Laporan Praktik Kerja Lapangan

BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Sejalan dengan berkembangnya peradaban manusia, dan era pasar bebas, dan terus berkembangnya teknologi, maka semakin bertambahnya kebutuhan yang harus di penuhi dalam kehidupan sehari-hari khususnya adalah kebutuhan akan energi. Pada saat terus berkembangnya perusahaan minyak di Indonesia, PT. PERTAMINA (PERSERO) terus berupaya untuk memaksimalkan kinerjanya dalam menghasilkan bahan bakar minyak (BBM) dan (Non BBM) sebagai kebutuhan energi yang mutlak sebagai kebutuhan sehari-harinya. Kilang minyak PT. PERTAMINA (PERSERO) Refinery Unit V Balikpapan adalah suatu tempat proses pengolahan minyak mentah dengan melalui beberapa tahapan sehingga saat ini masih memproduksi LPG, Nafta, Kerosin, Avtur, Solar dan lilin dalam jumlah yang kecil. Minyak mentah yang didapat dari hasil eksplorasi tidak dapat langsung dipakai sebagai bahan bakar atau sumber energi, tetapi terlebih dahulu diolah dan dimurnikan dengan syarat – syarat penggunaannya, proses pengolahan minyak mentah pun harus disesuaikan dengan persyaratan masing–masing kilang agar pada saat pelaksanaan tidak terjadi gangguan dan memperoleh hasil yang maksimal. Adapun proses pengolahan minyak bumi yang ada di Indonesia terdiri atas 7 kilang minyak yaitu: Pangkalan Brandan, Dumai, Plaju-Sei Gerong, Cilacap, Balikpapan, Balongan, dan Kasim (Sorong). Kilang minyak PT. PERTAMINA (PERSERO) Refinery Unit V Balikpapan merupakan salah satu kilang minyak terbesar kedua di Indonesia setelah Cilacap. Kilang ini memasok hasil pengolahannya yang berupa BBM ke daerah Indonesia bagian timur dan sebagian dipasarkan ke Indonesia bagian barat. Praktik Kerja Lapangan merupakan salah satu mata kuliah di Program Studi kimia Universitas Negeri Yogyakarta sebagai sarana untuk latihan mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di bangku kuliah, selain itu dengan Praktik Kerja Lapangan akan diperoleh gambaran yang jelas tentang berbagai hal yang
Universitas Negeri Yogyakarta Utami Agustina (Kimia Analisis) 1

Mahasiswa memperoleh gambaran tugas pokok dan fungsi PT. Mahasiswa mendapatkan keterampilan dalam mengoperasikan instrument laboratorium. PERTAMINA (PERSERO) Refinery Unit V Balikpapan. 2. Mahasiswa dapat mengenal. 9. Mahasiswa memiliki wawasan. kandungan minyak. Tujuan khususnya yaitu mahasiswa dapat mengetahui analisa titik leleh.2. 7. 1. Mahasiswa memperoleh pengalaman kerja dan mengaplikasi teori yang telah diterima secara langsung dalam praktik kerja. Tujuan umum PKL adalah : 1. dan berat jenis pada lilin dengan metode ASTM.Laporan Praktik Kerja Lapangan berkaitan dengan proses lilin. 4. Mahasiswa dapat melakukan kerja lapangan dalam bentuk magang. 5. khususnya pembuatan dan analisa lilin di Laboratorium PT. Mahasiswa mempelajari manajemen organisasi yang dilakukan oleh PT. PERTAMINA (PERSERO) Refinery Unit V Balikpapan. 3. 6. 8. dan sikap tentang pekerjaan yang akan diperdalam setelah mahasiswa menyelesaikan studinya. Mahasiswa mengamati dan melibatkan diri secara langsung dalam proses- proses yang terjadi di PT. mempelajari. PERTAMINA (PERSERO) Refinery Unit V Balikpapan. keterampilan. PERTAMINA (PERSERO) Refinery Unit V Balikpapan. Mahasiswa mendapatkan wawasan tata cara praktik laboratorium yang baik dan benar. Tujuan Penulisan Tujuan penulisan ini dibagi menjadi 2 yaitu tujuan umum dan khusus. PERTAMINA (PERSERO) Refinery Unit V Balikpapan sesuai dengan masalah PKL. serta memahami proses pengolahan dan analisa lilin (wax) PT. Pemecahan masalah atau penerapan ilmu di lapangan. Universitas Negeri Yogyakarta Utami Agustina (Kimia Analisis) 2 .

4.1298. Universitas Negeri Yogyakarta Utami Agustina (Kimia Analisis) 3 . batasan masalah. dan berat jenis dalam lilin. dan berat jenis dalam lilin • BAB V Pembahasan Membahas tentang hasil analisa. dan orientasi umum. Analisa titik leleh. klasifikasi produk petroleum lilin. Analisa kandungan minyak. ASTM D. tujuan penulisan. ASTM D-87.3. kandungan minyak. ASTM D-721-97. kandungan minyak. • BAB VI Kesimpulan dan Saran Merupakan kesimpulan dan saran analisa titik leleh. karakteristik lilin. Analisa berat jenis 60/60 of . arti dan makna logo perusahaan. • BAB II Orientasi Umum Membahas tentang sejarah singkat. dan proses pembuatan lilin. Batasan Masalah 1. dan sistematika penulisan. visi dan misi.Laporan Praktik Kerja Lapangan 1. • BAB III Dasar Teori Membahas tentang jenis dan asal bahan baku. 2. • BAB IV Metodologi Membahas metode apa saja yang digunakan dalam menganalisa titik leleh. 3. Sistematika Penulisan Sistematika penulisan adalah sebagai berikut : • BAB I Pendahuluan Membahas tentang latar belakang. 1.