y y y y y y y y y y

Beranda BioAnimation BioDiscovery BioExam BioGuest BioJournal BioOnline BioPedia BioProduct AboutBlog

Kloning Gen
2 Februari 2009 tags: Biologi Molekuler, DNA, DNA Rekombinan, E.coli, Gen, Kloning, Plasmid, vektor oleh wbio

Kloning Gen (Sumber : www.edumedia-sciences.com) Kita sekarang hidup di era revolusi teknologi. Melalui Biologi molekuler perkembangan ilmu pengetahuan khususnya di bidang science mengalami revolusi yang sangat pesat. Kloning gen merupakan suatu terobosan baru untuk mendapatkan sebuah gen yang mungkin sangat dibutuhkan bagi kehidupan manusia. Kloning gen meliputi serangkaian proses isolasi fragmen DNA spesifik dari genom suatu organisme, penentuan sekuen DNA, pembentukan molekul DNA rekombinan, dan ekspresi gen target dalam sel inang. Penentuan sekuen DNA melalui sekuensing bertujuan untuk memastikan fragmen DNA yang kita isolasi adalah gen target sesuai dengan kehendak kita. Gen target yang kita peroleh selanjutnya kita klon dalam sebuah vektor (plasmid, phage atau cosmid) melalui teknologi DNA rekombinan yang selanjutnya membentuk molekul DNA rekombinan. DNA rekombinan yang dihasilkan kemudian ditransformasi ke dalam sel inang (biasanya sel bakteri, misalnya strain E. coli) untuk diproduksi lebih banyak. Gen-Gen target yang ada di dalam sel inang jika diekspresikan akan mengahsilkan produk gen yang kita inginkan.

com) .Kloning Gen (http//:tainano.

from Biologi Molekuler. Fragmen DNA spesifik penyandi insulin kita isolasi dan diklon dalam suatu vektor membentuk DNA rekombinan yang selanjutnya produksi insulin dilakukan di dalam sel inang bakteri E. Genetika dan Hereditas PELUDAHAN ULAR KOBRA Membran Plasma Teknik kloning gen Tujuan Kloning Gen  Menentukan urutan basa nukleotida penyusun gen tersebut  Menganalisis atau mengidentifikasi urutan basa nukleotida pengendali gen tersebut  Mempelajari fungsi RNA / protein/enzim yang disandi gen tersebut  Mengidentifikasi mutasi yang terjadi pada kecacatan gen yang mengakibatkan penyakit bawaan  Merekayasa organisme untuk tujuan tertentu. dll. misalnya memproduksi insulin. Bioteknologi.Aplikasi kloning gen yang sudah pernah kita dengar adalah produksi insulin dengan pendekatan kloning gen. Sumber DNA untuk Diklon  DNA kromosom  cDNA (complementary DNA) yang disintesis menggunakan mRNA sebagai cetakan (template)  DNA yang dihasilkan dari perbanyakan menggunakan PCR Bahan / Alat untuk Mengklon  Enzim endonuklease restriksi  Enzim ligase  Vektors . ketahanan terhadap hama. coli.

misalnya plasmid bakteri E. dimasukkan kembali ke dalam bakteri. kemudian bakteri tersebut dikembangbiakkan menjadi banyak sehingga rekombinan pun ikut bertambah banyak. 4. Plasmid ini biasanya disebut sebagai vektor pengklon. demikian pula hasil ekspresi gennya. di tempat yang urutan nukleotidanya spesifik. DNA yang akan digunakan sebagai inang. diisolasi. coli. Plasmid yang telah disisipi. Fragmen DNA kemudian disisipkan ke dalam vektor dan disatukan oleh enzim endonuklease ligase. Inang (Host)  Metoda untuk memasukkan DNA ke dalam sel inang Mekanisme Penyisipan Gen/DNA 1. 2. diisolasi dan dipotong pula oleh enzim yang sama. dan dipotong oleh enzim endonuklease restriksi. 3. DNA yang ingin disisipkan. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful