KINGDOM (DUNIA) ANIMALIA

1. Ubur-ubur atau Aurellia merupakan binatang laut yang termasuk dalam golongan ... a. Echinodermata b. Mollusca c. Porifera d. Coelenterata e. Platyhelminthes 2. Knidoblas pada Coelenterata terdapat pada bagian ... a. b. c. d. e. Epidermis Endodermos Gastrodemis Mesoglea Gastrovaskuler

3. Coelenterata memiliki ciri-ciri berikut, kecuali … a. b. c. d. e. Eumetazoa Diploblastik Berbentuk polip dan / medusa Memiliki gastrosol Hidup secara autotrof

4. Pantai yang dihuni oleh Coelenterata beriar jenih karena Coelenterata ... a. Bersimbiosis dengan alga memerlukan makanan sisa organisme b. Membutuhkan sinar matahari sebagai penghasil energi dalam tubuhnya c. Dalam air yang jernih mengandung bayank makanan d. Dalam air yang jernih lebih responsif terhadap pengaruh dari luar e. Memerlukan CO2 hasil fotosintesis dari ala yang bersimbiosis

5. D ibawah ini fase dari Obelia:

1. 3. 2.. 2.1. e. dan 1 e. Medusa 2. d. c. 3. 3 dan 4 b. 2. 3. 2. 1. Zigot Urutan daur hidup Obelia adalah. a. 1. Gastrosol Tentakel Mesoglea Kerangka Mulut 7.. Planula 4. 4 dan 2 c. 4 dan 3 d.. dan 1 6. 4. Coelenterata melumpuhkan mangsa aau musuhnya denga sel penyengat yang terdapat pada . Polip 3. a.. b. 4. Berikut ini anggota Coelenterata: 1) Hydra 2) Anemon laut .

Mesoglea d. Sebagai bahan penggosok c. Sebagai bahan makanan b. d. Sel penyengat yang dimiliki oleh Coelenterata disebut… a. Nematosista c. Gastrovaskuler e. Gastrodermis b.3) Obelia 4) Ubur-ubur 5) Koral Yang termasuk kelas Anthozoa adalah… a. 2 3 2 4 1 dan 3 dan 5 dan 4 dan 3 saja 8. e. Menunjukkan tempat minyak bumi d. c. Polip 9. b. Manfaat Coelenterata dalam ekosistem adalah… a. Melindungi pantai dan abrasi .

Jenis Coelenterata yang memiliki fase medusa dalam daur hidupnya adalah… a. Diploblastik d. Sebagai bahan dinamit 10. Coelenterata memiliki ciri-ciri sebagai berikut. Tentakel-knidoblas-nematokis-hipnotoksin . Tentakel-hipnotoksin-nematokis. Hydra b.e. Acropora e. Metazoa b. Tentakel-nematokis-hipnotoksin-knidoblas e. Fungia d. Hidup secara autotrof e. Tentakel-hipnotoksin-knidoblas-nematokis d. Hydra memilki alat untuk melumpuhkan mangsanya dengan struktur berturut-turut dari yang terbesar sampai yang terkecil yaitu… a. kecuali… a. Obelia 12. Tentakel-knidoblas-hipnotoksin-nematokis c.knidoblas b. Brbentuk polip atau medusa 11. Memilki gastrosol c. Metridium c.

Lambung b. Efira b. Taenia saginata e. Medusa e. Saluran pncernaan tersebut dinamakan… a. Ascaris suilae d. stadium berenang bebas. Cacing pipih . Platyhelminthes disebut juga dengan… a. Planula d. Gastrovaskular 15. Pada daur hidup Aurellia aurita. Flame cell c. Strobila 16. Statokis d. Ascaris megalocephala 14.13. Selom e. Anggota Nemathelminthes berikut yang hidup parasit pada usus kedua yaitu… a. mempunyai silia dan tidak bertentakel dinamakan… a. Oxyuris equi b. Anggota Platyhelminthes sudah mempunyai saluran pencernaan makanan. Taenia solium c. Skifistoma c.

Infeksi cacing pita pada tubuh manusia disebabkan memakan daging yang tidak dimasak dengan sempurna. Cacing pita c. Skoleks c. Sistiserkus e. Saat bertelur. Memasak daging sapi hingga matang c. Proglotid d. Mencari makanan c. Cacing hati d. Heksakan b. Memasak ikan hingga matang . Tidur dengan berkelambu b. Hal ini karena daging tersebut mengandung… a. cacing kremi berada di anus penderita untuk… a. Cacing darah e. Memperoleh vitamin dan mineral 19.b. Mendapatkan sulfur oksida e. Mencari karbon dioksida d. Memperoleh oksigen b. Cacing gelang 17. Strobils 18. Infeksi cacing Taenia saginata dapat dicegah dengan cara… a.

Taenia saginata d.d. Menggunakan sepatu saat bekerja di pertambangan 20. Penyakit Filariasis adalah penyakit yang disebabkan oleh… a. Memasak daging babi hingga matang e. Fasciola hepatica . Wuchereria bancrofti b. Taenia solium e. Trichinella spiralis c.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful