10/27/2008

GANGGUAN JIWA PADA ANAK

GANGGUAN JIWA PADA ANAK

 I MENTAL RETARDASI ( F 70-79 )  II GANGGUAN PERKEMBANGAN

PSIKOLOGIS ( F 80-89 )
 III GANGGUAN PERILAKU DAN

dr. Rahayu Prihatini Sp.KJ

EMOSIONAL DENGAN ONSET BIASANYA PADA MASA KANAK DAN REMAJA ( F 90-98 )

MENTAL RETARDASI
 “ SUATU KEADAAN PERKEMBANGAN MENTAL

PEMERIKSAAN :
 RIWAYAT KEHAMILAN IBU, PERSALINAN

YANG TERHENTI ATAU TIDAK LENGKAP,
 YANG TERUTAMA DITANDAI HENDAYA

KETRAMPILAN SELAMA MASA PERKEMBANGAN,
 SEHINGGA BERPENGARUH PADA INTELEGENSI

YAITU KEMAMPUAN KOGNITIF, BAHASA, MOTORIK DAN SOSIAL “ DIMULAI PADA MASA PERKEMBANGAN ( < 18 TAHUN )

DAN RIWAYAT KELUARGA TENTANG ADANYA KELUARGA YANG MENDERITA RM  RIWAYAT PERKEMBANGAN DAN FUNGSI SAAT DIPERIKSA  KEMAMPUAN BELAJAR DAN BEKERJA  KETRAMPILAN MOTORIK

 PEMERIKSAAN IQ ( = HASIL BAGI  KEDEWASAAN MENTAL, SOSIAL =

INTELEGENSI )

PERILAKU ADAPTIF YAITU KESANGGUPAN MENGHADAPI TUNTUTAN DAN TANGGUNG JAWAB SECARA SOSIAL, SESUAI UMUR DAN HARAPAN LINGKUNGAN DAN KEBUDAYAANNYA.

IQ= (UMUR MENTAL : UMUR KALENDER ) X 100

 PEMERIKSAAN  FISIK  NEUROLOGIK  LABORATORIUM

1

KOMUNIKASI . DIAZEPAM EPIDEMIOLOGY  PREVALENSI 1% DARI POPULASI  INSIDENS TERTINGGI PADA USIA 10 – 14 KRITERIA DIAGNOSTIK PPDGJ III  A IQ < 70  B ADANYA GANGGUAN FUNGSI ADAPTIF TAHUN  LAKI : WANITA = 1.MALNUTRISI  PERINATAL  .10/27/2008 PENYEBAB : BEBERAPA FAKTOR  PENYULIT KEHAMILAN  -TOXEMIA GRAVIDARUM  .PEKERJAAN .BERAT BADAN LAHIR RENDAH  .MERAWAT DIRI .MENGGUNAKAN SARANA MASYARAKAT PENGGOLONGAN RETARDASI MENTAL .PERDARAHAN INTRA CRANIAL  SOSIAL GENETIK -DOWN SYNDROME PEMAPARAN PRANATAL -VIRUS RUBELLA -TOXOPLASMOSIS -ZAT : OPIAT.MENGARAHKAN DIRI SENDIRI .KESEHATAN .KETRAMPILAN SOSIAL .DIABETES MILITUS  .5 : 1 ( SESUAI DENGAN USIA DAN KELOMPOK KULTURALNYA ). SE KURANG KURANGNYA ADA 2 DARI : .KETRAMPILAN AKADEMIK .KEAMANAN  C ONSET SEBELUM USIA 18 TAHUN ( DASARNYA HASIL DARI TEST IQ )  R M RINGAN IQ 50 – 70  R M SEDANG IQ 35 – 49  R M BERAT IQ 20-34  R M SANGAT BERAT IQ < 20 2 .

GTL INI BISA MASA KANAK BERLANJUT KE GANGGUAN KEPRIBADIAN DISSOSIAL.10/27/2008 RETARDASI MENTAL RINGAN  AGAK LAMBAT BELAJAR BAHASA. DENGAN BAHASA ISYARAT TIDAK MENGGUNAKAN BAHASA. SEHINGGA KOMUNIKASINYA UNTUK KEBUTUHAN DASAR MENGERTI INSTRUKSI SEDERHANA. TETAPI BAHASA     RETARDASI MENTAL SEDANG  LAMBAT DALAM PEMAHAMAN BAHASA. BILA DITAMBAH IMATURITAS EMOSIONAL & SOSIAL. 3 . SEHARI HARI BISA BISA MERAWAT DIRI KETRAMPILAN PRAKTIS DAN PEKERJAAN RUMAH TANGGA (+) SULIT DALAM TUGAS AKADEMIK.     PERCAKAPAN SANGAT SEDERHANA. TERUTAMA KETRAMPILAN DASAR AKTIVITAS SOSIAL BISA DILAKUKAN RETARDASI MENTAL BERAT  DAPAT DILATIH  TIDAK BISA DI DIDIK  BISA MENGENAL BAHAYA  TIDAK BISA MENCARI NAFKAH RETERDASI MENTAL SANGAT BERAT  TIDAK DAPAT DILATIH  TIDAK DAPAT DI DIDIK  TIDAK MENGENAL BAHAYA  TIDAK BISA MERAWAT DIRI GANGGUAN PERILAKU DAN EMOSIONAL PADA MASA KANAK DAN REMAJA  GANGGUAN TINGKAH LAKU  GANGGUAN HIPERKINETIK  ENURISIS NONORGANIK  ENKOPRESIS NONORGANIK  GANGGUAN ANSIETAS PERPISAHAN GANGGUAN TINGKAH LAKU  GANGGUAN TINGKAH LAKU . MAKA AKAN SULIT MENYESUAIKAN DIRI SEHINGGA TIDAK MAMPU MENIKAH DAN MENGASUH ANAK NANTINYA. TAPI BISA. BERUPA PELANGGARAN NORMA2 SOSIAL BERULANG ATAU MENETAP  PADA BEBERAPA KASUS. DENGAN GEJALA YG KHAS     TINGKAH LAKU DISOSIAL AGRESIF ATAU MENENTANG PERILAKU2 TSB DALAM BENTUK EKSTREMNYA. PERAWATAN DIRI SECARA SEDERHANA PENDIDIKAN KHUSUS .

TERAPI SOSIAL. 3. DENGAN TERAPI KERJA UNTUK MELATIH TANGGUNG JAWAB. APABILA GEJALANYA RINGAN. 2.  KOMPLIKASI NYA ADALAH : KEGAGALAN MANUSIA  PERUSAKAN YG HEBAT ATAS BARANG MILIK ORANG      DISEKOLAH  LEBIH SERING TERJADI PADA LAKI-LAKI LAIN KEBOHONGAN BERULANG MEMBOLOS DARI SEKOLAH DAN LARI DARI RUMAH MENGADAT YG HEBAT PERILAKU PROVOKATIF YG MENANTANG SIKAP MENENTANG YG HEBAT SERTA MENETAP GEJALA2 TSB TELAH BERLANGSUNG MINIMAL 6 BULAN. TERAPI KELOMPOK  5. TERAPI KELUARGA TERUTAMA PADA ORANG TUANYA. IQ NYA NORMAL DAN TIDAK ADA PSIKOPATOLOGI KELUARGA   DIHARAPKAN ORANG TUA TETAP MEMBERIKAN KASIH SAYANG ( ANAK TIDAK DIBENCI).  4. TERAPI TINGKAH LAKU .  DENGAN TEMAN SEBAYA. TAPI BUKAN GANG NYA MEMBERI PUJIAN ATAU HADIAH BILA BERPERILAKU SESUAI HARAPAN ORTU. RESIDENTIAL TREATMENT. APABILA TERJADI PADA USIA TERAPI 1. MEMBERIKAN PERHATIAN DAN DISIPLIN SEPANTASNYA MENCIPTAKAN HUBUNGAN YG AKRAB ORANG TUA SEBAGAI CONTOH FIGUR YANG KUAT. PSIKOTERAPI INDIVIDUAL . GEJALA AGRESIVITASNYA BERAT & SERING. SEKOLAH – OLAH RAGA – MENGURUS RUMAH TANGGA – DITAMBAH TERAPI KELOMPOK 7.10/27/2008 CONTOH GTL :  GTL SERING BERHUBUNGAN DENGAN  PERKELAHIAN ATAU PELECEHAN YG BERLEBIHAN  KEKEJAMAN TERHADAP HEWAN ATAU SESAMA LINGKUNGAN SOSIAL YANG BURUK. KEMUDIAN KELUAR DARI RUMAH & BERGAUL DENGAN ANAK2 NAKAL. TAPI BIAYANYA MAHAL. TERMASUK HUBUNGAN KEKELUARGAAN YANG KURANG MEMUASKAN : SERING BERTENGKAR MAKA ANAK TIDAK KERASAN DIRUMAH. 6.  TERUTAMA PADA ANAK DENGAN LATAR BELAKANG ADA KONFLIK DENGAN ORANG TUANYA. STABIL & BIJAKSANA. 4 .  BAIK.  MUDA ( < 10 TH ). OBAT2 AN BILA DIPANDANG PERLU.  TINGGAL DIASRAMA. PROGNOSIS  BURUK.

MELATIH DISIPLIN YANG TETAP MELATIH BER KALI2 UNTUK KEMATANGAN SOSIALNYA. IMIPRAMIN.  TERAPI : 1.10/27/2008 GANGGUAN HIPERKINETIK  KELOMPOK GANGGUAN INI MEMPUNYAI 3 GEJALA UTAMA 1. TERAPI OBAT2AN  BERHUBUNGAN DENGAN GANGGUAN JIWA YANG LAIN 5 . USA 3 %  FAKTOR PREDISPOSISI :  EPILEPSI / PREMATURITAS  TRAUMA KELAHIRAN  RM RINGAN / SEDANG  RIWAYAT GANGGUAN NEUROLOGIK LAINNYA  ADA RIWAYAT KELUARGA DENGAN GEJALA ADHD  KOMPLIKASI : KEGAGALAN SEKOLAH . KURANG PERHATIAN. TELATEN MENERIMA ANAK APA ADANYA. DENGAN DITANDAI PERHATIAN YANG SANGAT KURANG SERTA KURANGNYA KETEKUNAN DALAM MELAKSANAKAN SUATU TUGAS . HALOPERIDOL. PERILAKU INI TERJADI DALAM SEGALA SITUASI DAN BERLANGSUNG SECARA LAMA. SEMUA GEJALA MENGHILANG SAAT REMAJA.DITANDAI :  BUANG AIR SENI TANPA KEHENDAK PADA SIANG DAN ATAU MALAM  Tidak sesuai dengan usia anak  BUKAN KARENA KELAINAN ATAU GANGGUAN DARI ORGAN  .  . SUATU KOMBINASI PERILAKU TERLALU AKTIF. PERILAKU YANG KURANG BERMODULASI. HIPERAKTIFITAS    SELALU BERGERAK TIDAK BISA DUDUK DIAM BERLARI & MEMANJAT  ONSET USIA 3 – 7 TAHUN  INSIDEN .BISA SEBAGAI MONOSIMTOMATIK ATAU 2. HAMBATAN FUNGSI SOSIAL DAN PEKERJAAN. METHYL PHENIDAT. PERHATIAN MUDAH TERALIH SULIT KONSENTRASI SULIT MEMPERTAHANKAN PERHATIAN SERING TIDAK MENDENGARKAN SERING BERTINDAK SEBELUM BERPIKIR SULIT MENUNGGU GILIRAN DALAM PERMAINAN SULIT MENGATUR PEKERJAANNYA 2.    TETAP SABAR. SUKAR MEMUSATKAN PERHATIAN     CIRI SEBAGAI BERIKUT :  ONSET DINI. IMPULSIF . HIPERAKTIF. IMPULSIVITAS     3. LAKI : WANITA = 3-10 : 1 ENURISIS NONORGANIK  PERJALANANNYA :   TETAP ADA SAMPAI DEWASA . TERAPI KELUARGA ( ORTU ) . DENGAN MENYIBUKKAN ANAK KE HAL2 YG POSITIF.

SELAMA ATAU SEHABIS BERLANGSUNGNYA PERPISAHAN DENGAN TOKOH YANG DIAKRABI. SEHINGGA AKAN MEMISAHKANNYA DARI TOKOH YANG DILEKATINYA TERUS MENERUS MENOLAK MASUK SEKOLAH. DIBUNUH. HANYA KARENA TAKUT AKAN PERPISAHAN. DICULIK.10/27/2008 ENKOPRESIS NONORGANIK  Masalah emosional mungkin TIMBUL SEBAGAI AKIBAT SEKUNDER DARI STIGMA KARENA ENURESIS ITU SENDIRI  PEDOMAN DIAGNOSTIK  Usia 5 tahun atau lebih. TENTANG KEKHAWATIRAN TERJADINYA PERISTIWA BURUK. MENGADAT. MISALNYA SAAT PERGI SEKOLAH. MENGALAMI RASA SUSAH BERLEBIHAN (MENANGIS.  BERULANG MIMPI BURUK TENTANG PERPISAHAN SERING TIMBUL GEJALA FISIK ( MUAL. MUNTAH2 DSB ) . APATI ATAU MENYENDIRI) PADA SAAT SEBELUM. ATAU KHAWATIR TOKOH TERSEBUT AKAN PERGI DAN TIDAK KEMBALI  TIDAK REALISTIK. TENTANG KEKHAWATIRAN YANG BERLEBIHAN TERHADAP TERJADINYA BENCANA YANG MENIMPA TOKOH YANG DILEKATI. SAKIT KEPALA. TERUS MENERUS MENOLAK TIDUR TANPA DITEMANI TOKOH KESAYANGANNYA TERUS MENERUS TAKUT YANG TIDAK WAJAR UNTUK DITINGGALKAN OLEH ORANG YANG DILEKATI WALAUPUN DIRUMAH DAN PADA SIANG HARI. ATAU usia mental lebih dari 4 tahun  Beberapa kali dalam seminggu  Bila bersama dengan enkoperesis maka diagnosa enkoperesis yang diutamakan.      6 .  PEDOMAN DIAGNOSTIK :  PERPISAHAN DARI TOKOH YANG SANGAT ERAT HUBUNGANNYA DENGAN SI ANAK. SAKIT PERUT. SEPERTI KESASAR. KHUSUSNYA GANGGUAN EMOSIONAL ATAU GANGGUAN TINGKAH LAKU.  TERAPI : HOLISTIK  DITANDAI :  MENGELUARKAN TINJA YANG DIKEHENDAKI ATAU TIDAK. PADA SAAT BERPISAH DENGAN TOKOH YANG DIAKRAB I. DIMASUKKAN KE RUMAH SAKIT.  ANXIETASNYA DAPAT BERBENTUK SEBAGAI BERIKUT :  PENGELUARAN TINJA SECARA TIDAK LAYAK TIDAK REALISTIK.  SECARA BERULANG   DENGAN KONSISTENSI TINJA YANG NORMAL ATAU HAMPIR NORMAL DITEMPAT YANG KURANG LAYAK DILINGKUNGAN SOSIOKULTURAL ANAK GANGGUAN ANSIETAS PERPISAHAN MASA KANAK  BISA SEBAGAI SUATU GANGGUAN PEDOMAN DIAGNOSTIK :  ANSIETAS BERLEBIHAN YANG TERFOKUS DENGAN MONOSIMTOMATIK ATAU MERUPAKAN BAGIAN DARI SUATU GANGGUAN YANG LAIN.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful