Mengamati Ciri-ciri Urine

Tujuan

Mengamati adanya urea dan klorida di dalam urine

Mengamati adanya kelainan ginjal dari hasil pemeriksaan
Teori Dasar Urin atau air seni atau air kencing adalah cairan sisa yang diekskresikan

olehginjal yang kemudian akan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui prosesurinasi. Eksreksi urin diperlukan untuk membuang molekul-molekul sisa dalamdarah yang disaring oleh ginjal dan untuk menjagahomeostas is cairan tubuh. Namun, ada juga beberapa spesies yang menggunakan urin sebagai sarana komunikasi olfaktori. Urin disaring di dalam ginjal, dibawa melalui ureter menuju kandung kemih, akhirnya dibuang keluar tubuh melalui uretra. Urin terdiri dari air dengan bahan terlarut berupa sisa metabolisme (sepertiurea), garam terlarut, dan materi organik. Cairan dan materi pembentuk urin berasal dari darah atau cairan interstisial. Komposisi urin berubah sepanjang proses reabsorpsi ketika molekul yang penting bagi tubuh, misal glukosa, diserap kembali ke dalam tubuh melalui molekul pembawa. Cairan yang tersisa mengandung urea dalam kadar yang tinggi dan berbagai senyawa yang berlebih atau berpotensi racun yang akan dibuang keluar tubuh. Materi yang terkandung di dalam urin dapat diketahui melalui urinalisis. Urea yang dikandung oleh urin dapat menjadi sumbernitrogen yang baik untuk tumbuhan dan dapat digunakan untuk mempercepat pembentukankompos Fungsi utama urin adalah untuk membuang zat sisa seperti racun atau obatobatan dari dalam tubuh. Anggapan umum menganggap urin sebagai zat yang "kotor". Hal ini berkaitan dengan kemungkinan urin tersebut berasal dari ginjal atau saluran kencing yang terinfeksi, sehingga urinnya pun akan

Tambahkan 2 tetes larutan benedict .mengandungbakteri. Panaskan dengan lampu spiritus ! 3. Sehingga bisa diakatakan bahwa urin itu merupakan zat yang steril (sumber: wikipedia. secara medis urin sebenarnya cukup steril dan hampir bau yang dihasilkan berasal dariurea. Urine 3.org)  Alat dan Bahan : 1. Namun jika urin berasal dariginjal dan saluran kencing yang sehat. Larutan Benedict  Cara Kerja : Kegiatan I : Mengenali bau amonia dari hasil penguraian urea dalam urine 1.Tambahkan 5 tetes AgNO3 5% ! 3. Penjepit Tabung Reaksi 9. Masukkan 2 ml urine ke dalam tabung urine ! 2. Indikator Universal 8. Pembakar Spiritus 10. Bagaimana baunya ? Kegiatan II : Mengetahui kandungan klor dalam urine 1. Isi tabung reaksi dengan 2 ml urine 2. Gelas Ukur 4. Tabung Reaksi 4 buah 6.Masukkan 1 ml urine ke dalam tabung reaksi ! 2. Larutan AgNO3 5% 2. Larutan Biuret 5. Rak Tabung reaksi 7. Apakah yang terjadi ? Kegiatan III : Uji glukosa 1.

Tambahkan 2 tetes larutan biuret 3. Panaskan dengan api lampu spiritus. Mengapa Nefron disebut unit fungsionalnya ginjal ? Jawab : Karena nefron berfungsi membentuk urine dengan cara filtrasi dan rearbsorbi zat-zat berguna setiap nefron terdiri atas badan malphigi dan tubulus.Masukkan 2ml urine ke dalam tabung reaksi ! 2. Apakah kesimpulanmu tentang urine yang kamu amati ? Kegiatan IV : Uji Protein 1. catat hasilnya ! 4. bau amonia pada urine akan semakin menghilang  Pertanyaan 1. Ada berapa macam proses yang terjadi pada ginjal?Sebutkan! Jawab : Penyaringan > Terjadi di Glomerulus Reabsorpsi > Tubulus Kontortus Proksimal Augmentasi > Tubulus Kontortus Distal 3. 2. .Amatilah apakah yang terjadi ?  Data Pengamatan Penambahan zat pada urine Warna Urine Awal Akhir AgNO3 Coklat teh Kuning Buram Benedict Coklat teh Kuning Buram Biuret Coklat teh Hijau Kun *Semakin Lama urine di panaskan.3.

Apa perbedaan antara urine primer dan urine sekunder? Jawab : Urine Primer > Hasil penyaringan terdapat pada kapsul bowman dikenal sebagai filtrat golmerulus. Maklum urin termasuk hal yang dianggap jijik. Disarankan pada orang tersebut untuk minum air putih dikarenakan warna awal pada urine tersebut adalah coklat teh. Secara kimiawi kandungan zat dalan urin diantaranya adalah sampah nitrogen (ureum. . Untuk mengukurnya bisa digunakan kertas indikator universal dan mencocokkannya dengan warna standar pH. K. protein. sulfat. Secara umum urin berwarna kuning.Jika urine dipanaskan. sulfat. kreatinin dan asam urat). dan urin baru / segar berwarna kuning jernih. zat toksin (obat.035. 3. Amonium. Ca dan Mg). dan klor pada urin. ion-ion elektrolit (Na. asam hipurat zat sisa pencernaan sayuran dan buah. zat abnormal (protein. Orang yang di tes urinenya di analisiskan kurang minum air putih karena pada saat mencoba kegiatan 2 dan 3 terdapat endapan kalsium pada urine. Cl.002 – 1. Urin encer warna kuning pucat (kuning jernih). Urin yang didiamkan agak lama akan berwarna kuning keruh. Hal ini bergantung pada konsumsi. Urin lebih asam jika banyak mengkonsumsi protein. Praktikum meliputi pengujian pH. Di kelas XI semester 2 ini dilakukan praktikum urin. Ginjal orang tersebut dinyatakan sehat karena tidak terdapat protein maupun glukosa. kandungan glukosa. badan keton zat sisa metabolism lemak. Praktikum "Uji Urin" 20:15 Sofiyah Wah untuk yang satu ini sempat membuat geger siswa sekelas. bau amonia akan semakin menghilang. Berat jenis urin 1. sel darah Kristal kapur dsb) Isti Urin normal memiliki kisaran pH antara 5-7 sehingga bisa disebut sedikit asam. walau itu terkesan berlebihan. urin kental berwarna kuning pekat. 4. vitamin dan zat kimia asing). sebaliknya bagi vegetarian urin akan bersifat basa. glukosa. Urine Sekunder > Hasil proses penyerapan akhirnya membentuk filtrat tubulus / pada proses absorpsi Kesimpulan 1. hormone. 2. bau.

-> BaSO4 + 2 ClSemoga saja artikel ini dapat membantu teman-teman. Bau obat-obatan seperti terpentin. Untuk mengujinya urin ditambahkan dengan biuret dan mengamati perubahan warnanya. Uji Kandungan glukosa. persamaan reaksinya: BaCl2 + SO4 2. Uji Kandungan protein. Mengetahui pH urine . Ada tidaknya glukosa dapat diuji dengan menambahkan benedict pada urin. Diantara bau yang berlainan dari normal seperti: bau oleh makanan yang mengandung zat-zat atsiri seperti jengkol. petai. Hanya saja beberapa saat setelah meninggalkan tubuh. hehe Bau urin dapat bervariasi karena kandungan asam organik yang mudah menguap. Uji kandungan klorida Untuk mengujinya urin diteteskan AgNO3.Bau pada urin. bakteri akan mengkontaminasi urin dan mengubah zat-zat d dalam urin dan menghasilkan bau yang khas terutama bau amonia yang dihasilkan dari urea. Kemudian memanaskannya. Pada dasar tabung reaksi juga terdapat endapan tipis. Urin akan berwarna ungu jika mengandung protein. Sehingga terbentuk endapan putih yang menunjukkan adanya belerang anorganik. asperse dll.Bau keton sering pada penderita kencing manis. Jika ada maka inilah indikator penderita diabetes melitus. menthol dsb. Persamaan reaksinya: 2NaCl + AgNO3 -> Na2NO3 + AgCl2 Uji kandungan sulfat Urin ditambahkan denga HCl dan BaSO4. Seharusnya dalam urin tidak lagi ada glukosa. durian. Jika urin berasal dari ginjal dan saluran kencing yang sehat. Sumber: PrestasiHerfen BarbieNetter SMA 1 KRISTEN SALATIGA PRAKTIKUM UJI URINE Tujuan 1. Sehingga dapat dikatakan urin mengandung klorida dan masih termasuk dalam jumlah normal. dan bau busuk sering terjadi pada penderita keganasan (tumor) di saluran kemih. Urin yang semula berwarna kuning berubah menjadi putih keruh. Inilah yang sering kita sebut bau pesing. Bau amoniak biasanya terjadi kalau urin dibiarkan tanpa pengawet atau karena reaksi oleh bakteri yang mengubah ureum di dalam kantong kemih. secara medis urin sebenarnya cukup steril dan hampir tidak berbau ketika keluar dari tubuh.

Uji amonia dan hasil penguraian dalam urine • Memasukkan 1 ml urine ke dalam tabung reaksi • Memanaskan dengan spiritus • Bagaimana baunya. jelaskan artinya ! 4. Uji glukosa • Mengisi tabung reaksi dengan 1 ml urine • Menambahkan 3 tetes larutan benedict • Memanaskan dengan api. Uji pH • Memasukkan kertas pH ke urine • Mengamati perubahan warna • Berapa pH dan jelaskan artinya ! 2.2. jelaskan artinya ! 3. Mengetahui adanya kelainan pada organ ekskresi dari hasil uji glukosa dan uji urine Alat dan Bahan • Urine • Tabung reaksi • Biuret • Benedict • AgNO3 • Kertas pH • Pipet tetes • Korek api • Penjepit tabung reaksi • Bunsen spiritus Dasar Teori Urine merupakan hasil ekskresi yang dikeluarkan melalui ginjal. Mekanisme pembentukkan urine dapat terbagi sebagai berikut : 1. Augmentasi. Uji Protein • Memasukkan 2 ml urine ke dalam tabung reaksi • Menambahkan 5 tetes larutan biuret . Cara Kerja 1. terjadi di tubulus kontortus proximal menghasilkan urine sekunder. Uji klorida dalam urine • Memasukkan 1 ml urine ke dalam tabung reaksi • Menambahkan 5 tetes AgNO3 • Apa yang terjadi. 3. Struktur terbagi menjadi bagian korteks dan medula. dilakukan oleh badan malphigi sehingga dihasilkan filtrate glomerulus atau urine primer. mencatat hasilnya • Apa kesimpulanmu? 5. Reabsorbsi. Mengetahui adanya kandungan urea dan klorida dalam urine 3. Masing – masing bagian mengambil peran penting dalam proses filtrasi ginjal. 2. Filtrasi.

Jelaskan mengapa nefron disebut unit fungsional ginjal ! Jawab : karena nefron merupakan unit terkecil ginjal yang menyusun organ ginjal 4. Gideon 6 − + − − 13. Nama pH Amonia Klorida Glukosa Protein 1. Elsa 6 + + − − 11. augmentasi 2. Maria 6 + ++ − − . Angella 6 + ++ − − 2. asam amino) → urine sekunder − Urine sekunder → kepekatan naik (konsentrasi garam. Cornelia 7 + ++ − − 8. Laurentia 6 + + − − 16. jelaskan! Pertanyaan Diskusi 1. Eva 7 + ++ − − 12. Jennie 5 − + − − 15. Ayu D 6 − +++ − − 3. Jelaskan apa perbedaan urine primer & urine sekunder ! Jawab : urine primer → masih mengandung vitamin. Cisillia 6 + + − − 7. air. Ayu T 6 + + − − 4. urea) → penyetaraan tekanan ismosis (mempengaruhi pH urine) di gelung Henle → urine sesungguhnya − Urine sesungguhnya → reabsorbsi fakultatif (ion Na dan K) → augmentasi → pelvis renalis Hasil Pengamatan No. Sebutkan ada berapa macam proses yang terjadi pada ginjal ! Jawab : filtrasi. Dwi 7 + + − − 10. Jelaskan pembentukkan urine pada manusia ! Jawab : − Filtrasi darah → glomerulus → kapsula bowman → urine primer / filtrate glomerulus − Rebsorbsi obligat di tubulus proximal → zat-zat (glukosa. Bayu 6 + + − − 5. Chrisilda 5 + + − − 6.• Mengamati hasilnya dan catat • Apa kesimpulanmu. glukosa dan air setelah mengandung filtrasi di glomerulus urine sekunder → hanya mengandung sedikit air dan asam amino setelah filtrasi di tubulus proximal 3. Dianita 7 + ++ − − 9. reabsorsi. vitamin. asam amino. Hermas 6 + + + − 14.

Robert 7 + ++ − − 23. Unike 5 − ++ − − 27. jika pada urine yang terbuang terdapat glukosa maka orang tersebut mempunyai penyakit diabetes. Yodhi 6 + + + − Kesimpulan Urine dapat digunakan untuk mendeteksi adanya kelainan sebagai contoh dengan uji glukosa.17. Yohana 7 + +++ − − 30. Wahyuningsih 7 + ++ − − 29. Shirley 6 + +++ − − 26. Pandu 6 + + − − 21. Mira 7 + ++ − − 20. Mikha 6 + + − − 19. Maydi 6 + +++ − − 18. Yoseph 6 + + − − 31. Pucca 7 + ++ − − 24. Vienetta 6 + ++ − − 28. . Sandra 6 + ++ − − 25. Yulianto 7 + + + − 32. Pramusita 7 − +++ − − 22.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful