BAB I PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG KKL Kita sebagai mahasiswa tentunya harus memahami dan

mengaplikasikan ilmu yang didapat selama kuliah kelak dalam dunia kerja. di era globalisasi dan pasar bebas saat ini kita harus benar-benar meningkatkan kualitas SDM kita agar mampu bersaing dan bertahan di dalam kancah perekonomian, maka diperlukan Sumber Daya Manusia yang berkompeten, berkualitas, terampil dan memahami serta menguasai dunia kerja sesuai dengan bidangnya (spesialisasi). Sebagai mahasiswa generasi muda yang siap terjun dalam dunia kerja harus dapat memahami berbagai persoalan tersebut. Oleh karena itu, dengan adanya KKL terpadu ini, mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teori yang telah dipelajari di bangku kuliah dan dapat mengaplikasikan dalam dunia kerja yang sesuai dengan ilmu yang kita terima. B. TUJUAN KEGIATAN KKL 1. Mendapatkan suatu ilmu yang tepat dan aplikatif untuk penerapan mahasiswa dalam dunia ekonomi sekarang dan yang akan datang. 2. Membantu mahasiswa dalam memahami teori dan konsep yang akan dan telah diperoleh di lingkungan akademik sesuai dengan progam keahlian. 3. Memberi gambaran tentang aplikasi teori ekonomi dalam dunia kerja. 4. Menambah Pengetahuan, Pengalaman dan wawasan mahasiswa dalam manajemen organisasi dan dunia usaha sebagai calon pelaku ekonomi yang profesional dan kompetitif. C. MANFAAT KEGIATAN KKL 1. Peserta KKL memiliki wacana dunia kerja saat ini.

1

Peserta KKL memahami cara mengaplikasikan teori ekonomi yang didapatkan di lingkungan akademik dalam dunia kerja.d. METODE PEMBUATAN LAPORAN Metode yang digunakan dalam penyusunan laporan kkl ini yaitu menggunakan metode observasi dan studi pustaka.2. Ekonomi Pembangunan.d. S1 semester 2 2. WAKTU PELAKSANAAN KKL Kuliah Kerja Lapangan Hari Tanggal Tempat (KKL) terpadu Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang yang akan dilaksanakan pada: : Selasa s. 2 . Pendidikan Ekonomi Koperasi. Objek KKL BAPEPAM & LK (Untuk Prodi Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan) Kementrian Koperasi dan UMKM (Untuk Prodi Pendidikan Koperasi) 2. S1 semester 2 F. Obyek Wisata Dunia Fantasi Situ Patenggang Cibaduyut E. Jumat : 22 s. PESERTA KKL Peserta Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Terpadu adalah mahasiswa jurusan Ekonomi Pembangunan yang terdiri dari progam studi yaitu: 1. D. 25 Juli 2008 : Jakarta-Bandung 1.

Pengertian Bapepam-LK Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (disingkat BapepamLK) adalah sebuah lembaga di bawah Departemen Keuangan Republik Indonesia yang bertugas membina. Misi di Bidang Kelembagaan Mewujudkan Bapepam-LK menjadi lembaga yang melaksanakan tugas dan fungsinya memegang teguh pada prinsip-prinsip transparansi. independensi. Misi Sosial Budaya 3 . B. Ketua Bapepam-LK saat ini adalah A.BAB II PEMBAHASAN A. 3. integritas dan senantiasa mengembangkan diri menjadi lembaga berstandar internasional. akuntabilitas. Misi di Bidang Ekonomi Menciptakan iklim yang kondusif bagi perusahaan dalam memperoleh pembiayaan dan bagi pemodal dalam memilih alternatif investasi pada industri Pasar Modal dan Jasa Keuangan Non Bank 2. mengatur. dan mengawasi sehari-hari kegiatan pasar modal serta merumuskan dan melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang lembaga keuangan. Bapepam-LK merupakan penggabungan dari Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam) dan Direktorat Jenderal Lembaga Keuangan Departemen Keuangan. Fuad Rahmany. Visi dan Misi Bapepam-LK Menjadi otoritas pasar modal dan lembaga keuangan yang amanah dan profesional. yang mampu mewujudkan industri pasar modal dan lembaga keuangan non bank sebagai penggerak perekonomian nasional yang tangguh dan berdaya saing global 1.

dan Penjaminan Biro Perasuransian Biro Dana Pensiun 4 . Biro teknis Bapepam-LK terdiri atas: • • • • • • • • • • • Biro Perundang-Undangan dan Bantuan Hukum Biro Riset dan Teknologi Informasi Biro Pemeriksaan dan Penyidikan Biro Pengelolaan Investasi Biro Transaksi dan Lembaga Efek Biro Penilaian Keuangan Perusahaan Sektor Jasa Biro Penilaian Keuangan Perusahaan Sektor Riil Biro Standar Akuntansi dan Keterbukaan Biro Perbankan./2005 tanggal 30 Desember 2005 tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan. Struktur Organisasi Bapepam dan Lembaga Keuangan Berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan RI Nomor KMK 606/KMK. perbankan dan usaha jasa pembiayaan serta modal ventura. dana pensiun. organisasi unit eselon I Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam) dan unit eselon I Direktorat Jenderal Lembaga Keuangan (DJLK) digabungkan menjadi satu organisasi unit eselon I.01. Bapepam dan Lembaga Keuangan terdiri dari 1 Ketua Badan dan membawahi 1 Sekretariat dan 11 Biro Teknis.Mewujudkan masyarakat Indonesia yang memahami dan berorientasi pasar modal dan jasa keuangan non bank dalam membuat keputusan investasi dan pembiayaan C. dimana lingkup pembinaan dan pengawasan meliputi aspek pasar modal. perasuransian. Pembiayaan. yaitu menjadi Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam dan Lembaga Keuangan).

D. dan berdasarkan melaksanakan peraturan tugas perundang-undangan tersebut Bapepam yang dan berlaku. sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan. 6. 8. 11. pedoman kriteria dan prosedur di bidang lembaga keuangan. Pelaksanaan kebijakan di bidang lembaga keuangan. 4. Penyusunan peraturan di bidang pasar modal. 2. E. 7. Reksa Dana 5 . pendaftaran dari Badan dan pihak lain yang bergerak di pasar modal. norma. Fungsi Bapepam-LK Bapepam dan Lembaga Keuangan mempunyai tugas membina. 9. dan Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian. Kliring dan Penjaminan. sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. persetujuan. Pelaksanaan tata usaha Badan. Pembinaan dan pengawasan terhadap pihak yang memperoleh izin usaha. dan mengawasi sehari-hari kegiatan pasar modal serta merumuskan dan melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang lembaga keuangan. Dalam Lembaga Keuangan menyelenggarakan fungsi sebagai berikut : 1. Pemberian bimbingan teknis dan evaluasi di bidang lembaga keuangan. Penegakan peraturan di bidang pasar modal. Penetapan ketentuan akuntansi di bidang pasar modal. Penetapan prinsip-prinsip keterbukaan perusahaan bagi Emiten dan Perusahaan Publik. 10. Penyelesaian keberatan yang diajukan oleh pihak yang dikenakan sanksi oleh Bursa Efek. Penyiapan perumusan kebijakan di bidang lembaga keuangan. 5. Perumusan standar. 3. mengatur.

Dana ini kemudian dikelola oleh manajer investasi dalam portofolio investasi. Sangat Liquid. reksa dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio Efek olehManajer Investasi. 100.000 saja investor dapat berinvestasi. 4. obligasi. karena MI dengan jumlah yang besar dapat melakukan deversifikasi investasi dengan membeli efek yang sesuai dengan kebijakan investasinya. baik berupa saham. karena investor dapat memilih dari beberapa tipe reksa dana yang sesuai dengan preferensi resiko. karena dengan Rp. karena unit penyertaan dapat dijual (redeem) kapan saja dan MI wajib membeli sesuai NAB. 2. Murah. Fleksibel.Reksa dana merupakan wadah dan pola pengelolaan dana/modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di pasar dengan cara membeli unit penyertaan reksadana. karena secara rutin MI menyampaikan laporan keuangan mengenai reksa dana kepada investor dan Bapepam-LK. pasar uang. 5. ataupun efek lainnya. Transparan. Diversifikasi secara otomatis. Keuntungan berinvestasi dengan Reksa dana : 1. Menurut Undang-undang Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal. 3. Mekanisme Kegiatan Reksa Dana : Agen Penjual Efek Reksa Dana 1 2 Bapepam-LK 5 6 7 8 Investor 10 11 3 4 Manajemer Investasi 12 6 Perantara Pedagang Efek .

BK dan Investor 13. Penawaran umum/ penjualan 4. Pembayaran atas pembelian 11. Beli 2. Pembayaran pelunasan 10. Pengajuan Pernyataan Pendaftaran 6.9 15 14 Bank Kustodian 13 Pasar Modal Pasar Uang Keterangan gambar : 1. Permintaan Redemption 5. Kontrak 3. Instruksi jual/beli 9. Efektif 7. Uang tunai 1% 12. Melaksanakan instruksi jual/beli 7 . Kontrak yang memuat hak dan kewajiban MI. Konfirmasi 14. Penitipan kolektif penyelesaian transaksi 15. Mengawasi 8.

dan mengawasi sehari-hari kegiatan pasar modal serta merumuskan dan melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang lembaga keuangan. yang mampu mewujudkan industri pasar modal dan lembaga keuangan non bank sebagai penggerak perekonomian nasional yang tangguh dan berdaya saing global. B. pengaturan. 8 . mengatur. Kesimpulan Dapat disimpulkan bahwa BAPEPAM-LK sebagai lembaga di bawah Departemen Keuangan Republik Indonesia yang bertugas membina.BAB III PENUTUP A. dan pengawasan sehari-hari kegiatan Pasar Modal dan lembaga keuangan non bank dengan baik dan profesional.Menjadi otoritas pasar modal dan lembaga keuangan yang amanah dan profesional. Saran Agar Melakukan pembinaan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful