PROPOSAL TUGAS AKHIR

RENCANA PELAKSANAAN PILAR 4 JEMBATAN PENGGARON PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL SEMARANG ± SOLO JAWA TENGAH

Diajukan untuk memenuhi persyaratan Proyek Akhir Program Pendidikan Diploma III Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Semarang

Oleh :

Arifianto Kusuma Adi : 3.12.08.1.06

PROGRAM STUDI KONSTRUKSI SIPIL JURUSAN TEKNIK SIPIL POLITEKNIK NEGERI SEMARANG 2011

06 .12.08.1. 9 Februari 2011 Pemohon Arifianto Kusuma Adi NIM 3.08. Semarang. Sehubungan dengan adanya tugas akhir untuk memenuhi syarat kelulusan Diploma III Politeknik Negeri Semarang pada Jurusan Teknik Sipil Program Studi Konstruksi Sipil. Atas perhatian dan kebijaksanaan bapak kami ucapkan terima kasih. besar harapan kami untuk dapat disetujui.06 : Konstruksi sipil Dengan ini mengajukan judul Tugas Akhir ³ Rencana pelaksanaan Pilar 4 Jembatan Penggaron Pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Semarang ± Solo Jawa Tengah´ Demikian permohonan kami.12.1.Kepada Ketua Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Semarang Hal : Pengajuan Judul Tugas Ahir Dengan hormat. maka saya yang bertanda tangan di bawah ini : Nama NIM Program Studi : Arifianto Kusuma Adi : 3.

HALAMAN PENGESAHAN Proposal Tugas Akhir dengan judul ³Rencana Pelaksanaan Pilar 4 Jembatan Penggaron Pada Proyek Tol Semarang . Wahjoedi. Pembimbing Utama.T NIP 196203121988032002 . Pembimbing Pendamping. M.M.S... S. Ir. NIP 196009241990031001 Garub Lambang Goro .M.T.T.T.T. NIP 196708121990031003 Kepala Program Studi Konstruksi Sipil. Warsiti.Solo´ telah diperiksa dan disetujui pada: Hari Tanggal : : Menyetujui.

DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL HALAMAN PERSETUJUAN HALAMAN PENGESAHAN HALAMAN MOTO HALAMAN PERSEMBAHAN DAFTAR ISI BAB I BAB II BAB III BAB IV BAB V BAB VI BAB VII PENDAHULUAN MANAJEMEN DAN ADMINISTRASI PROYEK SPESIFIKASI BAHAN DAN ALAT RENCANA PELAKSANAAN PEKERJAAN RENCANA ANGGARAN PELAKSANAAN RENCANA JADWAL PELAKSANAAN PENUTUP DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN ± LAMPIRAN .

Dapat mempelajari. Menambah wawasan bagi pembaca dan perkembangan ilmu pengetahuan pada umumnya. dan menguasai ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang struktur bangunan. Untuk memenuhi syarat tersebut maka penyusun membuat Tugas Akhir dengan judul ³Rencana Pelaksanaan Pilar 4 Jembatan Penggaron pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Semarang ± Solo Jawa Tengah´ yang berisi pelaksanaan konstruksi sipil dari awal hingga akhir yang dimaksudkan untuk mengaplikasikan teori ± teori yang telah diterima selama perkuliahan. memahami.BAB I PENDAHULUAN 1. Oleh karena itu Politeknik Negeri Semarang sebagai lembaga pendidikan tinggi yang berorientasi mencetak manusia Indonesia yang mempunyai peranan yang sangat penting. dan penulis pada khususnya. 2.2 Maksud dan Tujuan Tujuan penyusunan laporan Tugas Akhir bagi mahasiswa jurusan teknik sipil adalah : 1. Dengan data ± data yang ada maka penulis berharap dapat menyelesaikan tugas ini dengan hasil yang memuaskan. maka setiap mahasiswa diwajibkan menyusun Tugas Akhir yang merupakan salah satu syarat akhir Program Pendidikan Diploma III Teknik Sipil Politeknik Negeri Semarang. peningkatan sumber daya manusia mendapat prioritas utama.1 Latar Belakang Dalam era pembangunan nasional yang sudah mulai tumbuh setelah masa krisis. Melengkapi persyaratan akhir Program Pendidikan Diploma III Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Semarang. 1. 3. . Untuk melengkapi bekal bagi mahasiswa Politeknik Negeri Semarang dalam penguasaan pengetahuan dan ketrampilan.

3. administrasi proyek. Dapat mengambil manfaat dari Tugas Akhir ini untuk dapat meningkatkan kemampuan dan ketrampilan yang siap diterapkan dalam dunia kerja secara profesional kelak dikemudian hari. .4. dalam hal ini akan dibatasi pada rencana anggaran pelaksanaan pekerjaan pondasi dan pekerjaan struktur saja. Spesifikasi bahan dan alat Pada bagian ini membahas tentang pengadaan alat yang diperhitungkan secara teliti antara menyewa dengan membeli sendiri. alat. 6.3 Pembatasan Masalah Laporan Tugas Akhir ini membahas tentang rencana pelaksanaan Pilar 4 Jembatan Penggaron pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Semarang . selain itu dalam memilih alat hendaknya diperhatikan spesifikasi dan kapsitasnya untuk memperoleh hasil yang maksimal dengan biaya seminimal mungkin. Dapat mengambil manfaat Tugas Akhir ini dalam bentuk pengetahuan dan pengalaman nyata di lapangan. 2. 4. pekerjaan tanah.Solo. 5. yang mencakup : 1. Manajemen dan administrasi proyek Rencana manajemen ini meliputi struktur organisasi di lapangan dan pertanggungjawabannya. efisiensi yang mana untuk menekan biaya pelaksanaan. serta pekerjaan struktur. Rencana anggaran pelaksanaan Perencanaan suatu proyek akan membutuhkan biaya yang sangat besar. Diharapkan dapat menimbulkan kondisi yang baik dalam kerjasama pengembangan ilmu pengetahuan antara Politeknik Negeri Semarang dengan pihak pengelola proyek. dam material. serta perencanaan tenaga kerja. 1. Rencana pelaksanaan pekerjaan Pada bagian ini akan dibahas rencana pelaksanaan pekerjaan yang terdiri dari pekerjaan persiapan.

dan alat serta tenaga kerja untuk pekerjaan pondasi dan struktur. BAB VI RENCANA JADWAL PELAKSANAAN . BAB II MANAJEMEN DAN ADMINISTRASI PROYEK Berisi : manajemen proyek. analisa harga satuan.5. serta pengadaan material. BAB IV RENCANA PELAKSANAAN PEKERJAAN Berisi : uraian umum. BAB V RENCANA ANGGARAN PELAKSANAAN Berisi : rekapitulasi anggaran pelaksanaan. sehingga jika ada kesulitan dan kekeliruan yang dilakukan oleh penyusun.4 Metodologi Penyususan Dalam penyusunan Tugas Akhir ini penyusun menggunakan bimbingan asistensi dari pembimbing selama penyusunan laporan Tugas Akhir. metedologi penyusunan. 1. 1. pekerjaan penulangan. hubungan kerja. Rencana jadwal pekerjaan Rencana kerja terdiri dari perencanaan network planning. dan pengecoran beton. Selain itu penulis juga menggunakan metode tinjauan pustaka sebagai dasar penulisan.maka kekeliruan tersebut akan segera bisa diketahui dan dikoreksi oleh pembimbing yang kemudian dapat diambil langkah ± langkah penyelesaiannya. struktur organisasi lapangan. pekerjaan tanah. rencana anggaran pelaksanaan. analisa dan wewenang setiap personil proyek. maksud dan tujuan. pekerjaan begisting. barchart material. pembatasan masalah. dan calculation sheet. sistematika penyusunan.5 Sistimatika Penyusunan Sistematika penulisan laporan ini adalah sebagai berikut : BAB I PENDAHULUAN Berisi : latar belakang. pekerjaan persiapan. BAB III SPESIFIKASI BAHAN DAN ALAT Berisi : spesifikasi bahan dan spesifikasi alat.

LAMPIRAN . network planning.Berisi : time schedule. DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN . dan barchart material. kurva S. BAB VII PENUTUP Berisi : kesimpulan dan saran.

Bahan & Alat Renc. Pelaks. Pust & Lamp. 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 April Mei Juni Juli .Jadwal Pelaksanaan Maret No. Jadwal Pelaks. & Adminitrasi. Pek RAP Renc. Penutup Daft. Kegiatan Penyelesaian 1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 Dokumen Proposal Pendahuluan Manajemen. Spfk.