2.3 KOMPETENSI DASAR : Mendeskripsikan dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungan 2.3.

1 INDIKATOR :  Pengaruh dampak polusi terhadap penurunan kualitas hidup manusia dideskripsikan dengan benar.  Dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungannya dihubungkan dengan fakta-fakta yang ada di lingkungan. MATERI PEMBELAJARAN :     

Dampak Polusi terhadap Kesehatan Manusia Pemanasan Global Kerusakan Ozon Hujan Asam Dampak Polusi Tanah dan Air

dan kematian. mual. pingsan. Asbut dapat mengakibatkan gangguan pada penglihatan dan pernapasan.DAMPAK POLUSI TERHADAP KESEHATAN MANUSIA A. banyak terdapat didaerah lalu lintas dan dapat mengakibatkan pusing. Materi partikulat (serbuk batu bara. sebagian besar berasal kendaraan bermotor dan berwarna kecoklatan. disentri. diare. c. mengakibatkan iritasi mata dan radang saluran pernapasan. mengakibatkan penyakit jantung dan kanker paru-paru. @ jelaskan dampak hujan asam terhadap manusia dan lingkungan! 4. metan (CH4). Asbut fotokimia. dan asam nitrit. DAMPAK POLUSI AIR 1. polio. Gangguan kesehatan Berbagai jenis polutan udara yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan yaitu : a. Gangguan kesehatan Berbagai jenis penyakit yang ditimbulkan oleh pencemaran air yaitu a. nitrat oksida (N2O). d. khusus untuk timbal dapat mengakibatkan keterbelakangan mental pada anak-anak. klorofluorokarbo (CFC). Asbut dibedakan menjadi 2 : a. asam nitrat.6. b. Hujan asam Hujan asam merupakan hujan dengan pH di bawah 5. Karbon monoksida. sakit kepala. Pemanasan global Pemanasan global merupakan kejadian meningkatnya suhu rata-rata bumi akibat tertahannya panas matahari di lapisan atmosfer bumi bagian bawah dan dipantulkannya kembali ke bumi oleh karbon dioksida (CO2). kolera. karena reaksi nitrogen oksida dan sulfur dioksida dengan uap air untuk membentuk asam sulfat. tifus. Sulfur oksida. timbal). Penyakit menular (hepatitis A. 3. Asap rokok. @ jelaskan bahaya yang dapat ditimbulkan akibat menipisnya lapisa ozon! @ sebutkan zat-zat yang menyebabkan penipisan lapisan ozon! B. Penyakit tidak menular. ascaris. Asbut (smoke dan fog) Asbut merupakan singkatan dari asap dan kabut. @ sebutkan dampak efek rumah kaca (pemanasan global) terhadap manusia dan lingkungan! 5. Materi yang terkandung adalah sulfur oksida dan materi partikulat dengan warna keabuan. berasal pembakaran bahan bakar fosil. nitrogen oksida. taeniasis) b. hidrofluorokarbon (HFC). serbuk kapas. DAMPAK POLUSI UDARA 1. 2. . Penipisan ozon Ozon yang terdapat di lapisan stratosfer berfungsi menyerap radiasi sinar UV (ultraviolet). b. Asbut industry.

dan populasi ikan juga menurun. Minyak Tumpahan minyak di perairan mengakibatkan kematian berbagai jenis biota air seperti ikan dan terumbu karang.Senyawa organik yang dapat menimbulkan penyakit karena bersifat racun adalah senyawa organik bersifat klorin (Cl) seperti DDT. c. Limbah yang membutuhkan oksigen Limbah yang mebutuhkan oksigen akan mengakibatkan peningkatan BOD dan menurunkan DO perairan sehingga menurunkan populasi biota air. sumber penghasilnya. Air tidak dapat lagi digunakan untuk keperluan rumah tangga b. DAMPAK POLUSI TANAH Beberapa tempat yang mengindikasikan terjadinya polusi tanah yaitu a. Sedimen Mengakibatkan air menjadi keruh sehingga fotosintesis tumbuhan air menurun. @ apa yang dimaksud dengan salinasi? . Nutrien tumbuhan Nutrien tumbuhan seperti fosfat dan nitrogen dalam jumlah berlebih dapat mengalami eutrofikasi dan mengakibatkan algae blooming. @ jelaskan akibat dari algae blooming dalam perairan! b. dan bahayanya! 2. e. pupuk. dan irigasi. Air tidak bermanfaat sesuai peruntukkannya a. Air tidak dapat lagi digunakan untuk keperluan industry c. C. @ sebutkanlah polutan pencemar air. Lingkungan pertanian Polusi tanah yang terjadi di lingkungan pertanian disebabkan oleh penggunaan pestisida kimia. Panas Mengakibatkan penurunan DO dan kematian Biota air. @ jelaskan gangguan yang ditimbulkan oleh tumpahan minyak terhadap burung yang mencari makan dalam perairan tersebut! d. Air tidak dapat lagi digunakan untuk keperluan pertanian dan perikanan 3. selain sebagai sumber polusi tanah! b. Menurunnya populasi berbagai biota air Beberapa polutan yang sifatnya berbahaya bagi biota air yaitu a. TPA @ mengapa TPA dijadikan sebagai alasan sumber polusi air dan udara.

2.4 KOMPETENSI DASAR : Mendeskripsikan cara-cara menangani limbah 2.4.  Pendaurulangan kertas dilakukan dengan baik.  Variabel-variabel penelitian diperlakukan dan diukur dengan teliti/akurat.  Pembuatan kompos dari limbah padat industri berbahan baku / pasar / rumah tangga dilakukan dengan baik. diolah serta simpulan yang dibuat sesuai MATERI PEMBELAJARAN :     Cara Penanganan Limbah Padat dan Cair Pembuatan Kompos Pembuatan Kertas Daur Ulang Penanganan Limbah B3 .1 INDIKATOR :  Pemilihan metode penanganan limbah sesuai dengan sifat dan wujud limbah dilakukan dengan benar.  Pembuatan model penanganan limbah berdasarkan hasil studi di lingkungan kerja dilakukan dengan baik.

Limbah yang mengalir melalui saluran pembuangan disaring dengan jeruji saring (bar screen). Limbah yang telah disaring disalurkan dalam tangki besar (grit chamber). a. @ apa yang dimaksud dengan baku mutu air? Proses pengolahan limbah cair yaitu 1. Metode trickling filter Merupakan metode pengolahan limbah cair dengan menggunakan bakteri aerob yang melekat dan tumbuh pada suatu lapisan media kasar. Pengolahan primer (primary treatment) Pengolahan primer merupakan pengolahan lembah cair dengan cara fisika yaitu penyaringan (screening). pengendapan. Metode pengapungan (flotation). dan pengapungan (flotation). @ jelaskan proses pengolahan limbah cair dengan metode ini! .PENANGANAN LIMBAH A. berfungsi untuk memisahkan pasir dan partikel padat yang tersusfensi dalam ukuran yang relatif besar. Tahapan proses pengolahan primer dapat dijelaskan sebagai berikut. Tahapan ini melibatkan tiga metode pengolahan limbah cair yaitu: a. kemudian dipisahkan dari air limbah ke saluran lain untuk diolah lebih lanjut. b. dengan cara mengalirkan gelembung-gelembung udara berukuran kecil. disebut metode penyaringan (screening). d. PENANGANAN LIMBAH CAIR Setiap industry idealnya memiliki IPAL (Instalasi Pengolahan Limbah Cair) yang berfungsi untuk menghilangkan atau mengurangi bahan-bahan pencemar (polutan) yang terkandung dalam limbah sehingga tidak melebihi baku mutu. apakah cara di atas efektif digunakan untuk pengolahan limbah? Jelaskan! 2. “a dan b” disebut dengan tahapan pengolahan awal (pretreatment) c. Metode activated sludge Merupakan metode pengolahan limbah cair dengan menggunakan bakteri aerob yang tercampur dalam lumpur (lumpur aktif). Pengolahan sekunder (secondary treatment) Merupakan proses pengolahan secara biologis (melibatkan mikroorganisme aerob) yang dapat mengurai/mendegradasi bahan organic. Metode Pengendapan. merupakan metode yang digunakan untuk menyingkirkan polutan berupa minyak atau lemak. pada tahapan ini akan terjadi endapan partikel yang membentuk lumpur. @ apabila dalam air limbah terkandung agen penyebab penyakit atau senyawa organik dan anorganik terlarut. @ jelaskan proses pengolahan limbah cair dengan metode ini! b.

penyinaran dengan sinar ultraviolet (UV). Contoh mekanisme desinfeksi pada limbah cair adalah penambahan klorin (klorinasi). atau dengan ozon (O3). Desinfeksi (desinfection) Desinfeksi atau pembunuhan kuman bertujuan untuk membunuh atau mengurangi mikroorganisme pathogen (penyebab penyakit) yang ada dalam limbah cair/air limbah. lahan pembuangan (landfill). Lumpur tersebut diolah dengan cara diurai/dicerna secara anaerob (anaerob digestion) kemudian disalurkan ke laut. atau dibakar (incinerated). Pengolahan lumpur (sludge treatment) Semua pengolahan limbah cair akan menghasilkan endapan polutan berupa lumpur.c. . Metode treatmen ponds/lagoons Merupakan metode pengolahan limbah cair dengan menggunakan alga dan bakteri aerob yang berada dalam kolam perlakuan. padahal sudah ada pengolahan primer dan sekunder? 4. @ sebutkan syarat yang harus diperhatikan dalam menggunakan zat Desinfeksi! 5. @ jelaskan proses pengolahan limbah cair dengan metode ini! 3. dijadikan pupuk kompos. Pengolahan tersier (tertiary tretment) @ apakah yang menjadi alasan bahwa pengolahan tersier penting dilakukan.

Insinerasi Insinerasi adalah pembakaran limbah padat. (besi. Actinomyces sp. diantaranya Lumbricus terrestis. Rhodopseudomonas sp. dan alumunium). . ranting. sampah makanan. Metode penimbunan terbuka (open dumping) Merupakan metode penimbunan terbuka. Lumbricus rebellus. kaca. Jenis limbah padat yang cocok dengan metode ini adalah kertas. karpet. Pheretima defingens. palastik. 3. Metode sanitary landfill Merupakan metode penimbunan sampah dalam lubang yang dialasi lapisan lempung dan lembaran plastic untuk mencegah perembesan limbah ke tanah. Penimbunan Penanganan limbah padat dengan cara penimbunan sampah menggunakan 2 metode yaitu a.B. dan baterai. Streptomyces sp. @ jelaskan cara pembuatan kompos dengan menggunakan EM4 dan cacing tanah! 4. dan karet. dan karet. daun. dan khamir. Pembuatan kompos Kompos adalah pupuk yang dibuat dari sampah organic seperti sayuran. baja. Contoh:  Limbah kertas kertas kembali  Limbah kaca kaca kembali atau dicampur dengan aspal sebagai bahan pembuat jalan  Kaleng alumunium kaleng alumunium lagi  Botol plastic bekas (jenis polyetilen terftalat) baju poliyester. serta kotoran hewan melalui proses degradasi/penguraian oleh penguraian organisme tertentu. @ jelaskan perbedaan penanganan limbah padat dengan metode open dumping dan sanitary landfill. plastic. logam. EM4 terdiri dari beberapa jenis mikroorganisme seperti Lactobacillus sp. sampah dikumpulkan dan ditimbun begitu saja dalam lubang yang dibuat pada suatu lahan (TPA) b. Jenis limbah padat yang tidak cocok dengan metode ini adalah kaca. Alatnya bernama incinerator. dan Eisenia foetida. Selain EM4 kompos juga dapat dibuat dengan bantuan cacing tanah. ditinjau dari keuntungan dan kerugian yang diberikan! 2. dan suku cadang mobil. PENANGANAN LIMBAH PADAT Beberapa tahapan pengolahan limbah padat yaitu 1. Daur ulang Bahan-bahan yang dapat didaur ulang adalah kertas. Organisme yang digunakan dalam penguraian sampah adalah kultur mikroorganisme (EM4) dan cacing tanah.

@ bagaimanakah prinsip kerja alat ini! c. Cara-cara mengurangi gas buangan. Cara menangani limbah gas yaitu : 1. dan senyawa asam atau basa. Filter basah (wet scrubber) Senyawa materi partikulat yang dapat dibersihkan dari alat ini adalah debu. dan mainan anak-anak. mesin kendaraan bermotor. Menghilangkan materi partikulat dari udara pembuangan a. nitrogen oksida. Mengontrol emisi gas buang Jenis-jenis gas buangan yaitu sulfur oksida. Filter udara biasanya dipasang pada ventilasi ruangan dan bangunan. sulfur oksida. Pengendap system gravitasi Alat ini digunakan untuk membersihkan udara yang mengandung materi partikulat dengan ukuran yang relative besar. @ bagaimanakah prinsip kerja alat ini! d. ammonia. @ bagaimanakah prinsip kerja alat ini! . seperti debu. Pengendap siklon (cyclone separator) Merupakan alat pengendap materi partikulat yang ikut dalam gas atau udara buangan. mesin atau cerobong pabrik. dan spora di udara. b. pot tanaman.  Gelas dan peralatan plasti bekas (plastic jenis polystiren) hanger. Ban karet bekas bahan campuran untuk pembuatan jalan @ sebutkan produk buatan manusia yang tidak dapat di daur ulang! C. serbuk sari. @ bagaimanakah prinsip kerja alat ini! e. hydrogen klorida. dan hidro karbon. karbon monoksida. PENANGANAN LIMBAH GAS Limbah gas ditangani dengan banuan alat yang dapat mengurangi pencemaran udara. Pengendap elektrostatik (electrostatic precipitor) Alat ini digunakan untuk membersihkan udara yang kotor dalam jumlah yang relative banyak dan pengotor udaranya umumnya berupa aerosol atau uap air. Filter udara Merupakan alat untuk menghilangkan materi partikulat padat. yaitu  Desulfurisasi (menggunakan filter basah/wet scrubber) dapat mengurangi hasil pembakaran bahan bakar  Menurunkan suhu pembakaran dapat mengurangi gas nitrogen oksida hasil pembakaran  Memasang alat pengubah katalitik (catalytic converter) dapat mengurangi gas CO dan hidrokarbon hasil pembakaran 2.

D. fisik. Landfill untuk limbah B3 @ jelaskan mekanisme kerja metode ini! @ bandingkan ketiga metode ini ditinjau dari keunggulan dan kelemahan yang dimiliki. Ada beberapa metode penanganan limbah B3 yang umum diterapkan. Metode pengolahan secara kimia. b. Secara biologi. dan bahan termoplastik. selanjutnya metode yang mana menurut anda sebaiknya digunakan untuk menangani limbah B3? *Selamat Belajar* . Sumur dalam/sumur injeksi (deep well injection) @ jelaskan mekanisme kerja metode ini! b. dengan cara stabilisasi/solidifikasi @ jelaskan yang dimaksud dengan stabilisasi/solidifikasi! contoh bahan yang digunakan untuk untuk proses ini adalah semen. yaitu 1. dengan cara bioremidiasi dan fitoremediasi @ jelaskan yang dimaksud dengan bioremidiasi dan fitoremediasi! @ jelaskan keuntungan dan kerugian dari kedua metode ini (“a” dengan “b”)! 2. Kolam penyimpanan (surface impoundments) @ jelaskan mekanisme kerja metode ini! c. kapur (CaOH2). dan biologi a. Metode pembuangan limbah B3 a. Secara kimia atau fisik. PENANGANAN LIMBAH B3 Limbah bahan berbahaya dan beracun perlu penanganan khusus untuk mencegah terjadi pencemaran.

Dalam CD lengkap berisi Tugas yang dibuat sendiri. foto. Bagian luar CD berisi nama. no telp. no absen. Dikumpulkan paling lambat setelah balik ke sekolah. nama. kelas.Persyaratan pengumpulan tugas 1. Dikumpulkan secara kolektif. no absen. 5. tanggal pengumpulan. 4. Tugas dikumpul dalam bentuk CD. . alamat asli. kelas. 2. 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful