Perkembangan Intelektual Perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahhan Harun ar-Rasyid

, kemajuan intelektual pada waktu itu setidaknya dipengaruhi oleh dua hal yaitu: 1. Terjadinya Asimilasi antara bangsa Arab dan bangsa-bangsa lain yang lebih dahulu mengalami perkembangan dalam ilmu pengetahuan. Pengaruh Persia pada saat itu sangat penting dibidang pemerintahan. selain itu mereka banyak berjasa dalam perkembangan ilmu filsafat dan sastra. Sedangkan pengaruh Yunani masuk melalui terjemah-terjemah dalam banyak bidang ilmu, terutama Filsafat. 2. Gerakan Terjemah Pada masa daulah ini usaha penerjemahan kitab-kitab asing dilakukan dengan giat sekali. Pengaruh gerakan terjemahan terlihat dalam perkembangan ilmu p engetahuan umum terutama di bidang astronomi, kedokteran, filsafat, kimia dan sejarah. Dari gerakan ini muncullah tokoh-tokoh Islam dalam ilmu pengetahuan, antara lain ;

a. Kedokteran (1) Ibnu Sina Ibnu Sina mempunyai nama lengkap Abu Ali Al -Husaini bin Abdullah bin Sina. Beliau dibesarkan di lembah Sungai Dajlat dan Furat, di tepi selatan Laut Kaspia. Ketika masih kecil beliau telah hafal Al-Qur an, menguasai bahasa Arab, serta mendalami ilmu fikih. Ia belajar ilmu Mantik pada seorang guru filsafat, bahkan gurunya terkejut karena kecerdasannya. Pada usia 17 tahun ia telah memahami ilmu kedokteran melebihi siapa pun. Oleh karena itu, beliau diangkat manjadi penasihat para dokter pada masa itu. (2) Ibnu Rusyd Nama asli Ibnu Rusyd adalah Abdul Walid Muhammad b in Ahmad bin Rusyd. Beliau lahir diujung barat negeri Islam, yaitu Kordoba, Spanyol. Beliau dibesarkan dalam keluarga yang teguh menegakkan agama dan berpengetahuan luas. Ketika beliau muda, beliau belajar matematika, astronomi, filsafat, dan kedokteran. Di Barat beliau dikenal sebagai ahli dan tokoh dibnidang kedokteran dengan karyanya Al-Kulliyyat yang telah diterjemahkan dalam berbagai bahasa. Atas kepandaiannya inilah maka pada tahun1182 ia diangkat sebagai dokter pribadi khalifah di Maroko. (3) Ar-Razi Ar-Razi bernama lengkap abu Bakar Muhammad bin Zakaria Ar-Razi. Didunia Barat dikenal dengan nama Rhazes. Beliau Lahir di Ray, dekat Teheran pada tahun 251 H dan wafat apada tahun 320 H. Beliau terkenal sebagai dokter pertama dalam pengobatan secara ilmu jiwa, yakni pengobatan yang dilakukan dengan memberi sugesti bagi para penderita psikomatis.

b. salah satu provinsi diUzbekistan. yang kini diubah menjadi matematika. Dari buku itu kita mengenal ilmu aljabar yang dikenalkan diseluruh dunia. Matematika/Geometri (1) Al-Khawarizmi Al-Khawarizmi hidup dari tahun 780 850 M. Beliau adalah peletak dasar ilmu matematika dengan karyanya yang terkenal Al-Jabru wal Muqabbala. (2) Jamsyid Giatsuddin Al-Kasyi Jamsyid hidup pada abad ke-7 di kota Samarkand. Beliau seorang profesor dalam bidang matematika dan astronomi di Universitas Samarkand. (3) Sabit bin Qurrah Al-Hirany Kitab karangannya yang terkenal adalah: y y Hisabul Ahillah Kitabul Adad (4) Ibnu Haitsam Kitab karangannya yang terkenal adalah: y y y Qaulun fi Halli Masalatil Adadiah Muqaddimah Dalilul Musaba Ta liqun fil Jabr . Jamsyid adalah ulama yang sangat pandai dalam bidang agama dan ilmu pengetahuan. Beliaulah peletak dasar aritmatik yang dilakukan atas dasar slide rule yang dianggap sebagai penemuan ilmiah paling penting dalam matematika.

Biologi (1) As-Simay As-Simay adalah seoranmg ahli bologi. Beliau terkenal sebagai seorang ulama dan ahli dalam bidang sejarah. sebab. khususnya bidang ilmu hewan. penanggalan. (2) Ibnul Awwan Ibnul Awwan adalah seorang yang ahli dalam bidang biologi. d. (2) Abu Ar-Raihan Al-Bairuni Al-Bairuni dilahirkan pada tahun 364 m dan hidup 75 tahun. Karyanya yang terkenal adalah Al-Hayawan. yaitu tabiat Negara atau daerah dan apa yang terkenal. Asarul Bilad wa Akhbarul Ibad. khususnya bidang pertanian. Bukunya yang terkenal adalah Al-Fallah. (3) Al-Jahiz Al-Jahiz seorang yang ahli dalam bidang biologi. Kitab yang dikarangnya merupakan kitab terbaik pada masanya dengan judul. terutama bidang tumbuh-tumbuhan dan pepohonan. disamping menyelidiki keadaan penduduk dan kehidupannya. Beliau telah menyusun kitab Al-Atsar Al-Baqiah yang merupakan kitab pertama didunia yang meniliti tentang sejarah. Sejarah/Sosiologi (1) Abu Abdillah Al -Qazwaini Abu Abdillah Al -Qazwaini dilahirkan pada abad ke-7 hijriah. Buku ini mengupas masalah biologi. tahun.c. perbedaan bulan. dan cara mengistinbatkannya . Al -Qazwaini juga telah mendahului ilmu modern dalam rincian ilomiahnya dalam kitabnya itu. Salah satu buku hasil karya beliau yang terkenal adalah Kitabun Nabati wasy Syujjar. Beliau meniliti sesuai dengan judul kitabnya.

Ahli -ahli dan ulama -ulamanya adalah : Al Qusyairy (wafat 465 H). Lahirlah para Fuqaha yang sampai sekarang aliran mereka masih mendapat tempat yang luas dalam masyarakat Islam. Muncullah ahli -ahli hadist ternama seperti: Imam Bukhori (194-256 H). seni lukis dan seni bangunan. Para mufassirin yang termasyur: Ibnu Jarir ath Tabary. . As Suda. Karangannya : ar Risalatul Qusyairiyah. diantaranya para pelopor itu adalah: Wasil bin Atha¶. Bidang Seni ukir Beberapa seniman ukir terkenal: Badr dan Tariff (961 -976 M) dan ada seni musik. Imam Syafi¶i. Karanganny a : Awariful Ma¶arif. Ibnu Majah (wafat 273 H). Ibnu Athiyah al Andalusy (wafat 147 H). Hujjatul Islam Imam Ghazali d. At Tarmidzi. Muhammad bin Ishak dan lain-lain b.e. Ilmu Tasawuf.Abu Daud (wafat 275 H). Dalam kenyataannya kaum Mu¶tazilah berjasa besar dalam menciptakan ilmu kalam. dan lain -lain c. seni tari.. Ilmu Hadist. Imam Ghazali : Karangannya al Bashut. al Wajiz dan lain -lain. Ilmu Naqli a. Ilmu Tafsir. seni pahat. seni sulam. Ilmu Kalam. Imam Ahmad bin Hambal dan Para Imam Syi¶ah (Hasjmy. Para Imam Fuqaha. Abu Hasan Asy¶ary. Imam Muslim (wafat 231 H). 2. Syahabuddin (wafat 632 H). Imam Malik. Adh Dhaam. 1995:276 -278). e. Mupatil bin Sulaiman (wafat 150 H). Yang mengembangkan faham/mazhabnya dal am zaman ini adalah: Imam Abu Hanifah. Abu Huzail al Allaf.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful