You are on page 1of 5

D I S U S U N OLEH

:

STELLA XI IA 2 25

SMA SANTU PETRUS PONTIANAK 2010/2011

Bertujuan demi kepentingan bersama dari yang menyatukan diri dalam ikatan tersebut. 2. organisasi dan administrasi internasional. Menurut Hugo de Groat Hukum dan hubungan internasional didasarkan pada kemauan bebas dan persetujuan negara-negara. Menurut Daniel S. Apa arti penting hubungan internasional ? II. Adapun yang dimaksud dengan kesatuan-kesatuan social tertentu bisa diartikan sebagai : negara.I. 3. 5. Clelland : Hubungan internasional adalah studi tentang keadaan-keadaan relevan yang mengelilingi interaksi. . Menurut Charles A. Definisi Hubungan Internasional 1. Cari definisi hubungan internasional minimal 3 ! B. Buatlah kesimpulan dari definisi tersebut ! C. 4. MC. dan hukum internasional.Papp Hubungan internasional adalah ilmu yang mempelajari masalah-masalah internasional dan sistem yang membentuk hubungan internasional serta para aktor yang terlibat di dalamnya. Pertanyaan : A. Menurut Tygve Nathiessen Hubungan internasional merupakan bagian dari ilmu politik dan karena itu komponen-komponen hubungan internasional meliputi politik internasional. Jawaban : A. Menurut Warsito Sunaryo : Hubungan internasional merupakan studi tentang interaksi antara jenis kesatuankesatuan social tertentu. bangsa maupun organisasi negara sepanjang hubungan bersifat internasional. termasuk studi tentang keadaan relevan yang mengelilingi interaksi.

ekonomi. ataupun hankam.6. organisasi nonpemerintah. 10. budaya. dan perusahaan-perusahaan multinasional. ekonomi ataupun pertahan dan keamanan dari yang menyatukan diri dalam ikatan tersebut. 7. budaya. Hubungan Internasional. Hubungan internasional adalah hubungan antarbangsa dalam segala aspeknya yang dilakukan oleh suatu Negara untuk mencapai kepentingan nasional Negara tersebut. merupakan suatu studi tentang persoalan-persoalan luar negeri dan isu-isu global di antara negaranegara dalam sistem internasional. kesatuan substansional (kelompokkelompok atau badan-badan dalam suatu negara). organisasi internasional. ekonomi ataupun pertahan dan keamanan. Hubungan politis. Kesimpulan Definisi Hubungan Internasional Hubungan internasional merupakan interaksi antara beberapa faktor yang berpartisipasi dalam politik internasional. adalah cabang dari ilmu politik. organisasiorganisasi antarpemerintah. budaya. Hubungan internasional merupakan hubungan antar negara atau antarindividu dari negara yang berbeda-beda. termasuk peran negara-negara. B. seperti birokrasi dan pemerintah domestik. serta individu-individu. yang meliputi negara-negara. organisasi nonpemerintah. 9. organisasi-organisasi nonpemerintah atau lembaga swadaya masyarakat. seperti birokrasi dan pemerintah domestik. kesatuan substansional (kelompok-kelompok atau badan-badan dalam suatu negara). Hubungan internasional diidentifikasikan sebagai studi tentang interaksi antara beberapa faktor yang berpartisipasi dalam politik internasional. serta individu-individu yang didasarkan pada kemauan bebas dan bertujuan demi kepentingan bersama seperti kepentingan politis. organisasi internasional. C. 8. yang meliputi negara-negara. Arti Penting Hubungan Internasional . Hubungan Internasional adalah suatu bidang akademis dan kebijakan publik dan dapat bersifat positif atau normatif karena Hubungan Internasional berusaha menganalisis serta merumuskan kebijakan luar negeri negara-negara tertentu. baik berupa hubungan politis.

Suatu negara dapat mengadakan kerja sama antarnegara atau hubungan internasional mana kala telah diakui kemerdekaan dan kedaulatannya baik secara de facto maupun de jure oleh negara lain . sosial budaya. hukum. karena tidak ada satu negara pun di dunia yang tidak bergantung kepada negara lain. Dalam pelaksanaan. pertahanan dan keamanan. kekurangan. Hubungan kerja sama antarnegara (internasional) di dunia diperlukan guna memenuhi kebutuhan hidup dan eksistensi keberadaan suatu negara dalam tata pergaulan internasional. y Untuk membangun komunikasi lintasbangsa dan negara guna mewujudkan kerja sama yang produktif dalam memenuhi berbagai kebutuhan yang menyangkut kepentingan nasional negara masing-masing. Faktor internal : Yaitu adanya kekhawatiran terancam kelangsungan hidupnya baik melalui kudeta maupun intervensi dari negara lain. b. politik. dan kepentingan yang . Ketergantungan inilah yang menuntut diperlukannya hubungan antarnegara. Setiap negara sudah barang tentu memiliki kelebihan. hubungan antarnegara perlu dilandasi dengan prinsip persamaan derajat dan didasarkan pada kemauan bebas dalam melaksanakan hubungan tersebut. Ketergantungan tersebut terutama dalam upaya memecahkan masalah-masalah ekonomi. y Mewujudkan tatanan dunia baru yang dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan dan perdamaian yang abadi bagi warga masyarakat dunia. Faktor eksternal : y Yaitu ketentuan hukum alam yang tidak dapat dipungkiri bahwa suatu negara tidak dapat berdiri sendiri tanpa bantuan dan kerja sama dengan negara lain. Hubungan antarnegara merupakan salah satu hubungan kerja sama yang mutlak diperlukan. Arti penting hubungan internasional bagi suatu negara antara lain karena faktor-faktor sebagai berikut : a. di samping demi terciptanya perdamaian dan kesejahteraan hidup yang merupakan dambaan setiap manusia dan negara di dunia.

berbeda. . y Menciptakan keadilan dan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyatnya. Kerja sama antarbangsa di dunia didasari atas sikap saling menghormati dan saling menguntungkan. Kerja sama internasional antara lain bertujuan untuk : y y Memacu pertumbuhan ekonomi setiap negara Menciptakan saling pengertian antarbangsa dalam membina dan menegakkan perdamaian dunia. Hal-hal inilah yang mendorong dilakukannya hubungan dan kerja sama internasional.