HASIL DISKUSI KELOMPOK III ( ASKEB III ) BENDUNGAN ASI ANGGOTA KELOMPOK

1. NELVA SUSANTI 2. NOFMALINDA 3. NOVIA YENI 4. PUTI PURNAMA DEWI 5. RAFIZA 6. SARMAULI PANJAITAN 7. SASMITA 8. SISKANRAHMAYENI 9. SRI YANTI 10. SUSI YUHENDRITA 11. TRI WAHYUNI

PROGSUS DIII KEBIDANAN STIKES CERIA BUANA BUKITTINGGI

Hal ini bersifat fisiologis. Kepenuhan ASI fisiologi adalah sejak hari ketiga sampai hari keenam setelah persalinan. ketika ASI secara normal dihasilkan. panas b Nyeri bila ditekan b Warnanya kemerahan b Suhu tubuh sampai 380C Faktor Predisposisi : b Kelainan puting susu ibu. keras. Gejala / Keluhan pada ibu adalah : b Payudara bengkak. misalnya : puting susu datar. . puting susu terbenam dan cekung b Teknik menyusui yang digunakan ibu kurang tepat b Kelainan pada bayi. Dengan penghisapan yang efektif dan pengeluaran ASI oleh bayi.BENDUNGAN ASI PENGERTIAN BENDUNGAN ASI MENURUT PRITCHAR (1999) Bendungan asi adalah : pembendungan air susu karena penyempitan Duktus Laktiferus atau oleh kelenjar ± kelenjar tidak dikosongkan dengan sempurna atau karena kelainan pada putting susu. rasa penuh tersebut pulih dengan cepat. misalnya bayi dengan labioplatoskizis. Namun dapat berkembang menjadi bendungan. Patofisiologi Menurut Rustam (1998). Payudara menjadi sangat penuh.

Memberikan penjelasan pada ibu dan keluarga saat ini ibu mengalami pembendungan ASI yang menyebabkan payudara ibu membengkak. 2. Berikan Parasetamol 500 mg untuk mengurangi rasa nyeri dan menurunkan panas. Mengobservasi cara ibu melakukan perawatan payudara. Payudara menjadi sangat nyeri. 6. Lakukan pengompresan dengan air hangat sebelum meyusui dan kompres dingin sesudah menyusui untuk mengurangi rasa nyeri 4. jumlah.Pada bendungan payudara terisi sangat penuh dengan ASI dan cairan jaringan. Aliran vena limpatik tersumbat. Anjurkan ibu untuk tetap menyusui bayinya. Asuhan Kebidanan yang dapat diberikan : 1. 4. mendekatkanhubungan batin ibu dan bayi serta mengurangi resiko kanker payudara. Gunakan BH yang menopang. ASI tidak mengalir dengan mudah dan bayi sulit menghisap ASI. 2. nyeri dan suhu tubuh Ibu meningkat. Mengajarkan pada ibu perawtan payudara dengan cara melakukan pengurutan payudara dengan menggunakan baby oil atau minyak. Mengobservasi pengeluaran lokea Ibu. 5. Payudara terlihat mengkilap dan puting susu tergang menjadi rata. 5. Menjelaskan pada ibu manfaat menyusui dapat memperlancar produksi ASI. Memberikan penjelasan kepada ibu tentang perawatan payudara serta manfaatnya dapat memperlancar proses menyusui. Anjurkan ibu untuk melakukan post natal breast care. Penatalaksanaan Terapi dan pengobatan menurut Prawirohardjo (2005) adalah : 1. warna dan bau. 3. 3. . aliran susu menjadi terhambat dan tekanan pada saluran ASI dan alveoli meningkat.

Menjelaskan pada ibu tentang penyebab rasa nyri disebabkan oleh bendungan ASI pada payudara 9. Memberikan Paracetamol 500 mg untuk mengurangi rasa nyeri dan menurunkan suhu tubuh ibu. Mengajarkan pada ibu untuk mengurangi rasa sakit dengan cara sebelum menyusui melakukan pengompresan payudara dengan air hangat. Libatkan keluarga dalam masa nifas ibu 11. pakai BH yang menyangga . Setelah menyusui lakukan pengompresan payudara dengan air dingin. Menjelaskan ibu posisi menyusui yang benar yaitu dengan memasukkan seua areola mamae kedalam mulut bayi serta menyusui bayinya sesering mungkin sesuai keinginan bayi. 8. payudara serta anjurkan ibu tetap menyusui bayinya.lakukan pengurutan. 10.7. peras ASI secara manual sebelum menyusui dan membasahi puting susunya sebelum menyusui agar bayi mudah menghisap.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful