KARYA ILMIAH

D I S U S U N
OLEH : HAFIZ RIDHO KELAS : XI-IPS SMA KESATRIA MEDAN

Nahdlatul Ulama (Kebangkitan Ulama atau Kebangkitan Cendekiawan Islam), disingkat NU, adalah sebuah organisasi Islam yang terbesar di Indonesia. Organisasi ini berdiri pada 31 Januari 1926 dan bergerak di bidang pendidikan, sosial, dan ekonomi. Daftar isi [sembunyikan]
• • • • •

• • • •

1 Sejarah 2 Paham keagamaan 3 Daftar pimpinan 4 Basis pendukung 5 Organisasi o 5.1 Tujuan o 5.2 Usaha o 5.3 Struktur o 5.4 Jaringan 6 NU dan politik 7 Lihat pula 8 Referensi 9 Pranala luar

Sejarah

Masjid Jombang, tempat kelahiran organisasi Nahdlatul Ulama Keterbelakangan baik secara mental, maupun ekonomi yang dialami bangsa Indonesia, akibat penjajahan maupun akibat kungkungan tradisi, telah menggugah kesadaran kaum terpelajar untuk memperjuangkan martabat bangsa ini, melalui jalan pendidikan dan organisasi. Gerakan yang muncul 1908 tersebut dikenal dengan "Kebangkitan Nasional". Semangat kebangkitan memang terus menyebar ke mana-mana - setelah rakyat pribumi sadar terhadap penderitaan dan ketertinggalannya dengan bangsa lain. Sebagai jawabannya, muncullah berbagai organisasi pendidikan dan pembebasan.

Kalangan pesantren yang selama ini gigih melawan kolonialisme, merespon kebangkitan nasional tersebut dengan membentuk organisasi pergerakan, seperti Nahdlatul Wathan (Kebangkitan Tanah Air) pada 1916. Kemudian pada tahun 1918 didirikan Taswirul Afkar atau dikenal juga dengan "Nahdlatul Fikri" (kebangkitan pemikiran), sebagai wahana pendidikan sosial politik kaum dan keagamaan kaum santri. Dari situ kemudian didirikan Nahdlatut Tujjar, (pergerakan kaum saudagar). Serikat itu dijadikan basis untuk memperbaiki perekonomian rakyat. Dengan adanya Nahdlatul Tujjar itu, maka Taswirul Afkar, selain tampil sebagai kelompok studi juga menjadi lembaga pendidikan yang berkembang sangat pesat dan memiliki cabang di beberapa kota. Suatu waktu Raja Ibnu Saud hendak menerapkan asas tunggal yakni mazhab Wahabi di Mekkah, kalangan pesantren yang selama ini membela keberagaman, menolak pembatasan bermazhab dan penghancuran warisan peradaban tersebut. Dengan sikapnya yang berbeda itu kalangan pesantren dikeluarkan dari anggota Kongres Al Islam di Yogyakarta pada tahun 1925. Akibatnya kalangan pesantren juga tidak dilibatkan sebagai delegasi dalam Mu'tamar 'Alam Islami (Kongres Islam Internasional) di Mekkah yang akan mengesahkan keputusan tersebut. Sumber lain menyebutkan bahwa K.H. Hasyim Asy'ari, K.H. Wahab Hasbullah dan sesepuh NU lainnya melakukan walk out. Didorong oleh minatnya yang gigih untuk menciptakan kebebasan bermazhab serta peduli terhadap pelestarian warisan peradaban, maka kalangan pesantren terpaksa membuat delegasi sendiri yang dinamakan Komite Hejaz, yang diketuai oleh K.H. Wahab Hasbullah.

K.H. Hasyim Asy'arie, Rais Akbar (ketua) pertama NU. Atas desakan kalangan pesantren yang terhimpun dalam Komite Hejaz, dan tantangan dari segala penjuru umat Islam di dunia, maka Raja Ibnu Saud mengurungkan niatnya. Hasilnya, hingga saat ini di Mekkah bebas dilaksanakan ibadah sesuai dengan mazhab mereka masing-masing. Itulah peran internasional kalangan pesantren pertama, yang berhasil memperjuangkan kebebasan bermazhab dan berhasil menyelamatkan peninggalan sejarah dan peradaban yang sangat berharga.

Berangkatlah komite dan berbagai organisasi yang bersifat embrional dan ad hoc, maka setelah itu dirasa perlu untuk membentuk organisasi yang lebih mencakup dan lebih sistematis, untuk mengantisipasi perkembangan zaman. Maka setelah berkordinasi dengan berbagai kyai, akhirnya muncul kesepakatan untuk membentuk organisasi yang bernama Nahdlatul Ulama (Kebangkitan Ulama) pada 16 Rajab 1344 H (31 Januari 1926). Organisasi ini dipimpin oleh K.H. Hasyim Asy'ari sebagai Rais Akbar. Untuk menegaskan prisip dasar organisasi ini, maka K.H. Hasyim Asy'ari merumuskan kitab Qanun Asasi (prinsip dasar), kemudian juga merumuskan kitab I'tiqad Ahlussunnah Wal Jamaah. Kedua kitab tersebut kemudian diejawantahkan dalam khittah NU, yang dijadikan sebagai dasar dan rujukan warga NU dalam berpikir dan bertindak dalam bidang sosial, keagamaan dan politik. Paham keagamaan NU menganut paham Ahlussunah waljama'ah, sebuah pola pikir yang mengambil jalan tengah antara ekstrim aqli (rasionalis) dengan kaum ekstrim naqli (skripturalis). Karena itu sumber pemikiran bagi NU tidak hanya al-Qur'an, sunnah, tetapi juga menggunakan kemampuan akal ditambah dengan realitas empirik. Cara berpikir semacam itu dirujuk dari pemikir terdahulu seperti Abu Hasan Al-Asy'ari dan Abu Mansur Al-Maturidi dalam bidang teologi. Kemudian dalam bidang fiqih lebih cenderung mengikuti mazhab: imam Syafi'i dan mengakui tiga madzhab yang lain: imam Hanafi, imam Maliki,dan imam Hanbali sebagaimana yang tergambar dalam lambang NU berbintang 4 di bawah. Sementara dalam bidang tasawuf, mengembangkan metode Al-Ghazali dan Junaid Al-Baghdadi, yang mengintegrasikan antara tasawuf dengan syariat. Gagasan kembali kekhittah pada tahun 1984, merupakan momentum penting untuk menafsirkan kembali ajaran ahlussunnah wal jamaah, serta merumuskan kembali metode berpikir, baik dalam bidang fikih maupun sosial. Serta merumuskankembali hubungan NU dengan negara. Gerakan tersebut berhasil kembali membangkitkan gairah pemikiran dan dinamika sosial dalam NU.

Partai SUNI.Daftar pimpinan Berikut ini adalah daftar Ketua Rais Aam (pimpinan tertinggi) Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama: No Nama Awal Jabatan Akhir Jabatan 1 KH Mohammad Hasyim Asy'arie 1926 1947 2 KH Abdul Wahab Chasbullah 1947 1971 3 KH Bisri Syansuri 1972 1980 4 KH Muhammad Ali Maksum 1980 1984 5 KH Achmad Muhammad Hasan Siddiq 1984 1991 KH Ali Yafie (pjs) 1991 1992 6 KH Mohammad Ilyas Ruhiat 1992 1999 7 KH Mohammad Ahmad Sahal Mahfudz 1999 8 Prof Dr KH Said Agil Siradj 2004 sekarang Basis pendukung Dalam menentukan basis pendukung atau warga NU ada beberapa istilah yang perlu diperjelas. Apabila dilihat dari segi pendukung atau simpatisan. bisa dilihat dari jumlah perolehan suara partai-partai yang berbasis atau diasosiasikan dengan NU. Sedangkan dari segi paham keagamaan maka bisa dilihat dari jumlah orang yang mendukung dan mengikuti paham kegamaan NU. Maka dalam hal ini bisa dirujuk hasil penelitian Saiful Mujani (2002) yaitu berkisar 48% dari Muslim santri Indonesia. serta Muslim tradisionalis yang sepaham dengan NU. maka sampai hari ini tidak ada satu dokumen resmipun yang bisa dirujuk untuk itu. dan sebagian dari PPP. PKU. merupakan mereka yang sama paham keagamaannya dengan paham . Jika istilah warga disamakan dengan istilah anggota. PNU. pendukung atau simpatisan. ada dua cara melihatnya. Jumlah keseluruhan Muslim santri yang disebut sampai 80 juta atau lebih. Dari segi politik. seperti PKBU. Suaidi Asyari[1] memperkirakan ada sekitar 51 juta dari Muslim santri Indonesia dapat dikatakan pendukung atau pengikut paham keagamaan NU. yaitu: anggota. Hal ini karena sampai saat ini tidak ada upaya serius di tubuh NU di tingkat apapun untuk mengelola keanggotaannya.

Berdasarkan lokasi dan karakteristiknya. serta selain itu juga sama-sama sangat menjiwai ajaran ahlus sunnah wal jamaah. berpengetahuan luas. Kalimantan. Usaha 1.Hal ini ditandai dengan lahirnya BMT dan Badan Keuangan lain yang yang telah terbukti membantu masyarakat. melaksanakan dakwah Islamiyah dan meningkatkan rasa persaudaraan yang berpijak pada semangat persatuan dalam perbedaan. basis intelektual dalam NU juga semakin meluas. . Mereka memiliki kohesifitas yang tinggi. Maka kalau selama ini basis NU lebih kuat di sektor petani di pedesaan. Namun belum tentu mereka ini semuanya warga atau mau disebut berafiliasi dengan NU.Hal ini terbukti dengan lahirnya Lembaga-lembaga Pendidikan yang bernuansa NU dan sudah tersebar di berbagai daerah khususnya di Pulau Jawa. berbudi luhur. mengusahakan kesejahteraan rakyat serta kebudayaan yang sesuai dengan nilai keislaman dan kemanusiaan. mengusahakan pemerataan kesempatan untuk menikmati hasil pembangunan. 4. sejalan dengan cepatnya mobilitas sosial yang terjadi selama ini. termasuk negara-negara Barat. Di bidang ekonomi. Demikian juga dengan terbukanya sistem pendidikan. Di bidang pendidikan. Di bidang sosial budaya. meskipun sebagian besar di antara mereka adalah rakyat jelata baik di perkotaan maupun di pedesaan. 3. mayoritas pengikut NU terdapat di pulau Jawa. Pada perkembangan terakhir terlihat bahwa pengikut NU mempunyai profesi beragam. 2. untuk membentuk muslim yang bertakwa. dengan mengutamakan berkembangnya ekonomi rakyat. maka saat di sektor buruh di perkotaan. Pada umumnya mereka memiliki ikatan cukup kuat dengan dunia pesantren yang merupakan pusat pendidikan rakyat dan cagar budaya NU. Namun para doktor dan magister ini belum dimanfaatkan secara maksimal oleh para pengurus NU hampir di setiap lapisan kepengurusan NU.kegamaan NU. karena secara sosial ekonomi memiliki problem yang sama. Di bidang agama. menyelenggarakan pendidikan yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. juga cukup dominan. Sulawesi dan Sumatra. Organisasi Tujuan Menegakkan ajaran Islam menurut paham Ahlussunnah waljama'ah di tengahtengah kehidupan masyarakat. Belakangan ini NU sudah memiliki sejumlah doktor atau magister dalam berbagai bidang ilmu selain dari ilmu ke-Islam-an baik dari dalam maupun luar negeri. maka penduduk NU di desa banyak yang bermigrasi ke kota memasuki sektor industri. di dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sejalan dengan pembangunan dan perkembangan industrialisasi. Basis pendukung NU ini cenderung mengalami pergeseran.

dan Majelis Wakil Cabang. Syuriyah (Pimpinan tertinggi) 3.450 Majelis Wakil Cabang / MWC 47. Syuriyah (Pimpinan tertinggi) 2. Pada masa Demokrasi Terpimpin NU dikenal sebagai partai yang mendukung Sukarno. Setelah PKI memberontak. Mengikuti pemilu 1977 . Pengurus Wilayah (tingkat Propinsi) 3. Mustayar (Penasihat) 2. Pengurus Besar (tingkat Pusat) 2.5. NU tampil sebagai salah satu golongan yang aktif menekan PKI. NU kemudian menggabungkan diri dengan Partai Persatuan Pembangunan pada tanggal 5 Januari 1973 atas desakan penguasa orde baru. setiap kepengurusan terdiri dari: 1. NU berusaha mengabdi dan menjadi yang terbaik bagi masyrakat. Wilayah. setiap kepengurusan terdiri dari: 1. Tanfidziyah (Pelaksana Harian) Untuk Ranting. jaringan organisasi NU meliputi: • • • • • 33 Wilayah 439 Cabang 15 Cabang Istimewa yang berada di luar negeri 5. Pengurus Majlis Wakil Cabang / MWC (tingkat Kecamatan) 5. NU cukup berhasil dengan merahil 45 kursi DPR dan 91 kursi Konstituante.125 Ranting NU dan politik Pertama kali NU terjun pada politik praktis pada saat menyatakan memisahkan diri dengan Masyumi pada tahun 1952 dan kemudian mengikuti pemilu 1955. Struktur 1. Pengurus Cabang (tingkat Kabupaten/Kota) atau Pengurus Cabang Istimewa untuk kepengurusan di luar negeri 4. terutama lewat sayap pemudanya GP Ansor. Mengembangkan usaha lain yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Cabang. Pengurus Ranting (tingkat Desa / Kelurahan) Untuk Pusat. Tanfidziyah (Pelaksana harian) Jaringan Hingga akhir tahun 2000.

Namun setelah reformasi 1998. Pada pemilu 1999 PKB memperoleh 51 kursi DPR dan bahkan bisa mengantarkan Abdurrahman Wahid sebagai Presiden RI. Maka dalam butir ke-6 Muqaddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah dinyatakan. mengandung isyarat untuk bergeraknya umat dalam menjalankan dakwah Islam secara teorganisasi. Yang terpenting adalah Partai Kebangkitan Bangsa yang dideklarasikan oleh Abdurrahman Wahid. .Muhammadiyah Muhammadiyah adalah sebuah organisasi Islam yang besar di Indonesia. NU menyatakan diri untuk 'Kembali ke Khittah 1926' yaitu untuk tidak berpolitik praktis lagi. melancarkan amal-usaha dan perjuangan dengan ketertiban organisasi. Dalam pembentukannya. merekalah orang-orang yang beruntung. Tujuan utama Muhammadiyah adalah mengembalikan seluruh penyimpangan yang terjadi dalam proses dakwah. Pada pemilu 2004. menurut para tokoh Muhammadiyah. diantaranya surat Ali Imran ayat 104 yang berbunyi: Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan. ia juga menampilkan kecenderungan untuk melakukan perbuatan yang ekstrem. Akan tetapi. menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar. 1. umat yang bergerak. sehingga Muhammadiyah juga dapat dikenal sebagai orangorang yang menjadi pengikut Nabi Muhammad SAW. Pada muktamar NU di Situbondo. Nama organisasi ini diambil dari nama Nabi Muhammad SAW. yang juga mengandung penegasan tentang hidup berorganisasi. Gerakan Muhammadiyah berciri semangat membangun tata sosial dan pendidikan masyarakat yang lebih maju dan terdidik. Menampilkan ajaran Islam bukan sekadar agama yang bersifat pribadi dan statis. tetapi dinamis dan berkedudukan sebagai sistem kehidupan manusia dalam segala aspeknya. muncul partai-partai yang mengatasnamakan NU. Muhammadiyah banyak merefleksikan kepada perintah-perintah Al Quran.dan 1982 bersama PPP. Penyimpangan ini sering menyebabkan ajaran Islam bercampur-baur dengan kebiasaan di daerah tertentu dengan alasan adaptasi. Ayat tersebut. PKB memperoleh 52 kursi DPR.

Kegiatan ini pada awalnya juga memiliki basis dakwah untuk wanita dan kaum muda berupa pengajian Sidratul Muntaha. Ahmad Dahlan di Kampung Kauman Yogyakarta pada tanggal 18 November 1912 (8 Dzulhijjah 1330 H). dan tempat pendidikan di seluruh Indonesia. panti asuhan. kini telah banyak berdiri rumah sakit. yang bertempat di Patangpuluhan . yang dikenal sebagai Hooge School Muhammadiyah dan selanjutnya berganti nama menjadi Kweek School Muhammadiyah (sekarang dikenal dengan Madrasah Mu'allimin _khusus laki-laki.[1] Persyarikatan Muhammadiyah didirikan untuk mendukung usaha KH Ahmad Dahlan untuk memurnikan ajaran Islam yang dianggap banyak dipengaruhi hal-hal mistik.H. Daftar isi • • • • • • • 1 Sejarah 2 Organisasi 3 Daftar pimpinan 4 Rujukan 5 Bacaan lanjut 6 Lihat pula 7 Pranala luar Sejarah Pusat Dakwah Muhammadiyah di Jakarta Organisasi Muhammadiyah didirikan oleh K.yang mengandung makna pentingnya organisasi sebagai alat gerakan yang niscaya. Selain itu peran dalam pendidikan diwujudkan dalam pendirian sekolah dasar dan sekolah lanjutan. Sebagai dampak positif dari organisasi ini.

Muhammadiyah juga memiliki beberapa organisasi otonom Muhammadiyah. Pada masa kepemimpinan Ahmad Dahlan (1912-1923). dan dari daerah inilah kemudian Muhammadiyah bergerak ke seluruh Sumatera. cabang-cabang Muhammadiyah berdiri di kota-kota tersebut pada tahun 1922. Sulawesi.kecamatan Wirobrajan dan Mu'allimaat Muhammadiyah_khusus Perempuan. Namun pada tahun 1970. ekonomi. Agam. Abdul Karim Amrullah membawa Muhammadiyah ke Sumatera Barat dengan membuka cabang di Sungai Batang. di Suronatan Yogyakarta). kesehatan. seorang Sekretaris Umum dengan dua anggota. komite-komite pendidikan. yaitu: • • • • • • • Aisyiyah (organisasi wanita) Pemuda Muhammadiyah (organisasi pemuda) Nasyiatul Aisyiyah (organisasi pemudi) Ikatan Pelajar Muhammadiyah (organisasi pelajar dan remaja) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (organisasi mahasiswa) Tapak Suci Putra Muhammadiyah (perguruan silat) Hizbul Wathan (organisasi kepanduan) . pengaruh Muhammadiyah terbatas di karesidenan-karesidenan seperti: Yogyakarta. daerah Pekalongan sekarang. Surakarta. dan Pekajangan. Pada tahun 1938. Struktur Pimpinan Pusat Muhammadiyah terdiri dari lima orang Penasehat. Organisasi Kantor pengurus pusat Muhammadiyah awalnya berada di Yogyakarta. dan kesejahteraan berpindah ke kantor di ibukota Jakarta. dan Kalimantan. Pada tahun 1925. arus gelombang Muhammadiyah telah menyebar ke seluruh Sumatera Barat. Dalam tempo yang relatif singkat. Selain Yogya. seorang Bendahara Umum dengan seorang anggotanya. Muhammadiyah telah tersebar keseluruh Indonesia. seorang Ketua Umum yang dibantu tujuh orang Ketua lainnya. Pekalongan.

Ada sekitar 85.285 jiwa dari total 234.693. Walau Islam menjadi mayoritas.959. namun Indonesia bukanlah negara yang berasaskan Islam. .997 jiwa penduduk.Daftar pimpinan No Nama 1 KH Ahmad Dahlan 2 KH Ibrahim 3 KH Hisyam 4 KH Mas Mansur 5 Ki Bagoes Hadikoesoemo 6 Buya AR Sutan Mansur 7 KH M Yunus Anis 8 KH Ahmad Badawi 9 KH Faqih Usman 10 KH AR Fachruddin 11 KH A Azhar Basyir 12 Prof Dr H Amien Rais 13 Prof Dr H Ahmad Syafi'i Ma'arif 14 Prof Dr H Din Syamsuddin 15 Prof Dr H Din Syamsuddin Awal Jabatan Akhir Jabatan 1912 1923 1923 1932 1932 1936 1936 1942 1942 1953 1953 1959 1959 1962 1962 1968 1968 1971 1990 1995 2000 2005 2010 1971 1990 1995 2000 2005 2010 2015 2.2% atau 199.Islam di Indonesia Islam di Indonesia merupakan mayoritas terbesar ummat Muslim di dunia.

teori Gujarat. Fokus diskusi mengenai kedatangan Islam di Indonesia sejauh ini berkisar pada tiga tema utama. Pertama.1600) o 1. Pada saat nanti wilayah Barus ini akan masuk ke wilayah kerajaan Srivijaya. Islam dipercayai datang dari wilayah Gujarat – India melalui peran para pedagang India muslim pada sekitar abad ke-13 M. Kedua. yakni tempat asal kedatangannya. Kalau Ahli Sejarah Barat beranggapan bahwa Islam masuk di Indonesia mulai abad 13 adalah tidak benar. India. Ahmad Mansur Suryanegara mengikhtisarkannya menjadi tiga teori besar. teori Makkah. teori Persia. Islam tiba di Indonesia melalui peran para pedagang asal Persia yang dalam perjalanannya singgah ke Gujarat sebelum ke nusantara sekitar abad ke-13 M. jangkauan terjauh penyebaran Islam sudah mencapai Semenanjung Onin di Kabupaten Fakfak.1 Penyebaran Islam (1200 . Islam dipercaya tiba di Indonesia langsung dari Timur Tengah melalui jasa para pedagang Arab muslim sekitar abad ke-7 M.[1] Mengenai tempat asal kedatangan Islam yang menyentuh Indonesia. para pembawanya. Melalui Kesultanan Tidore yang juga menguasai Tanah Papua.1600) Artikel utama untuk bagian ini adalah: Penyebaran Islam di Indonesia (1200 1600) Berbagai teori perihal masuknya Islam ke Indonesia terus muncul sampai saat ini. di kalangan para sejarawan terdapat beberapa pendapat.2 Masa kolonial 2 Demografi 3 Arsitektur o 3. sejak abad ke-17. . Papua Barat. dan waktu kedatangannya.1 Masjid 4 Pendidikan 5 Organisasi 6 Politik 7 Catatan dan referensi 8 Pranala luar Sejarah masuknya Islam Penyebaran Islam (1200 . HAMKA berpendapat bahwa pada tahun 625 M sebuah naskah Tiongkok mengkabarkan bahwa menemukan kelompok bangsa Arab yang telah bermukim di pantai Barat Sumatera (Barus) [2].[1].Daftar isi [sembunyikan] • • • • • • • • 1 Sejarah masuknya Islam o 1. Ketiga.

Dengan sumuliayatul (kesempurnaan) Islam yang tidak ada pemisahan antara aspek-aspek kehidupan tertentu dengan yang lainnya. Pada tahun 718M raja Srivijaya Sri Indravarman setelah kerusuhan Kanton juga masuk Islam pada masa khalifah Umar bin Abdul Aziz (Dinasti Umayyah). sejak itu hampir seluruh wilayah Nusantara dikuasainya kecuali Aceh. Hasil kunjungan duta Islam ini adalah raja Jay Sima ptra ratu [[Sima dari Kalingga masuk Islam [3]. Sanggahan Teori Islam Masuk Indonesia abad 13 melalui Pedagang Gujarat Teori Islam Masuk Indonesia abad 13 melalui pedagang Gujarat adalah tidaklah benar. akan tetapi kenyataan Islam di Indonesia didominasi Mazhab Safi'i. Sanggahan lain adalah bukti telah munculnya Islam di masa awal dengan bukti Tarikh Nisan Fatimah binti Maimun (1082M) di Gresik. para ulama mengubah pesantren menjadi markas perjuangan. Saat itu antara kerajaan-kerajaan Islam di Nusantara belum sempat membentuk aliansi atau kerja sama. Ketika penjajahan datang. para santri (peserta didik pesantren) menjadi jundullah (pasukan Allah) yang siap melawan penjajah. Masa kolonial Pada abad ke-17 masehi atau tahun 1601 kerajaan Hindia Belanda datang ke Nusantara untuk berdagang. apabila benar maka tentunya Islam yang akan berkembang kebanyakan di Indonesia adalah aliran Syiah karena Gujarat pada masa itu beraliran Syiah. Hal ini yang menyebabkan proses penyebaran dakwah terpotong. VOC. memerintahkan mengirimkan utusannya (Muawiyah bin Abu Sufyan) ke tanah Jawa yaitu ke Jepara (pada saat itu namanya Kalingga). ini telah diterapkan oleh para ulama saat itu. Ini dapat dibuktikan dengan adanya hikayat-hikayat pada masa kerajaan Islam yang syair-syairnya . sedangkan ulamanya menjadi panglima perang. Potensi-potensi tumbuh dan berkembang di abad ke-13 menjadi kekuatan perlawanan terhadap penjajah. namun pada perkembangan selanjutnya mereka menjajah daerah ini. Belanda datang ke Indonesia dengan kamar dagangnya.Pada tahun 674M semasa pemerintahan Khilafah Islam Utsman bin Affan.

Mesir banyak berperan dalam menyebarkan ide-ide tersebut.[5] Demografi Sebagian besar ummat Islam di Indonesia berada di wilayah Indonesia bagian Barat. yang juga seorang orientalis yang pernah mempelajari Islam di Mekkah. Pembaruan Islam yang tumbuh begitu pesat didukung dengan berdirinya sekolah-sekolah pembaruan seperti Adabiah (1909). . Dr. Ulama-ulama Minangkabau yang belajar di Kairo. Haruku. Para ulama menggelorakan jihad melawan penjajah Belanda.[4] Di akhir abad ke-19.berisi seruan perjuangan. Mendatangkan Prof. Belanda mengalami kewalahan yang akhirnya menggunakan strategi-strategi: • • Politik devide et impera. dan Maluku Utara dan enklave tertentu di Indonesia Timur seperti Kabupaten Alor. Snouk Cristian Hourgonye alias Abdul Gafar. Tual dan lain-lain. Banda. Jawa. Pada tahun 1906. Madura dan Kalimantan. di antara mereka ialah Muhammad Djamil Djambek dan Abdul Karim Amrullah. Diniyah Putri (1911). yang pada kenyataannya memecah-belah atau mengadu domba antara kekuatan ulama dengan adat. seorang Guru Besar ke-Indonesiaan di Universitas Hindia Belanda. Dia berpendapat agar pemerintahan Belanda membiarkan umat Islam hanya melakukan ibadah mahdhoh (khusus) dan dilarang berbicara atau sampai melakukan politik praktis. Fakfak. karena pada saat itulah terjadi pematangan pejuangan terhadap penjajahan. contohnya perang Padri di Sumatera Barat dan perang Diponegoro di Jawa. seperti di pulau Sumatera. Sedangkan untuk wilayah Timur. Gagasan tersebut dijalani oleh pemerintahan Belanda dan salah satunya adalah pembatasan terhadap kaum muslimin yang akan melakukan ibadah Haji. Tahir bin Jalaluddin menerbitkan koran pembaruan al-Iman di Singapura dan lima tahun kemudian. di Padang terbit koran dwi-mingguan al-Munir. dan Sumatera Thawalib (1915). penduduk Muslim banyak yang menetap di wilayah Sulawesi. Nusa Tenggara Barat. muncul ideologi pembaruan Islam yang diserukan oleh Jamal-al-Din Afghani dan Muhammad Abduh.

Pengadaan transmigrasi dari Jawa dan Madura yang secara besarbesaran dilakukan oleh pemerintahan Suharto selama tiga dekade ke wilayah Timur Indonesia telah menyebabkan bertambahnya jumlah penduduk Muslim disana. adalah bentuk arsitektur bangunan yang banyak dipengaruhi oleh corak Islam. Arsitektur Artikel utama untuk bagian ini adalah: Arsitektur Islam di Indonesia Islam sangat banyak berpengaruh terhadap arsitektur bangunan di Indonesia.834 buah. Kebijakan transmigrasi ini. jumlah masjid dan mushala di Indonesia saat ini antara 600-800 ribu buah. sedangkan jumlah secara keseluruhan berdasarkan data Departemen Agama tahun 2004. pada tahun 1990an ummat Kristen menjadi minoritas di Maluku. jumlah masjid di Indonesia sebanyak 643. saat ini terdapat 125 ribu[7] masjid yang dikelola oleh lembaga tersebut. Pada salah satu forum tanya jawab di situs Era Muslim[6].044 buah. Diperkirakan. jumlah ini meningkat dari data tahun 1977 yang sebanyak 392. Masjid Masjid Raya Medan al Ma'shun. Untuk pertamakalinya. mengakibatkan sejumlah konflik di Maluku.[8] . dan ada bale-bale untuk tempat berkumpul. Rumah Betawi salah satunya. Menurut data Lembaga Ta'mir Masjid Indonesia. Sulawesi Tengah. dan sebagian wilayah Papua. disebutkan bahwa Rumah Betawi yang memiliki teras lebar. yang telah melebarkan kesenjangan sosial dan ekonomi. adalah salah satu ciri bangunan berarsitektur Islam yang ada di Indonesia Masjid adalah tempat ibadah Muslim yang dapat dijumpai diberbagai tempat di Indonesia. adalah salah satu ciri arsitektur peradaban Islam di Indonesia.

Muhammadiyah memiliki ribuan sekolah. Selain ketiga organisasi diatas. dengan anggotanya yang sekitar 30 juta. membawa dan mengusung pola pikir rasional dalam berbagai kuliahnya. Ia diundang secara khusus oleh gerakan ini untuk menjadi pengajar pada berbagai badan pendidikan yang dirintisnya pada tahun 1912. Hampir disetiap provinsi di Indonesia dapat dijumpai Institut Agama Islam Negeri serta beberapa universitas Islam lainnya. Jamiat Khair. dalam pendidikan Islam di Indonesia juga dikenal adanya Madrasah Ibtidaiyah (dasar). dan Madrasah Aliyah (menengah).Pendidikan Pelajar Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kecamatan Gambut. sebuah organisasi Islam tempat para ulama dan aktivis bergabung. Majelis Mujahidin Indonesia. Muhammadiyah merupakan organisasi Islam terbesar kedua. Ia datang dari Sudan. Kabupaten Banjar. di antaranya adalah Nahdlatul Ulama (NU).[9] Selain itu. Untuk tingkat universitas Islam di Indonesia juga kian maju seiring dengan perkembangan zaman. Politik Artikel utama untuk bagian ini adalah: Politik Islam di Indonesia . universitas. dan lembaga pendidikan tinggi serta ratusan rumah sakit di seluruh Indonesia. hal ini dapat dilihat dari terus beragamnya universitas Islam. NU seringkali dikategorikan sebagai Islam traditional. juga dianggap sebagai sistem pendididikan paling tua di Indonesia. di Indonesia juga dikenal adanya Front Pembela Islam. Madrasah Tsanawiyah (lanjutan). tempat bermulanya Ahmad Soorkati mengawali karier dakwahnya di Indonesia. salah satunya karena sistem pendidikan pesantrennya. NU merupakan organisasi Islam terbesar di Indonesia dengan anggota sekitar 35 juta. Pesantren adalah salah satu sistem pendidikan Islam yang ada di Indonesia dengan ciri yang khas dan unik. Organisasi Terdapat beberapa organisasi Islam di Indonesia. dan Hizbut Tahrir Indonesia. Kalimantan Selatan. Muhammadiyah. Gambar diambil akhir Januari 2006.

oleh karena itu ia disebut juga sebagai Nusantara (Kepulauan Antara). Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Bulan Bintang. separatisme. . yaitu ketika Kerajaan Sriwijaya di Palembang menjalin hubungan agama dan perdagangan dengan Tiongkok dan India. Partai Keadilan Sejahtera.Dengan mayoritas berpenduduk Muslim. Ibukota negara ialah Jakarta. Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih langsung. di Indonesia jumlah partai politik Islam kian bertambah. yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha telah tumbuh pada awal abad Masehi.508 pulau. yakni Partai Persatuan Pembangunan-akibat adanya kebijakan pemerintah yang membatasi jumlah partai politik. Selanjutnya Indonesia mendapat berbagai hambatan. seperti Aceh. Australia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17. politik di Indonesia tidak terlepas dari pengaruh dan peranan ummat Islam. dengan Dewan Perwakilan Rakyat. Indonesia berbatasan dengan Malaysia di Pulau Kalimantan. dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Indonesia bukanlah negara yang berasaskan Islam. yaitu Partai Persatuan Pembangunan.[6] Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia. Bila sebelumnya hanya ada satu partai politik Islam. pada pemilu 2004 terdapat enam partai politik yang berasaskan Islam. namun ada beberapa daerah yang diberikan keistimewaan untuk menerapkan syariat Islam. Indonesia yang saat itu bernama Hindia Belanda menyatakan kemerdekaannya di akhir Perang Dunia II. Sejarah Indonesia banyak dipengaruhi oleh bangsa lainnya. Seiring dengan reformasi 1998. serta berbagai kekuatan Eropa yang saling bertempur untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah Maluku semasa era penjelajahan samudra. ancaman dan tantangan dari bencana alam. Setelah berada di bawah penjajahan Belanda. Indonesia Republik Indonesia disingkat RI atau Indonesia adalah negara di Asia Tenggara. Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik. Partai Bintang Reformasi. dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India. diikuti para pedagang yang membawa agama Islam. Kepulauan Indonesia menjadi wilayah perdagangan penting setidaknya sejak abad ke-7. 3. meskipun secara resmi bukanlah negara Islam. proses demokratisasi dan periode perubahan ekonomi yang pesat. Filipina. korupsi.[5] Dengan populasi sebesar 222 juta jiwa pada tahun 2006. Partai Amanat Nasional. Walau demikian. Negara tetangga lainnya adalah Singapura.

5 Seni musik o 10.7 Perfilman o 10. Selain memiliki populasi padat dan wilayah yang luas.[9] Murid dari Earl. seorang etnolog berkebangsaan Inggris.[7] Jadi. "Bhinneka tunggal ika" ("Berbedabeda tetapi tetap satu"). berarti keberagaman yang membentuk negara.[8] Pada tahun 1850. yang menunjukkan bahwa nama ini terbentuk jauh sebelum Indonesia menjadi negara berdaulat.Dari Sabang sampai Merauke.6 Boga o 10. bahasa dan agama yang berbeda. awalnya mengusulkan istilah Indunesia dan Malayunesia untuk penduduk "Kepulauan Hindia atau Kepulauan Melayu". Daftar isi [sembunyikan] • • • • • • • • • • • • • • 1 Etimologi 2 Sejarah 3 Politik dan pemerintahan 4 Pembagian administratif 5 Geografi o 5.3 Arsitektur o 10. . Indonesia terdiri dari berbagai suku. kata Indonesia berarti wilayah Hindia kepulauan.1 Pertunjukan o 10.2 Busana o 10.4 Olahraga o 10.1 Sumber daya alam 6 Pendidikan 7 Ekonomi 8 Peringkat internasional 9 Demografi 10 Kebudayaan o 10. George Earl.8 Kesusastraan 11 Lingkungan hidup 12 Lihat Pula 13 Rujukan 14 Pranala luar Etimologi Lihat pula: Sejarah nama Indonesia Kata "Indonesia" berasal dari kata dalam bahasa Latin yaitu Indus yang berarti "Hindia" dan kata dalam bahasa Yunani nesos yang berarti "pulau". Semboyan nasional Indonesia. Indonesia memiliki wilayah alam yang mendukung tingkat keanekaragaman hayati terbesar kedua di dunia. atau kepulauan yang berada di Hindia. Suku Jawa adalah grup etnis terbesar dan secara politis paling dominan.

[12] Kondisi tempat yang ideal bagi pertanian. Timur (de Oost). ditulis oleh Multatuli. menggunakan kata Indonesia sebagai sinonim dari Kepulauan India. kota. Pelajar Indonesia pertama yang menggunakannya ialah Suwardi Suryaningrat (Ki Hajar Dewantara).[5] Adolf Bastian dari Universitas Berlin memasyarakatkan nama ini melalui buku Indonesien oder die Inseln des Malayischen Archipels. nama Indonesia menjadi lebih umum pada lingkungan akademik di luar Belanda. mengenai kritik terhadap kolonialisme Belanda). 800 M. atau Hindia (Indië).[13] menyebabkan banyak perkampungan. k. Hindia Timur Belanda (Nederlandsch Oost Indië). bermigrasi ke Asia Tenggara dari Taiwan. bahkan sampai ke Afrika. dan penguasaan atas cara bercocok tanam padi setidaknya sejak abad ke-8 SM. Selain itu. yang oleh antropolog juga dijuluki "Manusia Jawa". menimbulkan dugaan bahwa kepulauan Indonesia telah mulai berpenghuni pada antara dua juta sampai 500. penulisan akademik Belanda di media Hindia Belanda tidak menggunakan kata Indonesia. tetapi istilah Kepulauan Melayu (Maleische Archipel).[10] Namun. dan bahkan Insulinde (istilah ini diperkenalkan tahun 1860 dalam novel Max Havelaar (1859). yaitu ketika ia mendirikan kantor berita di Belanda yang bernama Indonesisch Pers Bureau di tahun 1913. Sebuah bagian dari relief kapal di candi Borobudur. dan kerajaan-kerajaan kecil tumbuh berkembang dengan baik pada abad pertama masehi. yang membentuk mayoritas penduduk pada saat ini.000 tahun yang lalu. dan golongan nasionalis Indonesia menggunakannya untuk ekspresi politik. Indonesia yang terletak di jalur perdagangan laut internasional dan antar pulau.James Richardson Logan.[11] Bangsa Austronesia. . telah menjadi jalur pelayaran antara India dan Cina selama beberapa abad. dan menyebabkan bangsa Melanesia yang telah ada lebih dahulu di sana terdesak ke wilayah-wilayah yang jauh di timur kepulauan.[15] Sejak abad ke-1 kapal dagang Indonesia telah berlayar jauh. Mereka tiba di sekitar 2000 SM.[5] Sejak tahun 1900.[8] Sejarah Artikel utama untuk bagian ini adalah: Sejarah Indonesia Lihat pula: Sejarah Nusantara Peninggalan fosil-fosil Homo erectus.[14] Sejarah Indonesia selanjutnya mengalami banyak sekali pengaruh dari kegiatan perdagangan tersebut. 1884–1894.

Samudera Pasai yang berdiri pada tahun 1267. sekaligus mengontrol perdagangan di Selat Malaka. Jawa. Belanda muncul sebagai yang terkuat di antara negara-negara Eropa lainnya. pencetus Cultuurstelsel. Kalimantan Timur. Sumatra. Pada abad ke-7 muncul kerajaan Malayu yang berpusat di Jambi. dan kemudian langsung oleh pemerintah Belanda sejak awal abad ke-19. dengan peninggalan bersejarahnya seperti candi Borobudur dan candi Prambanan. beberapa kerajaan terbentuk di pulau Kalimantan. pada abad ke-4 hingga abad ke-7 M berdiri kerajaan Tarumanegara. Selat Sunda. Pemerintahan Tarumanagara dilanjutkan oleh Kerajaan Sunda dari tahun 669 M sampai 1579 M. Pada abad ke-17. Di wilayah barat pulau Jawa. Wilayah kekuasaannya meliputi Sumatera. mereka menemukan beberapa kerajaan yang dengan mudah dapat mereka kuasai demi mendominasi perdagangan rempah-rempah. Di bawah pimpinan mahapatih Gajah Mada. Di akhir abad ke-13.Di bawah pengaruh agama Hindu dan Buddha. Timor Portugis). mengalahkan Britania Raya dan Portugal (kecuali untuk koloni mereka. yaitu Gold. . Pada masa itulah agama Kristen masuk ke Indonesia sebagai salah satu misi imperialisme lama yang dikenal sebagai 3G.[16] Di bawah pengaruh Sriwijaya. India. Majapahit berdiri di bagian timur pulau Jawa. juga pernah menyinggahi wilayah ini pada awal abad ke-15.[18] Para pedagang-pedagang ini juga menyebarkan agama Islam di beberapa wilayah Nusantara. Glory. tapi dapat diusir dan bergerak ke arah timur dan menguasai Maluku.[17] Kedatangan pedagang-pedagang Arab dan Persia melalui Gujarat.[19] Belanda menguasai Indonesia sebagai koloni hingga Perang Dunia II. dan Jawa sejak abad ke-4 hingga abad ke-14. semenanjung Melayu. and Gospel. dan Laut Cina Selatan. awalnya melalui VOC. Kutai. Sriwijaya mengalahkan Malayu dan muncul sebagai kerajaan maritim yang paling perkasa di Nusantara. kekuasaannya meluas sampai hampir meliputi wilayah Indonesia kini. Sumatera. merupakan kerajaan Islam pertama di Indonesia. dan sering disebut "Zaman Keemasan" dalam sejarah Indonesia. Portugis pertama kali mendarat di dua pelabuhan Kerajaan Sunda yaitu Banten dan Sunda Kelapa. merupakan kerajaan tertua di Nusantara yang berdiri pada abad ke-4 di hulu sungai Mahakam. Selain itu pelaut-pelaut Tiongkok yang dipimpin oleh Laksamana Cheng Ho (Zheng He) yang beragama Islam. kemudian membawa agama Islam. Johannes van den Bosch. antara abad ke-8 dan ke-10 wangsa Syailendra dan Sanjaya berhasil mengembangkan kerajaan-kerajaan berbasis agrikultur di Jawa. Ketika orang-orang Eropa datang pada awal abad ke-16.

Usaha-usaha berdarah untuk meredam pergerakan kemerdekaan ini kemudian dikenal oleh orang Belanda sebagai 'aksi kepolisian' (Politionele Actie). Soekarno. Jepang menguasai Indonesia. dan Ki Hajar Dewantara diberikan penghargaan oleh Kaisar Jepang pada tahun 1943. akhirnya menghasilkan keuntungan bagi Belanda yang tidak dapat dihasilkan VOC.[21] Belanda akhirnya menerima hak Indonesia untuk merdeka pada 27 Desember 1949 sebagai negara federal yang disebut Republik Indonesia Serikat setelah mendapat tekanan yang kuat dari . Setelah perang Pasifik berakhir pada tahun 1945. sewaktu Belanda dijajah oleh Jerman.Di bawah sistem Cultuurstelsel (Sistem Penanaman) pada abad ke-19. Jepang melihat bahwa para pejuang Indonesia merupakan rekan perdagangan yang kooperatif dan bersedia mengerahkan prajurit bila diperlukan. Mas Mansur. Mohammad Hatta. Pada masa pemerintahan kolonial yang lebih bebas setelah 1870. atau dikenal oleh orang Indonesia sebagai Agresi Militer. Mohammad Hatta. Setelah kemerdekaan. di bawah tekanan organisasi pemuda. Pada Maret 1945 Jepang membentuk sebuah komite untuk kemerdekaan Indonesia. KH. Soekarno-Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. wakil presiden. tiga pendiri bangsa yakni Soekarno. Setelah 1901 pihak Belanda memperkenalkan Kebijakan Beretika. dan Sutan Sjahrir masing-masing menjabat sebagai presiden. Soekarno. Pada masa Perang Dunia II. sistem ini dihapus. dan perdana menteri. Belanda mengirimkan pasukan mereka. Setelah mendapatkan Indonesia pada tahun 1942. Dalam usaha untuk menguasai kembali Indonesia.[20] yang termasuk reformasi politik yang terbatas dan investasi yang lebih besar di Hindia-Belanda. perkebunan besar dan penanaman paksa dilaksanakan di Jawa. presiden pertama Indonesia.

kalangan internasional. Setelah Soeharto berkuasa. Muncul kekuatan baru yang menyebut dirinya Orde Baru yang segera menuduh Partai Komunis Indonesia sebagai otak di belakang kejadian ini dan bermaksud menggulingkan pemerintahan yang sah serta mengganti ideologi nasional menjadi berdasarkan paham sosialis-komunis. Pada awal rezim Orde Baru kebijakan ekomomi Indonesia disusun oleh sekelompok ekonom lulusan Departemen Ekonomi Universitas California. Tiga puluh dua tahun masa kekuasaan Soeharto dinamakan Orde Baru. Selanjutnya pada tahun 1965 meletus kejadian G30S yang menyebabkan kematian 6 orang jenderal dan sejumlah perwira menengah lainnya. Mosi Integral Natsir pada tanggal 17 Agustus 1950. menyerukan kembalinya negara kesatuan Republik Indonesia dan membubarkan Republik Indonesia Serikat. Pada tahun 1950-an dan 1960-an. Sementara itu kondisi fisik Soekarno sendiri semakin melemah. sementara masih banyak lagi warga Indonesia yang sedang berada di luar negeri. sementara masa pemerintahan Soekarno disebut Orde Lama. pemerintahan Soekarno mulai mengikuti sekaligus merintis gerakan non-blok pada awalnya. tiga pendiri Indonesia. tidak berani kembali ke tanah air. Sukarno. ratusan ribu warga Indonesia yang dicurigai terlibat pihak komunis dibunuh.[22] dan ketidakpuasan terhadap kesulitan ekonomi yang semakin besar. dan nepotisme yang meluas dan dia akhirnya dipaksa turun dari jabatannya setelah . Soeharto menambah kekayaannya dan keluarganya melalui praktik korupsi. Tahun 1960an menjadi saksi terjadinya konfrontasi militer terhadap negara tetangga.[23] Namun. Jenderal Soeharto menjadi presiden pada tahun 1967 dengan alasan untuk mengamankan negara dari ancaman komunisme. Malaysia ("Konfrontasi"). Soekarno kembali menjadi presiden dengan Mohammad Hatta sebagai wakil presiden dan Mohammad Natsir sebagai perdana menteri. terutama Amerika Serikat. Berkeley. kolusi. kemudian menjadi lebih dekat dengan blok sosialis. dan akhirnya dicabut kewarganegaraannya. misalnya Republik Rakyat Cina dan Yugoslavia. yang dipanggil "Mafia Berkeley". Tuduhan ini sekaligus dijadikan alasan untuk menggantikan pemerintahan lama di bawah Presiden Soekarno. dan Sjahrir. Hatta. meski tidak merata. Soeharto menerapkan ekonomi neoliberal dan berhasil mendatangkan investasi luar negeri yang besar untuk masuk ke Indonesia dan menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang besar.

Abdurrahman Wahid dan Megawati Sukarnoputri. Dari 1998 hingga 2001. serta banjir lumpur di Sidoarjo pada 2006 yang tidak kunjung terpecahkan. Pada tahun 2004 pemilu satu hari terbesar di dunia[24] diadakan dan dimenangkan oleh Susilo Bambang Yudhoyono. politik dan pertikaian bernuansa agama di dalam negeri. Politik dan pemerintahan Artikel utama untuk bagian ini adalah: Politik Indonesia Gedung MPR-DPR Istana Negara. Aceh dan Nias dilanda dua gempa bumi besar yang totalnya menewaskan ratusan ribu jiwa. dan beberapa daerah berusaha untuk mendapatkan kemerdekaan. Timor Timur akhirnya resmi memisahkan diri pada tahun 1999 setelah 24 tahun bersatu dengan Indonesia dan 3 tahun di bawah administrasi PBB menjadi negara Timor Leste. sistem politik di . terutama Papua. Indonesia menjalankan pemerintahan republik presidensial multipartai yang demokratis.aksi demonstrasi besar-besaran dan kondisi ekonomi negara yang memburuk pada tahun 1998. Indonesia kini sedang mengalami masalah-masalah ekonomi. Indonesia mempunyai tiga presiden: Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie. Seperti juga di negara-negara demokrasi lainnya. (Lihat Gempa bumi Samudra Hindia 2004 dan Gempa bumi Sumatra Maret 2005. bagian dari Istana Kepresidenan Jakarta.) Kejadian ini disusul oleh gempa bumi di Yogyakarta dan tsunami yang menghantam Pantai Pangandaran dan sekitarnya. Pada Desember 2004 dan Maret 2005.

Sebelumnya. dan komposisi keanggotaannya juga berubah. Meskipun demikian. Komisi Yudisial. MPR pernah menjadi lembaga tertinggi negara unikameral. Kekuasaan legislatif dipegang oleh sebuah lembaga bernama Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Presiden saat ini yakni Susilo Bambang Yudhoyono yang diusung oleh Partai Demokrat juga menunjuk sejumlah pemimpin Partai Politik untuk duduk di kabinetnya. MPR saat ini diketuai oleh Taufiq Kiemas. anggota MPR adalah seluruh anggota DPR ditambah utusan golongan dan TNI/Polri. dan Mahkamah Konstitusi. MPR setelah amandemen UUD 1945. Pembagian administratif Artikel utama untuk bagian ini adalah: Provinsi Indonesia . ditambah dengan 132 anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang merupakan wakil provinsi dari jalur independen.[25] Anggota DPR dan DPD dipilih melalui pemilu dan dilantik untuk masa jabatan lima tahun.Indonesia didasarkan pada Trias Politika yaitu kekuasaan legislatif. wakil presiden. sedangkan DPD saat ini diketuai oleh Irman Gusman. Meskipun demikian keberadaan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia tetap dipertahankan. yaitu sejak 2004 menjelma menjadi lembaga bikameral yang terdiri dari 560 anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang merupakan wakil rakyat melalui Partai Politik. Namun pos-pos penting dan strategis umumnya diisi oleh menteri tanpa portofolio partai (berasal dari seseorang yang dianggap ahli dalam bidangnya). DPR saat ini diketuai oleh Marzuki Alie. Lembaga Yudikatif sejak masa reformasi dan adanya amandemen UUD 1945 dijalankan oleh Mahkamah Agung. termasuk pengaturan administrasi para hakim. eksekutif dan yudikatif. Tujuannya untuk menjaga stabilitas pemerintahan mengingat kuatnya posisi lembaga legislatif di Indonesia. Kabinet di Indonesia adalah Kabinet Presidensial sehingga para menteri bertanggung jawab kepada presiden dan tidak mewakili partai politik yang ada di parlemen. dan kabinet. namun setelah amandemen ke-4 MPR bukanlah lembaga tertinggi lagi. Lembaga eksekutif berpusat pada presiden.

Bangka Belitung Jambi Sumatera Selatan Bengkulu Lampung Banten DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah DI Yogyakarta Jawa Timur Bali Nusa Tenggara Barat Nusa Tenggara Timur . Riau Kep.Aceh Sumatera Utara Sumatera Barat Riau Kep.

Kalimantan Barat Kalimantan Tengah Kalimantan Timur Kalimantan Selatan Sulawesi Utara Maluku Utara Sulawesi Tengah Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tenggara Maluku Papua Barat Papua Indonesia saat ini terdiri dari 33 provinsi. Aceh berhak membentuk sistem legal sendiri. sebelumnya disebut Irian Jaya. mendapat status otonomi khusus tahun 2001. desa.[28] DKI Jakarta.[26] Yogyakarta mendapatkan status Daerah Istimewa sebagai pengakuan terhadap peran penting Yogyakarta dalam mendukung Indonesia selama Revolusi. Contohnya. nagari. Timor Portugis digabungkan ke . Daerah Istimewa Yogyakarta. Bagaimanapun di Jakarta tidak terdapat DPR Kabupaten atau Kota. adalah daerah khusus ibukota negara. karena Kabupaten Administrasi dan Kota Administrasi di Jakarta bukanlah daerah otonom. sementara kabupaten memiliki DPRD Kabupaten dan bupati. kampung. gampong. Aceh mulai menetapkan hukum Syariah. Tiap provinsi memiliki DPRD Provinsi dan gubernur. atau istilah lain yang diakomodasi oleh Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. dan Papua memiliki hak istimewa legislatur yang lebih besar dan tingkat otonomi yang lebih tinggi dibandingkan provinsi lainnya. Provinsi dibagi menjadi 399 kabupaten dan 98 kota yang dibagi lagi menjadi kecamatan dan lagi menjadi kelurahan. lima di antaranya memiliki status yang berbeda. Provinsi Aceh. Papua Barat. pekon. semuanya dipilih langsung oleh rakyat melalui Pemilu dan Pilkada. kemudian kota memiliki DPRD Kota dan walikota.[27] Provinsi Papua. pada tahun 2003.

Kendari Daerah Khusus Ibukota Jakarta Kepulauan Maluku Banten .Makassar Sulawesi Tenggara .Medan Sumatera Barat .Padang Riau .Tanjung Pinang Jambi .Bandung • Maluku .Palangka Raya Kalimantan Selatan .Palembang Kepulauan Bangka Belitung Pangkal Pinang Bengkulu .Bengkulu Lampung .Serang Jawa Barat .dalam wilayah Indonesia dan menjadi provinsi Timor Timur pada 1979–1999.Surabaya • Papua Barat .Ambon Jawa Tengah . yang kemudian memisahkan diri melalui referendum menjadi Negara Timor Leste.Manokwari Kepulauan Sunda Kecil • Papua .Manado Gorontalo .Kupang Geografi Artikel utama untuk bagian ini adalah: Geografi Indonesia Lihat pula: Peta Asia dan Jumlah pulau di Indonesia .Bandar Lampung Kalimantan Barat .Pekanbaru Kepulauan Riau .Pontianak Kalimantan Tengah .Denpasar • Nusa Tenggara Barat .Sofifi Daerah Istimewa Yogyakarta Yogyakarta Papua bagian barat • Jawa Timur .Banda Aceh Sumatera Utara .Jambi Sumatera Selatan .Banjarmasin Kalimantan Timur .Jayapura • Bali .Palu Sulawesi Barat .[29] Provinsi di Indonesia dan ibukotanya Sumatera • • • • • • • • • • Kalimantan • • • • Aceh .Mamuju Sulawesi Selatan .Semarang • Maluku Utara .Samarinda Sulawesi • • • • • • Jawa • • • • • Sulawesi Utara .Mataram • Nusa Tenggara Timur .Gorontalo Sulawesi Tengah .

141°45'BT serta terletak di antara dua benua yaitu benua Asia dan benua Australia/Oseania. di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.257.922. Deposit oleh Republik Indonesia pada daftar titiktitik koordinat geografis berdasarkan pasal 47. Pulau terpadat penduduknya adalah pulau Jawa. Wilayah Indonesia terbentang sepanjang 3. Luas daratan Indonesia adalah 1. yaitu: Jawa dengan luas 132.570 km² dan luas perairannya 3.460 km². Batas wilayah Indonesia diukur dari kepulauan dengan menggunakan territorial laut: 12 mil laut serta zona ekonomi eksklusif: 200 mil laut.[30][31] Sebuah air terjun.981 km². Indonesia terdiri dari 5 pulau besar. Posisi Indonesia terletak pada koordinat 6°LU .782 km[33]. Indonesia adalah negara kepulauan di Asia Tenggara[32] yang memiliki 17. yang memberikan cuaca tropis. dari Konvensi PBB tentang Hukum Laut. sekitar 6.107 km².606 km². dimana setengah populasi Indonesia bermukim. ayat 9. dan Laut Cina Selatan .[34] searah penjuru mata angin.977 mil di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Sumatera dengan luas 473.000 di antaranya tidak berpenghuni[33]. Probolinggo.216 km². Lumbang.483 km². dan Papua dengan luas 421. Jawa Timur.504 pulau besar dan kecil.11°08'LS dan dari 95°'BB . Filipina. yang menyebar disekitar khatulistiwa. Sulawesi dengan luas 189. Singapura. Kalimantan dengan luas 539.Peta garis kepulauan Indonesia. yaitu: Utara Negara Malaysia dengan perbatasan sepanjang 1.

10 juta ██ Kurang dari Rp.40 juta Rp.40 juta ++ juta ++ . jauh lebih rendah dibandingkan dengan negara Malaysia.Rp. dan Nusa Tenggara Timur kurang dari Rp. Timor Leste.5 juta ++ Rp. Maluku Utara. nikel. emas. dan perak dengan pembagian lahan terdiri dari tanah pertanian sebesar 10%.Rp.30 juta ██ Rp. perkebunan sebesar 7%. bahwa pemerintah Indonesia baik pusat maupun daerah mesti mengalokasikan anggaran untuk pendidikan sebesar 20% dari APBN dan APBD diluar gaji pendidik dan biaya kedinasan. Namun pada tahun 2007 alokasi yang disediakan tersebut baru sekitar 17. timah. Thailand dan Filipina yang telah mengalokasikan anggaran untuk pendidikan lebih dari 28 %[36].Selatan Negara Australia. padang rumput sebesar 7%.50 juta ██ Rp.2 %.100 juta manakala PDRB per kapita Maluku.30 juta ++ . Ekonomi Artikel utama untuk bagian ini adalah: Ekonomi Indonesia Peta yang menunjukkan Produk Domestik Regional Bruto per kapita provinsiprovinsi Indonesia pada tahun 2008 atas harga berlaku.100 juta ██ Rp. hutan dan daerah berhutan sebesar 62%. gas alam. batu bara. tanah subur.50 juta ██ Rp. Timur dan Samudra Pasifik Sumber daya alam Sumber daya alam Indonesia berupa minyak bumi. PDRB per kapita provinsi Kalimantan Timur mencapai Rp. yaitu berdasarkan UUD 1945 pasal 31 ayat 4 dan Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.Rp.100 juta ██ Rp. ██ Lebih dari Rp. Timor Leste.5 juta.Rp. dan Samudra Indonesia Barat Samudra Indonesia Negara Papua Nugini dengan perbatasan sepanjang 820 km[33].20 juta ██ Rp. bauksit.970 km[35] Pendidikan Artikel utama untuk bagian ini adalah: Pendidikan di Indonesia Sesuai dengan konstitusi yang berlaku.20 juta ++ . dan lainnya sebesar 14% dengan lahan irigasi seluas 45.5 juta . kayu.10 ++ .

Pemerintah yang belum berpengalaman. dan berusaha menarik bantuan dan investasi asing. Pada masa pemerintahan Orde Lama. penjadualan ulang hutang luar negeri.[37] Uang rupiah. .[39] yang disertai pula berakhirnya masa Orde Baru dengan pengunduran diri Presiden Soeharto tanggal 21 Mei 1998.Sistem ekonomi Indonesia awalnya didukung dengan diluncurkannya Oeang Repoeblik Indonesia (ORI) yang menjadi mata uang pertama Republik Indonesia. ditambah pula kemelut politik. namun juga memadukannya dengan nasionalisme ekonomi. masih ikut campur tangan ke dalam beberapa kegiatan produksi yang berpengaruh bagi masyarakat banyak. Pemerintahaan Orde Baru segera menerapkan disiplin ekonomi yang bertujuan menekan inflasi. Hal tersebut. menstabilkan mata uang. yang selanjutnya berganti menjadi Rupiah.[37] Reformasi ekonomi lebih lanjut menjelang akhir tahun 1980-an.[37] selanjutnya mengalirkan investasi asing ke Indonesia khususnya pada industri-industri berorientasi ekspor pada antara tahun 1989 sampai 1997[38] Ekonomi Indonesia mengalami kemunduran pada akhir tahun 1990-an akibat krisis ekonomi yang melanda sebagian besar Asia pada saat itu. mengakibatkan terjadinya ketidakstabilan pada ekonomi negara.[37] Pada era tahun 1970-an harga minyak bumi yang meningkat menyebabkan melonjaknya nilai ekspor. dan memicu tingkat pertumbuhan ekonomi rata-rata yang tinggi sebesar 7% antara tahun 1968 sampai 1981. Indonesia tidak seutuhnya mengadaptasi sistem ekonomi kapitalis. antara lain berupa deregulasi sektor keuangan dan pelemahan nilai rupiah yang terkendali.

gas alam. sebanyak 17.[44] Sektor jasa adalah penyumbang terbesar PDB.7%. yaitu sebesar 9.3% untuk PDB 2005. dan terdapat 49. termasuk minyak mentah.0%. kopi.8% masyarakat hidup di bawah garis kemiskinan.[47] . sektor pertanian mempekerjakan lebih banyak orang daripada sektor-sektor lainnya.Gedung pusat Bank Indonesia. Meski kaya akan sumber daya alam dan manusia.[46] Rekan perdagangan terbesar Indonesia adalah Jepang. dan negara-negara jirannya yaitu Malaysia.[41][42] Perkiraan tahun 2006.[45] Meskipun demikian. dan karet.3% dari 95 juta orang tenaga kerja. Saat ini ekonomi Indonesia telah cukup stabil.75%. dan sektor pertanian menyumbang 14. Indonesia pengekspor gas alam terbesar kedua di dunia. rempah-rempah.8%. Sedangkan sektor industri menyumbang 40. teh.9%. dampak pertumbuhan itu belum cukup besar dalam memengaruhi tingkat pengangguran. yang mencapai 45. timah. dan emas. yang dikeluarkannya pada tahun 2007.[43] Indonesia mempunyai sumber daya alam yang besar di luar Jawa. Sektor jasa mempekerjakan 36. dan sisanya sektor industri sebesar 18. tembaga. Singapura dan Australia. Lembaga Transparency International menempatkan Indonesia sebagai peringkat ke-143 dari 180 negara dalam Indeks Persepsi Korupsi. yaitu 44.[40] Namun demikian.0% masyarakat yang hidup dengan penghasilan kurang dari AS$ 2 per hari. Indonesia masih menghadapi masalah besar dalam bidang kemiskinan yang sebagian besar disebabkan oleh korupsi yang merajalela dalam pemerintahan. Pertumbuhan PDB Indonesia tahun 2004 dan 2005 melebihi 5% dan diperkirakan akan terus berlanjut. Amerika Serikat. Hasil pertanian yang utama termasuk beras. meski akhir-akhir ini ia telah mulai menjadi pengimpor bersih minyak mentah.

misalnya Jawa. Selain itu juga ada penduduk pendatang yang jumlahnya minoritas di antaranya adalah etnis Tionghoa.[54] dan diperkirakan pada tahun 2006 berpenduduk 222 juta. Banyak penduduk Indonesia yang menyatakan dirinya sebagai bagian dari kelompok suku yang lebih spesifik.[6] 130 juta (lebih dari 50%) tinggal di Pulau Jawa yang merupakan pulau berpenduduk terbanyak sekaligus pulau dimana ibukota Jakarta berada. dan Minangkabau. Indonesia memiliki populasi sekitar 206 juta. India. yang dibagi menurut bahasa dan asal daerah. Sunda. dan terdapat juga kelompok-kelompok suku Melanesia.Peringkat internasional Organisasi Heritage Foundation/The Wall Street Journal The Economist Reporters Without Borders Transparency International United Nations Development Programme Forum Ekonomi Dunia Demografi Peringkat 110 dari Indeks Kebebasan Ekonomi 157[48] Indeks Kualitas Hidup 71 dari 111[49] 103 dari Indeks Kebebasan Pers 168[50] 143 dari Indeks Persepsi Korupsi 179[51] Indeks Pembangunan 108 dari Manusia 177[52] Laporan Daya Saing Global 51 dari 122[53] Nama Survey Artikel utama untuk bagian ini adalah: Demografi Indonesia Kepadatan penduduk Indonesia menurut Sensus 2010 Menurut sensus penduduk 2000. Madura. Di Indonesia terdapat sekitar 4 juta populasi etnis Tionghoa. Mereka sudah lama datang ke Nusantara melalui perdagangan sejak abad ke 8 M dan menetap menjadi bagian dari Nusantara. dan Arab. .[56] Angka ini berbeda-beda karena hanya pada tahun 1930 dan 2000 pemerintah melakukan sensus dengan menggolong-golongkan masyarakat Indonesia ke dalam suku bangsa dan keturunannya. dan Mikronesia terutama di Indonesia bagian Timur. Polinesia. Batak.[55] Sebagian besar (95%) penduduk Indonesia adalah Bangsa Austronesia.

33 Tangerang 11 Banten 9 Selatan 1. Katolik (3%). Selain agama-agama tersebut.588.71 Jawa 12 Bogor 5 Barat Populasi 1.339. tiap etnis memiliki warisan budaya yang berkembang selama berabad-abad.336.[44] Sisanya beragama Protestan (8.19 Jawa 7 Depok 8 Barat 2.303. diajarkan di seluruh sekolah-sekolah di negara ini dan dikuasai oleh hampir seluruh penduduk Indonesia.48 Sulawesi 10 Makassar 9 Selatan Indonesia 2. dipengaruhi oleh kebudayaan India. Arab.2% penduduk Indonesia.[57] Kebanyakan penduduk Indonesia bertutur dalam bahasa daerah sebagai bahasa ibu. .109.797.751.3%).452.90 Jawa 8 Semarang 8 Tengah 2. pemerintah Indonesia juga secara resmi mengakui Konghucu.Islam adalah agama mayoritas yang dipeluk oleh sekitar 85. dan lain-lain (0. l•b•s Kota 1 2 3 4 5 6 Provinsi DKI Jakarta Jakarta Jawa Surabaya Timur Jawa Bandung Barat Jawa Bekasi Barat Sumater Medan a Utara Tangerang Banten Kota-kota besar di Indonesia Populasi Kota Provinsi 9.8%).765.69 6 1.8%). yaitu bahasa Indonesia.417.406 Kebudayaan Artikel utama untuk bagian ini adalah: Budaya Indonesia Pertunjukan Wayang kulit warisan budaya Jawa. Hindu (1.37 4 1.56 9 952.58 Sumater 9 Palembang 4 a Selatan 2.77 8 1. Indonesia memiliki sekitar 300 kelompok etnis. yang menjadikan Indonesia negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia. namun bahasa resmi negara.553. Buddha (0.84 0 1.9%).

seperti wayang kulit yang menampilkan kisah-kisah tentang kejadian mitologis Hindu Ramayana dan Baratayuda. baju bodo dari Sulawesi Selatan.Cina. gurindam. busana kebaya. . Banyak juga seni tari yang berisikan nilai-nilai Islam. pentas seni. Surakarta. dan termasuk kebudayaan sendiri yaitu Melayu. dan sebagainya dari pelbagai daerah seperti pantun Melayu. Seni pantun. Beberapa di antaranya dapat ditemukan di daerah Sumatera seperti tari Ratéb Meuseukat dan tari Seudati dari Aceh. Beberapa daerah yang terkenal akan industri batik meliputi Yogyakarta. busana berkoteka dari Papua dan sebagainya. Cirebon. dan pantun-pantun lainnya acapkali dipergunakan dalam acara-acara tertentu yaitu perhelatan. Di bidang busana warisan budaya yang terkenal di seluruh dunia adalah kerajinan batik. salah satu busana tradisional Indonesia. Busana Artikel utama untuk bagian ini adalah: Daftar busana daerah Indonesia Seorang gadis Palembang tengah mengenakan Songket.[58] Busana asli Indonesia dari Sabang sampai Merauke lainnya dapat dikenali dari ciri-cirinya yang dikenakan di setiap daerah antara lain baju kurung dengan songketnya dari Sumatera Barat (Minangkabau). dan lain-lain. kain ulos dari Sumatra Utara (Batak). Contohnya tarian Jawa dan Bali tradisional memiliki aspek budaya dan mitologi Hindu. Kerajinan batik ini pun diklaim oleh negara lain dengan industri batiknya. Pandeglang. busana khas Dayak di Kalimantan. Tasikmalaya dan juga Pekalongan. Eropa. Garut.

Ciri khas arsitektur Indonesia kuno masih dapat dilihat melalui rumah-rumah adat dan/atau istana-istana kerajaan dari tiap-tiap provinsi. Arsitektur Indonesia mencerminkan keanekaragaman budaya. pedagang. dan Bangunan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan di Institut Teknologi Bandung. Beberapa bangunan khas Indonesia misalnya Rumah Gadang. sejarah. pengaruh arsitektur asing yang paling kuat adalah dari India. Cina. dan geografi yang membentuk Indonesia seutuhnya. menampilkan keanekaragaman arsitektur Indonesia itu. dan sejak abad ke-19 pengaruh Eropa menjadi cukup dominan. dan saudagar membawa perubahan budaya dengan memberi dampak pada gaya dan teknik bangunan. Kaum penyerang. penyebar agama. Tradisionalnya. Arab. Olahraga Artikel utama untuk bagian ini adalah: Olahraga Indonesia . penjajah. Taman Mini Indonesia Indah. salah satu objek wisata di Jakarta yang menjadi miniatur Indonesia. Tetapi.Arsitektur Artikel utama untuk bagian ini adalah: Arsitektur Indonesia Lukisan Candi Prambanan yang berasal dari masa pemerintahan Raffles. Monumen Nasional.

Alan Budikusuma. dan pasola di Sumba. baik tradisional maupun modern sangat banyak terbentang dari Sabang hingga Merauke. prestasi terbaik Indonesia diraih pada saat Olimpiade 1992. Nico Thomas[60]. dan Chris John. Atletatlet putra Indonesia seperti Rudi Hartono. Di wilayah dengan sejarah perang antar suku.[59] Di ajang kompetisi multi cabang. Pada era 1960 hingga 2000. atlet-atlet tinju Indonesia juga mampu meraih gelar juara dunia. seperti Elyas Pical.Maria Kristin Yulianti (merah). Pencak silat adalah seni bela diri yang unik yang berasal dari wilayah Indonesia. kontes pertarungan diadakan. Olahraga yang paling populer di Indonesia adalah bulu tangkis dan sepak bola. Ricky Subagja.[61] Seni musik Artikel utama untuk bagian ini adalah: Musik Indonesia Seni musik di Indonesia. seperti caci di Flores. Indonesia merajai bulu tangkis. Musik tradisional termasuk juga keroncong yang berasal dari keturunan Portugis di daerah Tugu. dimana Indonesia menduduki peringkat 24 dengan meraih 2 emas 2 perak dan 1 perunggu. menjadi juara All England terbanyak sepanjang sejarah. Rudi Hartono yang dianggap sebagai maestro bulu tangkis dunia. seperti musik Melayu Deli. Liem Swie King. Seperangkat gamelan .[62] yang dikenal oleh semua rakyat Indonesia bahkan hingga ke mancanegara. Ada juga musik yang merakyat di Indonesia yang dikenal dengan nama dangdut yaitu musik beraliran Melayu modern yang dipengaruhi oleh musik India sehingga musik dangdut ini sangat berbeda dengan musik tradisional Melayu yang sebenarnya. Setiap provinsi di Indonesia memiliki musik tradisional dengan ciri khasnya tersendiri. Liga Super Indonesia adalah liga klub sepak bola utama di Indonesia. Melayu Riau. Olahraga tradisional termasuk sepak takraw dan karapan sapi di Madura. Selain bulu tangkis. Olahraga di Indonesia biasanya berorientasi pada pria dan olahraga spektator sering berhubungan dengan judi yang ilegal di Indonesia. Di Olimpiade. prestasi atlet-atlet Indonesia tidak terlalu mengesankan. Jakarta. dan Rexy Mainaky merajai kejuaraan-kejuaraan dunia. dan sebagainya. peraih medali perunggu pada Olimpiade Beijing 2008. Icuk Sugiarto. Seni bela diri ini kadang-kadang ditampilkan pada acara-acara pertunjukkan yang biasanya diikuti dengan musik tradisional Indonesia berupa gamelan dan seni musik tradisional lainnya sesuai dengan daerah asalnya.

Bahkan bangsa Spanyol dan Portugis. menghasilkan banyak keanekaragaman yang tidak ditemukan di daerah lain. perkedel dan es teh manis. sate kerang. dan ayam adalah bahan yang penting.[64] Nasi adalah makanan pokok dan dihidangkan dengan lauk daging dan sayur. India. Bumbu (terutama cabai). Ini menyebabkan terbawanya banyak bumbu.[65] Sepanjang sejarah. . santan. Semua ini bercampur dengan ciri khas makanan Indonesia tradisional. Masakan Indonesia bervariasi bergantung pada wilayahnya. telah mendahului bangsa Belanda dengan membawa banyak produk dari dunia baru ke Indonesia. bahan makanan dan teknik memasak dari bangsa Melayu sendiri. Timur tengah. Tionghoa.Alat musik tradisional yang merupakan alat musik khas Indonesia memiliki banyak ragam dari pelbagai daerah di Indonesia. Alat musik tradisional Indonesia antara lain meliputi: • • • • • • Angklung Bende Calung Dermenan Gamelan Gandang Tabuik Gendang Bali • • • • • • • Gondang Batak Gong Kemada Gong Lambus Jidor Kecapi Suling Kulcapi Batak Kendang Jawa • • • • • • • Kenong Kulintang Rebab Rebana Saluang Saron Sasando • • • • • • • • Serunai Seurune Kale Suling Lembang Sulim Batak Suling Sunda Talempong Tanggetong Tifa. ikan. dan Eropa. Indonesia telah menjadi tempat perdagangan antara dua benua. telor pindang. namun banyak pula dari alat musik tradisional Indonesia 'dicuri' oleh negara lain[63] untuk kepentingan penambahan budaya dan seni musiknya sendiri dengan mematenkan hak cipta seni budaya dari Indonesia. dan sebagainya • Boga Artikel utama untuk bagian ini adalah: Masakan Indonesia Beberapa makanan Indonesia: soto ayam.

Kruger dan L. pasar. Di masa awal kemerdekaan. Bandung. mi bakso. dengan film pertamanya Harta Karun (1949). Terdapat pula aneka makanan yang dijual oleh para pedagang keliling menggunakan gerobak atau tanggungan. lebih dari 2. Dekade 1970 hingga 2000-an. atau sagu. dan terminal bus. Di Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya dikenal nasi kucing sebagai nasi rames yang berukuran sangat minimalis dengan harga murah. sineassineas Indonesia belum banyak bermunculan.[66] meskipun kepopulerannya berkurang pada . Usmar Ismail merupakan salah satu sutradara paling produktif.200 film diproduksi. Pedagang keliling ini menyajikan mie ayam. Film ini dibuat dengan aktor lokal oleh Perusahaan Film Jawa NV di Bandung dan muncul pertama kalinya pada tanggal 31 Desember. terigu. Namun kemudian film pertama yang secara resmi diakui sebagai film pertama Indonesia sebagai negara berkedaulatan adalah film Darah dan Doa (1950) yang disutradarai Usmar Ismail. film tentang pahlawan nasional Indonesia asal Aceh.196 episode telah dihasilkannya. ketan. siomay. nasi uduk. Arizal muncul sebagai sutradara film paling produktif. seperti stasiun kereta api. sejenis warung kaki lima. Film pertama yang diproduksi pertama kalinya di nusantara adalah film bisu tahun 1926 yang berjudul Loetoeng Kasaroeng dan dibuat oleh sutradara Belanda G. Setelah itu. ubi jalar. Heuveldorp pada zaman Hindia Belanda. soto. Perfilman Artikel utama untuk bagian ini adalah: Perfilman Indonesia Poster film Tjoet Nja' Dhien (1988). nasi goreng. Popularitas industri film Indonesia memuncak pada tahun 1980-an dan mendominasi bioskop di Indonesia.Penganan kecil semisal kue-kue banyak dijual di pasar tradisional. dan lain-lain. roti burger. Diantara sineas yang ada. ubi kayu. Tak kurang dari 52 buah film dan 8 judul sinetron dengan 1. nasi kucing sering dijual di atas angkringan. 1926 di teater Elite and Majestic. Kue-kue tersebut biasanya berbahan dasar beras. Nasi rames yang berisi nasi beserta lauk atau sayur pilihan dijual di tempattempat umum.

[67] dan Pramoedya Ananta Toer. Figur penting dalam sastra modern Indonesia termasuk: pengarang Belanda Multatuli yang mengkritik perlakuan Belanda terhadap Indonesia selama zaman penjajahan Belanda. diameternya mencapai 1. jumlah film Indonesia yang dirilis setiap tahun meningkat. Chairil Anwar merupakan penulis puisi Indonesia yang paling ternama. Kesusastraan Artikel utama untuk bagian ini adalah: Sastra Indonesia Bukti tulisan tertua di Indonesia adalah berbagai prasasti berbahasa Sanskerta pada abad ke-5 Masehi. dan jaringan daerah yang bersaing dengan stasiun televisi negeri TVRI. Antara tahun 2000 hingga 2005. Stasiun televisi termasuk sepuluh stasiun televisi swasta nasional. yang membantu mendefinisikan dan memelihara identitas budaya mereka. pembuat novel Indonesia yang paling terkenal. Stasiun radio swasta menyiarkan berita mereka dan program penyiaran asing.[69] Kebebasan pers di Indonesia meningkat setelah berakhirnya kekuasaan Presiden Soeharto. pantun. Dilaporkan terdapat 20 juta pengguna internet di Indonesia pada tahun 2007.1990-an.5% Lingkungan hidup Artikel utama untuk bagian ini adalah: Flora Indonesia dan Fauna Indonesia Rafflesia arnoldii bunga terbesar di dunia. sastra tulis Indonesia juga berupa puisi. diperkirakan sekitar 8.[68] Selain novel. Banyak orang Indonesia memiliki tradisi lisan yang kuat.[70] Penggunaan internet terbatas pada minoritas populasi.3 meter. dan sajak. . Muhammad Yamin dan Hamka yang merupakan penulis dan politikus pra-kemerdekaan.[66] Film Laskar Pelangi (2008) yang diangkat dari novel karya Andrea Hirata menjadi film dengan pendapatan tertinggi sepanjang sejarah perfilman Indonesia saat ini.

Guinness World Records pada 2008 pernah mencatat rekor Indonesia sebagai negara yang paling kencang laju kerusakan hutannya di dunia. 17 persen burung. [74] Menurut catatan Down The Earth. 16 persen reptil. hewan reptil langka khas dari Nusa Tenggara. selain berfungsi melindungi pantai dari abrasi. Meskipun demikian. [73] Danau Toba. Setiap tahun Indonesia kehilangan hutan seluas 1. Selain itu.Komodo. proyek Asian Development Bank (ADB) di sektor kelautan Indonesia telah memicu terjadinya alih fungsi secara besar-besaran hutan bakau menjadi kawasan pertambakan.8 juta hektar. Wilayah Indonesia memiliki keanekaragaman makhluk hidup yang tinggi sehingga oleh beberapa pihak wilayah ekologi Indonesia disebut dengan istilah "Mega biodiversity" atau "keanekaragaman mahluk hidup yang tinggi"[71][72] umumnya dikenal sebagai Indomalaya atau Malesia bedasarkan penelitian bahwa 10 persen tumbuhan. Kehancuran hutan bakau tersebut mengakibatkan nelayan harus mencari ikan dengan jarak semakin jauh dan menambah biaya operasional mereka dalam mencari ikan.3 % dari luas Bumi. terlebih di musim hujan. Kerusakan yang terjadi di daerah hulu (hutan) juga turut merusak kawasan di daerah hilir (pesisir). padahal luas Indonesia hanya 1. Padahal hutan bakau. 25 persen ikan yang ada di dunia hidup di Indonesia.[75] . merupakan habitat yang baik bagi berbagai jenis ikan. 12 persen mamalia. danau terbesar di Indonesia. hancurnya hutan bakau juga mengakibatkan semakin rentannya kawasan pesisir Indonesia terhadap terjangan air pasang laut dan banjir. Kekayaan makhluk hidup Indonesia menduduki peringkat ketiga setelah Brasil dan Republik Demokratik Kongo.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful