MAKALAH LINUX MINT Linux Mint adalah sistem operasi berbasis Linux untuk PC.

Inti dari LinuxMint adalah Ubuntu, sehingga aplikasi yang dapat berjalan di Ubuntu, juga bisa berjalan pada LinuxMint. Walaupun inti dari LinuxMint adalah Ubuntu, LinuxMint hadir dengan tampilan yang berbeda dengan Ubuntu.

Linux Mint

Linux Mint 5.0 (“Elyssa”) Situs web: Keluarga OS: Model kode sumber: Rilis terakhir • Stabil: Bahasa: Metode pemutakhiran: Manager paket: Platform yang didukung: Tipe kernel: Antamuka pengguna: Lisensi: 5.0 (“Elyssa”) / 18 Juli 2008 multilingual APT APT i386 , AMD64 Monolithic kernel GNOME, KDE, Xfce, Fluxbox GPL www.linuxmint.com Linux Open source, Perangkat lunak bebas

. Jika sudah keluar gambar seperti di atas tekan lah Enter maka akan keluar grafik seperti ini. berarti setting BIOS anda Benar. langsung saja tekan enter. namun berhati – hatilah. biasanya setelah komputer baru di nyalakan langsung tekan Del secara berulang – ulang. Jika loading selesai maka akan tampil ke layar monitor seperti di bawah ini. biarkan sampai komputer membaca DVD-ROM anda maka akan keluar gambar seperti di bawah ini. salah sedikit anda mengotak – atik BIOS maka komputer anda tidak dapat di gunakan lagi atau sudah menjadi sampah. untuk memilih “Start Linux Mint”.Oke kita mulai saja cara menginstall Linux mint-nya. saya akan memberikan step by step bagaimana cara menginstall Linux . jika tidak coba cek lagi BIOS anda. Yang menggunakan kernel Linux versi 2.Status: Current Dalam Artikel Ini. di sini saya akan menggunakan distro Linux Mint 6 Felicia. Jika sudah di enter. Jika setelah restart keluar gambar seperti ini. Komputer akan restart sendiri. Pertama – tama nyalakan komputer dan masuklah ke bagian BIOS.27-7-Generic. Jika sudah tampil Seperti ini. Biarkan Linux Mint untuk loading sebentar. Pastikan semua hardware berjalan dengan baik. Setelah keluar dari BIOS. Setelah masuk ke BIOS Matikan Hardisk atau setting bagaimana caranya supaya komputer mengutamakan DVD-ROM anda. Setelah setting selesai masukkan DVD Linux Mint. save dan keluarlah dari BIOS.6. maka akan terjadi loading yang agak lama.

Virtual Linux yang saya maksud adalah seperti di bawah ini. Sekarang Linux Mint akan meminta di daerah mana kita tinggal. Di bagian ini anda akan memilih bahasa. Kalau kita sudah puas bermain dengan Linux Mint dan merasa ingin menginstall nya. . Walau kita belum menginstall Linux Mint tapi kita sudah bisa menggunakan Software – Softwarenya. namun supaya bisa mengikuti alur dari tutorial ini. Jika sudah klik Forward. Ini adalah Sebuah Linux Mint Virtual. walau hardisk belum termakan oleh Linux / belum terinstall Linux Mint sudah bisa digunakan seperti halnya OS Linux biasa.karena Linux Mint sedang membuka Virtual Linux Mint. Maka akan tampil. di bagian list cari lah kota Jakarta. bahasa yang anda pilih akan berpengaruh saat Installasi atau saat pengoperasian. Dan yang asik lagi di sini ada bahasa Indonesia. Klik 2 kali icon desktop “Install” maka akan tampil seperti di bawah. mari kita pilih bahasa English saja. hebat bukan. jika sudah klik Forward.

Jika anda menginginkan hardisk anda di kuasai penuh oleh linux langsung saja tekan Forward. Nah. Jika sudah tekan forward. lakukan saja.Di bagian ini tidaklah terlalu penting. jika anda mengerti cara menyetting Keyboard anda. . maka akan tampil seperti seperti ini. Pada Bagian Ini adalah hal yang paling membingungkan. jika tidak tekan manual lalu tekan Forward. “Partisi”. Ini adalah bagian yang penting dan juga susah. Jika sudah klik Edit Partition. coba anda pilih partisi yang ber type kan Ext3 (boleh juga yang lain).

Sekarang anda isi. lebih baik di migrasi dengan bagian ini.Isilah berapa besar kapasitas Linux yang anda inginkan. jangan anda yang menulis. dan di dalam Account itu banyak datanya. Isi password dan isi nama komputer anda tanpa spasi lalu klik forward. jika sudah klik OK. Jika anda mempunyai Account di Windows. silahkan klik forward lagi. Catatan : jangan sampai anda lupa password dan username. jika itu terjadi maka anda harus menginstall ulang lagi!!. . namun karena bagian ini tidak ada. jika pada list “format” tercentang maka Partisi linux Sudah siap digunakan. bagian nama login biarkan oleh Linux. nama anda. Sekarang lihat Partisi yang tadi anda edit. Pada bagian “Use as :” pilih Ext3 journaling File System dan Mount Point nya bertandakan root atau “/”. Klik Forward.

maka komputer akan merestart dan setelah proses restart maka akan tampil seperti di bawah ini. Biarkan Linux menginstall sampai selesai. .Dari step ini adalah laporan hal yang anda pilih dan hal yang anda isi dari step 1 sampai step 7. Klik saja Restart Now. jika sudah mengeceknya tekan Install. lalu tekan enter (gambar seperti ini akan selalu tampil setiap anda menyalakan komputer anda). Pilihlah bagian yang paling atas. Setelah anda menekan enter maka linux mint akan loading dan akan tampil seperti di bawah ini. Jika sudah 100% maka akan tampil seperti di bawah ini.

Karena ini untuk pertama kalinya Linux di buka maka akan tampil ucapan selamat datang. Sekarang adalah bagian root password. Lalu masukan password yang anda inginkan. Jika sudah tekan forward .Masukan username dan password anda dengan benar. tekan forward. Jika anda tidak ingin sistem anda kemasukan orang / di utak atik orang lain. root password ini berguna jika anda mempunyai anak atau adik yang suka main komputer. silahkan centang Enable Root Account. Jika benar maka akan tampil seperti di bawah ini.

Saya tidak terlalu mengetahui bagian ini. Namun di bagian Linux Mint ini. Jika anda menginginkannya tekan show an Example lalu tekan Forward. jika anda tau Console atau Terminal adalah cara masuk ke komputer dengan text command.Ini adalah bagian Fortunes In Terminal. tekan saja Apply. Bisa di bilang seperti DOS. Ini adalah pesan kalau anda sudah selesai menyetting permulaan Linux Mint. ada bagian humornya. . Tekan Close.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful