BISNIS PLAN

“ANGGUN HERBAL”

I.

LATAR BELAKANG Anggun Herbal merupakan sebuah badan usaha perseorangan dimana bentuk kegiatan

usaha ini yang dimiliki dan dioperasikan oleh hanya satu orang, yaitu Bangke Anggun Saputra melaunchingkan produk herbal unggulan berupa jus dari kuliat buah manggis. Latar belakang dari pembentukan badan usaha perseorangan ini diantaranya sebagai berikut: • • • Mudah dibentuk, biaya pembentukannya murah. Keuntungannya hanya dinikmati oleh satu orang. Pembuatan keputusan dan pengendalian hanya dilakukan oleh satu orang sehingga orang yang mendirikan usaha benar – benar mengetahui kegiatan usaha yang dijalankan. • • Fleksibel, manajemen dapat dengan mudah bereaksi terhadap keputusan harian. Relatif tidak ada kontrol dari pemerintah sehingga pajak yang harus dibayar adalah pajak pribadi bukan pajak perusahaan. Latar belakang pembentukan nama Anggun Herbal yaitu kata Anggun berasal dari nama pemilik usaha yaitu Singgih Anggun Saputra. Sedangkan kata Herbal dikarenakan produk yang dijual adalah produk herbal atau alami. Produk herbal yang ditawarkan berupa jus kulit buah manggis. Produk ini merupakan produk unggulan dari Anggun Herbal, dimana alasan memproduksi jus kulit buah manggis ini adalah sebagai berikut: • • Indonesia merupakan penghasil manggis terbanyak di Asia tenggara. Manggis belum begitu dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia, khususnya purwokerto. • Pemanfaatan manggis sebagian banyak masih seputar buahnya, padahal kulit buah juga bisa dimanfaatkan.

Manggis, dengan nama latin Garcinia Mangostana L adalah salah satu penghasil antioksidan yang akan memerangi radikal bebas.

Kulit buah manggis mengandung senyawa diantaranya xanthone, katekin,

polifenol, polisakarida, maupun senyawa – senyawa lainnya beserta derivatnya. • Tidak satupun xanthone dari buah – buahan lain yang lebih banyak dari buah manggis. Kulit buah mempunyai paling banyak xanthone, dekitar 123,97 mg/ml. inilah yang tidak banyak orang ketahui bahwa kulit buah manggis sangat berkhasiat. • Produk ini mempunyai manfaat yaitu mengurangi resiko terkena pemyakit jantung. Selain itu juga dapat mengobati struk, alzeimer (disfungis otak), diabetes, kanker, kebutaan, kekebalan tubuh, serta penuaan sel dini.

II.

TUJUAN Pembentukan badan usaha perseorangan ini yaitu Anggun Herbal dengan produk unggulan berupa jus kulit buah manggis tentunya memiliki tujuan. Tujuan dari usaha ini adalah mengenalkan kepada khalayak umum tentang manfaat dari kulit buah manggis serta mewujudkan Indonesia Sehat dengan mengonsumsi produk herbal yang mempunyai banyak khasiat, terutama manggis (kulit buah manggis).

III.

KEBERMANFAATAN Manfaat dari adanya Anggun Herbal dengan jus kulit buah manggisnya ialah membuat orang yang mengkonsumsi menjadi sehat atau lebih dari itu dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit. Selain itu manfaat kedepannya ketika usaha ini sudah maju dan banyak cabang tentunya dapat membantu membuka lapangan usaha sehingga pengangguran diharapkan semakin berkurang.

IV.

GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA Anggun Herbal ini berbentuk badan usaha perseorangan dimana pemilik, pengelola serta penanggungjawab diampu oleh satu orang yaitu Bangke Anggun Saputra. Anggun Herbal ini bertempat di Jalan Akhmad Djaelani No 29 Rt 03/02 Karang Wangkal, Purwokerto Utara. Produk dari usaha ini adalah jus kulit buah manggis. Modal usaha ini seluruhnya

ditanggung oleh pemilik Anggun Herbal. Bahan diperoleh dari daerah di Purwokerto atau sekitarnya yang dapat memasok buah manggis. Produksi jus kulit buah manggis pun dilakukan sendiri dengan menggunakan perangkat alat pembuat jus tentunya. Pemasaran ditujukan minimal untuk kalangan mahasiswa jurusan farmasi universitas jenderal soedirman khususnya (didasarkan pemilik usaha adalah mahasiswa farmasi universitas jenderal soedirman), serta jauh lebih dari itu diharapkan bisa dipasarkan ke mahasiswa dari jurusan dan fakultas lain, kos-kosan, maupun masyarakat sekitar purwokerto. Keuntungan dan kerugian yang di dapat akan dibebankan semua kepada pemilik Anggun Herbal. V. MANAGEMEN USAHA V.1. SUMBER DAYA MANUSIA Usaha ini tidak memerlukan sumber daya manusia yang banyak karena merupakan badan usaha perseorangan jadi hanya dibutuhkan satu orang yang akan mengelola semua kegiatan usaha serta bertanggungjwaba penuh atas usaha ini. V.2. PRODUKSI Produk yang dihasilkan berupa jus kulit buah manggis. Bahan produksi berupa buah manggis didapatkan dari daerah penghasil manggis di Purwokerto maupun sekitarnya. Pembuatan jus ini akan mengalami modifikasi dan inovasi tentunya soal rasa, sehingga rasa tidak pahit namun enak dan segar. Kegiatan produksi seluruhnya dilakukan oleh pemilik usaha. V.3. PEMASARAN Jus kulit buah manggis ini akan dijual di kampus – kampus, di kos – kosan, warung – warung / toko – toko, maupun tempat perbelanjaan lain dengan penjualan tiap segelas jus adalah 3 ribu rupiah. Pemasaran ditujukan untuk mahasiswa maupun masyarakat sekitar Purwokerto. Pemasaran juga dilakukan oleh pemilik usaha dengan system delivery order. V.4. KEUANGAN Managemen keuangan dikelola sepenuhnya oleh pemilik Anggun Herbal. Modal yang dikeluarkan untuk menjalankan usaha ini terbagi menjadi 2, yaitu:

• Modal / Biaya Tetap: yaitu modal atau biaya yang dikeluarkan pelaku usaha untuk membuka usaha. Modal tetap yang dikeluarkan untuk membuka usaha sekitar 200 ribu rupiah untuk pembelian alat - alat produksi. • Modal / Biaya Variabel: yaitu modal atau biaya yang dikeluarkan pelaku usaha untuk membeli bahan untuk produksi usahanya. Modal variabel yang dikeluarkan sekitar 100 – 200 ribu rupiah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful