Reaktor Fusi Nuklir Written by Djoko Wirjawan Wednesday, 14 April 2010 08:38

Apa dan Bagaimana cara kerjanya?
Kebutuhan akan energi bertambah semakin cepat dari tahun ke tahun, sementara sumber yang dapat langsung untuk digunakan untuk kebutuhan tertentu semakin terbatas. Meskipun energi yang bersumber pada radiasi matahari (energi surya) sangat berlimpah tetapi sejauh ini belum dapat pemanfaatannya masih belum dapat optimal. Secara ekonomis peralatan yang diperlukan untuk mengkonversi energi surya masih relatif mahal dibandingkan sumber-sumber energi yang bersumber pada minyak dan gas bumi serta batu bara. Reaktor fusi nuklir merupakan salah satu sumber energi alternatif masa depan yang menggunakan bahan bakar yang tersedia melimpah, sangat efisien, bersih dari polusi, tidak akan menimbulkan bahaya kebocoran radiasi dan tidak menyebabkan sampah radioaktif yang merisaukan seperti pada reaktor fisi nuklir. Sejauh ini reaktor fusi nuklir masih belum dioperasikan secara komersial. Prototip reaktorreaktor fusi saat ini masih dalam tahap eksperimentasi pada beberapa laboratorium di USA dan di beberapa negara maju lainnya. Suatu konsorsium dari USA, rusia, Eropa dan Jepang telah mengajukan pembangunan suatu reaktor fusi yang disebut International Thermonuclear Experimental Reactor (ITER) di Cadarache (Perancis) untuk menguji kelayakan dan keberlanjutan penggunaan reaksi fusi untuk menghasilkan energi listrik. Reaktor-reaktor nuklir yang saat ini dioperasikan untuk menghasilkan energi (listrik) merupakan reaktor fisi nuklir. Dalam reaktor fisi nuklir energi diperoleh dari pemecahan satu atom menjadi dua atom. Dalam reaktor-reaktor fisi nuklir konvensional, neutron lambat yang menumbuk inti atom bahan bakar (umumnya Uranium) menghasilkan inti atom baru yang sangat tidak stabil dan hampir seketika pecah menjadi dua bagian (inti) dan sejumlah neutron dan energi yang besar. Pecahan hasil reaksi fisi tersebut merupakan sampah radioaktif dengan waktu paruh yang sangat panjang sehingga menimbulkan masalah baru pada lingkungan. Dalam reaksi fusi nuklir dua inti atom ringan bergabung menjadi satu inti baru. Dalam suatu reaktor fusi, inti-inti atom isotop hidrogen (protium, deuterium, dan tritium) bergabung menjadi inti atom helium dan netron serta sejumlah besar energi. Reaksi fusi ini sejenis dengan reaksi yang terjadi di dalam inti matahari dan bersifat jauh lebih bersih, lebih aman, lebih efisien dan menggunakan bahan bakar yang jauh lebih berlimpah dibandingkan dengan reaksi fisi nuklir. Persyaratan untuk terjadinya reaksi fusi nuklir:
y

suhu awal yang sangat tinggi (di atas 100 juta kelvin)

Reaksi fusi baru dapat terjadi jika inti-inti atom tersebut dapat didekatkan hingga jarak 10í15 m (seper satu juta miliar meter). Secara teknis ada dua cara untuk mencapai persyaratan suhu dan tekanan yang dipersyaratkan untuk terjadinya reaksi fusi.com/article/dn18764-worlds-largest-laser-blasted-over-fusion-plan. Inti-inti atom yang akan bergabung memiliki muatan listrik sejenis (positif) sehingga tolakmenolak sehingga diperlukan energi yang sangat besar (suhu tinggi) agar mereka dapat mengatasi tolakan listrik. Sumber: diadaptasi dan dirangkum dari: http://science.y tekanan yang sangat tinggi Suhu setinggi yang dipersyaratkan tersebut dapat dicapai dengan bantuan microwaves dan laser.com/fusion-reactor1. Reaksi fusi yang kedua inilah yang menjadi tumpuan reaktor fusi nuklir masa mendatang. tidak radioaktif dan menghasilkan energi yang lebih tinggi. Tekanan yang sangat tinggi digunakan untuk mendekatkan inti-inti atom yang akan digabungkan.htm oleh Craig Freudenrich http://www. ITER di Perancis menggunakan metode yang lebih dikenal sebagai metode Magnetic confinement ini.ac.howstuffworks.php/component/content/article/90-sains/227-rfn .id/index. Teknologi terkini baru mencapai suhu dan tekanan yang mampu menghasilkan fusi antara deuterium dan tritium Fusi antara deuterium dan deuterium memerlukan suhu dan tekanan yang lebih tinggi. menggunakan berkas laser atau berkas ion untuk memanaskan dan memampatkan plasma hidrogen. karena ketersediaan bahan bakar deuterium yang lebih mudah diperoleh (diekstrak dari air laut).wima.newscientist. yaitu: y y menggunakan medan magnet dan medan listrik yang sangat kuat untuk memanaskan dan memampatkan plasma hidrogen. Pada suhu setinggi ini elektron-elektron atom terpisah dari intinya dan terbentuk wujud plasma.html http://fisika. Pada jarak ini baru terjadi ikatan nuklir yang mampu mengatasi tolakan listrik dari kedua inti atom yang akan berfusi tersebut. Persyaratan ini dicapai dengan bantuan medan magnet yang sangat kuat (yang dihasilkan oleh arus listrik dalam superkonduktor) dan dengan bantuan laser dengan daya tinggi. Metode ini (Inertial confinement) digunakan dalam pusat penelitian reaktor fusi nuklir di Lawrence Livermore Laboratory (USA).

Jepang sebelumnya menarik diri. . Amerika Serikat. sehingga pembangunan akan dimulai secepat mungkin. Profesor Sir Chris Llewellyn Smith. untuk menentukan lokasi reaktor di Cadarache di Perancis selatan. Jepang akan mendapatkan 20ari 200 pos penelitian dan menyediakan hanya 10engeluaran. Berdasarkan kesepakatan. Korea Selatan. Program Iter dilakukan sekitar 18 bulan di tengah upaya berbagai pihak untuk mencapai kesepakatan antara dua kubu. Fusi nuklir menarik energi dari reaksi seperti panas matahari. Ia menambahkan: "Kini kita telah mencari konsensus tentang lokasi Iter. setelah menghadapi saingan kuat dengan Jepang.setengah di antaranya akan ditanggung oleh Uni Eropa. dan menjadi tempat fasilitas penelitian . Para pejabat dari konsorsium enam partai menandatangani perjanjian di Moscow hari Selasa.111 . direktur Otorita Energi Atom Inggris UKAEA yang bertanggung jawab atas termonuklir Inggris menyebut keputusan itu sebagai "berita bagus". Rusia. proyek senilai $12 milyar dolar. Janez Potocnik. dan Cina adalah mitra kerja dalam proyek ini." begitu menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh kantor Presiden Perancis Jacques Chirac." Imbalan besar Uni Eropa. Komisari Uni Eropa untuk sains dan penelitian mengatakan Iter "menandai langkah maju dalam kerjasama sains internasional". Fusi nuklir dianggap sebagai dapat memproduksi energi yang lebih bersih dibandingkan dengan fisi nuklir dan fosil minyak. Jepang. Reaktor Internasional Thermonuclear Experimental (ITER) akan menjadi proyek ilmiah yang paling mahal setelah Stasiun Ruang Angkasa Internasional.Energi Nuklir / PLTN Perancis terpilih menjadi tempat reaktor fusi nuklir C Indonesia (BBC) Perancis terpilih menjadi tempat reaktor fusi nuklir. "Hal itu merupakan keberhasilan besar Perancis. dan kami akan berupaya untuk mencapai kesepakatan tentang proyek itu. Eropa dan semua mitra kerja Iter. setelah disepakati 'pemegang hak kedua' akan mendapatkan hak konsesi.~ Reaktor Fusi Nuklir Dari Perancis Kumpulan Artikel .

dan dapat membuka jalan bagi dibangunnya pembangkit komersial pertama.jauh lebih panas dibandingkan pusat Matahari. Namun. Proyek ini merupakan alat fusi pertama yang memproduksi energi panas pada tingkatan stasiun pembangkit listrik biasa. perlu untuk memanaskan gas pada temperatur melebihi 100 juta Celsius . energi diproduksi saat cahaya atom .com/article/54-111-energi-nuklir-pltn/3339--reaktor-fusi-nuklir-dariperancis." tambahnya."Pembangunan cepat Iter merupakan langkah besar dalam pembangunan fusi sebagai sumber listrik yang tidak akan mempengaruhi perubahan iklim. proyek Iter ini bisa dikatakan seperti membangun bintang di Bumi. Proyek ini akan memproduksi reaksi fusi pertama yang berkelanjutan. dan para ilmuwan telah mencoba mengembangkannya selama puluhan tahun. Untuk mengatur reaksi fusi pada Bumi sebagai sumber energi. Persyaratan teknis yang diperlukan sangat besar. Keterangan gambar : Proyek ini bernilai 10 milyar Euro dan akan berjalan selama 35 tahun. Bintang di bumi Berkaitan dengan fisika dan besarnya energi yang diproduksi. Proyek ini adalah tahap akhir sebelum reaktor komersial pertama dibangun. sangat besar. Satu kilogram bahan bakar fusi dapat memproduksi energi yang sama seperti 10 juta kg fosil minyak. Dalam reaksi fusi. hasilnya.alpensteel. Sumber : BBC Indonesia http://www. bila Iter berhasil dikembangkan.isotop hidrogen deuterium dan tritium digabungkan untuk membentuk atom yang lebih berat.html .

Meskipun tidak melibatkan reaksi kimia.FUSI NUKLIR http://id. dengan hasil netto satu partikel alpha. Fusi nuklir adalah sumber energi yang menyebabkan bintang bersinar. Daftar isi [sembunyikan] y y y y 1 Reaksi-reaksi fusi yang dikenal baik o 1. bahkan elemen yang paling ringan.wikipedia. yang membentuk inti atom yang lebih berat dan neutron bebas. fusi nuklir (reaksi termonuklir) adalah sebuah proses saat dua inti atom bergabung. pelepasan dua positron dan dua neutrino (yang mengubah dua proton menjadi dua netron). membentuk inti atom yang lebih besar dan melepaskan energi. energi ionisasi yang diperoleh dari penambahan elektron ke hidrogen adalah 13. Tetapi fusi inti atom yang ringan. Senjata nuklir adalah senjata yang menggunakan prinsip reaksi fisi nuklir dan fusi nuklir. Ada dua jenis pembakaran hidrogen. akan menghasilkan energi yang lebih besar lagi dari energi yang dibutuhkan untuk menggabungkan mereka -.1 Rantai-rantai reaksi di dalam astrofisika o 1.2 Reaksi-reaksi yang dapat terjadi di Bumi 2 Reaksi-reaksi fusi yang lain 3 Lihat pula 4 Pranala luar [sunting] Reaksi-reaksi fusi yang dikenal baik [sunting] Rantai-rantai reaksi di dalam astrofisika Proses fusi paling penting di alam adalah yang terjadi di dalam bintang.sebuah reaksi eksotermik yang dapat menciptakan reaksi yang terjadi sendirinya. Proses ini membutuhkan energi yang besar untuk menggabungkan inti nuklir. yaitu rantai proton-proton dan siklus CNO yang keberlangsungannya bergantung pada massa bintang. bahan bakar netto-nya adalah empat proton. Untuk bintang-bintang seukuran Matahari atau lebih kecil. reaksi rantai proton-proton mendominasi. Energi yang dilepas di banyak reaksi nuklir lebih besar dari reaksi kimia.lebih kecil satu per sejuta dari 17 MeV yang dilepas oleh reaksi D-T seperti gambar di samping. karena energi pengikat yang mengelem kedua inti atom jauh lebih besar dari energi yang menahan elektron ke inti atom.6 elektronvolt -. Reaksi . Contoh.org/wiki/Fusi_nuklir Dalam fisika. Pada pembakaran hidrogen. sementara untuk bintang bermassa lebih besar siklus CNO yang mendominasi. hidrogen. dan Bom Hidrogen meledak. dan energi. tetapi seringkali fusi termonuklir di dalam bintang disebut sebagai proses "pembakaran".

7 MeV) + + 3 He (2.4 MeV 4 He (1.9 MeV He + 6Li + 11B + 7Li 2 4He 3 4He + 8.7 MeV 2 4He + 17. D (deuterium). dan T (tritium) adalah sebutan untuk isotop-isotop hidrogen. [sunting] Reaksi-reaksi yang dapat terjadi di Bumi Beberapa contoh reaksi fusi nuklir yang dapat dilangsungkan di permukaan Bumi adalah sebagai berikut: (1) D (2i) D (2ii) (3) D (4) T (5) (6i) (6ii) (6iii) (7) D (8) p (9) 3 3 +T +D 4 He (3.9 MeV) 6% + 6Li + 6Li 2 4He + 22.3 MeV + 12.45 MeV) (14. Sebagai tambahan/ pendukung kepada reaksi fusi utama (yang diinginkan).1 MeV 51% (9.82 MeV) + He (3.9 MeV + n + 12.5 MeV) + (1.8 MeV) + He (0.1 MeV) (3.02 MeV) (2.01 MeV) + n p n p (14.3 MeV) + 16.9 MeV) + p (11. Dimana reaksi ini menghasilkan tritium dan lebih banyak neutron.6 MeV) + He He He + 3He +T 4 4 +2 n +2 p + p D n He + 3He He + T 4 3 4 4 He (4.3 MeV p (10) p (11) p p (protium).7 MeV) + 11. beberapa reaksi fusi berikut yang mana diikutsertakan/ disebabkan oleh neutron dan deuterium adalah penting.pembakaran lain seperti pembakaran helium dan karbon juga terjadi bergantung terutama pada tahapan evolusi bintang.5 MeV) + 4 (1. dalam bomb nuklir dan reaktor nuklir: .5 MeV) 43% 50% 50% T 3 He (0.

Sedangkan.53 MeV 4 8 8 (energi yang diserap jauh terlalu kecil. Pada umumnya. neutron-neutron tetap bergerak pada level energi yang tinggi) [sunting] Reaksi-reaksi fusi yang lain Ada banyak reaksi fusi yang lain. reaksi fusi antara dua inti atom yang lebih berat daripada besi dan nikel. reaksi fusi antara dua inti atom yang lebih ringan daripada besi dan nikel. melepaskan energi.7 MeV He + T + n .2. .(12) n + 6Li (13) n + 7Li (14) n + 9Be (15) D + 9Be 4 He + T + 4.1.47 MeV Be + 2n .67 MeV Be + T + 4. menyerap energi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful