ORGANISASI NIRLABA

A. Standar Akuntasi Yang Berlaku Untuk Organisasi Nirlaba Organisasi nirlaba menggunakan basis akuntansi akrual untuk mengakui pendapatan dan bebannya. Klasifikasi aktiva bersih Aktiva bersih dikelompokkan dalam tiga katagori yang masing-masing tergantung pada ada tidaknya pembatasan.
1. Aktiva bersih terikat permanen adalah bagiandari aktiva bersih yang penggunaannya

dibatasi oleh Donatur (donor-imposed stipulation) yang tidak memiliki pembatasan waktu dan tidak dapat dipindahkan oleh organisasi.
2. Aktiva bersih terikat temporer adalah bagian dari aktiva bersih yang penggunaannya

dibatasi oleh Donatur yang memiliki pembatasan waktu atau dapat dipindahkan oleh organisasi dengan melakukan stipulation (pembatasan penggunaan).
3. Aktiva bersih tidak terikat adalah bagian dari aktiva bersih yang tidak dibatasi

penggunaannya oleh Donatur. Kontribusi Bagi sebagian besar organisasi nirlaba kontribusi/sumbangan merupakan sumber utama pendapatan. Kontribusi adalah transfer kas atau aktiva lain tanpa syarat kepada organisasi atau suatu penyelesaian atau suatu pembatalan hutang-hutangnya tidak secara timbale balik oleh organisasi lain yang tidak bertindak sebagai pemilik. Karakteristik dari transfer dari pengertian tersebut adalah: • • Bahwa transfer dilakukan tanpa syarat. Bahwa transfer adalah kea tau dari suatu entitas yang bertindak bukan sebagai pemilik. • Bahwa transfer dilakukan sukarela.

 Suatu janji dengan syarat untuk memberi tergantung pada terjadinya peristiwa masa depan dan peristiwa tertentu yang tidak pasti untuk mengikat si pemberi janji. atau terikat permanen tergantung pada pembatasan oleh donatur dalam penggunaan pendapatan investasi.• Transfer tidak timbale balik (dengan kata lain. • Sumbangan yang terikat penggunaannya dilaporkan sebagai sumbangan yang terikat yang meningkatkan baik aktiva bersih permanen maupun aktiva aktiva bersih terikat temporer. terikat temporer. Suatu janji dapat dengan syarat atau tanpa syarat. sumbangan yang terikat dengan yang tidak terikat dihitung pada nilai wajarnya dan diakui sebagai pendapatan atau keuntungan pada saat periode diterimanya. • Sumbangan yang tidak terikat penggunaannya dilaporkan sebagai sumbangan yang tidak terikat yang meningkatkan aktiva bersih tidak terikat. Sumbangan yang terikat dan yang tidak terikat Pada umumnya. aktiva diterima dan kewajiban dibatalkan tanpa ada pertukaran nilai). Suatu janji adalah kesepakatan lisan atau tertulis untuk menyumbangkan kas atau aktiva lain kepada etitas lain.  Suatu janji tanpa syarat untuk memberi tergantung hanya pada saat berlalunya waktu atau pada permintaan si penerima janji atas kinerja yang disajikan. . Pendapatan investasi harus diakui sebagai yang harus diterima dan dilaporkan sebagai peningkat dalam aktiva bersih tidak terikat. Janji dengan syarat untuk memberikan harus diakui sebagai pendapatan dan piutang sumbangan jika syarat-syaratnya secara substansial terpenuhi. Janji tanpa syarat untuk member diakui sebagai pendapatan dan piutang pada saat janji diterima. Janji untuk member dipertimbangkan sebagai tanpa syarat jika kemungkinan bahwa suatu syarat akan tidak terpenuhi telah diakui. Investasi dan pendapatan investasi Investasi yang dilakukan oleh perusahaan nirlaba mula-mula dicatat pada biaya perolehan dan investasi yang diterima sebagai sumbangan/kontribusi yang dicatat pada nilai wajarnya dalam kelompok-kelompok aktiva bersih yang sesuai.

harta karun sejarah. dan aktiva diteruskan kembali ke pihak ketiga. . Suatu contoh pengukuran yang disebutkan dalam Statement No.116 menganjurkan namun tidak mengharuskan dilakukannya kapitalisasi kolekte karya seni. 3) Hibah berupa kebendaan Kontribusi jika entitas nirlaba memiliki keleluasaan dalam pemakaian sumber daya. yang disediakan oleh seseorang yang memiliki keterampilan tersebut. pada umumnya harus dibeli jika tidak tersedia melalui sumbangan.116 menyebutkan bahwa harga pasar merupakan taksiran paling baik atas nilai wajar suatu aktiva moneter dan non moneter. Metode penilaian lain yang mungkin digunakan adalah harga pasar dari aktiva atau penilaian independen yang sejenis. dan pos-pos lain secara retroaktif. ♣ Memerlukan keterampilan khusus.Transfer yang bukan merupakan kontribusi 1) Transaksi pertukaran Transfer secara timbal balik dimana kedua belah pihak member dan menerima jumlah yang sama. 2) Transaksi keagenan Suatu aktiva yang ditransfer kepada organisasi nirlaba namun organisasi tersebut hanya memiliki sedikit atau tidak sama sekali keleluasaan untuk menggunakan aktiva tersebut. Jasa yang disumbangkan Jasa yang disumbangkan diakui hanya jika yang diterima: ♣ Menciptakan atau meningkatkan aktiva non keuangan dari organisasi. Kolekte Statement No. Prinsip-prinsip pengukuran Kontibusi yang diterima dan yang dibuat diukur pada wajar.

Laporan keuangan PSAK No. Laporan aktivitas Laporan aktivitas menyediakan informasi mengenai perubahan jumlah dan sifat aktiva bersih dan cara bagaimana sumber daya digunakan untuk melaksanakan berbagai . biaya sekarang. • Aktiva bersih dilaporkan secara total dan menurut ketiga kelompok aktiva bersih: tidak terikat.  Dana endowment permanen (aktiva yang disumbangkan untuk investasi sehingga menjadi sumber pendapatan secara permanen) Aktiva bersih terikat temporer dapat menggunakan baris terpisah dalam neraca atau dalam catatan untuk membedakan antara pembatasan untuk:     Sumbangan untuk aktivitas operasi tertentu Investasi untuk jangka waktu tertentu Digunakan untuk periode tertentu di masa datang Perolehan aktiva yang memiliki masa manfaat jangka panjang 2. dan aktiva bersih. Pembatan permanen dapat dalam bentuk pemisahan menurut:  Aktiva yang dikuasai atau holdings (tanah. dan nilai pasar sekarang. dan terikat permanen. Laporan posisi keangan neraca Menyajikan aktiva. untuk dirawat. kewajiban.45 mensyaratkan organisasi nirlaba untuk menyediakan laporan keuangan lengkap yang meliputi: 1. atau tidak untuk dijual). Karakteristik lain neraca meliputi: • Laporan posisi keuangan harus berfokus pada organisasi secara keseluruhan sehingga harus menyajikan total aktiva. kewajiban.Kolektif dapat dikapitalisasi secara retroaktif menggunakan biaya perolehan atau nilai wajar. terikat temporer. dan aktiva bersih. karya seni. dan sebagainya yang digunakan untuk tujuan khusus.

4. pencatatan umum. dan aktivitas lain untuk menggalang dana. Laporan beban secara fungsional Klasifikasi beban secara fungsional bermanfaat untuk membantu para Donatur. B. Pengungkapan dalam catatan unttuk janji memberi dengan syarat mencakup jumlah total janji dan suatu penjelasan dan jumlah masing-masing kelompok janji yang memiliki karakteristik yang sama. Layanan pendukung selain aktivitas program lainnya meliputi: o Manajemen atau umum: pengawasan. Laporan arus kas Tujuan utama laporan arus kas suatu organisasi adalah menyediakan informasi yang relevan mengenai penerimaan dan pengeluaran kas suatu organisasi dalam suatu periode. dan pihak lain menilai usaha layanan organisasi. pengumpulan iuaran keanggotaan. penyimpanan daftar alamat para Donatur. pendanaan. pembuatan dan penyebaran manual. penganggaran. hubungan keanggotaan. Akuntansi Organisasi Nirlaba Akuntansi Dana (Fund Accounting) . o Aktivitas pengembangan keanggotaan: pencarian anggota baru. termasuk layanan dan cara organisasi menggunakan sumber dayanya.program atau jasa/layanan. dalam satu sampai lima tahun dan lebih dari lima tahun dan (2) penyisihan untuk jumlah piutang janji tak tertagih. petunjuk dan bahan lainnya. Pengungkapan laporan keuangan untuk kontribusi Entitas nirlaba harus mengungkapkan janji member tanpa syarat sebagai (1) jumlah piutang janji berjangka kurang dari satu tahun. dan aktivitas administrative terkait. manajemen pusat. kreditur. pelaksanaan acara khusus pencarian dana. 3. dan aktivitas sejenis. o Pencarian danan: kampanye dan pelaksanaan pencarian dana.

sebagai:  layanan program. Dana pendapatan endowment dicatat sebagai pendapatan dari dana tidak terikat lancar. . juga diperlakukan sebagai dana tidak terikat lancar. Beban menurunkan aktiva bersih tidak terikat dan dilaporkan sebagai dana yang berhubungan. dimana penggunaan sebagian sumber daya ini dibatasi untuk kegiatan atau tujuan khusus. Pelaporan beban secara fungsional menyajikan laporan yang informatif dan sangat agregatif. berkaitan dengan beban yang terjadi dalam penyediaan aktivitas layanan sosial organisasi. Tapi banyak organisasi nirlaba yang menggunakan prinsip akuntansi dana untuk tujuan internal dan untuk informasi yang disajikan dalam laporan keuangan. seperti biaya gaji. Beban diklasifikasikan dan secara fungsional. Sumber daya organisasi nirlaba berasal dari kontribusi. dengan informasi yang disajikan telah mengeliminasi saldo antar dana dan pengungkapan yang berfokus pada organisasi secara keseluruhan. layanan pasien. yang berfungsi merekonsiliasi klasifikasi fungsional dan klasifikasi pengeluaran menurut obyek (objectof-expenditure). pendidikan masyarakat.Dalam FASB Statement No. 117 tidak mewajibkan penggunaan akuntansi dana dan audit untuk organisasi nirlaba. dan sumber daya lain. hadiah dan bantuan. bantuan. peralatan. pendidikan profesional. Pendapatan dilaporkan dalam pengelompokan dana yang berhubungan. perangko. Dana yang ditetapkan dewan pengurus (fund balance reserve account) untuk membatasi suatu bagian dari saldo dana untuk tujuan khusus. berkaitan dengan beban administrasi dan beban pencarian dana. yang meliputi akuntansi aktiva dan kewajiban. layanan lingkungan.  pendapatan yang penggunaannya dibatasi oleh donatur meningkatkan aktiva bersih terikat temporer atau permanen. seperti penelitian.  layanan pendukung. Dana kustodi (custodian fund) merupakan dana keagenan (agency fund). sehingga diperlukan laporan beban fungsional secara terpisah. Pendapatan dan Beban Pendapatan dan beban dicatat pada saat diperoleh dan diakui dengan cara accrual basis. Sumber daya yang tidak terikat diperlakukan sebagai dana tidak terikat lancar (unrestricted current fund). seperti:  pendapatan yang tidak dibatasi penggunaannya oleh donatur meningkatkan aktiva bersih tidak terikat.

mencatat janji memberi tidak terikat.000.000 Kas .000 270. Organisasi memperkirakan 10% piutangnya akan tidak tertagih.000. sehingga diasumsikan janji tersebut merupakan dana yang dibatasi penggunaannya untuk tahun berikutnya.Kas 1 2. mencatat pembayaran kupon saat pencarian dana 15.000 50.000 Kas . Diminta: buat jurnal terkait transaksi diatas. Tahun berikutnya janji sebesar Rp 200. dengan membuat acara amal melalui pembagian kupon kepada penduduk setempat. Atas piutang janji tersebut diperkirakan Rp 200. Penyelesaian: Tahun sekarang: 0 1. dimana biaya kupon adalah sebesar Rp 15.000.000.000.000.000 500.000.000. Dari acara tersebut diperoleh sumbangan tidak terikat tunai sebesar Rp 500.000.000.000.000 Beban pencarian dana .000.000 berhasil diperoleh.000 taksiran piutang tak tertagih Piutang sumbangan .000 dan suatu janji untuk memberi tanpa syarat sebesar Rp 500. janji yang dibatasi penggunaanya.Penyisihan piutang tak tertagih .000. mencatat sumbangan kas yang diterima 500. mencatat penerimaan piutang sumbangan 270.Sumbangan terikat 3 4.000.000.Contoh: Kontribusi – Dana tidak terikat lancar Suatu organisasi kesejahteraan masyarakat melakukan pencarian dana. dan 500.000 tidak akan tertagih sampai satu tahun berikutnya.000 15.000 180.Sumbangan tidak terikat .Sumbangan tidak terikat 2 3.000.

mencatat hibah yang dibatasi penggunaannya untuk proyek khusus 150.000. mencatat reklasifikasi aktiva bersih terikat untuk proyek taman bermain yang Aktiva bersih terikat temporer-reklasifikasi ke 125.000.000 untuk digunakan dalam proyek taman bermain. dan mengakui keuntungan dari selisih antara jumlah 200.000 20.000 Beban-layanan umum .Keuntungan sumbangan tidak terikat 1 2.000 180.000 125.000.000.000 150.000. Diminta: buat jurnal yang terkait transaksi diatas.000 20.000.000.Aktiva bersih tidak terikat.000. Penyelesaian: 0 1.Piutang sumbangan Tahun berikutnya: 0 30.000.000. mencatat reklasifikasi aktiva bersih saat pembatasan dipenuhi Aktiva bersih terikat temporer-reklasifikasi ke .Penyisihan piutang tak tertagih .000 Kontribusi – Dana Terikat Lancar Seorang donatur memberikan Rp 150.Kas 2 3.Sumbangan terikat-kontribusi 1 2. mencatat hibah yang dibatasi penggunaannya untuk proyek taman bermain 125.000 125. dimana beban ini dilaporkan dalam aktiva bersih tidak terikat.000 pembatasannya telah terpenuhi .000.Piutang sumbangan .000.000 taksiran dan jumlah aktual yang tidak tertagih Kas Penyisihan piutang tak tertagih . mencatat penerimaan piutang.000 400.000.000.Aktiva bersih tidak terikat-reklasifikasi dari .000 200.000 1.reklasifikasi dari 180.000.000 Kas .000. Organisasi kesejahteraan membeli perlengkapan untuk proyek sebesar Rp 125.000.

mencatat penerimaan sumbangan kendaraan 75. Diminta: buat jurnal terkait transaksi diatas.000 25. dan beban penyusutan diklasifikasikan menurut beban fungsional. dengan nilai wajar Rp 75.000 Peralatan .000. mencatat penerimaan dari acara pencarian dana 100.000.000 .000 75. Diminta: buat jurnal terkait transaksi diatas.000.000.Sumbangan tidak terikat-acara khusus 1 2.Akumulasi penyusutan-peralatan 2 25. Penyelesaian: 0 1.Aktiva bersih tidak terikat-reklasifikasi dari Pencarian Dana dengan Acara Khusus Dalam acara pencarian dana.000.000 Kas .000.000.000.000.000 3. dan beban terkait dengan acara tersebut sebesar Rp 75.Aktiva Sumbangan yang memiliki masa manfaat jangka panjang Suatu lembaga swadaya masyarakat (LSM) mendapat sumbangan kendaraan untuk digunakan dalam program layanan masyarakat. suatu organisasi nirlaba melakukan penjualan tiket bazar dengan jumlah penjualan mencapai Rp 100.000.Sumbangan terikat 1 2.000. Penyelesaian: 0 1. mencatat penyusutan kendaraan Beban penyusutan-layanan masyarakat 25.000.000. mencatat pembebanan biaya pencarian dana pada sumbangan yang diterima 75.000 dan memiliki sisa masa manfaat 3 tahun. Aktiva sumbangan ini mula-mula dicatat sebagai sumbangan terikat temporer.000.000 terpenuhi Aktiva bersih terikat temporer-reklasifikasi ke .000 Sumbangan tidak terikat-acara khusus .000 100. mencatat reklasifikasi aktiva bersih saat pembatasan temporer atas kendaraan 25.

Nilai wajar peralatan tidak dapat ditentukansecara layak.000 35. dan majalah tersebut dibagikan setiap triwulan 1 buat jurnal terkait dengan transaksi diatas.000 Suatu organisasi nirlaba menerima sumbangan peralatan yang diperjualbelikan di pasar loak.000 Peralatan .000 untuk setiap kali terbitan . dan hasil penjualan peralatan sebesar Rp 65. Diminta: 0 buat jurnal yang terkait dengan transaksi diatas.000.000.000. dengan memberikan majalah organisasi yang nilainya kurang lebih sama dengan iuran anggota.000 40.000. Diminta: 0 1 buat jurnal terkait transaksi diatas.Kas 1 2.Pendapatan tidak terikat-penjualan 1 3.000 65.000. jika organisasi tidak memperhitungkan manfaat bagi para anggotanya.000. mencatat biaya pemindahan dan penyimpanan peralatan 40.000.000 setahun.000.000 Beban pokok penjualan .000.000. jika nilai wajar peralatan tidak dapat ditentukan buat jurnal terkait transaksi diatas.000.000 orang. jika nilai wajar peralatan ditentukan sebesar Rp 35. dengan keanggotaan organisasi sebanyak 100. tapi biaya untuk memindahkan dan menyimpan peralatan sebesar Rp 40.000. dan majalah organisasi yang dibagikan pada setiap anggota bernilai Rp 15. Penyelesaian: 0 0 nilai wajar dari peralatan yang disumbangkan tidak dapat ditentukan 1. mencatat hasil penerimaan penjualan peralatan 65.Kas Hibah berupa barang – Dana tidak terikat lancar 75.. jika organisasi memperhitungkan manfaat bagi para anggotanya.000. nilai wajar dari peralatan ditentukan 35.000 Kas .Sumbangan tidak terikat-peralatan (mencatat penerimaan peralatan) Transaksi Keagenan – Dana tidak terikat lancar Suatu organisasi nirlaba menetapkan iuran anggotanya sebesar Rp 100.

000. nilai majalah lebih kecil dari iuran anggota Kas Pendapatan tidak terikat-iuran Pendapatan tidak terikat-sumbangan 10.000.000.000.000.000.000 4.000 Pendapatan tidak terikat-iuran keanggotaan 1 3. mencatat pengakuan pendapatan dari majalah setiap triwulan Iuran keanggotaan yang diterima 2.000 300.000 2.500.000.000.000.000.500.000.000 1 2 3 4 2.000.Sumbangan terikat permanen-sumbangan (mencatat penerimaan surat berharga yang terikat penggunaannya) Dana terikat lancar Kas 30.000.Penyelesaian: 0 nilai majalah kurang lebih sama dengan iuran anggota 0 1.000 10.000 6.000 .000. dimana secara permanen bantuan tersebut hanya boleh digunakan untuk proyek pendidikan khusus. Penyelesaian: Dana Endowment Surat berharga 300.000 (mencatat pendapatan dan sumbangan dari keanggotaan) Pendapatan Investasi dan Surat Berharga Sumbangan Suatu organisasi nirlaba mendapat sumbangan surat berharga dengan nilai wajar Rp 300.000 .Pendapatan terikat-pendapatan investasi 30.000.000.000. mencatat iuran dari anggota Kas Iuran keanggotaan yang diterima 10.000. Pendapatan dividen dari surat berharga tersebut adalah Rp 30.000.000.000 . Diminta: buat jurnal terkait dengan transaksi diatas.

untuk program layanan sebesar Rp 50. Penyelesaian: Dana tidak terikat lancar Beban-umum dan manajemen 10.000.000.000.(mencatat pendapatan investasi yang terikat penggunaannya) Peralatan Suatu yayasan kesehatan membeli peralatan senilai Rp 100. Peralatan yang digunakan dialokasikan untuk program pendidikan sebesar Rp 75.000.000.000.000.000 .000.000.000 75. dimana jika jasa tersebut dinilai adalah sebesar Rp 10.Persediaan peralatan dan bahan (mencatat pengalokasian beban peralatan dan bahan) Jasa Sumbangan dan Pembayaran Gaji 10.000.Sumbangan tidak terikat-sumbangan . persediaan peralatan yang masih ada bernilai Rp 50. dan menerima sumbangan peralatan dengan nilai wajar Rp 125.000.Kas (mencatat sumbangan dan pembelian peralatan) Beban-umum Beban-program pendidikan Beban-program layanan Beban-pencarian dana .000.000. untuk layanan umum sebesar Rp 40. Organisasi nirlaba mengeluarkan beban gaji untuk program pendidikan umum sebesar Rp 60.000 Sebuah Kantor Akuntan Publik menyumbangkan jasa audit atas pembukuan sebuah organisasi nirlaba.000 100.000.000.000. dan beban umum sebesar Rp 10.000. dan untuk beban umum dan manajemen sebesar Rp 20.000.000.000. Akhir tahun.000.000. Penyelesaian: Dana tidak terikat lancar Persediaan peralatan dan bahan 225.000 50.000.000 25.000.000 160.000 .000. Diminta: buat jurnal atas transaksi diatas.000.000. beban pencarian dana Rp 25.000.000 125.000. Diminta: buat jurnal atas transaksi diatas.000.000.

000.Akumulasi penyusutan (mencatat pengalokasian beban penyusutan) Transfer Suatu organisasi nirlaba membeli peralatan seharga Rp 400.Sumbangan tidak terikat-jasa sumbangan 10. pada program pendidikan publik sebesar Rp 20. pada beban umum dan manajemen sebesar Rp 10.000 40. bangunan.000 dan dari dana tidak terikat lancar sebesar Rp 100. Diminta: buat jurnal atas transaksi tersebut.000 . Diminta: buat jurnal terkait transaksi diatas.000..000.000.000.000.000.000 20.000.000 20.000.000.000.000.000.000.000. Penyelesaian: 10.000 untuk peralatan pelayanan bagi pasiennya.000 60.000 120. pada layanan umum sebesar Rp 40.Kas (mencatat beban gaji yang dialokasikan) Penyusutan Suatu organisasi nirlaba melakukan penyusutan sebesar Rp 80.000.000.000. dan peralatan Beban penyusutan-program penelitian Beban penyusutan-program pendidikan publik Beban penyusutan-layanan umum Beban penyusutan-umum dan manajemen .000 80.000.000 (mencatat jasa sumbangan yang dialokasikan ke beban umum dan manajemen) Beban-program pendidikan umum Beban-layanan umum Beban-umum dan manajemen .000.000 yang didanai dari sumbangan donatur yang dibatasi penggunaannya sebesar Rp 300.000.000. Penyelesaian: Dana tanah.000 10.000 40.000. yang dialokasikan pada program penelitian sebesar Rp 10.

000. bangunan. bangunan dan peralatan . dan peralatan Peralatan .000 (mencatat pembayaran atas pembelian peralatan yang didanai dari dana tidak terikat lancar) Dana tanah.Dana tidak terikat lancar Transfer ke dana tanah.Aktiva bersih tidak terikat (mencatat reklasifikasi aktiva bersih terikat temporer) 300.000.Kas 100.000.000.000.000 300.Transfer dari dana tidak terikat lancar 400.Kas .000 300.000.000 .000 100.000.000 100.000 (mencatat pembayaran atas pembelian peralatan yang didanai dari sumbangan donatur yang dibatasi penggunaannya) Aktiva bersih terikat temporer-reklasifikasi ke .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful