MATERI 1.

PENGERTIAN DIARE/GASTROENTERITIS Diare adalah buang air besar dengan frekuensi yang tak normal (meningkat) dengan konsistensi tinja yang lebih lembek atau cair dalam sehari terjadi lebih dari 3 kali sehari. 2. GEJALA-GEJALA DIARE Tergantung penyebabnya, waktu inkubasi antara 1 sampai 96 jam dan gejala timbul antara 1 sampai 7 hari. Gejala yang biasa timbul pada penderita diare : 1) Mual 2) Muntah 3) Nyeri perut 4) Kejang perut 5) Demam Setelah penderita buang air besar lebih dari 3 kali akan mengalami kekurangan cairan dengan gejala : 1) Haus 2) Lidah kering 3) Bibir kering 4) Tulang pipi menonjol 5) Turgor kulit menurun 6) Suara menjadi serak 7) Denyut nadi cepat 8) Pernafasan cepat dan dalam 9) Tekanan darah menurun 10) Penderita gelisah

3) sakit atau Puskesmas. makanan hendaknya dimasak terlebih dahulu. kuman-kuman patogen dan apatogen Malabsorbsi Alergi Keracunan bisa disebabkan oleh bahan-bahan kimia dan keracunan oleh racun yang dikandung dan diproduksi misalnya : ikan. 4. makan. 5. 2) penyembuhan. PENGOBATAN DIARE 1) dan 1 sendok gula). segera rawat di Rumah Istirahat dan perawatan yang baik akan mempercepat Memperbaiki keseimbangan cairan dan elektrolit misalnya : dengan minum cairan oralit (1 gelas air/± 200 cc. PENCEGAHAN DIARE Diare akibat infeksi terutama ditularkan secara fekal oral : 1) 2) Hindari makanan atau minuman yang terkontaminasi Hindari makanan yang kurang matang atau sebelum tinja ditambah dengan ekskresi yang berat. Jika terjadi diare yang berat. PENYEBAB Diare dapat disebabkan oleh : 1) 2) 3) 4) Infeksi virus. ½ sendok garam .11) Mata pucat 12) Ujung ekstremitas dingin 3. daging dan olahannya. buah-buahan dan sayur-sayuran.

lingkungan tempat tinggal misal : membuang sampah pada tempatnya. mencuci tangan sebelum dan sesudah makan serta sesudah BAB dan BAK.3) Menjaga sanitasi dan higiene. Tidak membeli makanan disembarang tempat. Menyajikan makanan dan minuman dalam keadaan . 4) 5) tertutup.

maka pasien dan keluarga mampu memahami dan mengerti tentang diare. Tujuan Instruksional Khusus Setelah mengikuti penyuluhan tentang Gastroenteritis/diare selama 30 menit. tempat dan peserta penyuluhan. 16 Juni 2004 Tempat : Poliklinik Umum Puskesmas Purwodadi LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PENYULUHAN 1. Penyuluh menganjurkan peserta untuk berkumpul di Penyuluh membagikan leaflet. • • a) b) Penerapan Persiapan penyuluhan Pembuatan sistematika penyuluhan.SATUAN ACARA PENYULUHAN Pokok bahasan Sasaran Tujuan : Gastroenteritis : Pasien dan keluarga : I. 3. keluarga mampu : 1. 4. Mengetahui tentang gejala-gejala diare Mengetahui tentang pengobatan diare Mengetahui tentang pencegahan diare Metode : Ceramah dan tanya jawab Waktu : Rabu. II. Penyuluh mempersiapkan materi. Mengetahui tentang pengertian diare. leaflet.. ruang Poliklinik Umum. 2. . Tujuan Instruksional Umum Setelah mendapatkan penyuluhan tentang gastroenteritis/diare selama 30 menit.

Memotivasi menarik peserta. 2. Penyajian Waktu 5 menit Metode Ceramah Penyuluhan peserta Penyuluh : Memperkenalkan diri Mengemukakan maksud dan tujuan.• Mempersiapkan tempat untuk penyuluhan. Pembukaan tanya Peserta : Memperhatikan dengan baik Penyuluh : Memberi kesimpulan Malaksanakan evaluasi sederhana . 2. Pengembangan 20 menit Ceramah Perserta : Memperhatikan dengan seksama Penyuluh : 3 Penutup 5 menit Ceramah jawab dan Pembahasan materi dan perhatian No Tahap 1. Penyuluh mempersiapkan tempat di ruang Poliklinik Umum dan menyiapkan tempat duduk untuk peserta.

karena oralit dapat mengganti cairan yang hilang dalam tubuh kita. Penyuluh :5 orang Peserta : 26 orang 4. 2) Tetap bisa. 5. yang kita buang saat kita diare.dan tanya jawab Peserta : Memperhatikan dengan baik dan mengajukan pertanyaan 3. Jumlah pertanyaan : 2 Macam pertanyaan Berapa gelas kita bisa minum oralit saat kita diare? Apakah kalau bayi kita diare. kita masih bisa memberinya ASI? Jumlah peserta . bahkan harus karena ASI mengandung zat-zat yang diperlukan oleh bayi untuk daya tahan tubuhnya. 1) 2) Jawaban 1) Kalau bisa sebanyak mungkin.