1.

18 Juli 1635 : Saya lahir di air tawar, Isle of Wight, Inggris dari seorang keluarga Pendeta bagi orang Kudus, ayah saya bernama Pendeta John Hooke. Saya merupakan anak yang lemah dan berpenyakitan. 2. Tahun 1648 : Saya meninggalkan tempat kelahirannya dan hijrah ke London pada saat usia saya 13 tahun, yaitu setelah ayahnya meninggal dan saya berfikir bahwa saya memutuskan bahwa saya telah cukup menderita dan menggantung diri dengan ayah saya selama ini. saya pergi ke London untuk belajar melukis di bawah bimbingan Sir Peter Lely, tetapi alergi terhadap cat asap yang saya alami memaksa saya untuk meninggalkan lukisan. Kemudian saya masuk Westminster School dan tinggal di rumah Dr Richard Busby's, dimana itu adalah tempat bagi saya untuk belajar bahasa Latin dan Yunani. 5 tahun kemudian, saya masuk Christ Church, Oxford, dan menjadi teman dekat dari Christopher Wren Sir 3. Tahun 1655 : Saya mulai belajar mengenai astronomi dan membantu Robert Boyle bekerja di laboratoriumnya dalam menemukan pompa udara 4. Tahun 1658 - 1660 : Saya menghasilkan sebuah penemuan yang berupa pendulum kerucut untuk jam tangan, namun saya menolak untuk hak paten atas karya saya tersebut. Selain itu, saya juga menemukan mikroskop majemuk, kopling untuk kendaraan bermotor dan juga mengemukakan teori tentang elastisitas pegas, yang sekarang dikenal dengan Hukum Hooke 5. Tahun 1661 : Saya menerbitkan sebuah buku yang berjudul “Micrographia (Gambargambar kecil)” memuat gambar kehidupan serangga yang saya gambar dengan indah dan akurat berdasarkan apa yang saya lihat di bawah mikroskop yang saya buat sendiri. Dalam buku ini saya menuliskan, "Mikroskop memungkinkan untuk melihat ratusan kali ujung lancip dari jarum yang lebih tajam". 6. Tahun 1662 : Saya ditunjuk untuk jabatan Kurator Percobaan di Royal Society dan diberikan tempat tinggal di Gresham College. 7. 9 Mei 1664 : Saya mengemukakan pemikirannya di bidang astronomi, yaitu tentang Hipotesa mengenai rotasi jupiter. Pada bulan Juni, Sir John Cutler menyewa saya untuk kuliah di bidang mekanika, tapi ia mengalami kesulitan untuk mendapatkan saya, karena saya telah dibayar oleh terlebih dahulu oleh Royal Society. 8. Juli 1664 : Saya melakukan penghitungan getaran pada sebuah not musik 9. September 1664 : Saya menemukan bintang yang ke lima di trapesium Orion 10. 20 Maret 1665 : Saya dinominasikan sebagai seorang profesor Geometri di Gresham College yang diperolehnya setelah saya menerbitkan buku saya yang berjudul Micrographia, dan memfokuskan diri pada penelitian mikroskop majemuknya. Buku isi yang meliputi, antara lain, penyelidikan awal warna pelat tipis mika dengan penjelasan berdasarkan gangguan; komentar pada 'titik hitam' dalam gelembung sabun, serta kaya

Namun. . dan saya berniat menggunakannya untuk menguji teori gravitasi. Kemudian pada akhirnya saya dipaksa untuk meminta maaf kepada Oldenburg oleh Royal Society. pada akhirnya argumen tersebut berakhir setelah Newton mengakui bahwa segala riset yang ditemukan oleh saya dalam bukunya dijadikan sebagai alat untuk menginspirasi pemikirannya sendiri. Desember 1675 : Saya dan Newton mengalami bentrokan kembali. mengukur itu untuk menunjukkan kekuatannya dengan menggunakan pendulum 12. Dimana Newton yang baru saja menjadi anggota asosiasi tersebut mengeluarkan teorinya bahwa cahaya terdiri dari partikel (corpuscular theory). pilar itu dibuat tanpa penopang. saya membaca sebuah wacana tentang gravitasi. Februari 1672 : Saya menerbitkan sebuah makalah tentang difraksi cahaya. pada pertemuan Royal Society. Dimana saya berpendapat bahwa apa yang telah disampaikan oleh Newton merupakan temuan-temuan saya yang sudah didokumentasikan dalam buku saya yang berjudul “Micrographia” yang diterbitkan 10 tahun yang lalu. Saya membuat Monumen peringatan setinggi 62 meter di London. yaitu Thomas Tompion dengan membuat beberapa jam baru. yang akan memungkinkan para ilmuwan untuk menentukan periode rotasinya sekitar 200 tahun kemudian. yaitu pada saat Newton mendapat penghargaan atas sebuah wacananya mengenai “discourse on colour”. karena pada tahun 1666 kebakaran yang besar melanda kota tersebut. Saya juga mendesain ulang Rumah Sakit Bethlem (Bedlam). Protes ini saya disampaikan kepada Royal Society. Oktober 1676 : Saya diangkat menjadi sekretaris di Royal Society menggantikan Oldenburg yang meninggal dunia.ilustrasi rinci mikro fauna seperti kutu dan serangga kecil lainnya. dan jam cuaca 13. Hooke juga merancang Gereja Willen di Buckinhamshire. untuk kepala sekolah lamanya di Westminster 15. dan juga merupakan orang yang menuduh saya sebagai “pedagang Intelijen” di Royal Society. Royal College of Physicians. Terhadap hipotesa ini saya menentang dengan sangat sengit dan menguatkan teori bahwa cahaya adalah gelombang (wave theory) 16. Juni 1667 : Saya menyajikan sebuah wacana tentang pengaruh gempa bumi. September 1667 : Robert Hooke diangkat menjadi juru survei untuk pembangunan kembali London. Beberapa minggu kemudian. 14. dan Montague House. dan ini merupakan bentuk protes saya terhadap Sir Isaac Newton yang mengemukakan subjek yang sama sebulan sebelummnya. saya menerapkan prinsip pegas spiral ini pada seorang pembuat jam. Maret 1666 : Saya menciptakan serangkaian gambar mengenai Mars. bersama dengan Christopher Wren. Karena pada waktu itu. publikasi ini membawa saya menerima banyak pujian ilmiah di seluruh dunia 11. Juni 1666 : Saya menunjukkan bahwa bumi dan di pusat bulan gravitasi yang terjadi digambarkan dengan pola rotasi berbentuk elips mengelilingi matahari. Ragley Hall. Saya juga yang menyajikan versi anemometer. 17.

Diceritakan bahwa ketika gedung Royal Society dipindah. serta De potentia Restitutiva. 26. Meski saya menyandang julukan Da Vinci abad ke-17 namun saya tidak mendapat popularitas yang selevel dengan karya-karya saya. dan saya menjadi semakin merahasiakan segala temuannya. dimana kursi yang di duduki oleh saya merupakan buatan Uskup Agung John Tillotson Canterbury Metamorphoses 24. 23. Tahun 1691 : Saya diambil sumpah sebagai "Doktor Fisika di Dokter 'Commons". tak ada ucapan terima kasih yang disampaikan oleh Newton kepada saya. semua Fellows Royal Society ikut hadir ke pemakaman. karena saya menyadari bahwa banyak karya saya yang digunakan sebagai dasar untuk penelitian oleh orang lain seperti Sir Isaac Newton. . The Royal Society mencoba untuk menuntut saya karena tidak dapat melanjutkan pekerjaan yang telah dibayar. kesehatan saya berada dalam keadaan yang sangat buruk bahwa saya tidak bisa lagi melanjutkan berbicara atau melakukan percobaan.18. Tahun 1700 : Saya menemukan teleskop kelautan yang kemudian dipakai oleh Sir Edmund Halley dalam penelitian selanjutnya. Dimana pada saat Newton menyajikan “Mathematical Principles of natural Philosophy” yang berisi banyak penemuan yang diklaim oleh Newton sebagai hasil penelitiannya semua. Mungkin karena temperamen saya yang dikenal tidak stabil. melankolis. 20. 25. egosi. “Manusia Yang Dihapus Oleh Newton”. Newton melenyapkan semua gambar dan paper kepunyaaan saya yang ada di dalam gedung lama. . Meskipun buktibukti menunjukkan sebaliknya. Dan saat itu. 21. dimana pada tahun ini saya mempublikasikan 3 karya yang penting yaitu Microscopium dan Cometa. Tahun 1687 : Saya merasa sangat terpukul. 19. Efeknya membuat rapuh kesehatan saya. 3 Maret 1703 : Saya meninggal dunia akibat penyakit yang dideritanya. Tahun 1703 : Setelah saya meninggal dunia. Newton terpilih menjadi presiden Royal Society. yang risalatnya berisi teori elastisitas dan teori kinetik gas. dimana optika dan gravitasi telah dibahas oleh saya sebelumnya dalam buku yang berjudul “Micrographia”. Tahun 1684 : Saya dan Sir Isaac Newton kembali bertentangan. Karena itu saya terkadang disebut sebagai. Tahun 1682 : Saya mengundurkan diri sebagai sekretaris untuk Royal Society. karena keponakan perempuan saya pergi meninggalkan saya dan memilih untuk tinggal bersama dengan suaminya. tetapi penilaian ini saya terima dengan santai dan tenang. yaitu penyakit diabetes dan jantung. dan semakin hari kesehatan saya semakin menurun. 22. curiga. dan cemburu. Tahun 1678 : Merupakan tahun yang sangat penting bagi saya. saya dimakamkan di pemakaman Gresham College. Tahun 1687 : Saat buku Sir Isaac Newton diterbitkan dengan judul “Mathematical Principles of natural Philosophy”.