PROPOSAL

PEMBANGUNAN FUTSAL CENTRE PADA GOR MANUNGGAL JATI KOTA SEMARANG

A.

PENDAHULUAN 1. Latar Belakang

Upaya

Pemerintah

Daerah

Kotamadya

Semarang

dalam

melaksanakan

pembangunan nasional di bidang Olahraga, telah melaksanakan pembangunan beberapa hal seperti tertuang dalam ketetapan MPR RI NO. II / MPR / 1999 tentang GBHN yaitu diantaranya : 1. Pembinaan dan pengembangan olahraga yang merupakan bagian dari upaya peningkatan kualitas masyarakat diarahkan pada peningkatan kesegaran jasmani, mental dan rohani masyarakat serta ditujukan untuk membentuk watak dan kepribadian, disiplin dan sportivitas yang tinggi serta peningkatan prestasi yang dapat membangkitkan rasa kebanggaan nasional. 2. Memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat terus ditingkatkan agar lebih meluas dan merata di seluruh wilayah Kota Semarang untuk menciptakan budaya olahraga dan iklim yang sehat yang mendorong peran serta aktif masyarakat dalam meningkatkan prestasi dan menumbuhkan sikap masyarakat yang sportif dan bertanggung jawab dalam semua kegiatan keolahragaan. 3. Penyediaan sarana dan prasarana olahraga yang memadai di tingkat Kabupaten / Kota dan Propinsi, serta di lingkungan masyarakat dan pemuda yang dilaksanakan baik oleh pemerintah maupun peran serta masyarakat agar pembinaan olahraga dapat lebih meningkat dan mencakup segenap umur, baik pria maupun wanita meliputi anak, remaja, pemuda, lanjut usia dan penyandang cacat. 4. Penanaman nilai budaya yang menumbuhkan dan meningkatkan sportivitas, disiplin, motivasi meraih prestasi dan sikap pantang menyerah serta bertanggung jawab dalam mengejar keunggulan olahraga yang menjunjung tinggi nama dan kehormatan bangsa dan Negara.

Pemerintah Kota Semarang menyadari bahwa pembangunan sarana dan prasarana GOR Manunggal Jati untuk menunjang kegiatan di bidang keolahragaan dan kepemudaan, yang pada hakekatnya merupakan bentuk komitmen untuk menempatkan olahraga sebagai salah satu program dalam pembangunan nasional karena selain menjadi pilar pembangunan karakter bangsa, juga mempunyai peran yang sangat

Lahan yang sebelumnya difungsikan sebagai kebun tanaman anggrek. kini mangkrak tidak digunakan dan difungsikan. 3. yang seharusnya jika dimanfaatkan dengan lebih baik (pembangungan futsal centre) akan dapat menambah pendapatan Daerah dan tentunya memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. 1 Semarang di daerah Semarang Timur. Permasalahan a. d. b. Pemuda dan Olahraga Kota Semarang yang dikelola secara terpadu bersama GOR Tri Lomba Juang. Aula serbaguna. Letak lokasi kompleks GOR Manuunggal jati yang strategis. Lapangan Tenis. Masih tersedianya lahan kosong untuk mengembangkan fasilitas pada GOR manunggal Jati. . memiliki fasilitas Kolam renang. Stadion Citarum. yaitu di jalan Taman Majapahit no. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut diperlukan implementasi yang komprehensif dan terus menerus berupa pengembangan sarana dan prasarana GOR Manunggal Jati yang optimal.signifikan dalam memacu tumbuh kembangnya sektor pariwisata dan ekonomi masyarakat melalui industri olahraga serta kokohnya persatuan bangsa dan keutuhan NKRI. dimana lokasi tersebut dekat dengan jalan raya Semarang ± Mranggen dan di sekitarnya terdapat banyak perumahan penduduk. Ruang pertemuan. GOR Manunggal Jati dibangun pada tahun 1997. Lapangan Sepak bola Sidodadi. dan Penginapan. Lapangan Tenis Tambora dan Gombel Golf Semarang. b. 2. hal ini dikarenakan pihak Dinas Pertamanan telah memiliki tempat budidaya sendiri di daerah Gunug Pati. sehingga secara ekonomis memiliki perkembangan yang baik. Gambaran Umum a. Kurangnya pemanfaatan lahan. dan sebagai salah satu langkah implementasinya perlu dibangun Futsal Centre pada GOR Manunggal Jati Kota Semarang. GOR Manunggal Jati dikelola oleh UPTD Gelanggang Pemuda dan Olahraga Dinas Sosial. c.

PELAKSANAAN 1. kelancaran. dan kebersihan disekitar kompleks GOR Manunggal Jati Semarang. Maksud dan Tujuan Maksud dan tujuan pembangunan Futsal Centre di GOR manunggal Jati Semarang adalah sebagai berikut : a.4. Menciptakan hubungan yang saling membutuhkan dan saling melibatkan antara Pemerintah Kota Semarang dengan Masyarakat Kota Semarang. Melaksanakan tugas dan fungsi pemerintah dalam menyehatkan masyarakat. B. Meningkatkan minat berolah raga masyarakat. Menyediakan fasilitas olah grag dan kegiatan lain. Sasaran Tersedianya Gedung Futsal Centre dengan 2 buah lapangan rumput sintetik. Lingkup kepentingan Msyarakat : Meningkatkan kesegaran jasmani. Pemuda dan Olah raga Kota Semarang dengan cara diborongkan kepada pihak ketiga melalui proses pelelangan umum. b. Pelaksanaan Kegiatan Pelaksana kegiatan adalah Pemerintah Kota Semarang melalui Dinas Sosial. c. Hubungan dengan lingkungan : Dalam hubungan dengan lingkungan. ditekankan untuk menciptakan suasana ketertiban. Lingkup kepentingan Pemerintah Kota Semarang : Meningkatkan prestasi olah raga. Tersedianya fasilitas olahraga futsal dengan harga yang terjangkau. Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. . kenyamanan. 5.

Semarang. 3. Dengan Rincian Anggaran Belanja (RAB) sebagaimana terlampir.S. Untuk pelaksanaan pembangunan akan dilaksanakan dalam 1 tahap. Waktu Pelaksanaan Waktu pelaksanaan kegiatan adalah bulan Januari 2012 sampai dengan Desember 2011.000.Si . Pembiayaan Pembiayaan pembangunan Futsal Centre diharapkan dari anggaran APBN sebesar Rp. C.258. H. 2.835. Mei 2011 WALIKOTA SEMARANG Drs. Soemarmo H.00 ( dua milyar dua ratus lima puluh delapan juta delapan ratus tiga puluh lima ribu rupiah ). atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.2. M. PENUTUP Demikian proposal ini dibuat guna sebagai bahan petimbangan dalam pengambilan keputusan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.