You are on page 1of 8

Laporan Praktikum Proses Produksi 2010

BAB V PENGERJAAN KERJA BANGKU & BOR

5.1

Tujuan Praktikum      Mahasiswa dapat memahami dan mengerti gambar kerja Mahasiswa dapat mengetahui dan menguasai kerja bangku dan bor Dapat mengunakan Snei dan Tap untuk membuat ulir Dapat membuat ulir luar dan dalam Dapat mengikir rata, sejajar dan siku sesuai dengan ukuran

5.2

Landasan Teori 5.2.1 Kerja Bangku Kerja bangku adalah kegiatan produksi yang dilakukan tanpa mengunakan mesin berat, hanya menggunakan alat-alat yang langsung digunakan oleh tangan manusia. Contohnya dalam berbagai kegiatan seperti: menggergaji, mengetap, menyenai, mengikir dan menggambar benda kerja.  Menyenei Langkah kerja:
o Jepit benda kerja pada ragum dengan baik o Periksa pemasangan Tap pada pemutar o Pastikan bahwa diameter poros sama dengan

diameter ulir yang akan dibuat
o Tempelkan sisi tirus snei pada ujung benda dan

tekan secukupnya sambil memutar snei sesuai dengan macam ulir kiri/kanan
o Setelah sedikit terbentuk jalur ulir, teruskan putaran

tanpa menekan dan setiap putaran dibalikkan agar tatal

54

Universitas Mercu Buana / FTI

L o Lumasi i an minyak pelumas i o Bersi kan ulir dari geram sebelum digunakan Berikut ini gambar menyenai:  Mengetap Langkah Kerja: o Bor lubang dengan diameter sesuai dengan tap yang akan digukan digunakan o Masukan tap ke-1 pada lubang tersebut kemudian diputar searah jarum jam dengan pemutar tap dengan sedikit ditekan o Setelah sedikit terbentuk jalur ulir. teruskan putar tanpa menekan dan setiap putaran dibalikkan agar tatal o Jaga kedudukan tap tetap satu sumbu dengan lubang o Lumasi dengan minyak pelumas o Bersihkan ulir dari geram sebelum digunakan Berikut ini gambar menyenai: 55 Uni i B na / FT .

56 Universitas Mercu Buana / FTI . o Tandai gambar tersebut dengan penggores atau kapur 5. Mulailah mengebor sampai selesai. Untuk itu cara yang dilakukan untuk membuat lubang atau mengebor adalah: 1.Laporan Praktikum Proses Produksi 2010 Menetap Langkah Kerja: o Jepit benda kerja dengan kuat di ragum o Kikir benda sampai halus dan sesuai ukuran o Periksa kerataan permukaan dengan menggunakan  mistar o Kikir benda kerja pada bagian lain dengan cara seperti diatas  Menggambar benda kerja Langkah Kerja: o Gambarlah sesuai apa yang diinginkan pada benda kerja sebelum dimesin. 2. bor dimajukan dengan memutar roda pemutar pada kepala lepas.2 Bor Mesin bor digunakan untuk membuat lubang benda kerja. Pasanglah bor penjepit lengkap dengan bornya. Bubut rata bagian muka dan berilah senter dengan ujung pahat. 4.2. Pasanglah penjepit bor lengkap dengan bornya pada kepala lepas. Dekatkan bor pada permukaan benda kerja dan ikatkan kepala lepas pada benda mesin 5. 3. Pasang dan jepitlah benda kerja.

Pengunci meja kerja 5. Dasar mesin 57 Universitas Mercu Buana / FTI . Meja kerja 2. Tuas penggerak 4.Laporan Praktikum Proses Produksi 2010 Berikut ini adalah gambar mesin bor: Bagian-bagian mesin bubut terdiri dari: 1. Rumah mata bor 3.

1 Tugas Pada saat praktikum. Tap 3.3 Alat-alat yang Digunakan 1. Jangka Besi 7. Dengan langkah kerja yang ada pada landasan teori.4. mahasiswa ditugaskan untuk membuat ulir dengan mengunakan tap dan snei.Laporan Praktikum Proses Produksi 2010 5. sebutkan pula perbedaan antara gergaji kayu dan gergaji besi? Jawab: 1) Menggergaji dengan benar: a. Penitik dan palu 9. Pemakanan awal gergaji secara sedang. Benda kerja 10.4 Tugas dan Pertanyaan 5. curam dan datar 58 Universitas Mercu Buana / FTI . Bagaimana cara menggergaji yang benar. Mesin Bor 6.2 Pertanyaan 1.4. Jepit benda kerja pada ragum dengan baik b. Gores benda kerja sesuai dengan ukuran benda kerja c. Ragum 5. Snei 2. Minyak pelumas 5. Penggaris 8. 5. Dan juga mengikir benda kerja setelah dilakukan pemesinan bubut maupun skrap. Obeng 4.

Digunakan untuk memotong besi .Memiliki gerigi yang lebih kecil Gergaji Kayu . Sebutkan langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam melaksanakan kerja bangku? Jawab: Langkah pengerjaan kerja bangku: a. Perhatikan apakah benda gergaji terjepit dengan baik di ragum b. Jawab: Prinsip pengeboran yang baik adalah: Untuk membuat lubang yang besar.Laporan Praktikum Proses Produksi 2010 2) Perbedaan gergaji besi dan kayu: Gergaji besi . Lakukan dengan rapi dan baik 3. serta bagaimana pengaturan kecepatan putar (n) pada mesin bor yang terlihat dilatihan.Memiliki gerigi yang besarbesar kayu untuk dan 2. 59 Universitas Mercu Buana / FTI . Jelaskan prinsip pengeboran yang baik. kemudian yang lebih besar tergantung kepada keperluannya untuk mendekati kepala ukuran lubang. Mulailah melakukan pemakanan dengan secara sedang c. langkah pertama ialah menggunakan bor yang kecil dahulu.Digunakan memotong sejenisnya .

maka dapat dikerjakan dengan perkakas tangan. 60 Universitas Mercu Buana / FTI . Dalam pekerjaan akhir / finishing adalah bila ada bagian yang tidak mampu diselesaikan dengan mesin tersebut.Laporan Praktikum Proses Produksi 2010 5. Mesin bor terdiri dari satu poros motor pada prinsipnya untuk membuat lubang pen. Perkembangannya saat ini mesin bor bisa untuk melakukan pengeboran beberapa lubang sekaligus pada satu permukaan secara horizontal maupun vertikal. sepeti memberi tanda-tanda. batas-batas pekerjaan atau gambar pada benda kerja. dowel atau lubang untuk sekrup dan alat tambahan lain yang berbentuk bulat.5 Kesimpulan dan Saran Kerja bangku adalah sebagai penunjang untuk pekerjaan awal dan pekerjaan akhir / finishing.

Laporan Praktikum Proses Produksi 2010 61 Universitas Mercu Buana / FTI .