USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA JUDUL PROGRAM

PEMBUATAN ALKYD RESIN TERMODIFIKASI MINYAK BIJI NYAMPLUNG BIDANG KEGIATAN: PKM PENELITIAN (PKM-P) Diusulkan oleh: RONI HARTONO RIZKINA IKA ARYANA SUTINAH 060811 ( 2006 ) 071595 ( 2007 ) 061944 ( 2006 )

UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA SERANG 2010

1

Halaman Pengesahan USULAN PROGRAM KREATIFITAS MAHASISWA 1. Judul Kegiatan
2. Bidang Kegiatan

: Pembuatan Alkyd Resin Termodifikasi Minyak Biji Nyamplung : ( ) PMKP ( ) PKMT ) Kesehatan ) MIPA ( ( ( ) PKMK ) PKMM ) Pertanian

3. Bidang Ilmu

: ( (

( ) Teknologi dan Rekayasa

( ( 4. Ketua Pelaksanaan Kegiatan a. Nama Lengkap b. NIM c. Jurusan d. Perguruan Tinggi e. Alamat Rumah f. No. Telp/ HP g. Email 5. Dosen Pendamping a. Nama Lengkap dan Gelar b. NIP c. Alamat Rumah

) Sosial Ekonomi (

) Humaniora

) Pendidikan

: Roni Hartono : 060811 : Teknik Kimia : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa : Villa Bekasi indah I blok G.I No.5 Tambun-Bekasi : 085695098918 : hartono_roni@yahoo.com : Jayanudin, ST.,M.Eng : 197808112005011003 : Perum. Taman Krakatau Blok H10 No.17 Desa Harjatani Kec. Waringin KurungSerang

d. No Tel./HP 6. Biaya Kegiatan Total
a. Dikti

: 085920729702 : Rp 10.000.000

2

19600208200311001 ( Jayanudin.197510012008011007 Pembantu Rektor III ( Roni Hartono ) NIM. Aris Suhadi SH. Sumber lain 7. Ing Anton Irawan.MT) NIP.ST.9 Juli 2010 Menyetujui Ketua Jurusan Teknik Kimia Pembimbing Unit Kegiatan mahasiswa Ketua Pelaksana Kegiatan (Dr...b.3335060811 Dosen Pendamping (H. ST..Eng ) NIP. MH. ) NIP.M. Jangka Waktu Pelaksanaan :: 8 bulan Serang. 197808112005011003 3 .

et al (2006) yang melakukan karakterisasi alkyd resin dari beberapa minyak nabati seperti minyak jagung. minyak biji bunga matahari dan minyak kedelai dengan menganalisa bilangan asam dan bilangan iodine serat Aigbodian dan Okieimen (1996) yang melakukan penelitian pembuatan alkyd resin dari minyak biji karet yang di tinjau dari segi kinetikanya. 2008). JUDUL Pembuatan Alkyd Resin Termodifikasi Minyak Biji Nyamplung B. Alkyd menjadi sangat penting ketika dimodifikasi dengan minyak alam atau sintetis (trigliserida) yang dinamakan dengan alkyd termodifikasi minyak. Banyak penelitian tentang sintesa alkyd resin yang ramah lingkungan yaitu memodifikasikan dengan minyak nabati. 4 .A. karet. Hal ini terkait dengan isu lingkungan mengenai emisi solven organik yang menguap dan masalah daur ulang pada pembuangan limbah dari resin yang hancurnya sangat lama (Ikhuoria. serta pembentukan film (Sandler. 2007).. bahan pelapis. Alkyd juga sangat penting untuk bahan pengikat tinta. bahan perekat. Sebagian besar materi yang dibutuhkan manusia terbuat dari polimer seperti plastik. Fungsi dari minyak adalah untuk menimbulkan proses pengeringan (minyak-minyak akan mengering ketika melebar/melapis sebagai suatu film) karena teroksidasi oleh udara (Stevens. stasion tenaga nuklir. Alkyd resin banyak digunakan dalam industri cat. 1994). et al. dan coating anti korosi (Hlaing dan Oo. LATAR BELAKANG MASALAH Polimer merupakan salah satu bahan kimia yang kini mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia. Alkyd resin merupakan bagian dari produk polimer dengan proses polimerisasi kondensasi. Beberapa tahun yang lalu konsumen mulai beralih menggunakan cat dan coating yang ramah lingkungan karena alkyd resin sintetis yang merusak lingkungan. coating. Hlaing dan OO (2008) telah meneliti pembuatan alkyd resin dari minyak jarak. kegunaan yang lain termasuk dempul. dan bahan polimer lainnya. 1983). 1989). bahan perekat (Jones. Industri cat mempertimbangkan ekspansi dalam mengembangkan alkyd resin di industri automobile. Atimuttigul.

Standar industri untuk menentukan kulitas dari alkyd resin dengan menguji bilangan asam. PERUMUSAN MASALAH Permasalahan lingkungan merupakan salah satu permasalahan global. warna. Minyak biji nyamplung mempunyai kandungan asam lemak tak jenuh yang besar yaitu oleat 48 . bilangan asam. Kandungan asam lemak tak jenuh yang cukup besar. Hampir semua produk dianjur ramah lingkungan.24. salah satu yang telah berkembang adalah bahan baku biofuel karena memiliki kandungan minyak yang besar pada biji kering yaitu 70-73 % (Heryati. salah satu produk yang mendapat perhatian adalah cat dan coating.53.18. stearat 6 – 12 dalam % b (Heryati. maka perlu diuji karakterisasinya yang merupakan suatu bentuk standarisasi secara komersial. dimana minyak nyamplung direaksikan dengan gliserol menghasilkan monogliserida kemudian dilanjutkan dengan mereaksikan phthalic anhydride yang menghasilkan alkyd resin. Salah satu bahan yang digunakan adalah minyak nabati sebagai modifikasi alkyd resin. Pemakaian minyak nyamplung akan menambah keragaman bahan baku alkyd resin. Minyak biji nyamplung dapat digunakan sebagai bahan baku alkyd resin. Konsumen cat banyak yang mengeluhkan emisi solven organik atau limbah yang susah teruraikan. viskositas dan bilangan iodine. berdasarkan % kompoisis minyaknya. warna dan viskositas untuk 5 . Kelayakan minyak biji nyamplung sebagai bahan baku alkyd resin. 2007). karena mengadung asam lemak tak jenuh yang cukup tinggi. C. 2007). sehingga dapat digunakan sebagai bahan baku alkyd resin. Hasil yang diperoleh dianalisa bilangan iodine. sehingga akan menambah keanekaragaman bahan baku alkyd resin dan untuk menambah nilai guna minyak biji nyamplung. palmitat 5 . linoleat 15 . sehingga banyak peneliti yang menggunakan bahan alami untuk pembuatan alkyd resin.Minyak biji nyamplung mempunyai potensi besar untuk dikembangkan sebagai bahan baku beberapa produk. Metode yang digunakan adalah metode monogliserida. mengetahui karakterisasinya.

Peningkatan kebutuhan minyak nyamplung akan meningkatkan produktivitas petani. bilangan iodine. F. Mengetahui pengaruh % kandungan minyak (% oil content) terhadap alkyd resin yang di hasilkan berdasarkan karakterisasinya. 2. Menambah nilai guna dari minyak biji nyamplung dan akan mengurangi pemakaian minyak untuk pangan yang digunakan sebagai bahan baku industri khususnya industry coating. 2. 2008). TUJUAN Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh produk berupa alkyd resin yang dimodifikasi menggunakan minyak alam (dalam penelitian ini menggunakan minyak biji nyamplung) berdasarkan % kandungan minyak (% oil content). keperluan pada stasion tenaga nuklir. sehingga dapat meningkatkan kesejahteraannya. Mendapatkan karakterisasi alkyd resin yang termodifikasi minyak biji nyamplung sehingga dapat ditentukan kualitasnya. Berdasarkan bilangan asam. KEGUNAAN Perkembangan industri polimer terutama industri coating dan cat yang semakin pesat. pada industri coating penahan korosi dan industri yang lainnya (Hlaing dan Oo. Mendapatkan alternatif sumber bahan baku baru untuk alkyd resin dengan dilakunya beberapa modifikasi sehingga dapat diketahui karakteristiknya untuk dapat diaplikasikan. LUARAN YANG DIHARAPKAN Luaran penelitian “Pembuatan Alkyd Resin Dari Minyak biji nyamplung” dapat memberikan manfaat sebagai berikut : 1.D. E. target kedepan dari industri cat akan mengembangkan pada industri automobile. warna dan viskositas. 6 . Adapun tujuan khusus dari penelitian ini adalah sebagai berikut : 1..

2. Beberapa tahun yang lalu konsumen mulai beralih menggunakan cat dan coating yang ramah lingkungan karena alkyd resin sintetis yang merusak lingkungan.) merupakan salah satu tanaman hutan yang memiliki prospek dan potensi tinggi untuk dikembangkan sebagai bahan baku industri. Nyamplung (Calophyllum inophyllum L) Nyamplung (Calophyllum inophyllum L. sehingga Mahasiswa dapat lebih meningkatkan kreativitasnya terutama dalam penelitian. sehingga akan menjaga ketahanan pangan. Perkembangan industri cat dan coating yang meningkat diharapkan dengan penelitian ini dapat di komersialisasikan yaitu dengan di dirikan industri baru untuk alkyd resin. Aspek ekonomi Penelitian ini menghasilkan produk alkyd resin yang dimodifikasi dengan minyak biji nyamplung sehingga dapat meningkatkan daya guna dari nyamplung selain untuk bahan baku biofuel juga dapat digunakan pada industri polimer. Aspek lingkungan Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak bisa lepas dari bahan polimer mulai dari peralatan rumah tangga sederhana sampai teknologi canggih. TINJAUAN PUSTAKA 1. Pemanfaatannya diduga tidak akan berkompetisi dengan 7 . Secara umum kegunaan penelitian ini dibagi menjadi dua aspek yaitu : 1.Peningkatan yang signifikan dari kebutuhan alkyd resin sehingga diperlukan peningkatan produksi alkyd resin. Selain itu digunakan untuk memajukan perkembangan institusi Riset di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten khususnya di Jurusan Teknik Kimia. G. Pemakaian minyak biji nyamplung akan mengurangi ketergantungan industri dalam pemakaian minyak untuk pangan. Banyak penelitian yang memodifikasi alkyd resin dengan berbagai macam sumber minyak alam. Pada penelitian ini diharapkan menjadi sumber yang berbeda dari pembuatan alkyd resin.

5. angka iodium 82 98. Bustomi.kepentingan untuk bahan pangan. palmitat 5 . Tanaman nyamplung tumbuh dan tersebar merata secara alami di Indonesia.53. linoleat 15 . angka penyabunan 192 . et al. regenerasi mudah dan berbuah sepanjang tahun menunjukkan kemampuan daya survival yang tinggi terhadap lingkungan 2. Salah satu yang sudah mulai dikemabangkan adalah pemakaian minyak nyamplung sebagai bahan baku energi nabati. titik leleh 8°C. Berikut ini struktur asam lemak berikatan rangkap dalam minyak Nyamplung merupakan salah satu sumber minyak non pangan yang mempunyai potensi besar untuk dikembangakan sebagai bahan baku di industry sehingga akan mengurangi pemakaian minyak pangan sebagai bahan baku di industri. Minyak mempercepat nyamplung kesembuhan mentah luka mengandung komponen kulit yang aktif atau pertumbuhan (cicatrization). Komposisi asam lemak (%-b) : oleat 48 . 4. Keunggulan nyamplung sebagai bahan baku energi nabati adalah daya survival tanaman sangat tinggi 8 C C . (2008) menyebutkan bahwa nyamplung memiliki keunggulan ditinjau dari prospek pengembangan ke depan dan pemanfaatan lain. 2007). antara lain : 1. dan berbuah sepanjang tahun.. Hampir seluruh bagian tanaman nyamplung berdayaguna dan menghasilkan bermacam produk yang memiliki nilai ekonomi.945. stearat 6 – 12 (Heryati. Tegakan hutan nyamplung berfungsi sebagai wind breaker / perlindungan untuk tanaman pertanian dan konservasi sempa dan pantai. permudaan alami banyak.24. Tanaman ini relatif mudah dibudidayakan baik melalui hutan tanaman sejenis (monoculture) atau hutan campuran (mixed forest). 3. 6.202. Nyamplung masih dapat produktif menghasilkan biji sebagai sampai berumur 50 tahun. Pemanfaatan nyamplung dapat menekan laju penebangan pohon hutan sebagai kayu bakar. Karakteristik minyak nyamplung : berat jenis 0. Cocok tumbuh didaerah beriklim kering.941 .18.0.

trimethylol ethane. Gambar 1. 9 . densitas 1. Gliserol adalah golongan alkohol dengan tiga gugus hidroksil pada rantai propana terdiri dari dua gugus hidroksil primer dan satu gugus hidroksil sekunder. 2009). Biji Nyamplung dan Minyak Biji Nyamplung Tabel 1. Struktur gliserol dapat dilihat pada Gambar 2. Titik leleh 18 0C. titik didih 290 0C.wikipedia. Klasifikasi nyamplung dapat dilihat pada Tabel 1. Kemurnian gliserol dapat mencapai 80 – 88 % (Haryanto. tidak berbau dan bersifat higroskopik. trimethyol propane.terbukti dengan penyebarannya yang merata hampir di seluruh daerah terutama pada daerah pesisir pantai di Indonesia (Anonim. Gliserol merupakan produk samping biodiesel dan dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan alkyd resin tetapi gliserol dari produk samping biodiesel masih mengandung katalis sehingga harus dimurnikan terlebih dahulu.265 g/ml. 2002). Klasifikasi nyamplung Kerajaan Divisi Kelas Ordo Famili Upafamili Bangsa Genus Sumber : www. pentaerythritol. : : : : : : : : Plantae Magnoliophyta Magnoliopsida: Malpighiales Clusiaceae Kielmeyeroideae Calophylleae: Calophyllum L. Senyawa ini berbentuk cairan kental bening. Gliserol Polyol atau polialkohol yang digunakan untuk sintesis alkyd resin adalah gliserol.com 2.

Struktur gliserol 3. Tahap pertama minyak direaksikan dengan gliserol menghasilkan monogliserida. 1961). fatty acid monobasic dan polybasic acid. kebanyakan digunakan untuk cat dan vernis. selanjutnya direaksikan dengan dibasic anhydride membentuk alkyd resin O H2 C H C OC O OC O H2 C OC R R + 2 R H2 C HC H2 C OH CaCO3 H2 C o OH OH OCOR OH 220-240 C 3 HC H2 C OH Trigliserida Gliserol Monogliserida 10 . Metode pertama adalah proses satu tahap. Alkyd resin Alkyd berbasis minyak nabati sudah dikembangkan sebelum alkyd sintesis. Tahun 1920 alkyd resin pertama digunakan untuk material plastik yang dibuat dengan mereaksikan gliserin dengan phthalic anhydride dan digunakan oleh General Electrical Company untuk keperluan listrik terutama untuk isolasi kabel (Fisher dan Hayward. polyhydric alcohol dan dibasic acid atau anhydride. Alkyd berasal dari kata ”al” dari alkohol dan ”kyd” dari acid. 1998). R-C(O)-OH Asam lemak + CH2(OH)-CH(OH) Gliserol + C6H4(CO)2O Phthalic anhydride (-O-C(O)-C6H4-C(O)-O-CH2-CH-CH2-) + 2H2O Alkyd resin Air Metode kedua adalah proses dua tahap. Stoye dalam Ogunniyi dan Odetoye (2007) menyebutkan bahwa metode pembuatan alkyd resin terbagi menjadi dua.H H H H C C C H OH OH OH Gambar 2. Alkyd merupakan produk dari reaksi polyhydric alcohol. alkyd termasuk dalam kelas material yang dikenal sebagai polimeric ester (Marten. dimana alkyd modifikasi minyak dibuat dengan reaksi polimerisasi kondensasi antara asam lemak atau minyak.

kedelai.05 mg KOH/g (Atimuttigul. atau pentaerythritol) dan polybasic acid atau anhydride (maleic anhydride) dimasukkan bersama tidak perlu membentuk monogliserida. Karakterisasi Alkyd Resin Karakterisasi alkyd resin merupakan suatu bentuk standarisasi secara komersial (standar industry) untuk menentukan kulitas dari alkyd resin. biji bunga matahari. Proses Fatty Acid (Asam Lemak) Terminologi polyester resin alkyd resin modifikasi alkyd resin Pada metode ini asam lemak. 2006). Proses ini membutuhkan proses ekstra dan biaya yang lebih mahal karena prosesnya hanya satu tahap. et al. Bilangan asam akan mengalami penurunan dengan bertambahnya waktu reaksi.Monogliserida + dibasic anhydride Alkyd resin Jones (1983) menerangkan lebih jelas tentang alkyd resin Tipe monomer Polyol Polybasic acid Asam lemak Dan lainnya Fisher dan Hayward (1998) menerangkan bahwa proses pembuatan alkyd resin ada dua metode yaitu : 1. 4. calsium atau zink. 11 . 2. Proses Monogliserida Proses monogliserida adalah proses pembuatan alkyd resin dimana minyak nabati direaksikan dengan polyol yang dipanaskan bersama dengan katalis seperti timbal. sodium. polyol (gliserol. Standarisasi yang biasanya terdapat dalam industri adalah sebagai berikut : 1. (2006) pada berbagai tipe minyak (jagung. Reaksi antara trigliserida (minyak nabati) dengan gliserol (polyol) disebut dengan reaksi alkoholisis yang menghasilkan monogliserida.. penelitian yang dilakukan Atimuttigul. Bilangan asam (Acid Value) Standar komersial untuk bilangan asam pada alkyd resin adalah 7. at al. setelah monogliserida terbentuk dapat langsung direaksikan dengan polybasic acid atau anhydride.

untuk membuat alkyd resin dari minyak biji tembakau pada berbagai % kandungan minyak (% content oil). 2. selama bertambahnya waktu reaksi viskositas akan terus meningkat untuk semua tipe minyak yang dgunakan. Fakultas Teknik. Viskositas Viskositas menunjukan kekentalan alkyd resin yang diperoleh. Bertambahnya viskositas menunjukan reaksi antara monogliserida dengan dibasic acid (phthalic atau maleic anhydride) terus berlangsung (Atimuttigul. 3. METODE PELAKSANAAN Penelitian ini akan dilaksanakan di Laboratorium Teknik Kimia. nilai tertinggi berwarna kuning gelap sementara nilai terendah berwarna kuning terang (Atimuttigul. menunjukan bahwa bilangan asam menurun dengan bertambahnya waktu reaksi. peningkatan bilangan ion seiring dengan peningkatan panjang minyak (oil length) dari resin (Ikhuoria. Penelitian ini akan terbagi menjadi 2 tahap proses yaitu : A. Warna Warna dari alkyd resin mengindikasikan perbandingan dengan warna standar dengan range antara 1 sampai 18 (skala gardner). 2006). Bilangan iodine Bilangan iodine menunjukan peningkatan pentakjenuhan sebagai jumlah dari minyak dan metil ester yang digunakan dalam peningkatan resin. 2004). et al. Proses pembuatan minyak biji nyamplung 12 . Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. et al. 4. H. sama halnya dengan penelitian Ogunniyi dan Odetoye (2007). 2006).kulit padi) untuk membuat short oil alkyd menunjukan bahwa bilangan asam akan menurun dengan bertambahya waktu reaksi. et al.

fosfatida. karotenoid. 2. 3.B i j i n y P e n g u p a s a P e n g h Gambar 3. endapan yang D e g u terjadi dipisahkan. kemudian dicuci dengan air hangat suhu 60oC sampai jernih. dikeringkan di bawah sinar matahari kemudian setelah kering biji dikuliti yaitu daging biji dipisahkan dari tempurung/cangkangnya. adapun prosedur pengambilan minyak biji nyamplung adalah sebagai berikut : 1. khlorofil dan lain‐lain terlebih dahulu dilakukan proses pemisahan getah. Tujuan proses M i n y a k 13 n . C r u d minyak dari biji nyamplung menggunakan alat pres. Minyak yang dihasilkan karena banyak mengandung kotoran yang berasal dari kulit dan senyawa kimia seperti alkoloid. Diagram Alir Pengambilan Minyak dari Biji Nyamplung Tahap pengambilan minyak biji nyamplung merupakan tahap awal penelitian ini. Proses deguming dilakukan pada suhu 80oC selama 15 menit. Daging biji di keringkan kembali dengan sinar matahari atau bisa juga P e n g e dilakukan dengan cara digoreng tanpa minyak (sangrai) atau dengan mesin. Selanjutnya air dipisahkan/diuapkan dari minyak dengan pengering vakum pada suhu 80oC agar tidak terjadi reaksi oksidasi yang bisa mengubah warna minyak tersebut menjadi gelap kembali. Biji nyamplung yang telah dipanen. Biji nyamplung yang sudah kering dilakukan pengepresan untuk mengambil Pengeringan dilakukan sampai biji nyamplung berwarna coklat kemerahan.

50% dan 60% Proses Alkoholisis dalam Reaktor Batch T= 260 0C (2-3 jam) Analisa Alkoholisis Dengan methanol Tidak Phthalic anhydride Ya Proses Polimerisasi Alkyd Resin pada T 220-260 0C selama 75 menit Analisa Karakterisasi Produk dan pembahasan ambar 4. air dan resin. Proses deguming dilakukan dengan menambahkan asam fosfat 20% sebesar 0. sehingga akan terbentuk senyawa fosfatida yang mudah terpisah dari minyak.5 % (b/b) minyak. Hasil dari deguming akan memperlihatkan perbedaan yang sangat jelas dari minyak asalnya.deguming adalah untuk memisahkan minyak dari getah atau lender yang terdiri dari fosfatida. Proses pembuatan alkyd resin dari minyak biji nyamplung G Glyserol Minyak Biji Nyamplung 40%.3‐0. yaitu berwarna jernih kemerah‐merahan. Kemudian senyawa tersebut dipisahkan berdasarkan pemisahan berat jenis yaitu senyawa fosfatida berada di bagian bawah dari minyak tersebut. Diagram Alir Proses Pembuatan Alkyd Resin Dari Minyak Biji Nyamplung Tahapan proses pembuatan alkyd resin dari minyak nyamplung ataupun dari metil ester minyak nyamplung dari Gambar 4 dapat diuraikan sebagai berikut ini : 14 . protein. B. residu. karbohidrat.

jika menyatu maka reaksi alkoholisis berhasil 2. Bilangan iod. UNTIRTA 1 Bulan ke2 3 4 5 Berikut ini rencana rancangan alat penelitian yang akan digunakan untuk pembuatan alkyd resin dari minyak biji nyamplung 15 . UNTIRTA Tempat Pelaksanaan FT. UNTIRTA FT. Tahap selanjutnya yaitu proses polimerisasi yaitu dengan menurunkan suhu sampai 180oC kemudian ditambahkan phthalic anhydride dan suhu kembali dinaikan sampai 220-260oC selama 75 menit sampai terbentuk alkyd resin. UNTIRTA FT. Untuk mengetahui keberhasilan reaksi alkoholisis sampel diambil kemudian ditambahkan methanol dengan perbandingan 1:1. (Jayanudin.50% dan 60%) yang direaksikan dengan gliserol pada suhu 260oC selama 2-3 jam.1. Tahap pertama adalah proses alkoholisis dengan memvariasikan kandungan minyak biji nyamplung (40%. warna dan viskositas I. UNTIRTA FT. UNTIRTA FT. JADWAL KEGIATAN No Kegiatan 1 2 3 4 Studi literatur Perancangan reaktor Persiapan Bahan Kalibrasi Alat Pembuatan alkyd resin dari 5 minyak biji nyamplung dengan asam phthalic anhydride 6 7 8 Analisa Produk Analisa Data Pembuatan Laporan dan Seminar FT. Karakterisasi alkyd resin dapat diketahui dengan menganalisa Bilangan asam. 2009 dan Heriyanto. 2009). UNTIRTA ITB Bandung FT.

BAHAN HABIS PAKAI DAN BAHAN ANALISA 1 Biji Nyamplung 40 kg Rp 3.000 500.815.000 Rp 3.000 150.000.000 1 1 1 1 1 1 1 11 Rp 1.000 50.000 500.000 500.000 Rp Rp Rp Rp Rp Rp 500.000 B.000 Rp Rp Rp Rp Rp Rp 500.8 2 Gambar 7.000.000.000 150.200.000 500.000 50.000 Rp 1.000 Rp 1.000 A.000.000 500. PERALATAN Reaktor Stainless steel + 1 Jaket Pemanas 2 3 4 5 6 7 8 Kondenser stainless steel Termokopel Motor Pengaduk Pengaduk (impeller) (Stainless steel) Tabung Gas Nitrogen Control panel Pompa Vakum Rp 1. No RANCANGAN BIAYA Uraian Jumlah Harga Satuan (Rp) Total Biaya (Rp) Rp 4.000 Rp 140. Rangkaian Alat Pembuatan Alkyd resin J.500 16 .000 500.

000 80.000 Rp 9. 2010-2014”.000 Rp 450.000 Rp 600.000 Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp 600..000 420.000 125.000 350.000 350.000 Rp 1.000 350.000 350.000 300.000 Rp 1.000 2 3 1 2 Rp Rp 300.000 250.”Rencana Aksi Pengembangan Energi Alternatif Berbasis Tanaman Nyamplung Tanaman Hutan.000.000 TOTAL BIAYA DAFTAR PUSTAKA Anonim.2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 Metanol NaOH Larutan Wijs KI Natrium Tiosulfat Kloroform Phthalic Anhydride Gliserol (Teknis) Amilum CCl4 KOH 2 liter 1 kg 2 liter 500 gram 500 gram 2 liter 1 kg 5 liter 250 gram 1 liter 1 kg Rp Rp Rp Rp Rp 300.000 500.915. BIAYA PERJALANAN DAN SEMINAR 1 Transport pembuatan Unit Reaktor ke Bandung Transport Pembelian Bahan Kimia ke Jakarta Seminar Nasional 2 Rp 300. Bogor.000 C.000 250.000 450.000 600.000 45.000 420. 2009.900.000 80. Pusat Penelitian dan Pengembangan 17 .000 125.000 Rp 300.000 225.000 350.000/2 L Rp Rp Rp Rp Rp 350.

” Bahan Bakar Biodiesel (Bagian 1.I. Proceeding of Word Academy of Science. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Hutan.. Okieimen. 3(1) : 311-317 Ikhuoria.Rostiwati.E. 134-13 18 .. Engineering & Technology.Bakare. Hayward. Bogor.. Fisher L. Y.E. ”Nyamplung”. 59..U. E. 2008. I.. V. A. “Nyamplung (Calophyllum inophy llum L.Atimuttigul.. 1998. E. Maliki.N & Oo... B. F. Medan Heriyanto. N...I. Aigbodian. B. Sudradjat. 2002.O. S & Tanthapanichakoon. Pengenalan)”. Bustomi.M.A. Korean J. Hlaing.Vol. Ikhuoria. Tropical Journal of Pharmaceutical Research. ”Enhancing The Quality of Alkyd Resin Using Methyl Esters of Rubber Seed Oil”. G.”The Basic of Resin Technology” No.. W. Badan Litbang Kehutanan. Oil and Coulor Chemist Association. ”Kinetika Reaksi Pembuatan Alkid Resin Termodifikasi Minyak Jagung Dengan Asam Anhidrida Ftalat”.. 2004.. USU digital library.) sumber Energi Biofuel Yang Potensial”. A.U. Damrongsakkul.10. Bogor.. F.. Vol 36. Obaze..2006.R.E.Okieimen.. 2007.. T. 2007. Progress in Organic Coating. Leksono.. ”Manufacture of Alkyd Resin from Castor Oil”.. 2008. H.”Synthesis and Characteristion of Chlorinated Rubber Seed Oil Alkyd Resin”.M. Aigbodian. S.O..Eng.. R. 23(4) : 672-677. 2009. Wembley Haryanto.”Effect of Oil Type Properties of Short Oil Alkyd Coating Material”. Chem. Prosiding SNTKI. Bandung Heryati. M.

New York. Ogunniyi.. Stevens. Ketua Pelaksana Kegiatan a.R.California.E. ”Polymer Syntheses”. F. Fargo.. Nama dan Biodata Ketua serta Anggota Kelompok 1.Inc. North Dakota State University. T.N.S.P. pp. D.Bioresource Technology 99. Sandler. “Model Kinetika Reaksi Konsekutif Alkoholisis Minyak Jagung dan Esterifikasi Maleic Anhydride Menjadi Alkyd Resin” Prosiding SNTKI. NIM : Roni Hartono : 3335060811 19 .157-187... Bandung Jones. C. inc.Vol. Martens.. Reinhold Publishing Corp. ”Polymer Chemistry: An Introduction”. Nama Lengkap b.R. LAMPIRAN – LAMPIRAN A.”Alkyd Resin”. 2007 “ Preparation and Evaluation of Tobacoo Seed oil-Modified Alkyd Resins”. USA. M.S and Odetoye .1994.. 1989.1983. 1961.Jayanudin. Academic Press. “Alkyd Resins”.2nd ed. 2009.1300-1304. Oxford University Press. 2nd ed..

c.c. i. Nama dan Biodata Dosen Pendamping a. Fakultas/ Program Studi Perguruan Tinggi Bidang Keahlian Waktu untuk Kegiatan 20 . Waktu Untuk Kegiatan 4. Fak/ Program Studi h. Waktu Untuk Kegiatan : Sutinah : 3335061944 :Teknik/ Teknik Kimia : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa : 8 Jam/ minggu B. NIM g. b. NIP c. Nama Lengkap f. Golongan Pangkat d. h. e. Anggota Pelaksana e.. g. ST.M. Perguruan Tinggi e. Jabatan Fungsional e. Fak/ Program Studi d. Anggota Pelaksana a. Jabatan Struktural : Jayanudin. Nama lengkap b. d. Perguruan Tinggi e. Nama Lengkap NIM Fak/ Program Studi Perguruan Tinggi Waktu Untuk Kegiatan :Teknik/ Teknik Kimia : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa : 8 Jam/ minggu : Rizkina Ika Aryana : 3335071595 :Teknik/ Teknik Kimia : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa : 8 Jam/ minggu 5.Eng : 197808112005011003 : III A : Lektor : : Teknik / Teknik Kimia : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa : Teknik : 4 jam/minggu f.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful