You are on page 1of 5

Ridwan Firmansyah 1209704029

KIMIA Sains dan Teknologi

PEMBAHASAN
Percobaan ³Titrasi Potensiometri´ ini bertujuan untuk mempelajari prinsip analisis dengan metode titrasi potensiometri, menentukan konsentrasi larutan NaOH yang telah distandarisasi, menentukan konsentrasi HCl yang telah distandarisasi, dan menentukan konsentrasi natrium dalam soda kue. Potensiometri adalah cabang ilmu kimia elektroanalisis yang mempelajari pengukuran perubahan potensial dari elektroda untuk mengetahui konsentrasi dari suatu larutan. Reaksi yang terjadi dalam potensiometri adalah penambahan atau pengurangan ion dengan jenis elektrodanya. Potensial reaksi dihitung dengan menambahkan sedikit demi sedikit volume titran secara berturut-turut. (Khopkar, 1990) Nilai potensial yang diukur setiap penambahan volume titran tertentu akan diplotkan menjadi kurva titrasi dan akan didapatkan titik ekuivalen titrasinya. Volume pada titik ekuivalen titrasi tersebut adalah volume titran yang akan digunakan dalam perhitungan selanjutnya.Dalam potensiometri ini, tidak digunakan indikator karena dengan pengukuran potensial larutan sudah bisa didapatkan titik ekuivalennya dari kurva (Underwood, 1998)

Gambar. 1 Kurva titrasi potensiometri

TITRASI POTENSIOMETRI

percobaan penentuan konsentrasi natrium dalam soda kue langkahnya hampir sama seperti standarisasi HCl. TITRASI POTENSIOMETRI . Setelah dilakukan titrasi standarisasi didapatkan konsentrasi NaOH sebesar 0. selanjutnya dihitung gradiennya (x) dan diperoleh hasil sebesar 17. Setelah dilakukan perhitungan didapatkan konsentrasi HCl yang telah distandarisasi sebesar 0. dengan x adalah volume larutan yang ditambahakan (HCl) dan y adalah potensial (mV). Didapatkan persamaan garis dari grafik tersebut. dari tidak berwarna menjadi merah muda seulas. lalu dititrasi dengan HCl menggunakan stirrer magnetik. (Rivai. digunakan kembali NaOH yang telah distandardisasi. Pada dasarnya.1044 M. pH-meter dikalibrasi dengan larutan buffer pH 4 dan 7. Dibuatlah grafik standarisasi HCl terhadap NaOH.93. Kemudian dimasukkan dengan PH elektroda. Pada percobaan standarisasi HCl. sampel (soda kue) ditimbang sebanyak ± 3 gram. pH-meter adalah contoh aplikasi potensiometer merupakan seperangkat alat pengukur potensial elektroda tanpa aliran arus dan sekaligus menguatkan sinyal yang ditimbulkan pada elektroda gelas dengan suatu tabung vakum elektrik. Reaksi yang terjadi adalah : H2C2O4 + NaOH Na2C2O4 + H2O Titrasi dihentikan setelah terjadinya perubahan warna.0936 M.Ridwan Firmansyah 1209704029 KIMIA Sains dan Teknologi Awalnya. Kemudian ditambahkan 20-50 mL aquadest dan diaduk menggunakan stirrer magnetik. Tujuan dari kalibrasi ini adalah agar pH meter yang digunakan pada pH tersebut dapat diterima (akurat). Mula-mula. 1995) Selanjutnya dilakukan standarisasi NaOH dengan larutan baku (asam oksalat). Reaksi yang terjadi adalah : HCl + NaOH NaCl + H2O Titrasi dihentikan ketika pH larutan berubah atau jika nilai potensial (mV) larutan telah konstan. Sebanyak 10 mL larutan NaOH yang telah distandarisasi dipipet dan dimasukkan pada gelas kimia. Nilai gradien (x) tersebut merupakan volume (mL) HCl yang digunakan.

TITRASI POTENSIOMETRI . Kesalahan lain mungkin terletak pada alat pengukur potensial dan pengoperasiannya.03 dari garfik. yaitu keterbatasan dalam membaca skala buret. Dalam titrasi potensiometri ini dapat terjadi kesalahan. Gradien (x) tersebut merupakan volume HCl yang ditambahakan pada sampel (soda kue) agar mencapai titik ekuivalen.0347 M. Kesalahan yang mungkin terjadi diantaranya kesalahan ketika melakukan titrasi. Setelah dilakukan perhitungan didapatkan konsentrasi Natrium dalam soda kue sebesar 0. dialakukan pengerjaan sama seperti standarisasi HCl. kesalahan dalam pengamatan perubahan warna larutan. Didapatkan gradien (x) sebesar 13.Ridwan Firmansyah 1209704029 KIMIA Sains dan Teknologi Setelah semua sampel larut.

A. A. 1990. Common Text Book. I. M. S. Asas Pemeriksaan Kimia. Jr. Jakarta : UI-Press Soebagio. didapatkan hasil : # [NaOH] # [HCl] = 0. dkk. Konsep Dasar Kimia Analitik. Analisis Kimia Kuantitatif (Edisi Kelima). 2002. pukul 09.0936 M (Setelah distandarisasi) = 0. Harrizul. Jakarta # # Rivai. Kimia Analitik II.htm (Diakses tanggal 24 April 2011.1044 M (Setelah distandarisasi) # [Na-Karbonat] = 0.10) TITRASI POTENSIOMETRI . Jakarta : Erlangga # Khopkar. 1998. 1995. Dan Underwood.Annisanfushie'sWeblog. R.Ridwan Firmansyah 1209704029 KIMIA Sains dan Teknologi KESIMPULAN Dari percobaan yang telah dilakukan. Malang : Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang # http://www. UI-Prees. Saptorahardjo. Penerjemah : A.0347 M DAFTAR PUSTAKA # Day.

Ridwan Firmansyah 1209704029 KIMIA Sains dan Teknologi TITRASI POTENSIOMETRI .