan dalam membuat database dan sebagai alat pengembang aplikasi yang cepat bagi produktivitas yang maksimal dan fleksibilitas yang dibutuhkan untuk membangun database. .exe) 3. table. inventaris barang dan yang lainya. Mengenal Microsoft Visual Foxpro 9. Micrososft Visual Foxpro 9.n Micrososft Visual Foxpro 9.Table. Mengenal Microsoft Visual Foxpro 9.0 merupakan bahasa pemograman yang sangat mendukung dalam pembuatan databas7 Dalam membuat Aplikasi Pengolahan Data Anggota Persekutuan Oikumene STMIK Jakarta STI&K dengan menggunakan Microsoft Visual Foxpro 9. database.0 menyediakan beberapa komponen penting untuk menyusun aplikasi buatan sepert Database. Perancangan Aplikasi Micrososft Visual Foxpro 9.0 lebih fleksibel dan mudah. Membuat project.0 dibutuhkan beberapa langkah utama yaitu : 1.exe). 3. dan tipe datanya 3. Microsoft Visual Foxpro dapat digunakan dalam penyusunan dan pembuatan file setup aplikasi. nilai matakuliah. Membuat file executable (*.0 adalah sistem manajemen database relasi yang berorientasi pada objek yang dapat memudahkan dalam pembuatan solusi database untuk aplikasi PC.2.2.0 2.2. dibanding dengan program ± program lainya. serta membangun file executable(*.1. Form. Merancang menu dan shortcut menu 6.

hanya dapat membuat 1 database yang akan menyimpan beberapa objek table 3.0 ini berisi banyak fitur-fitur baru yang memudahkan dalam pembuatan aplikasi. aplikasi Report Builder yang bisa membuat user memodifikasi laporan yang sudah dibuat.5.0 yang lebih baik bagi user.3.Bertambahnya fitur yang mengalami perubahan sehingga menghasilkan perancangan laporan Microsoft Visual Foxpro 9. .4. Misalnya.2. Misalnya. tambahan tipe data Varchar untuk menyimpan teks alfanumberic tanpa harus mengisi ruang tambahan pada akhir field atau memadatkan ruang kosong. Fitur Baru Microsoft Visual Foxpro 9. Peningkatan fitur data : Menggambarkan tambahan dan perbaikan pada fitur data Microsoft Visual Foxpro 9.2. tipe data Varbinary untuk menyimpan nilai binary literal dengan panjang field dan variable yang tetap tanpa mengisi field dengan tambahan nol (0) byte. mengkerucutkan. Membuat Database Dalam membuat database kita akan mengumpulkan tabel ke dalam satu kumpulan dan mendapatkan manfaat dari kamus data.2.0 Microsoft Visual Foxpro 9.0. Membuat Project Didalam Project Manager. Misalnya : Design-Time enhancements (peningkatan saat perancangan). 3.3. Kamus data memberikan banyak sekali kemudahan dalam mendesain dan memodifikasi database sehingga tidak perlu lagi menuliskan code untuk menciptakan validasi field-level dan row level atau memastikan keunikan nilai dalam field kunci utama. Selain itu banyak fitur yang kemampuanya telah ditingkatkan. atau memadatkan nol byte yang berderet yang dimasukan oleh user dan tipe data Blob untuk menyimpan data binary dengan panjang tak terhingga. Berikut ini beberapa contoh fitur yang mengalami peningkatan : Petunjuk membuat laporan yang lebih sempurna yang menjadi peta menuju peningkatan hasil laporan.

Label .1 Tombol Toolbox 3. Image. Properti. Tombol Nama Fungsi 1.3. Toolbox merupakan barisan icon yang menyimpan berbagai macam perintah untuk pembuatan obyek dasar.2. dan Komentar. baik dari 1 tabel maupun lebih. Merancang Form Dan Menentukan Properti Serta Prosedurnya Objek form adalah lembar kerja yang langsung berinteraksi dengan pemakai sehingga sering digunakan untuk mengoperasikan data. Statement. Nilai. editing obyek dan lain lain. Adapun toolbox tersebut adalah : Tabel 2. Setiap berhubungan dengan objek form. Jendela Form Designer adalah jendela yang menampung beberapa kontrol dan objek gambar seperti kontrol Label.2. Select Object Untuk memilih dan memindahkan objek control yang digunakan. Jendela Code adalah jendela yang menampung prosedur seperti Event. Toolbox ini menyediakan tool-tool standar yang berguna untuk membuat file yang dapat dieksekusi. maka berhubungan pula dengan jendela Form Designer dan jendela Code. Metode.6. TextBox. Objek form digunakan pula untuk lembar utama tampilan aplikasi sehingga objek form sering disebut Lembar Modal Program.2.8. maka perlu menciptakan database kontainer untuk menyimpan semua objek yang ada.0 sangat mudah digunakan untuk mengoperasikan data. 3. Membuat Table dan Tipe Datanya Untuk mengumpulkan table dalam database. Objek form yang ada dalam program Microsoft Visual Foxpro 9. ComboBox. Konstanta. yaitu : 1.7. 2. dan lain-lain.

16. (OLE Control) Untuk membuat control Activex sebagai tempat bagi program eksternal seperti Excel. Check Box Membuat kotak pilihan 7. 15. 12. 8. Grid Kontrol untuk menampilkan isi record suatu tabel dengan tampilan spreadsheet. Untuk menerapkan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah. 10. Button Lock Untuk megembalikan kontrol yang telah terkunci.1. 4. untuk penambahan beragam control. Option Group Untuk membuat kumpulan kontrol yang berisi alternatif pilihan 6. lingkaran dan lain-lain. IV. 9. TUJUAN DAN KEGUNAAN 4. Command Group Untu membuat kumpulan tombol perintah dalam satu kendali. 2. Combo Box Untuk membuat daftar pilihan yang dapat digulung. Spinner Untuk membuat kontrol (objek) yang berfungsi untuk menaikkan atau menurunkan nilai (value) objek secara otomatis. Tugas Akhir ini mempunyai beberapa tujuan antara lain: Untuk memenuhi syarat kelulusan Program Studi D 3 di AMIK BSI Jurusan Manajemen informatika Politeknik. 5. 11. Word dan lain-lain. Text Box Membuat kotak teks untuk menampung masukan data program. . Tujuan Penulisan Penulisan 1. List Box Untuk membuat daftar pilihan. 17. 14. Timer Untuk mengatur proses suatu kegiatan yang berdasarkan interval waktu tertentu. 3. Page Frame Untuk membuat halaman dalam suatu form. Activex Control 13. 2. lonjong. Shape Utuk membuat objek kotak. Command Button Untuk membuat tombol perintah. Line Untuk membuat garis. misalnya judul.Untuk membuat label.

2. mengerjakan atau mengatasi masalah yang dihadapi. Bagi Penulis Menambah wawasan dan pengalaman dalam pembuatan program aplikasi dengan menggunakan Microsoft Visual Foxpro 9. Metode penelitian sangat penting karena baik buruknya hasil penelitian tergantung dari metodologi yang digunakan.1. Sedangkan kerangka teoritis adalah merupakan metode-metode ilmiah yang akan diterapkan dalam pelaksanaan tugas. khususnya mengenai penetapan surta keputusan pensiun bagi Pegawai Negeri Sipil 2. 4. Metode Pengumpulan Data . Bagi Pemerintah Kota Yogyakarta Merupakan bahan masukan yang dapat dipertimbangkan untuk meningkatkan efektifitas kerja khususnya program aplikasi yang telah digunakan. Kegunaan Penulisan Penulisan Tugas Akhir ini mempunyai beberapa kegunaan antara lain: 1. METODOLOGI Metodologi adalah kerangka teoritis yang digunakan oleh penulis untuk menganalisa. Dalam penulisan Tugas Akhir ini digunakan beberapa metode penelitian sebagai sarana untuk memahami objek masalah. Diterapkannya sistem komputerisasi pada Pemerintahan Kota Yogyakarta. Pemakaian metode harus dikerjakan secara cermat dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut : 5. Bagi Politeknik AMIK BSI Sebagai tambahan informasi dan referensi khususnya bagi mahasiswa yang akan menyusun Tugas Akhir. 3. V.3.0.

Di dalam penulisan Tugas Akhir ini dibutuhkan data-data pendukung yang diperoleh dengan suatu metode pengumpulan data yang relevan. Studi Pustaka Dalam metode ini. termasuk di dalamnya literatur tentang penulisan dan mengenai hal-hal yang mendukung pembuatan program aplikasi.2. Data kuantitatif adalah data yang berbentuk bilangan atau angka. Observasi dilakukan untuk mengamati secara langsung kegiatan pengelolaan biaya operasional. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data-data adalah sebagai berikut : 1. 2. Observasi Obsevasi adalah suatu pengamatan langsung suatu objek yang akan diteliti dalam waktu singkat dan bertujuan untuk mendapat gambaran mengenai objek penelitian. Jenis Data Menurut Sifatnya a. . Dalam proposal Tugas Akhir ini data kuantitatif yang digunakan adalah perhitungan kredit dan jumlah debitur. 3. 5. Jenis Data 1. pengumpulan data dilakukan dengan cara mempelajari bukubuku yang mendukung. Juga mempelajari dari sumber data yang lain seperti dari internet dan CD reverensi program. Wawancara Wawancara yaitu cara untuk mengumpulkan data dengan mengajukan pertanyaan langsung kapada informan atau seorang autoritas (seorang ahli yang berwenang dalam suatu masalah).

Menurut Marzuki dalam bukunya metodologi riset.3. Tahap Analisis Sistem Tahap Analisis Sistem adalah sebuah tahap pengidentifikasian sebuah masalah secara jelas dan kemudian menentukan cara pemecahannya. Data kualitatif adalah data yang bentuknya bukan bilangan ataupun angka.2. 5. diamati dan dicatat untuk pertama kalinya (Marzuki. 2000:55). 5. Dalam proposal Tugas Akhir ini data kualitatif yang yang digunakan adalah data mengenai gambaran umum usaha dan struktur organisasi Pemerintahan Kota Yogyakarta 2. Tahap Design . Metode Perancangan Program Metode ini ditempuh dengan beberapa tahap sebagai berikut.1. sehingga data sekunder telah melewati satu atau lebih pihak yang bukan peneliti. Data primer adalah data yang deperoleh langsung dari sumber. Data primer disini merupakan hasil interview dan observasi langsung yang berupa tatacara pengelolaan kredit serta gambaran umum dan struktur organisasi Pemerintahan Kota Yogyakarta b. Data sekunder tersebut diperoleh dari studi pustaka terhadap beberapa buku-buku dan peraturan perundang-undangan yang berlaku mengenai informasi tentang kredit dan teknik-teknik pemrograman.b. 5.3.3. data sekunder adalah data yang bukan diusahakan sendiri pengumpulannya oleh peneliti. Jenis Data Menurut Sumbernya a.

5. dikompilasi (Compile) untuk membuat sebuah file executable. Tahap Compilling Pada tahap ini aplikasi yang telah dibuat. Tahap Dokumentasi Tahap terakhir ini adalah menuliskan petunjuk mengenai penggunaan program agar mudah dijalankan oleh pihak yang berkepentingan. 5. ³Deskripsi adalah tulisan yang berisi pemerian . Tahap Debuging Pada Debuging adalah tahap melakukan pencarian kesalahan-kesalahan program dan memperbaiki kesalahan tersebut sehingga program yang dibuat dapat berjalan dengan baik.3.3.exe yang dapat berjalan sendiri tanpa menggunakan program induk seperti Microsoft Visual Basic. Agar program yang disusun dapat terarah dan menghasilkan informasi yang sesuai dengan kebutuhan. 5. File executable merupakan file yang berekstensi *.3.3.3. 5.5.6. 5.4.4. Pada tahap ini penulis menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic.Pada tahap ini programmer membuat rencana mekanisme program yang meliputi bentuk input dan output yang merupakan gambaran tentang data yang diproses dan informasi yang dihasilkan. Tahap Coding Penyusunan program dilakukan dengan menggunakan bahasa yang sesuai. Metode Penulisan Metode penulisan yang digunakan dalam menyusun Tugas Akhir ini adalah metode Deskripsi Ekspositoris yang merupakan gabungan dari metode deskripsi dan metode eksposisi.

. ³Eksposisi adalah tulisan yang menyajikan analisis mengenai suatu pokok masalah dengan mengutamakan penalaran dengan maksud agar pembaca mendapatkan pengetahuan baru secara benar´. Metode ini digunakan dalam pembuatan rancangan program untuk perhitungan kredit umum dengan menggunakan software program Microsoft Visual Foxpro 9.0 pada PD. BPR BKK Semarang Tengah. Dalam Tugas Akhir ini metode deskripsi igunakan untuk menguraikan tentang gambaran umum perusahaan dan penggambaran proses transaksi pencairan kredit pada Pemerintahan Kota Yogyakarta .(paparan uraian) tentang suatu objek sebagaimana adanya pada waktu tertentu´.