KLASIFIKASI IKLIM MENURUT PARA AHLI

Berdasarkan kedudukan lintangnya. bumi dibagi menjadi 5 kawasasn iklim yaitu: a.KLASIFIKASI IKLIM IKLIM MATAHARI Perhitungan iklim matahari didasarkan pada banyaknya panas yang diterima bumi dari matahari. Daerah iklim subtropis utara : 23.5·LS-90·LS IKLIM FISIK .5·LS-35·LS d.5·LU e.5·LS f.5·LU-23. Daerah iklim subtropis seltan : 23. Daerah iklim sedang selatan : 35·LS-66. Daerah iklim panas (tropis) : 23.5·LU-90·LU g. Daerah iklim sedang utara : 35·LU-66.5·LS b.5·LU-35·LU c. Banyaknya panas yang diterima permukaan bumi berbeda berdasarkan garis lintangnya. Daerah iklim dingin selatan : 66. Daerah iklim dingin utara : 66.

Ia menggolongkan iklim dunia menjadi lima macam. iim pada dataran tinggi dengan perbedaan temparatur siang dan malam yang sangat besar. c.Yaitu. Di daerah-daerah pegunungan berudara sejuk dan sering turun hujankarena awan yang naik ke lereng-lereng pegunungan.terdapat pembagian iklim sebagai berikut: a. iklim yang dipengaruhi oleh keadaan fisik suatu daerah.Iklim continental atau iklim maritime Yaitu iklim yang terjadi di daratan yang sangat luas.Hujan seperti ini disebut hujan orografis.Iklim Pegunungan Iklim ini terdapat di pegunungan. yaitu: . sehingga angin yang berpengaruh terhadap daerah tersebut adalah angin darat yang kering.Angin Ugahari Yaitu. IKLIM KOPPEN Vladimir Koppen adalah seorang Klimatolog asal Austria. b.

2) Wilayah beriklim Cs. yaitu musim sedang dengan musim panas yang kering. gugur.Wilayah berikim tipe A (Iklim hujan tropic) Ciri-ciri wilayah beriklim A ini adalah penguapan dan curah hujan tinggi.Wilayah beriklim tipe B atau iklim kering Ciri-ciriwilayah ini adalah penguapan tinggi dengan hujan rendah atau sedikit. Wilayah ini terbagi atas 2 golongan: 1) Wilayah beriklim Df. . semi. 3) Wilayah beriklim Cf. yaitu iklim sedang dengan musim dingin yang bersifat kering. b. yaitu iklim musim dingin dengan musim dingin yang lembab. d. yaitu iklim sedang yang basah. 3) Iklim bertipe Aw merupakan iklim panas dengan musim kemarau lebih panjang dibandingkan dengan musim hujan. serta memiliki suhu rata-rata 200·C-280·C. Wilayah ini terbagi atas tipe BS atau iklim stepa dan tipe BW atau iklim gurun. sehingga terdapat hutan hujan tropis. c. panas. Suhu udara diwilayah ini berkisar antara -30·C-80·C.a. yaitu dingin.Wilayah beriklim tipe C atau iklim sedang basah Wilayah ini mengenal 4 jenis musim. Wilayah ini digolongkan atas tiga macam: 1) Wilayah beriklim Cw. 2) Iklim bertipe Am merupakan iklim panas dengan musim hujan dan kemarau tegas. Wilayah ini digolongkan menjadi 3 macam: 1) Iklim tipe Af bersifat panas diikuti hujan sepanjang tahun tinggi.Wilayah beriklim tipe D atau iklim dingin basah Wilayah beriklim ini merupakan iklim hutan salju dengan suhu ratarata-30·-100·C.

2) Wilayah beriklim Dw. Wilayah ini tergolong atas tipe ET. yaitu iklim tundra dan tipe EF. Daerah panas atau tropis Tinggi tempat: 0-600 m di atas permukaan laut . yaitu iklim kutub dengan es abadi IKLIM F. yaitu iklim dingin dengan musim dingin yang kering. Wilayah beriklim tipe E atau iklim kutub Wilayah ini memiliki ciri tidak mengenal musim panas dengan terdapatnya salju abadi dan padang lumut. yaitu sebagai berikut: a.JUNGHUHN Junghuhn mengklasifikasikan daerah iklim di pulau Jawa secara vertical sesuai dengan kehidupan tumbuh-tumbuhan. e.

kelapa. dan sayur-sayuran lebih dari 2500m di atas permukaan laut 11. . kina. tembakau.1·C-11. Daerah sedang Tinggi tempat: Suhu: Tanaman: 600m-1500m di atas permukaan laut 22·C-17. karet.Suhu: Tanaman: 26. teh. coklat b.Daerah sejuk Tinggi tempat: Suhu: Tanaman: d. coklat.tebu.1·C kopi. jagung.3·C-22·C padi.2·C tidak ada tanaman budidaya IKLIM Menurut Schmidt Ferguson Schmidt Ferguson menggolongkan iklim berdasarkan kepada banyak curah hujan tiap-tiap bulan dengan membandingkan jumlah bulan kering dengan jumlah bulan basah dalam satu tahun.Daerah dingin Tinggi tempat: Suhu: Tanaman: 1500m-2500m 17. kopi. tembakau. kopi. kina.1·C-6. dan sayur-sayuran c. teh.1·C padi.

1) Bulan Kering (BK). . yaitu curah hujan yang sampai ke permukaan bumi lebih dari 60 mm. 2) Bulan basah (BB). yaitu curah hujan yang sampai ke permukaan bumi kurang dari 60 mm.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful