Sejarah Olahraga Renang

Renang telah dikenal sejak masa prasejarah. Lukisan dari Jaman Batu telah ditemukan di dalam ³gua para perenang´ dekat Wadi Sora (atau Sura) dibagian barat-daya Mesir. Referensi tulisan yang berasal dari 2000 tahun sebelum masehi, termasuk Gilgamesh, Iliad, dan Odyssey, Injil (Ezekiel 47:5, Perjanjian 27:42, Isaiah 25:11, Beowulf, dan hikayat lainnya). Pada tahun 1538 Nicolas Wynman, Profesor bahasa berkebangsaan Jerman, menulis buku renang pertama kali, ³Colymbetes´. Kompetisi renang di Eropa dimulai sekitar tahun 1800, sebagian besar menggunakan gaya dada. Gaya bebas, yang kemudian disebut the trudgen, diperkenalkan pada tahun 1973 oleh John Arthur Trudgen, menirunya dari Orang Amerika asli. Renang menjadi bagian dari pertandingan Olympiade modern yang pertama tahun 1896 di Atena. Pada tahun 1902 the trudgen diperbaharui oleh Richard Cavill, menggunakan sentakan mengibas. Pada tahun 1908, asosiasi renang sedunia, Federasi Renang Amatir International (FINA/ Federation Internationale de Natation de Amateur) dibentuk. Gaya kupu-kupu pertama kali merupakan variasi dari gaya dada, sampai akhirnya ia diterima sebagai gaya yang terpisah pada tahun 1952 Ada dua tambahan pertandingan renang yang tidak biasa (meskipun cukup umum pada waktu itu), hambatan pelaksanaan renang di sungai Seine (berenang bersama arus), dan perlombaan renang didalam air. 4000 m gaya apa saja dimenangkan oleh John Arthur Jarvis dengan catatan waktu dibawah satu jam, perlombangan renang Olimpiade terpanjang yang pernah diadakan di water boom. Gaya punggung juga diperkenalkan pada pertandingan Olimpiade di Paris, demikian juga halnya dengan polo air. Klub Renang Osborne dari Manchester mengalahkan team klub dari Belgia, Perancis dan Jerman dengan sangat mudah. Gaya Trudgen dikembangkan oleh guru renang dan perenang Australia keturunan Inggris bernama Richard (Fred, Frederick) Cabill. Seperti Trudgen, dia memperhatikan penduduk asli dari kepulauan Solomon, menggunakan gaya bebas. Namun berbeda dengan Trudgen, dia melihat tendangan mengibas, dan mempelajarinya dengan seksama. Dia menggunakan sentakan mengibas yang baru ini dari pada gaya dada atau tendangan menggunting dari Trudgen. Dia menggunakan gerakan ini pada tahun 1902 di Kejuaraan Internasional di Inggris untuk menciptakan rekor dunia yang baru dengan berenang di luar gaya yang dilakukan oleh semua perenang Trudgen pada 100 yard dengan catatan waktu 0:58.4 (beberapa sumber mengatakan bahwa itu adalah anaknya dalam catatan waktu 0:58.8). dia mengajarkan gaya ini kepada keenam anaknya, masing-masing nantinya menjadi perenang kejuaraan, silakan anda lihat keterangan lebih lanjut di water boom.

Gaya bebas

Perenang dapat berenang dengan gaya apa saja. Sewaktu pergi ke Argentina antara tahun 1870 dan 1890. Walaupun sebenarnya masih ada teknik-teknik renang "gaya bebas" yang lain. Berbagai sumber menyebut angka tahun yang berbeda-beda. gaya krol (front crawl) digunakan hampir secara universal oleh perenang dalam lomba renang gaya bebas. Dibandingkan gaya berenang lainnya. Sejarah Manusia sudah berenang gaya bebas sejak zaman kuno. Di dunia Barat. sehingga gaya krol identik dengan gaya bebas. saat tubuh menjadi miring dan kepala berpaling ke samping. .Perenang gaya bebas sedang mengambil napas Gaya bebas (bahasa Inggris: front crawl) adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Perenang dari suku Indian dengan mudah mengalahkan perenang Inggris. Dalam lomba renang. Tidak seperti halnya gaya punggung. karena banyak memercikkan air ke sana ke mari. Kedua belah lengan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh. Sewaktu berenang gaya bebas. Gaya trudgen dikembangkan oleh perenang Australia Richmond (Dick) Cavill. kecuali gaya dada. putra dari instruktur renang Inggris "Profesor" Frederick Cavill yang menetap di Australia sejak 1879. perenang bisa memilih untuk menoleh ke kiri atau ke kanan. atau gaya kupu-kupu. perenang Inggris tetap mempertahankan gaya dada. Namun di Inggris Trudgen memakai gerakan kaki menggunting seperti gaya samping dan bukan gerakan kaki lurus melecut naik turun seperti gaya bebas yang dikenal orang sekarang ini. posisi wajah menghadap ke permukaan air. pria Inggris waktu itu menganggap gaya bebas tidak elegan. gaya punggung. pelatih renang John Arthur Trudgen mempelajari gaya bebas dari penduduk asli Amerika Selatan. gaya bebas merupakan gaya berenang yang bisa membuat tubuh melaju lebih cepat di air. namun tahun 1873 adalah angka tahun yang paling sering dikutip. gaya bebas pertama kali dilombakan tahun 1844 di London. Gaya renang campuran yang diperkenalkan oleh Trudgen disebut gaya trudgen. Federasi Renang Internasional (FINA) tidak mengatur teknik yang digunakan dalam lomba renang kategori gaya bebas. sementara kedua belah kaki secara bergantian dicambukkan naik turun ke atas dan ke bawah. Sewaktu mengambil napas. gaya dada. dan gaya kupu-kupu. Pernapasan dilakukan saat lengan digerakkan ke luar dari air. Walaupun demikian.

dan Richmond (Dick). "seperti merangkak (crawl) di dalam air". Gerakan kaki dan tangan serupa dengan gaya bebas. gaya dada. Arthur (Tums). Ernest. perenang memperkirakan dinding tepi kolam dengan menghitung jumlah gerakan. Charles. Gaya punggung Gordan Ko ulj sedang berenang gaya punggung Gaya punggung adalah berenang dengan posisi punggung menghadap ke permukaan air. Kedua belah tangan secara bergantian digerakkan menuju pinggang seperti gerakan mengayuh. Wickham adalah orang Kepulauan Solomon yang tinggal di Sydney. menurut salah satu dari anggota keluarga Cavill. Pada 1905. mereka berdua melihat Alick Wickham yang berenang dengan gerakan kaki lurus melecut naik turun. Sewaktu berlomba.[5] Ketika Dick dan "Tums" sedang mengembangkan gaya trudgen. tapi dengan posisi tubuh telentang di permukaan air. gaya renang yang dikembangkan Cavill disebut gaya krol (crawl). Dalam Kejuaraan Renang Internasional 1902.[6] Gaya krol Australia diubah sedikit oleh Daniels menjadi gaya bebas seperti dikenal orang sekarang. setelah bertemu dengan perenang Australia Barney Kieran yang mengadakan tur di Inggris pada 1905.8 detik. Sewaktu berenang gaya punggung. Percy. atau gaya kupu-kupu yang dilakukan di . Mulut dan hidung berada di luar air sehingga mudah mengambil atau membuang napas dengan mulut atau hidung. Berbeda dari sikap start perenang gaya bebas. Richard Cavill memenangi lomba renang 100 yard dengan catatan waktu 58.Frederick Cavill memiliki enam anak laki-laki[4] yang semuanya perenang mahir. Sydney. Ketika ditanya nama gaya renang yang dipakainya. perenang gaya trudgen asal Amerika Serikat Charles Daniels memutuskan untuk menguasai gaya krol Australia yang dipelajarinya dari Kieran. posisi wajah berada di atas air sehingga perenang hanya melihat atas dan tidak bisa melihat ke depan. Di kemudian hari.

begitu seterusnya. Mungkin yang jadi masalah adalah apakah kita sudah sampai ujung kolam atau belum. Kaki digerakkan bergantian dengan cukup cepat agar arah renang Anda tidak melenceng/berbelok 2. Kedua lutut ditekuk di antara kedua belah lengan. Gerakan tangan a. Tips : 1) Posisi kaki jangan terlalu di permukaan air. tidak akan ada masalah kesulitan dalam pengambilan nafas karena wajah kita berada di atas air. Gerakan kombinasi tangan.juga memudahkan kepala tetap berada di atas) 2) Kaki terus bergerak. perenang gaya punggung sewaktu berlomba melakukan start dari dalam kolam. Perenang menghadap ke dinding kolam dengan kedua belah tangan memegang besi pegangan. Pertama kali dipertandingkan di Olimpiade Paris 1900. Kemudian langsung mengayuh ke belakang menuju pinggang c. Merupakan gaya yang paling berbeda dengan yang lainnya karena kita dengan posisi wajah menghadap ke atas. karena kita tidak bisa melihatnya (mata kita menghadap ke atas). jangan berhenti (hal ini agar arah renang kita tidak melenceng/berbelok). 1. kaki & mengambil nafas Kaki terus bergerak seperti pada point 1 di atas. Posisi awal satu tangan lurus di atas kepala b. gaya punggung merupakan gaya renang tertua yang dipertandingkan setelah gaya bebas. Gerakan kaki a. Hal ini bisa diatasi dengan menghitung gerakan tangan.. Kemudian angkat keluar dari permukaan air dan kembalikan ke posisi awal d.atas balok start. melainkan agak ke dalam masuk ke dalam air (hal ini akan membantu kecepatan . 3) Telapak kaki agak diluruskan sedemikian rupa sehingga menjadi lurus / sejajar dengan tulang kaki 4) Posisi kedua kaki berdekatan satu dengan yang lainnya. sehingga kita tidak bisa melihat ke depan. ketika tangan kiri keluar dari dalam air. 3. Gaya punggung adalah gaya berenang yang sudah dikenal sejak zaman kuno. 5) Dagu agak didekatkan ke dada. hal ini akan membantu kecepatan dalam berenang. sementara kedua belah telapak kaki bertumpu di dinding kolam. Dengan gaya ini. tangan kanan masuk ke dalam air. Lakukan hal yang sama dengan tangan yang satunya Jadi tangan kiri dan kanan bergerak secara bergantian. . Kaki kanan dan kiri digerakkan naik turun secara bergantian (seperti orang yang sedang berjalan /seperti gaya bebas tetapi dengan posisi wajah menghadap ke atas) b.

Gerakan tangan a. perenang gaya dada adalah perenang yang paling lambat. kedua tangan lurus di atas kepala (kedua telapak tangan saling bertemu & menempel) . kemudian kaki dirapatkan (sampai telapak kaki kiri dan kanan agak bersentuhan . maka sisi telapak tangan yang masuk ke dalam air terlebih dulu (hal ini memperkecil tahanan dari air). Di antara ketiga nomor renang resmi yang diatur Federasi Renang Internasional (FINA).6) Gerakan tangan ketika masuk ke dalam air. Dalam pelajaran berenang. Gerakan kaki a. Kedua belah kaki menendang ke arah luar sementara kedua belah tangan diluruskan di depan. Kaki ditekuk (dengkul dibengkokkan/ditekuk) b.ini akan menambah daya dorong) Ulangi langkah a c di atas Jadi urutan gerakan kaki gaya dada ini : 1) tekuk. Gaya dada Michael Phelps sedang berenang gaya dada Gaya dada atau gaya katak adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. 1. Posisi tubuh stabil dan kepala dapat berada di luar air dalam waktu yang lama. Kemudian tendangkan/luruskan kaki dengan posisi kedua kaki terbuka (kaki kiri dan kaki kanan saling berjauhan) c. Merupakan gaya yang paling mudah dan paling cepat untuk dipelajari. tendang. Kedua belah tangan dibuka ke samping seperti gerakan membelah air agar badan maju lebih cepat ke depan. Pernapasan dilakukan ketika mulut berada di permukaan air. Gerakan tubuh meniru gerakan katak sedang berenang sehingga disebut gaya katak. batang tubuh selalu dalam keadaan tetap. namun berbeda dari gaya bebas.. rapatkan. Tapi dalam segi kecepatan. gaya ini merupakan gaya yang paling lambat. Posisi awal. tendang. Gaya dada merupakan gaya berenang paling populer untuk renang rekreasi. perenang pemula belajar gaya dada atau gaya bebas. 2) tekuk. dan seterusnya. setelah satu kali gerakan tangan-kaki atau dua kali gerakan tangan-kaki. 2. Masih dalam posisi kaki lurus. rapatkan.

dan seterusnya. Lakukan sampai lancar 4) Setelah itu sekarang mulai belajar menggerakkan tangan.hal ini dikarenakan kepala tidak masuk ke dalam air.Gerakan tangan dan kaki dilakukan bergantian. Kemudian tarik tangan ke samping kanan dan kiri.. maka mulailah belajar mengambil nafas. kemudian kepala mendongak ke atas sambil mengambil nafas Tips : 1) Ketika mulai belajar tangan berpegangan pada pinggir kolam. 3) Setelah lancar. lakukan sampai lancar.Pengambilan nafas dilakukan ketika gerakan tangan ke samping kiri dan kanan. kaki & mengambil nafas . maka sekarang kita agak ke tengah kolam. Ketika tangan bergerak ke samping. . 3. Kemudian kita mengapungkan badan (seperti posisi meluncur) dan gerakkan kaki gaya dada seperti di atas sampai ke pinggir kolam. maka naikkan kepala sedikit ke atas permukaan air dan langsung ambil nafas. Gerakan kombinasi tangan. gerakkan tangan ke samping kiri dan kanan. Lakukan sampai lancar 2) Kemudian Anda bisa meminta seorang teman untuk memegangi tangan Anda. Lakukan sampai lancar . melainkan terlalu ke bawah . orang tua / pelatih renang bisa melakukan ini. 2) luruskan tangan di atas kepala. Luruskan tangan kembali. Lakukan 2 atau 3 kali gerakan kaki. tetapi tidak perlu terlalu ke samping (cukup tarik ke samping selebar bahu dan selebihnya tarik ke bawah) c. Untuk anak-anak. Nb. kemudian gerakkan kaki seperti di atas. sehingga Anda bisa menyeberangi kolam dengan menggerakkan kaki dan tangan tetap dipegangi teman Anda. Ulangi langkah a c di atas Jadi urutan gerakan tangan gaya dada ini : 1) luruskan tangan di atas kepala. kemudian baru gerakkan tangan gaya dada seperti di atas. 5) Setelah cukup lancar. Oleh karena itu saat berlatih kaki ini sekaligus dijadikan sebagai sarana untuk berlatih gerakan kepala untuk mengambil nafas nantinya. Kaki seringkali tidak mengapung di permukaan air. gerakkan tangan ke samping kiri dan kanan.b. Begitu seterusnya. Hal ini dilakukan dengan cara memasukkan kepala ke dalam air selama belajar gerakan kaki dan menaikkan kepala hanya bila mau mengambil nafas.

berenang gaya kupu-kupu memerlukan kekuatan yang besar dari perenang. . gaya dada. Kecepatan renang gaya kupu-kupu didapat dari ayunan kedua belah tangan secara bersamaan. dan gaya punggung yang umumnya dapat mudah dikuasai. Kedua belah lengan secara bersamaan ditekan ke bawah dan digerakkan ke arah luar sebelum diayunkan ke depan. dan udara dihirup lewat mulut ketika kepala berada di luar air. Gerakan tangan jangan terlalu lebar. Dibandingkan gaya renang lainnya. Gaya kupu-kupu adalah gaya renang terbaru dalam pertandingan renang. Dibandingkan ketiga gaya berenang lainnya.6) Kemudian berlatihlah lebih ke tengah dan berenang untuk mencapai pinggir kolam. teknik gerakan yang buruk dalam gaya kupu-kupu tidak dapat ditutupi dengan besarnya tenaga yang dikeluarkan perenang. melainkan agak ke bawah (hal ini akan memberikan dorongan yang lebih kuat sekaligus memudahkan pengambilan nafas). Sebagian besar pemula juga menganggap gaya kupu-kupu sebagai gaya tersulit untuk dipelajari. Perenang tercepat gaya kupu-kupu dapat berenang lebih cepat dari perenang gaya bebas. Udara dihembuskan kuat-kuat dari mulut dan hidung sebelum kepala muncul dari air. Gerakan kaki dan tangan bergantian yaitu 1 kali gerakan kaki. mulailah perbaiki gaya renang gaya dada Anda. Berbeda dari gaya bebas. Perenang gaya kupu-kupu pertama kali ikut dalam lomba renang pada tahun 1933. 1 kali gerakan tangan dan ambil nafas. Lakukan terus sampai bisa selebar kolam renang. Gaya kupu-kupu Perenang gaya kupu-kupu Gaya kupu-kupu adalah salah satu gaya berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. pemula perlu waktu lebih lama untuk mempelajari koordinasi gerakan tangan dan kaki dalam gaya kupu-kupu. Sementara kedua belah kaki secara bersamaan menendang ke bawah dan ke atas seperti gerakan sirip ekor ikan atau lumba-lumba. Setelah lancar.

Posisi awal. Posisi awal. Gerakan kaki dan tangan dilakukan bergantian.Posted in Merupakan gaya yang paling sukar dan membutuhkan waktu untuk dipelajari. maka seolah-olah ibu jari menyentuh permukaan air lebih dulu (telapak tangan agak menghadap ke luar) 3. Dengkul tidak boleh ditekuk. Gerakan kaki a. Ulangi langkah b ± c di atas Perhatikan: Selama melakukan gerakan ini. tapi tidak perlu menempel satu dengan yang lainnya) b. 1. Kemudian jatuhkan ke dua kaki secara bersamaan ke bawah. . Gerakan kombinasi tangan. c. sehingga akan memberikan gaya dorong ke depan yang lebih besar. Kemudian gerakkan kedua kaki secara bersamaan sedikit ke atas permukaan air c. Kemudian tarik kedua tangan ke bawah secara bersamaan. Jadi kekuatan sebenarnya adalah di gerakan pinggul. sehingga memunculkan dorongan ke depan. kaki & mengambil nafas Gerakkan kaki seperti pada point 1 di atas. Dan pinggul akan terdorong dan naik ke depan. Kedua telapak kaki dalam posisi agak berdekatan (agak rapat) satu sama lainnya. bukan di kaki 2. Gerakan tangan a. Kemudian gerakkan kedua tangan ke bawah secara bersamaan. Kemudian angkat kedua tangan secara bersamaan keluar dari permukaan air dan ayunkan kembali depan Ulangi langkah a ± c di atas Perhatikan: Ketika menjatuhkan tangan ke air. Dengkul tidak boleh ditekuk. Juga kedua telapak kaki dalam posisi agak berdekatan (agak rapat) satu sama lainnya. b. Pada waktu gerakan tangan ke bawah inilah saat kita sedikit menaikkan kepala ke atas untuk mengambil nafas. Juga pinggul/pantat agak bergerak ke atas. Terus tarik sampai ke belakang. kaki dan paha dengan posisi lurus. kedua tangan lurus di atas kepala (kedua telapak tangan berdekatan. kaki dan paha harus selalu dengan posisi lurus.

Berikutnya. 4) Agar lebih cepat dan gerakan lebih stabil. sehingga kaki terangkat dan lecutkan/tendangkan kaki dengan posisi lurus sejauh mungkin ke belakang. kepala bisa ditekuk ke bawah (dagu agak ditempelkan ke dada). Setelah itu baru gerakkan tangan.teruskan berlatih.3 set gerakan kaki dan tangan baru kemudian menaikkan kepala untuk mengambil nafas. maka Anda akan semakin bisa Bila dirasa terlalu berat. baru kemudian diikuti 1 set gerakan tangan. lakukan 2 . pastikan posisi dagu agak menempel ke dada. 3) Posisikan tubuh selalu di permukaan air. gerakan kaki selalu dimulai dari pinggul. Tetapi ada juga pelatih yang mengajarkan gerakan tangan biasa saja. karena itu manfaatkanlah sebaik mungkin. gerakan tangan membentuk seperti huruf S. . Anda bisa memulai belajar dengan melakukan 2 set gerakan kaki. Gerakan kaki jangan dilakukan dilakukan secara berlebihan. 7) Seringkali sewaktu tangan berada di dalam air. Kepala ditekuk agak ke bawah (dagu agak menempel ke dada) dan gerakkan pinggul lebih dulu. 5) Kesempatan kepala untuk naik ke atas permukaan air sangatlah sedikit dan sebentar (tidak seperti gaya dada). Hal ini dimaksudkan untuk memberikan dorongan yang lebih kuat ke depan. Untuk membantu gerakan pinggul agak naik ke atas.Tips : 1) Awalnya mungkin Anda hanya kuat 1/2 lebar kolam . Jangan khawatir karena memang gaya ini yang paling berat. 2) Setelah cukup lancar. Ini akan menambah daya luncur gaya kupu menjadi lebih kuat. 6) Ketika kepala sedang tidak ke atas permukaan air untuk bernafas.. maka mulai perbaikilah gaya ini dengan memperbaiki start awal gaya kupu. Semakin sering Anda berlatih. sehingga gerakan tangan bisa lebih cepat dan kuantitas gerakan tangannya lebih banyak. jangan terlalu dalam.

Macam-macam gambar gaya dalam renang .

TUGAS PENJASKES RENANG NAMA:ELIS SARIWATI KELAS: XI RPL I SMK BUDI BAKTI CIWIDEY .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful